Analisis Pasar 29 Agustus-3 September: Potensi Momentum Positif ETH dan Peringatan Harga BTC

Update 5 Sep 2022 • Waktu Baca 7 Menit
Gambar Analisis Pasar 29 Agustus-3 September: Potensi Momentum Positif ETH dan Peringatan Harga BTC
Reading Time: 7 minutes

Bitcoin mengakhiri bulan Agustus dengan -14%. Sementara itu, kondisi finansial eurozone sedang mengalami kesulitan dengan inflasi yang mencapai 9,1%. Terdapat beberapa potensi bearish dalam pergerakan harga Bitcoin dan Ethereum. Simak dalam analisis pasar di bawah untuk tahu lebih lengkap!

Tim trader Pintu mengumpulkan berbagai data penting tentang pergerakan harga pasar aset kripto selama seminggu terakhir yang terangkum pada Analisis Pasar ini. Akan tetapi, perlu kamu perhatikan bahwa semua informasi dari Analisis Pasar ini memiliki tujuan edukasi dan informasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Analisis Pasar

  • 🏦 Kondisi finansial negara di wilayah eurozone sedang mengalami kesulitan dengan inflasi yang mencapai 9,1%
  • ⚠️ Bulan Agustus adalah pertama kalinya BTC menutup dan memulai candle bulanan baru di bawah MA 50 bulan. Titik ini merupakan titik krusial secara historis.
  • ⚖️ BTC keluar dari pola bear flag dan sekali lagi berada di bawah MA 200 Minggu.
  • 🔍 Terdapat beberapa kesamaan antara pergerakan harga ETH sekarang dan pada 2018, terutama dalam persilangan antara beberapa garis MA.

Analisis Ekonomi Makro

Inflasi Eurozone (19 negara moneter Uni Eropa) mencapai rekor baru bulan ini, dengan 9,1%, 0,1% lebih tinggi dari konsensus. Bank Sentral Eropa sebelumnya menaikkan suku bunganya sebesar 50 bps pada bulan Juli, kenaikan suku bunga pertama kali dalam 11 tahun. Kemungkinan tidak akan terjadi kenaikkan lain pada 8 September. Meskipun begitu, Negara-negara di Eropa berada dalam situasi sulit karena risiko resesi yang tidak lagi dapat dihindari.

Pasar masih akan berfluktuasi karena menunggu angka tingkat pengangguran Agustus, data CPI pada 13 September, dan pertemuan FOMC pada 21-22 September. Masih ada ketidakpastian tentang apakah inflasi telah mencapai puncaknya di AS. Maka dari itu, September akan menjadi bulan yang fluktuatif. Kita sepertinya harus menunggu lebih lama lagi sebelum terjadi pembalikan tren harga pasar.

Pergerakan Ethereum 29 Agustus-3 September 2022

Melihat grafik 3 hari untuk ETH, kita dapat melihat bahwa pola ETH sekarang adalah pengulangan dari apa yang terjadi di tahun 2018. Garis Oranye adalah MA 50 hari dan garis biru adalah MA 200 hari. Pada tahun 2018, begitu ETH mencapai resistensi MA 50 hari (persegi panjang), ia jatuh lagi dan mencapai resistensi lain pada MA 50 hari (lingkaran). Hal yang sama terjadi saat ini. Jika apa yang terjadi serupa, kita akan melihat momentum positif kembali setelah ETH menyentuh MA 50 hari.

Titik resistensi dan pendukung biasanya dapat membantu kamu kapan membeli dan menjual aset. Baca artikel tentang keduanya disini!

analisis pasar grafik harga harian Eth
Grafik Ethereum dan garis MA 50 dan 200 hari.

Pada grafik mingguan Ethereum, kita dapat melihat pola. Pada tahun 2018, kita melihat persilangan antara MA 30 hari (garis merah) dan MA 100 hari (garis kuning), ini secara kebetulan menandai batas bawah indikator RSI dalam bear market. Selanjutnya, terdapat momentum yang mendorong harga ke atas yang dikonfirmasi oleh MA 30 hari melintasi dan melewati MA 100 hari (membutuhkan 1+ tahun). Pada hari ini, kita baru saja mengalami persilangan antara MA 30 hari dan MA 100 hari. Kita mungkin melihat momentum ke atas dalam jangka pendek sebelum bergerak menyamping dan menemukan momentum positif.

Grafik mingguan ethereum
Grafik Ethereum dan persilangan MA 30 dan 100 hari.

Pergerakan Harga BTC 29 Agustus-3 September 2022

Agustus berakhir dengan harga BTC memiliki persentase tingkat pengembalian sebesar -14%. Mengulangi analisis pasar minggu lalu, September selalu menjadi bulan merah bagi BTC. Dari 9 bulan September sebelumnya, hanya 2 bulan yang merupakan bulan hijau (vs 7 bulan merah).

analisis pasar sejarah pergerakan harga BTC
Sejarah persentase pergerakan BTC setiap bulannya. Perhatikan bulan September.

Selama seminggu terakhir, kami telah melihat BTC melemah setelah keluar dari pola bear flag. BTC turun 9% dan -15% dari bulan lalu. Saat ini, kita sedang mengalami fase konsolidasi jangka menengah. Kami memiliki titik dukungan kritis secara psikologis pada $20k. Level pendukung selanjutnya adalah $19.000 dolar AS. Pada grafik harian, kita bisa melihat potensi persilangan bearish di MA 50 dan MA 100, yang dapat mempercepat momentum negatif.

Perhatikan bahwa RSI harian menghadapi resistensi terhadap angka penting pada 41.

Pelajari berbagai aspek analisis teknikal lain yang dapat membantumu menganalisis pola harga.

grafik harian btc
Grafik BTC dan pola bear flag.

Pada grafik mingguan, kita sekali lagi melihat BTC di bawah MA 200 minggu, yang secara historis merupakan peluang beli yang baik. Perhatikan bahwa kita belum naik ke titik resistensi baru dan titik pendukung masih di $19k. Jika kita jatuh dari sini, momentum bearish akan meningkat. Melihat kurva pertumbuhan log bitcoin, kami berada di bagian bawah. Ini adalah indikator peluang pembelian baik lainnya.

analisis pasar grafik mingguan btc
Grafik BTC dan garis MA 200 Minggu (biru).

Pada grafik bulanan, ini adalah pertama kalinya BTC menutup dan memulai candle bulanan baru di bawah MA 50 bulan. Secara historis, garis MA 50 bulan adalah titik pendukung yang sangat kuat. Secara makro, ada kemungkinan terjadinya titik rendah baru.

Grafik bulanan BTC
BTC dan garis MA 50 Bulan (oranye).

Analisis On-Chain

Melihat realisasi bersih P/L BTC, secara agregat investor BTC, terdapat menjual dalam kerugian sejak pertengahan April tahun ini. Meskipun begitu, kerugian yang direalisasikan sedang dalam tren menurun. Menembus di atas angka nol berarti sentimen pasar mulai positif.

analisis pasar grafik p/l btc
Grafik keuntungan/kerugian yang direalisasikan.

Selanjutnya, mari kita lihat Rasio Realisasi HODL. Indikator ini bertujuan untuk mengidentifikasi dua titik ekstrem dalam psikologi pasar untuk secara akurat mengidentifikasi batas tertinggi dan terendah siklus global Bitcoin. Ia dapat memperkirakan di mana harga Bitcoin mungkin perlu turun ketika garis Rasio RHODL mendekati pita merah atas, dan juga kapan BTC membalik ke atas setelah menghabiskan waktu di pita hijau bawah.

Perhatikan bahwa kita akhirnya berada di zona hijau, di mana pembalikan pasar akan segera terjadi. Pertanyaannya adalah berapa lama kita akan menghabiskan waktu di bawah pita hijau.

analisis pasar grafik BTC HOLD ratio
Grafik realisasi rasio HODL BTC.
  • 📊 Bursa: Saat cadangan devisa naik, ini menunjukkan tekanan jual yang lebih tinggi. Setoran bersih di bursa cukup tinggi dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Deposito yang lebih tinggi dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih tinggi.
  • 💻 Penambang: Penambang menjual kepemilikan dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun mereka. Pendapatan penambang menurun secara signifikan dibandingkan dengan biaya yang mereka keluarkan. Hal ini dapat menunjukkan bahwa harga BTC undervalued dan penambang memiliki untuk memegang koin mereka.
  • ⛓️ On-Chain: Lebih banyak investor menjual dengan rugi. Di tengah bear market, itu bisa menunjukkan batas bawah pasar. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata. Mereka memiliki motif untuk memegang koin mereka. Selain itu, investor berada dalam fase kapitulasi di mana mereka menghadapi kerugian yang belum direalisasi. Hal ini menunjukkan penurunan keinginan merealisasikan kerugian sehingga tekanan jual menurun.
  • 🏦 Pasar Derivatif: Pedagang posisi long dominan dan bersedia membayar pedagang short. Sentimen beli dominan di pasar derivatif. Lebih banyak pesanan beli diisi oleh pengambil. Saat open interest menurun, ini menunjukkan investor menutup posisi futures dan kemungkinan ada pembalikan tren. Hal ini dapat memicu kemungkinan terjadinya long/short-squeeze yang disebabkan oleh pergerakan harga yang tiba-tiba.

Berita Seputar Altcoins

  • FIFA meluncurkan platform NFT di Algorand: Platform NFT FIFA, bernama “FIFA+ Collect” akan meluncur pada akhir bulan September. Platform NFT ini akan memberikan fans sepakbola kesempatan untuk memiliki NFT yang mengabadikan momen-momen ikonik dari olahraga yang mereka cintai. FIFA+ Collect akan hidup di atas jaringan Algorand (ALGO).
  • 🧬 Helium berencana pindah ke Solana: Tim pengembang dibalik Helium (HNT) membuat proposal untuk memindahkan jaringannya ke atas Solana. Proposal ini dibuat karena tim pengembang Helium mengatakan mereka menghadapi beberapa hambatan teknis terkait pengoperasian jaringannya.
  • 🌐 Polygon terintegrasi dengan Robinhood dan Meta: Robinhood dan Meta baru saja mengumumkan integrasi jaringan Layer-2 Polygon (MATIC) ke dalam platformnya masing-masing. Pengguna Robinhood sekarang dapat melakukan deposit dan menarik MATIC dalam jaringannya. Sementara itu, Meta melalui Facebook dan Instagram sekarang memiliki fitur cross-posting bagi NFT dari Polygon.

Berita Lainnya dari Dunia Kripto dalam Sepekan Terakhir

  • ☠️ Tim pengembang aplikasi DeFi menghentikan aplikasinya sendiri: OptiFi, salah satu DEX pada Solana, mengumumkan bahwa tim pengembangnya secara tidak sengaja memberhentikan aplikasinya secara permanen. Hal ini terjadi karena kesalahan saat proses pembaruan protokol OptiFi. Sebanyak $661.000 USDC terkunci dan hilang permanen namun OptiFi menjelaskan akan mengembalikan dana pengguna yang terdampak.
  • 👜 Hermes memasuki Metaverse dan NFT: Brand fashion ternama, Hermes, baru saja mengajukan merk dagang untuk namanya terkait produk Metaverse, NFT, marketplace virtual, dan juga fashion show virtual.
  • 🎟️ Ticketmaster menggunakan Flow untuk tiket NFT: Ticketmaster, salah satu raksasa dalam industri tiket, memilik blockchain Flow milik DapperLabs untuk mencetak tiket berbentuk NFT. Dalam program perdananya, Ticketmaster sudah mencetak lima juta NFT dalam waktu enam bulan. Kini Ticketmaster telah membangun fitur dompet dan pasar virtual ke dalam situsnya.

Performa Aset Kripto Selama Sepekan Terakhir

infografis Performa Aset Kripto Selama Sepekan Terakhir
Sumber: Coin360

Aset Kripto dengan Performa Terbaik

  • LIDO DAO (LDO) +24%
  • Polygon (MATIC) +15,6%
  • Cardano (ADA) +15,3%
  • Chainlink (LINK) +13,8%
  • Flow (FLOW) +12,8%

Aset Kripto dengan Performa Terburuk

  • Helium (HNT) -28%
  • Hedera (HBAR) -2%

Referensi

Penulis:Pintu Academy Team

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan