Analisis Pasar 19-25 Juni: ETH Belum Menyentuh Harga Dasar dan BTC Menyamping

Update 27 Jun 2022 ‚ÄĘ Waktu Baca 6 Menit
Gambar Analisis Pasar 19-25 Juni: ETH Belum Menyentuh Harga Dasar dan BTC Menyamping
Reading Time: 6 minutes

Setelah berhari-hari mengalami penurunan drastis, pasar kripto akhirnya mengalami sedikit kenaikan sepekan terakhir. Tim trader Pintu sudah merangkum berbagai hal penting dari pergerakan Bitcoin dan Ethereum selama sepekan terakhir. Selain itu, kita juga membawa banyak berita penting dari dunia altcoin dan pasar kripto. Perlu kamu perhatikan bahwa semua informasi dari analisis pasar memiliki tujuan edukasi dan informasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Analisis Pasar

  • ‚öĖÔłŹ Bitcoin akhirnya bergerak sideways/menyamping antara $19-$21 ribu dolar AS setelah sempat turun ke angka $17.600 dolar AS. Selain itu, Bitcoin berhasil naik dari garis MA 250 minggu dan menemukan titik support.
  • ūüí™ ETH sempat menyentuh $880 dolar AS dan menemukan titik pendukung pada MA 300 minggu. Lalu, minggu ini ETH mendapatkan titik dukungan di MA 250 minggu yaitu pada $1.075 dolar AS.
  • ūüďČ Berdasarkan beberapa indikator, ETH belum mencapai harga dasar pada penurunan -81% dari all-time high saat ini. Prakiraan penurunan maksimum yang bisa dialami ETH adalah -94% hingga mencapai angka $260 dolar AS yang kemungkinan akan terjadi antara akhir Juni sampai Oktober 2022.
  • ūüĒć Sinyal dari grafik Puell Multiple, NUPL dan MVRV-Z menunjukkan bahwa sekarang adalah peluang pembelian yang baik untuk BTC.

Pergerakan Harga BTC dan ETH 19-25 Juni 2022

Grafik harian Bitcoin
Grafik harian Bitcoin.

Selama sepekan terakhir, Bitcoin akhirnya mulai bergerak sideways/menyamping antara $19-$21 ribu dolar AS. Dalam grafik mingguan, Bitcoin berhasil naik dari garis MA 250 minggu dan menemukan titik support.

grafik harga ethereum ETH
Grafik mingguan Ethereum dengan pita SMA dan zona Fibonacci.

Minggu ini kita akan lebih banyak membahas tentang Ethereum. Minggu lalu ETH sempat menyentuh $880 dolar AS, di mana ia menemukan titik pendukung pada MA 300 minggu. Lalu, hal yang serupa terjadi di minggu ini karena ETH mendapatkan titik dukungan di MA 250 minggu yaitu $1.075 dolar AS.

grafik harga analisis ethereum
Grafik bulanan ETH dengan berbagai titik penurunan yang pernah terjadi.

Melihat pada grafik bulanan, kita bisa melihat bahwa sejak awal, ETH pernah mengalami 2 kali penurunan. Penurunan pertama mencapai harga dasar pada Desember 2016, ETH turun sekitar 74% dari ATH/all-time high. Penurunan kedua mencapai harga dasar pada Desember 2018, -94% dari ATH-nya. Dengan asumsi persentasi penurunan yang sama, harga penurunan maksimum untuk ETH ada di $260 dolar AS. Saat ini, ETH telah jatuh -81% dari ATH sebelumnya.

grafik harga ethereum bottom
Grafik bulanan ETH dengan analisis titik jangka waktu mencapai harga dasar.

Pada 2016, terdapat jangka waktu 183 dari fase harga puncak dan harga dasar. Selanjutnya, pada 2018, terdapat jarak 334 hari untuk melewati fase yang sama. Dengan mengasumsikan kita akan melalui jangka waktu yang sama untuk mencapai harga dasar selanjutnya, ETH mungkin akan mencapai harga dasar antara sekarang hingga sekitar bulan Oktober.

analisis grafik ethereum dan halving bitcoin
Grafik analisis hubungan harga ETH dengan halving Bitcoin.

Selain itu, kita bisa memperhatikan bahwa dalam 2 kejadian sebelumnya, ETH mencapai harga puncak tepat 518 hari setelah Halving Bitcoin. Jika kita mengulangi siklus ini, puncak harga ETH akan terjadi pada September 2025.

ūüí° Apa itu Halving Bitcoin?

Kejadian halving adalah waktu ketika hadiah untuk menambang transaksi Bitcoin dipotong setengahnya. Halving juga memperlambat kecepatan Bitcoin baru masuk ke pasar.

Baca juga: Apa Itu Bitcoin Halving?

Berdasarkan dua penurunan sebelumnya, kita bisa menarik beberapa kesimpulan:

  1. Terdapat kemungkinan kalau ETH belum mencapai harga dasar pada penurunan -81% saat ini. Penurunan maksimum yang bisa dialami adalah -94% pada angka $260 dolar AS.
  2. Prakiraan harga dasar ETH ada pada kisaran sekarang (akhir Juni) sampai Oktober 2022.
  3. Puncak harga ETH selanjutnya diprakirakan akan terjadi pada September 2025.
grafik dominasi bitcoin
Grafik dominasi Bitcoin.

Dominasi Bitcoin jatuh selama dua minggu berturut-turut setelah naik dari EMA 55 minggu dan turun kembali. Saat ini, ia memiliki titik pendukung pada EMA 21 minggu.

analisis grafik harga ETH BTC
Grafik ETH/BTC dengan pita EMA.

Pekan lalu, grafik ETH/BTC juga berhasil naik dan menemukan titik pendukung pada EMA 21 minggu.

Grafik UTXO BTC
Grafik UTXO BTC.

Mari kita lihat kerugian BTC UTXO (unspent transaction output) untuk mengeksplorasi lebih lanjut tentang peluang pembelian BTC. Kerugian UTXO untuk BTC adalah jumlah output transaksi yang tidak terpakai yang harga pada waktu pembuatannya lebih tinggi dari harga asli nya. Perhatikan bahwa pada Maret 2020, terdapat kerugian 65% dan 44% pada 2019. Saat ini, kita berada di 35%.

Beberapa indikator kuat untuk peluang pembelian yang baik: Puell Multiple, NUPL dan MVRV-Z. Ketiga indikator tersebut mengindikasikan bahwa sekarang adalah peluang pembelian yang sangat baik.

grafik puell multiple BTC
Grafik indikator Puell Multiple BTC.

Puell Multiple dihitung dengan membagi nilai penerbitan harian bitcoin (dalam dolar AS) dengan rata-rata pergerakan (MA) 365 hari dari nilai penerbitan harian. Saat ini kita berada di zona hijau yang secara historis merupakan peluang pembelian yang baik untuk BTC.

Analisis grafik NUPL Bitcoin
Grafik Net Unrealized Profit/Loss (NUPL) Bitcoin.

Net Unrealized Profit/Loss (NUPL) adalah selisih antara Relative Unrealized Profit dan Relative Unrealized Loss. Perhatikan bahwa kita sekarang berada di zona kapitulasi, yang secara historis merupakan peluang pembelian yang sangat baik.

analisis grafik skor MVRV-Z Btc
Grafik skor MVRV-Z Bitcoin.

MVRV Z-Score digunakan untuk menilai kapan Bitcoin mencapai over/undervalued relatif terhadap ‚Äúnilai realistisnya‚ÄĚ. Ketika nilai pasar secara signifikan lebih tinggi dari nilai realistisnya, biasanya ia menunjukkan puncak pasar (zona merah), Sebaliknya, jika nilai pasar lebih rendah, ia menunjukkan harga dasar pasar (zona hijau). Kita saat ini sedang berada di zona hijau.

Analisis On-Chain

Cadangan dari bursa aset kripto meningkat selama sepekan terakhir yang menunjukkan tekanan jual yang lebih tinggi. Namun, total aliran bersih bursa pertukaran minggu ini lebih rendah dari rata-rata 7 hari terakhir, yang mengindikasikan tekanan jual telah mereda.

Penambang menjual asetnya dalam kisaran menengah dibandingkan dengan rata-rata satu tahun mereka. Pendapatan penambang berada dalam kisaran menengah, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.

Terdapat tekanan beli rendah dari dana institusional dan ETF. Investor institusional seperti pada Grayscale juga memiliki sentimen beli yang relatif lemah. Selain itu, tekanan beli investor AS di Coinbase juga sedang melemah.

Investor berada dalam kapitulasi. Hal ini menunjukkan adanya penurunan motif untuk merealisasikan kerugian yang kemudian mengurangi tekanan jual.

Sentimen beli sedang dominan di pasar derivatif. Lebih banyak pesanan beli diisi oleh pengambil. RSI menunjukkan kondisi netral.

Berita Seputar Dunia Altcoins

  • ūüďĪ Smartphone Solana: Solana Labs mengumumkan bahwa Solana akan mengembangkan platformnya ke dunia mobile dengan menghadirkan perangkat lunak Solana Mobile Stack (SMS) untuk pengembang dengan sebuah app store yang terdesentralisasi. Selain itu, Solana juga mengejutkan semua orang dengan mengumumkan Solana Saga, sebuah ponsel pintar berbasis Android yang akan diluncurkan pada awal 2023. Solana Saga merupakan upaya Solana membawa dunia kripto dan Web3 ke dalam perangkat yang bisa digunakan banyak orang.

Berita Penting Lainnya dari Dunia Kripto dalam Pekan Terakhir

  • ‚ė†ÔłŹ Peretasan $100 juta dolar Harmony: Pada 23 Juni 2022, Horizon Bridge milik Harmony berhasil diretas. Pelaku berhasil mengambil $100 juta dolar AS dalam bentuk Wrapped Ethereum (WETH), AAVE, SUSHI, DAI, USDT dan USDC yang kemudian ditukarkan menjadi ETH. Saat ini, Harmony menawarkan imbalan $1 juta dolar AS bagi pelaku untuk mengembalikan semua dananya dan berjanji tidak akan menuntut. Kejadian ini merupakan bagian dari rentetan
  • ‚öĹ Ronaldo bekerja sama dengan Binance: Christiano Ronaldo, salah satu atlit paling populer di dunia, baru saja bekerja sama dengan Binance. Ronaldo akan merilis berbagai NFT berisi momen-momen ikoniknya lewat plaftorm NFT Binance. Koleksi NFT Ronaldo pertama dikabarkan akan dirilis akhir tahun ini.
  • ūü§Ď Goldman Sachs dikabarkan akan membeli aset Celsius: Beberapa sumber membicarakan bahwa Goldman Sachs ingin mengumpulkan dana $2 milyar dolar AS untuk membeli aset Celsius. Goldman Sachs menjelaskan pada investor bahwa mereka akan membeli aset Celsius dalam harga diskon besar saat Celsius akan mengumumkan bankrut. Meskipun begitu, pihak Goldman Sachs belum mengonfirmasi berita ini.

Performa Aset Kripto Selama Sepekan Terakhir

Infografis Performa Aset Kripto Selama Sepekan Terakhir
Sumber: COIN360

Referensi

Penulis:Pintu Academy Team

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan