Analisis Pasar 25 September 2023: The Fed Tunda Kenaikan Suku Bunga, Bitcoin Turun Tipis ke $27 Ribu

Update 25 Sep 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 8 Menit
Gambar Analisis Pasar 25 September 2023: The Fed Tunda Kenaikan Suku Bunga, Bitcoin Turun Tipis ke $27 Ribu
Reading Time: 8 minutes

The Fed pekan lalu memutuskan untuk mempertahankan suku bunga. Bitcoin (BTC) merespons pengumuman tersebut dengan mengalami penurunan. Meski begitu, The Fed digadang-gadang akan menaikan suku bunga sebelum menutup akhir tahun ini. Bagaimana kah jika hal tersebut terjadi? Bagaimana respons lanjutan dari Bitcoin? Simak analisis di bawah ini.

Tim trader Pintu telah mengumpulkan informasi penting dan menganalisis keadaan ekonomi secara umum serta pergerakan pasar mata uang crypto selama satu minggu terakhir. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Artikel

  • ūüö®¬†The Fed memutuskan untuk mempertahankan suku bunga pada kisaran 5,25% hingga 5,5%, tetapi berpotensi menaikkannya sebelum akhir tahun 2023.
  • ‚úćūüŹĽ¬†Menyusul keputusan the Fed, Bitcoin mengalami penurunan di bawah $27,000 dengan titik resistensi pada MA 200 Minggu. Sementara itu, Ethereum jatuh di bawah $1,600 setelah gagal menembus level resistance.
  • ūüďȬ†Data makroekonomi lainnya menunjukkan bahwa sentimen konsumen AS mengalami penurunan di bulan September menjadi 67,7,turun dari angka akhir bulan Agustus sebesar 69,5.

Analisis Makroekonomi

Analisis pasar pekan ini diawali dengan laporan mengenai aktivitas bisnis di negara bagian New York dan indikator pasar tenaga kerja di Amerika Serikat (AS) menurut survei manufaktur Empire State September 2023, di antaranya:

  • Indikator utama untuk kondisi bisnis secara umum meningkat 21 poin, mencapai 1,9.
  • Pesanan baru maupun pengiriman mengalami pertumbuhan, sementara waktu pengiriman tetap stabil, dan persediaan terus menyusut.
  • Pasar tenaga kerja menunjukkan sedikit penurunan pada tingkat pekerjaan dan rata-rata hari kerja.

Melihat ke masa depan, optimisme perusahaan-perusahaan meningkat mengenai prospek pada enam bulan ke depan.

Meski terdapat optimisme, melihat data indeks jumlah karyawan justru mencatatkan minus 2,7 yang berarti ada penurunan pada tingkat pekerjaan. Sementara indeks rata-rata jam kerja per minggu hanya naik tipis ke -5,0 yang menandakan penurunan jam kerja bulanan. Meski begitu, indeks harga yang dibayarkan tetap stabil pada 25,8 yang menunjukkan sedikit fluktuasi dalam tingkat kenaikan harga input. Di sisi lain, indeks harga yang diterima naik tujuh poin menjadi 19,6, menunjukkan sedikit percepatan pada tingkat kenaikan harga jual.

Indeks lainnya yaitu prediksi kondisi bisnis di masa depan naik enam poin menjadi 26,3 yang merupakan level tertinggi dalam satu tahun terakhir. Kenaikan tersebut mengindikasikan para pelaku bisnis memiliki harapan baik pada kondisi mendatang seperti pertumbuhan yang signifikan pada pesanan baru dan pengiriman serta perluasan lapangan kerja. Namun hal sebaliknya terjadi pada indeks belanja modal yang menurun menjadi 10,3 yang berarti masih relatif lemah.

Sentimen Konsumen Michigan

Dari sisi sentimen konsumen berdasarkan data dari Michigan Consumer Sentiment, terdapat penurunan selama dua bulan berturut-turut. Menurut data awal dari Indeks Sentimen Konsumen Universitas Michigan, indeks turun menjadi 67,7 bulan September, turun dari angka akhir bulan Agustus sebesar 69,5. Angka ini berada di bawah perkiraan 69,1.

Namun masih ada sedikit peningkatan dalam prospek ekonomi, yang didorong oleh penurunan ekspektasi inflasi jangka pendek yang mencapai titik terendah dalam lebih dari satu tahun.

Izin Mendirikan Bangunan

Penurunan lainnya juga terjadi pada pembangunan rumah baru di AS sebesar 11,3% pada bulan Agustus. Penurunan sebagian besar disebabkan pada konstruksi multifamily.

Selain itu, pembangunan rumah keluarga tunggal, yang mewakili sebagian besar aktivitas pembangunan rumah mengalami penurunan 4,3%, mencapai tingkat 941.000 unit bulan lalu.

Keputusan Tingkat Suku Bunga The Fed

Berpindah ke tingkat suku bunga yang ramai dibahas, ternyata pada pengumuman hari Rabu pekan lalu, The Fed memutuskan untuk tidak merubah suku bunga atau mempertahankannya. Pada pertemuan ini, pasar keuangan sepenuhnya memasukkan gagasan tidak ada perubahan suku bunga. Keputusan ini mempertahankan suku bunga fed funds rate dalam kisaran 5,25% hingga 5,5%, tertinggi dalam kurang lebih 22 tahun terakhir.

Namun The Fed tetap berekspektasi akan ada kenaikan suku bunga sebelum akhir tahun 2023 dan di tahun 2024 akan ada sedikit penurunan suku bunga.

Meskipun keputusan untuk tidak menaikkan suku bunga sudah diperkirakan, ada ketidakpastian yang signifikan mengenai tindakan Komite Pasar Terbuka Federal di masa depan. Berdasarkan dokumen-dokumen yang dirilis pada hari Rabu, terlihat bahwa komite ini condong ke arah kebijakan moneter yang lebih ketat dan komitmen untuk mempertahankan suku bunga di tingkat yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lama.

Prospek ini membebani pasar keuangan, dengan S&P 500 mengalami penurunan hampir 1% dan Nasdaq Composite turun 1,5%. Harga-harga saham ikut berfluktuasi ketika Ketua The Fed menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam sebuah konferensi pers.

Dot plot The Fed, yang mengungkapkan proyeksi para anggota untuk suku bunga di masa depan, mengindikasikan probabilitas satu kali lagi kenaikan suku bunga di tahun ini, diikuti oleh dua kali penurunan suku bunga di tahun 2024. Ini adalah pengurangan dua pemotongan dari proyeksi sebelumnya yang dibuat pada bulan Juni. Jika prediksi ini terwujud, maka suku bunga dana akan berada di kisaran 5,1%. Dot plot memungkinkan para anggota untuk secara anonim menyampaikan pendapat mereka tentang arah suku bunga di masa depan.

Dalam pertemuan tersebut, dua belas peserta menyatakan dukungan mereka untuk kenaikan suku bunga tambahan, sementara tujuh peserta menentangnya. Ini mewakili satu suara yang berbeda pendapat dibandingkan dengan pertemuan Juni. Proyeksi suku bunga Fed Funds untuk tahun 2025 disesuaikan ke atas, dengan ekspektasi median saat ini sebesar 3,9%, dibandingkan dengan estimasi sebelumnya sebesar 3,4%.

Melihat lebih jauh ke depan, anggota Federal Open Market Committee (FOMC) memproyeksikan suku bunga 2,9% untuk tahun 2026. Tingkat suku bunga ini melebihi tingkat suku bunga ‚Äúnetral‚ÄĚ yang dianggap oleh The Fed, yang tidak menstimulasi atau membatasi pertumbuhan ekonomi. Ini merupakan pertama kalinya komite tersebut memberikan gambaran mengenai ekspektasi mereka untuk tahun 2026. Ekspektasi suku bunga netral jangka panjang tetap tidak berubah pada 2,5%.

Klaim Pengangguran

Departemen Tenaga Kerja melaporkan bahwa klaim awal tunjangan pengangguran negara bagian turun 20.000 menjadi total 201.000, ini menandai level terendah sejak Januari. Para ekonom yang disurvei telah mengantisipasi 225.000 klaim untuk minggu terakhir. Sementara itu, klaim lanjutan turun 21.000 menjadi 1,662 juta

Laporan yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja pada hari Kamis memberikan evaluasi yang optimis terhadap lanskap ketenagakerjaan. Laporan tersebut mencatat bahwa selama minggu pertama bulan September, jumlah individu yang menerima tunjangan pengangguran juga menurun ke tingkat yang tidak terlihat sejak Januari. Sementara permintaan tenaga kerja menunjukkan tanda-tanda perlambatan, kondisi keseluruhan di pasar tenaga kerja tetap ketat, bahkan dengan adanya suku bunga yang lebih tinggi.

Penjualan Rumah yang Sudah Ada

Terakhir mengenai data total penjualan rumah yang sudah ada mencakup transaksi yang telah selesai yang melibatkan rumah keluarga tunggal, townhouse, kondominium, dan koperasi mengalami penurunan 0,7% dari bulan Juli untuk mencapai tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman sebesar 4,04 juta pada bulan Agustus. Dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, penjualan turun 15,3%, turun dari 4,77 juta pada Agustus 2022.

Analisis BTC & ETH

Pada hari Kamis lalu, Bitcoin mengalami penurunan di bawah ambang batas $27,000 yang diakibatkan oleh reaksi pasar terhadap pengumuman suku bunga The Fed. Saat ini BTC memiliki resistensi pada moving average (MA) 200 minggu dengan titik harga $28,000, yang secara historis merupakan support/resistance yang kuat.

Sementara itu, ETH jatuh di bawah harga $1,600 setelah gagal menembus level resistance di 49.00, sementara Relative Strength Index (RSI) bergeser mendekati wilayah oversold.

Tampaknya bear menargetkan level support di sekitar 35.00, yang mendorong ETH turun hingga mencapai harga $1,575.

Analisis On-Chain

  • ūüďä Bursa Pertukaran: Cadangan devisa yang terus menurun mengindikasikan tekanan jual yang lebih rendah. Simpanan bersih di bursa lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Simpanan yang lebih tinggi dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih tinggi.
  • ūüíĽ Penambang: Para penambang menjual kepemilikan dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Pendapatan penambang berada dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.
  • ‚õďÔłŹ¬†On-Chain: Trader posisi long sangat dominan dan bersedia membayar kepada trader posisi short. Sentimen jual sangat dominan di pasar derivatif. Lebih banyak order jual yang dipenuhi oleh pengambil posisi. Ketika minat terbuka menurun, ini mengindikasikan investor menutup posisi futures dan kemungkinan pembalikan tren. Pada gilirannya, hal ini dapat memicu kemungkinan terjadinya tekanan jual/beli yang disebabkan oleh pergerakan harga yang tiba-tiba atau sebaliknya.
  • ūüŹ¶ Derivatif: Trader dengan posisi long mendominasi dan bersedia membayar kepada trader jangka pendek. Sentimen beli sangat dominan di pasar derivatif. Lebih banyak order beli yang dipenuhi oleh pengambil posisi. Ketika minat terbuka meningkat, hal ini mengindikasikan lebih banyak likuiditas, volatilitas, dan perhatian yang masuk ke pasar derivatif. Tren peningkatan OI dapat mendukung tren harga yang sedang berlangsung saat ini.
  • ūüĒĬ†Indikator Teknikal: Relative Strength Index (RSI) menunjukkan kondisi netral. Stochastic menunjukkan kondisi netral di mana harga saat ini berada di lokasi moderat di antara kisaran tertinggi-terendah dalam 2 minggu terakhir.

Berita Seputar Altcoins

  • Stablecoin Tether menginvestasikan $420 juta pada 10.000 GPU H100 dari Nvidia. Northern Data berencana menyewakan GPU ke startup AI, untuk memenuhi tren penambang yang memanfaatkan ledakan artificial intelligence (AI) seiring GPU menjadi tidak layak untuk penambangan Ethereum pasca overhaul energinya pada September 2022. Kesepakatan ini menempatkan Northern Data sebagai pesaing kuat untuk operator GPU cloud utama di Eropa.
  • Injective meluncurkan inEVM, Ethereum Virtual Machine pertama yang mampu mencapai komposabilitas lintas Cosmos dan Solana. inEVM ini dikembangkan bersama dengan Caldera, platform infrastruktur rollup Layer 2. InEVM memungkinkan pengembang Ethereum mengakses jaringan dan pengguna Injective dengan menawarkan kecepatan tinggi, transaksi instan, toolkit modular, likuiditas, dan komposabilitas Cosmos IBC dan Solana. InEVM bertujuan untuk mendemokratisasikan keuangan masa depan dengan mendorong desentralisasi dan kolaborasi di antara jaringan blockchain yang berbeda, dan ada rencana untuk mendesentralisasi sequencers dan validator dengan solusi seperti Altlayer dan Espresso Systems.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto dalam Sepekan Terakhir

  • Grayscale mengajukan permohonan untuk sebuah dana bursa yang diperdagangkan (ETF) berbasis futures Ethereum (ETH) baru di bawah UU Sekuritas 1933. Ini mengikuti sejumlah aplikasi lain oleh berbagai perusahaan dan kemenangan hukum Grayscale baru-baru ini melawan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada Agustus 2023. Pengadilan memutuskan SEC harus meninjau kembali aplikasi Grayscale untuk mengubah Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) menjadi ETF Bitcoin spot, sebuah permintaan yang awalnya ditolak pada Juni 2022. Pengembangan ini meningkatkan harapan di industri untuk persetujuan ETF futures Ethereum, mengikuti persetujuan beberapa ETF futures Bitcoin oleh SEC. Menyusul kemenangan Grayscale, harga ETH sebentar naik di atas $1,700 sebelum stabil di sekitar $1,634.
  • Balancer, protokol DeFi berbasis Ethereum, mengalami serangan front-end, sehingga pengguna diminta untuk menghindari situs webnya. Meskipun brankas Balancer dilaporkan aman, perusahaan keamanan blockchain memperkirakan sekitar $238.000 dalam bentuk crypto telah dicuri, dengan pengguna diminta untuk menyetujui kontrak berbahaya yang menguras dompet berinteraksi dengan situs web. Ini adalah serangan kedua terhadap Balancer dalam kurun waktu satu bulan, sebelumnya eksploitasi yang terkait dengan kerentanan mengakibatkan kerugian sekitar $2 juta. Rincian serangan terbaru masih dalam penyelidikan, dan pengguna diimbau untuk tidak berinteraksi dengan antarmuka pengguna Balancer sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Performa Aset Crypto Sepekan Terakhir

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Immutable (IMX) +16,40%
  • Chainlink (LINK) +11,60%
  • Curve DAO Token (CRV) +9,92%
  • Aave (AAVE) +7,61%

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Axie Infinity (AXS) -9,36%
  • Gala (GALA) -8,23%
  • THORChain (RUNE) -8,01%
  • Optimism (OP) -7,91%

Referensi

Penulis:Moch. Yoga Samudera

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan