Analisis Pasar 26 Juni 2023: ETF Spot Blackrock dan Fidelity Dorong Kenaikan Tajam Bitcoin Hingga 18%

Update 26 Jun 2023 • Waktu Baca 7 Menit
Gambar Analisis Pasar 26 Juni 2023: ETF Spot Blackrock dan Fidelity Dorong Kenaikan Tajam Bitcoin Hingga 18%
Reading Time: 7 minutes

Pasar crypto menguat sepekan terakhir, didorong antusiasme investor atas Exchange-Traded Fund (ETF) spot Bitcoin dari Blackrock dan Fidelity. Harga BTC naik 18% dan menyebabkan BTC Dominance merangkak naik hingga 51.5%. Apakah pasar crypto kembali pada posisi bullish? Simak analisis lengkapnya di bawah ini.

Tim trader Pintu telah mengumpulkan informasi penting dan menganalisis keadaan ekonomi secara umum serta pergerakan pasar mata uang crypto selama satu minggu terakhir. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Artikel

  • 📈 Pembangunan residensial baru di Amerika Serikat (AS) meningkat signifikan 21,7% pada Mei dibandingkan bulan sebelumnya, dan klaim pengangguran awal stabil di angka 264.000 di pekan yang berakhir 17 Juni, tetap pada level tertinggi sejak Oktober 2021.
  • 🏠 Penjualan rumah (single-family, townhome, kondominium, dan co-op) naik sedikit sebesar 0,2% di bulan Mei. Namun secara tahunan, penjualan turun sebesar 20,4% dibandingkan tahun sebelumnya.
  • 📉 Aktivitas bisnis di sektor swasta AS berkembang dengan laju yang lebih lambat pada awal Juni, dengan PMI Global Composite S&P turun dari 54,3 pada Mei menjadi 53, berada di bawah ekspektasi pasar.
  • 🔝 Sementara itu, BTC naik 18% didorong pengumuman Blackrock dan Fidelity Investment terkait ETF spot Bitcoin. Indikator BTC menunjukkan overbought dan menemui titik resistensi di harga US$32 ribu.

Analisis Makroekonomi

Laporan bulanan terbaru yang dirilis oleh Biro Sensus AS, memperlihatkan adanya peningkatan sebesar 21,7% pada Housing Starts atau pembangunan residensial baru di Amerika Serikat pada bulan Mei dibandingkan bulan sebelumnya. Peningkatan ini melampaui ekspektasi pasar, yang sebelumnya mengantisipasi adanya penurunan yang lebih moderat sebesar 0,8%. Peningkatan ini merupakan rebound dari penurunan sebesar 2,9% pada April.

Peningkatan juga terjadi dari data izin pembangunan yang diluncurkan oleh Biro Sensus AS dan Departemen Perumahan dan Pembangunan Perkotaan yang meningkat sebesar 1,491 juta atau naik 5,2% melampaui proyeksi sebesar 1,425 juta. Namun jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya, izin pembangunan justru turun hingga 12,7%. Meski begitu, pasar perumahan merupakan faktor pendorong kekuatan ekonomi yang signifikan meskipun kondisi kredit masih belum mengalami perbaikan. Hal ini masih menjadi tantangan bagi pembangunan yang sangat bergantung pada pinjaman konstruksi dan pengembangan untuk mempertahankan momentum yang diperoleh di bulan Mei.

Sementara itu, laporan dari Departemen Tenaga Kerja yang dikeluarkan hari Kamis, memperlihatkan klaim pengangguran awal tetap stabil di angka 264.000 di pekan yang berakhir 17 Juni. Tunjangan pengangguran AS juga masih mempertahankan level tertinggi sejak Oktober 2021 yang menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja tengah menghadapi tanda-tanda penurunan intensitas hingga tingkat tertentu.

Dari sisi harga rumah dalam 10 tahun terakhir, laporan yang dirilis oleh National Association of Realtors, harga rumah di AS mengalami penurunan tahunan terbesar atau turun sebesar 3,1% dibandingkan tahun sebelumnya, yang merupakan penurunan harga rumah dari tahun ke tahun paling signifikan sejak Desember 2011.

Penjualan rumah meliputi rumah single-family, townhome, kondominium, dan co-op naik sedikit sebesar 0,2% di bulan Mei. Secara tahunan, penjualan rumah menurun sebesar 20,4% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Selain itu, laju penjualan tahunan yang disesuaikan secara musiman turun dari 5,4 juta unit pada tahun sebelumnya menjadi 4,3 juta unit pada Mei.

Suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menunjukkan volatilitas sepanjang tahun 2023, dengan suku bunga rata-rata berkisar antara 6,09% hingga 6,79%. Namun, pada bulan April, ketika beberapa rumah yang ditutup pada bulan Mei kemungkinan besar masih terikat kontrak, suku bunga hipotek tetap relatif stabil.

Di awal bulan Juni, aktivitas bisnis di sektor swasta Amerika Serikat berkembang dengan laju yang lebih lambat, seperti yang ditunjukkan oleh S&P Global Composite PMI, yang turun dari 54,3 di bulan Mei menjadi 53. Angka ini berada di bawah ekspektasi pasar yang telah mengantisipasi nilai 54,4.

PMI Manufaktur Global S&P juga mengalami penurunan dari 48,3 menjadi 46,3 pada periode yang sama. Demikian pula PMI Jasa juga mengalami sedikit penurunan, berada di 54,1.

Terlepas dari perlambatan ini, tingkat ekspansi aktivitas bisnis secara keseluruhan di Amerika Serikat tetap relatif kuat di bulan Juni. Hal ini menunjukkan bahwa PDB kemungkinan akan meningkat sekitar 1,7%, dan menempatkan pertumbuhan kuartal kedua sekitar 2%.

Analisis BTC

Selama sepekan, pasar crypto menguat didorong dari antusiasme investor terhadap Blackrock dan Fidelity Investment terkait exchange-traded fund (ETF) spot Bitcoin. Pemberitaan tersebut memicu sentimen positif pada pasar bullish dan mendorong harga BTC naik hingga 18% dan pasar crypto secara keseluruhan juga naik 12% dengan kapitalisasi pasar meningkat sebesar US$150 juta dalam seminggu. Untuk BTC saat ini semua indikator menunjukkan situasi overbought dan menemui resistensi di US$32 ribu.

Pengumuman tentang pengajuan ETF BlackRock pada pertengahan Juni memengaruhi nasib para short-seller, yang mengakibatkan likuidasi posisi jual senilai lebih dari $220 juta sejak tanggal tersebut. Dalam 24 jam terakhir saja, sekitar $36 juta posisi short Bitcoin telah dilikuidasi dan total $78 juta posisi short senilai $78 juta yang telah dilikuidasi dalam 24 jam terakhir.

Karena kenaikan BTC dalam sepekan, BTC Dominance terus merayap naik hingga 51.5% yang merupakan tertinggi sejak April 2021.Saat ini menemui titik resistensi yang kuat di 52%.

Analisis On-Chain

  • 📊 Bursa Pertukaran: Cadangan devisa terus meningkat, menunjukkan tekanan jual yang lebih tinggi. Nett deposit di bursa lebih rendah dari rata-rata 7 hari, yang menunjukkan penurunan tekanan jual.
  • 💻 Penambang: Para penambang menjual kepemilikan dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun, dengan lebih banyak investor yang mendapatkan keuntungan dari penjualan. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata, namun mereka memiliki kecenderungan untuk mempertahankan koin mereka. Investor saat ini di tengah pasar bullish berada dalam fase kecemasan karena keuntungan mereka belum direalisasi, yang dapat mengindikasikan puncak pasar.
  • 🏦 Derivatif: Trader dengan posisi long menjadi dominan dan bersedia membayar kepada short trader, menunjukkan sentimen beli yang sangat kuat di pasar derivatif. Terdapat lebih banyak order beli yang diisi oleh pengambil posisi, meningkatkan minat terbuka dan menunjukkan adanya lebih banyak likuiditas, volatilitas, dan perhatian yang masuk ke pasar derivatif. Tren peningkatan minat terbuka dapat mendukung tren harga saat ini.
  • 🔀 Indikator Teknikal: RSI menunjukkan kondisi overbought di mana 74% pergerakan harga dalam 2 minggu terakhir telah meningkat dan mungkin terjadi pembalikan tren. Sementara itu, MACD menunjukkan kondisi jenuh beli di mana harga saat ini mendekati level tertinggi dalam 2 minggu terakhir dan juga bisa terjadi pembalikan tren.

Berita Seputar Altcoins

  • Staking Ethereum Melonjak, Capai 20 Juta Koin. Berdasarkan data dari Token.Unlocks pada tanggal 22 Juni, jumlah Ethereum yang di-stake melebihi 20 juta koin atau sekitar $38,25 miliar dengan tingkat staking sebesar 16,43%. Sejak Shanghai upgrade, peningkatan netto staking mencapai lebih dari 3,66 juta ETH. Hingga akhir Juni 2023, tingkat pengembalian tahunan dari staking telah mencapai 5,98%.
  • Polygon luncurkan Copilot, panduan AI untuk membantu pengguna jelajahi ekosistemnya dan Web3. Copilot berfungsi sebagai asisten terintegrasi, menawarkan pengguna wawasan berharga, bantuan, dan saran proaktif untuk meningkatkan interaksi dengan teknologi blockchain. AI ini dapat memahami dan merespons bahasa alami, ramah pengguna baik untuk pemula maupun pengguna berpengalaman di ruang blockchain. Sejalan dengan misi Polygon untuk menyederhanakan kompleksitas blockchain dan membuatnya lebih mudah diakses oleh khalayak yang lebih luas.
  • Optimism Berganti Nama Menjadi OP Mainnet, Fasilitasi Pembangunan ‘Superchain. Akun Twitter resmi Optimism telah mengubah namanya menjadi OP Mainnet, mencerminkan visi mereka untuk membentuk “superchain” dari berbagai jaringan L2. Dengan total nilai terkunci lebih dari $1,3 miliar, OP Mainnet bertujuan menjadi lapisan dasar dari “superchain” ini. Selain itu, pengembang OP Labs telah menciptakan OP Stack, sebuah tumpukan perangkat lunak yang memfasilitasi pembangunan blockchain L2. Bursa crypto Coinbase telah memanfaatkan OP Stack untuk mengembangkan jaringan L2 mereka sendiri, Base.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto dalam Sepekan Terakhir

  • Ikuti Jejak Blackrock dan Fidelity, Valkyrie Funds ajukan permohonan ETF Bitcoin. Valkyrie Funds mengajukan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk ETF Bitcoin yang didukung secara fisik. Ini menambah daftar produk mereka yang sudah mencakup ETF strategi Bitcoin dan ETF penambang Bitcoin. Jika permohonan mereka diterima, ETF baru ini, yang akan diberi nama Valkyrie Bitcoin Fund, akan terdaftar di Nasdaq dengan simbol ticker BRRR.
  • Ketua Federal Reserve Jerome Powell akui daya tahan Bitcoin dan mata uang cypto lainnya. Powell mencatat bahwa mata uang crypto telah terintegrasi ke dalam sistem keuangan karena memiliki potensi sebagai investasi dan penyimpan nilai. Powell juga menyebutkan pangsa stablecoin yang signifikan di pasar crypto menyoroti perlunya kerangka kerja regulasi untuk memastikan operasi yang aman dan andal. Meskipun Powell tidak menawarkan sikap yang pasti mengenai regulasi di masa depan, komentarnya menggarisbawahi pentingnya mata uang crypto sebagai sebuah kelas aset.

Performa Aset Crypto Sepekan Terakhir

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Aave (AAVE) +25,98%
  • Synthetix (SNX) +15,58%
  • Uniswap (UNI) +10,67%
  • PancakeSwap (CAKE) +6,17%

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Rocket Pool (RPL) -3,79%
  • Render (RNDR) -3,04%
  • Litecoin (LTC) -2,94%
  • Stacks (STX) -2,52%

Referensi

Penulis:Moch. Yoga Samudera

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan