Analisis Pasar 15 Mei 2023: BTC Lesu, Harga Turun Hingga 6% Dalam Sepekan

Update 15 May 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 8 Menit
Gambar Analisis Pasar 15 Mei 2023: BTC Lesu, Harga Turun Hingga 6% Dalam Sepekan
Reading Time: 8 minutes

Pasar crypto belum menemukan tanda-tanda bullish. Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) kompak mengalami penurunan signifikan yaitu 6% untuk BTC dan 3,5% untuk ETH pada minggu lalu, setelah sempat merespon positif data CPI. Simak ulasan lengkap analisis pasar di bawah ini.

Tim trader Pintu telah mengumpulkan informasi penting dan menganalisis keadaan ekonomi secara umum serta pergerakan pasar mata uang crypto selama satu minggu terakhir. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

block-heading joli-heading" id="ringkasan-artikel">Ringkasan Artikel

  • ūüďČ Data Consumer Price Index (CPI) terbaru menunjukkan inflasi year-on-year turun ke 4,9% pada April 2023, lebih rendah dibandingkan prediksi sebelumnya di angka 5%.
  • ūüďą Angka klaim pengangguran mengalami peningkatan, dengan klaim awal naik menjadi 264K dan klaim berkelanjutan mencapai 1813K.
  • ūüĎĀÔłŹ Indeks Harga Konsumen naik 0,4% pada April, sementara Sentimen Konsumen turun menjadi 57,7.
  • ‚úćūüŹĽ BTC turun 6% dan ETH turun 3,5%. BTC Dominance mengalami penurunan dan sedang berada di atas level resistansi historisnya di 48%.

Analisis Makroekonomi

Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet L. Yellen pada tanggal 1 Mei memberi peringatan keras pada Kongres AS bahwa jika gagal meningkatkan atau menunda batas utang, Amerika Serikat diprediksi dapat kehabisan dana untuk bisa menutupi biaya-biaya tagihan pemerintah pada 1 Juni. Kondisi ini meningkatkan urgensi Presiden AS Joe Biden dan anggota parlemen untuk segera mencapai kata sepakat agar AS tidak mengalami kegagalan dalam membayar utang.

Menkeu AS bahkan menyurati langsung Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat Kevin McCarthy. Dalam suratnya Menteri Keuangan mengatakan, ‚ÄúSetelah meninjau penerimaan pajak federal terbaru, diperkirakan bahwa kami tidak akan dapat memenuhi semua kewajiban pemerintah per awal Juni, dan mungkin hingga 1 Juni, jika Kongres tidak meningkatkan atau menunda batas utang sebelum waktu itu,‚ÄĚ

Analisis Pasar 15 Mei 2023

Di balik bayang-bayang kegagalan AS untuk membayar utang, terdapat berita baik terkait tingkat inflasi tahunan di AS yang turun menjadi 4,9% pada April 2023. Angka ini lebih rendah dari prediksi sebelummya yang sebesar 5%. Dapat disimpulkan bahwa, tingkat kenaikan ini adalah laju tahunan terendah sejak bulan April 2021, dan hasil yang telah dicapai masih sejalan dengan konsensus.

Sementara itu, secara month-on-month, CPI naik 0.4% pada April, setelah sebelumnya naik 0.1% per Maret. Kenaikan ini didorong oleh meningkatnya harga tempat tinggal, kendaraan bekas dan juga harga gas.

Analisis Pasar 15 Mei 2023

Berita tersebut memicu respon positif dari pasar, dengan futures bergerak ke wilayah positif dan imbal hasil Treasury alami penurunan.

Meskipun the Fed telah melakukan berbagai upaya untuk menekan laju kenaikan harga, inflasi tetap bertahan. Upaya tersebut sudah dimulai sejak Maret 2022, di mana Bank Sentral AS ini telah menerapkan sepuluh kenaikan suku bunga berturut-turut dan menghasilkan peningkatan kumulatif sebesar 5 poin persentase. Namun peningkatan tersebut juga memengaruhi suku bunga pinjaman acuan yang telah mencapai level tertinggi dalam hampir 16 tahun.

Upaya the Fed cukup signifikan juga dalam mendinginkan Consumer Price Index (CPI) yang sejak bulan Juni 2022 telah mencapai puncaknya di kisaran 9%. Meskipun begitu, inflasi masih tetap jauh di atas target tahunan the Fed sebesar 2%.

Data-data tersebut memberikan gambaran yang beragam tentang keadaan inflasi, dan menawarkan aspek positif negatif bagi pejabat the Fed untuk bisa mempertimbangkan saat menentukan langkah yang tepat selanjutnya terkait suku bunga.

Jika dilihat, presentase probabilitas untuk kenaikan suku bunga pada pertemuan Juni telah naik menjadi 15,5% dari 8,5% pada sepekan sebelumnya.

Analisis Pasar 15 Mei 2023

Pembacaan CPI diumumkan tidak lama setelah Biro Statistik Tenaga Kerja AS juga merilis data terkait adanya peningkatan pada gaji di sektor non-pertanian sebanyak 253.000 untuk bulan April. Peningkatan tersebut telah melampaui ekspektasi dan memberi sinyal bahwa pasar tenaga kerja tengah kuat meski ada upaya the Fed untuk meredam permintaan.

Pada pengumuman kenaikan suku bunga terbaru, the Fed tidak lagi menyatakan peningkatan suku bunga di masa depan tetap perlu dilakukan. Namun, bank sentral AS ini mengindikasikan bahwa keputusan akan diambil berdasarkan data yang ada.

Pada tanggal 6 Mei, jumlah permohonan pertama untuk tunjangan pengangguran negara meningkat sebanyak 22,000 menjadi 264.000 dibandingkan bulan sebelumnya. Angka tersebut merupakan yang tertinggi tercatat sejak Oktober 2021. Sebelumnya, Reuters telah melakukan survey kepada beberapa ekonom yang mayoritas memprediksi klaim tunjungan sebanyak 245.000 untuk minggu yang sama.

Di dalam pasar tenaga kerja terdapat sebuah indikator yaitu, rata-rata bergerak selama empat minggu. Indikator ini dianggap dapat diandalkan karena dapat memperhalus fluktuasi mingguan yang meningkat sebesar 6.000 menjadi 245.250. Ini menandai level tertinggi yang diamati sejak November 2021.

Analisis Pasar 15 Mei 2023

Masih di sektor ketenagakerjaan, merujuk laporan klaim, jumlah individu yang masih menerima manfaat bantuan setelah minggu pertama, yang berfungsi sebagai indikator aktivitas perekrutan, naik sebanyak 12,000 menjadi 1.813 juta pada 29 April. Klaim berkelanjutan ini relatif rendah dibandingkan dengan catatan sebelumnya, menunjukkan bahwa individu yang sebelumnya terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dengan cepat mendapatkan peluang pekerjaan baru.

Pada Kamis, Departemen Tenaga Kerja merilis laporan lain mengenai Indeks Harga Produsen (PPI) yang menunjukkan permintaan akhir mengalami pemulihan sebesar 0.2% pada April, setelah sempat alami penurunan sebesar 0.4% pada Maret.

Analisis Pasar 15 Mei 2023

Pada April 2023, Indeks Harga Produsen (PPI) tahunan, yang memperhitungkan fluktuasi bulanan, naik sebesar 2,3%. Ini menandai adanya peningkatan tahunan terkecil sejak Januari 2021, setelah terjadi kenaikan 2,7% pada Maret. Meskipun inflasi tetap lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tingkat pertumbuhannya melambat dan telah menurun secara signifikan dari puncaknya 11,7% pada Maret 2022. Dengan tidak termasuk poin-poin dari pertengahan 2022 dalam perhitungan tahunan, diharapkan inflasi akan terus stabil.

Analisis Pasar 15 Mei 2023

Salah satu faktor kestabilan inflasi adalah mengukur sentimen konsumen seperti yang dilakukan oleh University of Michigan tentang data pembacaan awal sentimen konsumen bulan Mei yang turun menjadi 57,7 dari pembacaan April sebesar 63,5. Penurunan tersebut mewakili level terendah yang tercatat sejak November di tahun sebelumnya. Bahkan dari survei yang dilakukan oleh Wall Street Journal terkait pembacaan sentimen konsumen di bulan Mei, beberapa ekonom sepakat di angka 63, namun justru jatuh di bawah ekspektasi.

Analisis Pasar 15 Mei 2023

Berbicara seputar inflasi, pada bulan Mei terdapat persepsi bahwa warga AS terhadap inflasi dalam jangka pendek sedikit mereda. Masyarakat AS saat ini justru mengantisipasi tingkat inflasi rata-rata sekitar 4,5% di tahun-tahun mendatang. Jika menengok kembali data pada bulan April, harapan terhadap inflasi telah meningkat sangat tajam dari 3,6% pada Maret, menjadi 4,6%. Dalam lima tahun ke depan inflasi diharapkan dapat meningkat menjadi 3,2% dari sebelumnya 3% pada bulan April. Hal ini menandai pembacaan tertinggi tentang inflasi sejak tahun 2011.

Analisis Pasar 15 Mei 2023

Analisis BTC & ETH

BTC turun di bawah dukungan Exponential Moving Average (EMA) 100 minggu, turun tajam hingga 6% dalam seminggu sebelum memantul dari resistensi yang penting secara historis dari EMA 200 minggu, yang saat ini berada pada level US$26,000. Level tersebut adalah dukungan yang sangat penting untuk diperhatikan, karena jika BTC jatuh di bawah level tersebut, mungkin akan ada lagi penurunan lebih lanjut dan menuju ke rata-rata pergerakan 200 hari, di level US$22,000. Perlu diperhatikan bahwa saat ini masih ada support pada level Relative Strength Index (RSI) 50. Namun saat BTC mendekati batas tersebut, harus bersiap untuk menemui volatilitas yang lebih besar.

Analisis Pasar 15 Mei 2023

Di sisi lain, sama dengan BTC, ETH mengalami penurunan sebesar 3,5% dalam sepekan. Penurunan yang dialami ETH bisa dibilang sedikit lebih baik dibandingkan dengan BTC untuk minggu kedua berturut-turut. Perlu dicatat bahwa ETH tampaknya akan turun dari dukungan EMA 100 minggu dan masih memiliki support yang kuat di 1518 dolar AS, Moving Average (MA) 200 minggu.

Analisis Pasar 15 Mei 2023

Sedangkan BTC Dominance mengalami penurunan dua minggu berturut-turut, dan sekarang berada di atas level resistansi historisnya di 48% dan kemungkinan akan ada penurunan lebih lanjut dari resistansinya jika berhasil tutup di bawah level 48%.

Analisis Pasar 15 Mei 2023

on-chain">Analisis On-Chain

  • ūüďä Bursa Pertukaran: Cadangan devisa terus meningkat, menunjukkan tekanan jual yang lebih tinggi. Nett deposit di bursa lebih rendah dari rata-rata 7 hari, yang menunjukkan penurunan tekanan jual.
  • ūüíĽ Penambang: Para penambang menjual kepemilikan dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun, dengan lebih banyak investor yang mendapatkan keuntungan dari penjualan. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata, namun mereka memiliki kecenderungan untuk mempertahankan koin mereka. Investor saat ini di tengah pasar bullish berada dalam fase kecemasan karena keuntungan mereka belum direalisasi, yang dapat mengindikasikan puncak pasar.
  • ūüŹ¶Derivatif: Trader dengan posisi long menjadi dominan dan bersedia membayar kepada short trader, menunjukkan sentimen beli yang sangat kuat di pasar derivatif. Terdapat lebih banyak order beli yang diisi oleh pengambil posisi, meningkatkan minat terbuka dan menunjukkan adanya lebih banyak likuiditas, volatilitas, dan perhatian yang masuk ke pasar derivatif. Tren peningkatan minat terbuka dapat mendukung tren harga saat ini.
  • ūüĒÄ Indikator Teknikal: RSI menunjukkan kondisi overbought di mana 74% pergerakan harga dalam 2 minggu terakhir telah meningkat dan mungkin terjadi pembalikan tren. Sementara itu, MACD menunjukkan kondisi jenuh beli di mana harga saat ini mendekati level tertinggi dalam 2 minggu terakhir dan juga bisa terjadi pembalikan tren.

Berita Seputar Altcoins

  • ‚öĹ Chiliz Chain Mainnet Diluncurkan, Infrastruktur Blockchain Pertama untuk Olahraga dan Hiburan. Pionir teknologi blockchain di balik ekosistem olahraga digital Socios.com dan Fan Token yang memiliki lebih dari 2 juta dompet, Chiliz (CHX) meluncurkan mainnet Chiliz Chain. Chiliz Chain menyediakan infrastruktur bagi tim olahraga dan brand untuk membangun produk Web3 yang mendorong interaksi yang lebih besar dan hubungan langsung dengan komunitas mereka. Chiliz Chain adalah blockchain Layer-1, kompatibel dengan EVM, dan menggunakan Proof of Staked Authority (PoSA).
  • ūüíł Arbitrum Holders Siap Klaim Rewards! Blockchain Ethereum Layer-2 Arbitrum melakukan distribusi token Ether (ETH) senilai US$6,2 juta ke Decentralized Automonus Organization (DAO). Distribusi ini diumukan pada tanggal 9 Mei 2023 di Twitter Official Arbitrum. Adapun dana token ETH yang didistribusi berasal dari biaya dasar dan kelebihan pendapatan yang dihasilkan dari transaksi jaringan. Total dana yang berhasil dikumpulkan oleh DAO sebesar 3.352 ETH. Kemudian untuk para holders token ARB yang didelegasikan dan dapat memenuhi syarat dapat melakukan klaim rewards yang diberikan.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto dalam Sepekan Terakhir

  • ūüĒĚ Elon Musk Nge-twit Meme Milady, Price Floor NFT di OpenSea Langsung Terbang! Pada 10 Mei lalu, CEO Tesla Elon Musk menunggah gambar meme NFT yang merupakan karya seni digital mewakili karakter dari game ‚ÄúThe Legend of the Iron Lady‚ÄĚ. Cuitan tersebut bahkan telah di-likes lebih dari 3600 akun Twitter dan tentu koleksi tersebut langsung melesat ke posisi tren teratas di pasar NFT OpenSea, dengan harga dasar sempat menyentuh level tertinggi sepanjang masa sebesar 7,3 ETH (sekitar $ 13.700).

Performa Aset Crypto Sepekan Terakhir

Analisis Pasar 15 Mei 2023

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Kava (KAVA) +36,82%
  • LIDO Dao (LDO) +2,07%
  • Rocket Pool (RPL) +0,85%

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • WOO Network (WOO) -20,59%
  • Injective (INJ) -16,44%
  • Synthetix (SNX) -14,95%
  • Chiliz (CHZ) -14,90%

Referensi

Penulis:Moch. Yoga Samudera

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan