Analisis Pasar 3-9 Juli: Relief Rally BTC, Suku Bunga Bulan Juli, dan Stablecoin AAVE

Update 11 Jul 2022 ‚ÄĘ Waktu Baca 6 Menit
Gambar Analisis Pasar 3-9 Juli: Relief Rally BTC, Suku Bunga Bulan Juli, dan Stablecoin AAVE
Reading Time: 6 minutes

Sepekan terakhir membawa sedikit kabar baik bagi pasar aset kripto. Bitcoin berhasil naik dari angka $19.000 dolar AS dan mencapai sekitar $21.000 dolar AS. Pergerakan ini berhasil menarik aset-aset altcoin lain untuk ikut naik. Tim trader Pintu sudah mengumpulkan berbagai data penting tentang pergerakan harga pasar aset kripto selama seminggu terakhir. Selain itu, tim Pintu Akademi juga membawa berbagai berita penting dari dunia kripto. Perlu kamu perhatikan bahwa informasi dari analisis pasar bertujuan memberikan edukasi dan informasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Analisis Pasar

  • ‚öĖÔłŹ Selama seminggu terakhir, BTC mengalami reli dan naik di atas garis resistensi 21 minggu. Namun, kenaikan ini tampaknya merupakan sebuah relief rally dalam bear market yang kemungkinan berumur pendek dan berubah menjadi bull trap.
  • ūüďČ Bitcoin masih berada di bawah MA 200 Minggu yang menunjukkan bahwa bear market belom selesai. Ini adalah candle mingguan ke-3 harga BTC berada di bawah garis resistensi tersebut.
  • ūüŹ¶ Data Indeks Harga Konsumen (CPI) AS akan keluar pada 13 Juli. Kemudian, pertemuan FOMC untuk menentukan suku bunga the Fed akan terjadi 26-27 Juli. Kedua pengumuman ini memiliki dampak signifikan terhadap pasar aset kripto dan saham.
  • ūü§ě Indikator Net Unrealized Profit/Loss (NUPL) menunjukkan Investor berada dalam fase¬†Kapitulasi dan insentif untuk menjual sedang menurun. Cadangan pada bursa kripto juga terus turun, mengindikasikan tekanan jual mulai merendah.

Pergerakan Harga BTC 3-9 Juli 2022

Selama seminggu terakhir, pasar kripto mengalami sedikit reli, dengan BTC naik di atas garis resistensi 21 minggu. Meskipun demikian, reli harga ini tampaknya merupakan sebuah relief rally dan kita belum menemukan bottom yang sebenarnya untuk saat ini. Inilah sebabnya mengapa kita akan melihat beberapa relief rally di kondisi bear market. Trader short melindungi keuntungan mereka dengan winding/covering posisi short yang dimiliki dan para bull trader ikut membeli dan kemudian menciptakan relief rally.

Skenario yang kemungkinan terjadi adalah kenaikan harga sekarang akan berumur pendek dan para trader bull biasanya akan jatuh ke dalam bull trap.

ūüí° Relief rally adalah sebuah fenomena kenaikan harga singkat dalam kondisi pasar yang buruk. Ia biasanya terjadi karena ada kejenuhan penjualan aset yang menciptakan kenaikan harga secara sementara. Short covering adalah sebuah strategi yang dilakukan trader short untuk menjaga keuntungan mereka dengan membeli aset untuk menaikkan harga secara sementara dan menutup posisi short. Bull trap adalah situasi saat harga mengalami kenaikan singkat dalam sebuah tren penurunan dan kemudian kembali turun lebih tajam, menjebak para pembeli baru.

pergerakan harga bitcoin
Grafik harian Bitcoin dengan pita EMA.

Perhatikan bahwa kita masih berada di bawah MA 200 minggu. Ini adalah candle mingguan ke-3 di mana harga BTC berada di bawah garis resistensi. Pasar masih bearish dan kita perlu merebut kembali MA 200-minggu dan menjadikannya titik pendukung.

Baca juga: Mengenal beberapa indikator teknikal aset kripto.

pergerakan harga bitcoin dalam grafik mingguan
Grafik mingguan BTC dengan pita SMA.

Dominasi BTC naik 2,1% minggu ini setelah 3 minggu turun berturut-turut. BTC sekali lagi berada di atas EMA 21 minggu.

grafik dominasi bitcoin
Grafik Dominasi kapitalisasi pasar BTC dengan pita EMA.

Juli akan menjadi bulan yang penting bagi kripto. Data Indeks Harga Konsumen (CPI) akan keluar pada 13 Juli. Ini kemudian diikuti oleh pengumuman suku bunga dana Fed oleh FOMC pada 26-27 Juli. Lalu, pada 28 Juli, perkiraan Produk Domestik Bruto (PDB) AS akan menentukan apakah AS berada dalam resesi (secara perhitungan).

FOMC diperkirakan akan menaikkan suku bunga Fed Funds sebesar 50 atau 75 basis poin.

Ekspektasi kenaikan suku bunga Fed pada 4 pertemuan FOMC berikutnya:

  • Juli: kenaikan 75 bps menjadi 2,25%-2,50%
  • Sep: kenaikan 50 bps menjadi 2,75%-3,00%
  • Nov: kenaikan 50 bps menjadi 3,25%-3,50%
  • Des: kenaikan 25 bps menjadi 3,50%-3,75%

Setelah mencatat penurunan PDB -1,6% pada Q1 2022, penurunan PDB kuartal kedua berturut-turut akan menempatkan AS ke dalam resesi (berdasarkan perhitungan). Jika ini benar, Bitcoin akan menghadapi resesi pertama kalinya.

Kurva imbal hasil obligasi pemerintah 10 tahun dan 2 tahun telah berbalik, artinya imbal hasil 2-tahun sekarang lebih tinggi dari 10 tahun.

Inversi ini merupakan tanda peringatan bahwa ekonomi mungkin jatuh atau telah jatuh ke dalam resesi. Kita tidak bisa hanya melihat bahwa imbal hasil 2 tahun lebih besar dari 10 tahun, kita juga perlu memperhatikan jumlah durasi inversi imbal hasil ini. Umumnya, resesi akan terjadi beberapa kuartal setelah inversi.

kurva imbal hasil pemerintah AS.
Kurva imbal hasil obligasi pemerintah AS.

Q2 2022 telah menjadi kuartal terburuk dalam sejarah BTC dalam konteks pergerakan harganya. Harga telah jatuh -56% secara kuartal-ke-kuartal. Selain itu, perhatikan bagaimana kuartal ke-3 biasanya merupakan kuartal dengan kinerja paling buruk.

analisis pergerakan harga btc per kuartal
Pergerakan harga Bitcoin per kuartal.

Dolar AS (USD) telah menguat ke level tertinggi sejak Desember 2002. Pasar biasanya mengalami koreksi atau dalam bear market saat USD sedang kuat.

grafik harga dolar AS.
Grafik harga Dolar AS.

Angka total dana tersimpan/TVL (total value locked) DeFi telah mencapai $77 milyar dolar, turun hampir 70% dari puncaknya pada Desember 2021 ($250 milyar dolar AS). Berdasarkan rasio Price-to-Sales (P/S), beberapa DEX dan protokol peminjaman dengan pendapatan yang besar dan fundamental kuat mungkin telah memasuki wilayah harga undervalued.

angka TVL industri defi crypto
Angka TVL industri DeFi dalam crypto.

Analisis On-Chain

Setelah beberapa minggu aliran dana besar dari penambang, whale, dan holder ke bursa berhasil menekan harga bitcoin, selama tujuh hari terakhir sepertinya hal ini mulai berhenti.

Cadangan pada bursa terus turun, yang mengindikasikan tekanan jual mulai merendah. Setoran bersih di bursa sedang rendah jika dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Setoran yang lebih rendah dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih rendah. Selain itu, penambang menjual kepemilikan dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun mereka.

ASOPR di 0,98. Lebih banyak investor yang menjual dengan rugi. Di tengah bear market, ini bisa menandakan batas dasar pasar.

CDD biner pada 0. (Ini adalah metrik yang meningkat ketika pemegang token jangka panjang memperdagangkan atau memindahkan koin mereka untuk tujuan penjualan. Ini menghitung apakah pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih tinggi atau lebih rendah dari rata-rata (0: rendah, 1: tinggi). Jika nilainya lebih dari 0,5, ini menunjukkan bahwa pergerakan pemegang jangka panjang lebih tinggi dari rata-rata). Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata. Mereka memiliki motif untuk memegang koin mereka.

Net Unrealized Profit/Loss (NUPL) di -0,0245. Investor berada dalam fase Kapitulasi di mana mereka saat ini menghadapi kerugian yang belum direalisasi. Hal ini menunjukkan adanya penurunan motif untuk merealisasikan kerugian yang berujung pada penurunan tekanan jual.

Tingkat pendanaan: trader posisi short dominan dan bersedia membayar trader long.

Rasio Taker Buy Sell: Sentimen beli sedang dominan di pasar derivatif. Lebih banyak pesanan beli diisi oleh taker.

Open interest meningkat 17% dalam 1 minggu. Peningkatan OI menunjukkan adannya lebih banyak perhatian, likuiditas, dan volatilitas yang masuk ke pasar derivatif. Tren kenaikan OI dapat mendukung tren harga yang sedang berlangsung.

Berita Seputar Dunia Altcoins

  • ūü§Ě Reddit X Polygon: Reddit, salah satu media sosial paling populer di dunia, baru saja bekerja sama dengan Polygon untuk membuat pasar digital NFT. NFT di pasar digital ini dapat dibeli menggunakan uang fiat biasa dan pengguna dapat langsung menyimpannya dalam dompet digital Reddit yaitu Vault.
  • ūü™ô AAVE Stablecoin: AAVE, salah satu platform peminjaman terbesar di Ethereum, mengumumkan pembuatan stablecoin algoritmik miliknya, GHO. Pengguna dapat menyetak GHO dengan memberikan jaminan berupa sejumlah aset kripto yang sesuai dengan nilai yang dipinjam. Semua kebijakan terkait GHO diatur oleh komunitas pengguna AAVE kecuali persentase bunganya yang ditentukan oleh AAVE. Sentimen dalam kalangan komunitas AAVE saat ini masih positif terkait GHO.

Berita Penting Lainnya dari Dunia Kripto dalam Sepekan Terakhir

  • ūüĆč Bitcoin Mt. Gox: Bitcoin dari pengguna bursa kripto Mt. Gox yang melakukan penipuan pada 2014 akhirnya mulai dikembalikan. Total Bitcoin yang dikembalikan adalah 150.000 BTC setara dengan $3 milyar dolar AS. Apabila semua Bitcoin ini dijual oleh penggunanya, Bitcoin dapat mengalami tekanan harga yang besar.
  • ‚ė†ÔłŹ Kelanjutan kasus Celcius: Arkham Intelligence, sebuah firma analisis blockchain, merilis laporan tentang Celcius (platform peminjaman kripto) yang mengelola aset senilai $3,3 milyar dolar AS dari penggunanya. Laporan tersebut menjelaskan bahwa Celcius menggunakan aset penggunanya dalam sebuah strategi trading beresiko tinggi melalui berbagai macam platform DeFi. Laporan ini menekankan adanya praktik meragukan di mana aset pengguna platformnya dihadapkan kepada berbagai resiko tinggi.

Performa Aset Kripto Selama Sepekan Terakhir

performa pasar kripto
Sumber: Coin360

Referensi

Penulis:Pintu Academy Team

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan