Analisis Pasar 31 Juli-6 Agustus: Bitcoin Dalam Kisaran Harga dan Ethereum Menguat

Update 8 Aug 2022 • Waktu Baca 6 Menit
Gambar Analisis Pasar 31 Juli-6 Agustus: Bitcoin Dalam Kisaran Harga dan Ethereum Menguat
Reading Time: 6 minutes

Bitcoin gagal melanjutkan momentum kenaikan dan masih berada pada kisaran harga yang sama. Sementara itu, Ethereum menunjukkan performa harga kuat pasca beberapa pengumuman The Merge. Tim trader Pintu sudah mengumpulkan berbagai data penting tentang pergerakan harga pasar aset kripto selama seminggu terakhir. Kamu juga akan menemukan beberapa update penting dari dunia kripto. Semua informasi dari analisis pasar memiliki tujuan edukasi dan informasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Analisis Pasar

  • 🔍 BTC masih berada di kisaran harga dalam pola bearish flag dan berhasil menembus EMA 55 hari tapi turun kembali.
  • ⚖️ Bitcoin masih berhasil bertahan pada titik dukungan MA 200 minggu.
  • 💻 The Merge akan membuat ETH menjadi aset deflasioner dan bisa menjadi katalis kenaikan harga ETH.
  • 💵 Grafik ETH dan ETH/BTC menunjukkan performa yang baik dengan adanya pola bullish pada grafik mingguan.
  • 🏦 Data CPI bulan Juli akan dirilis pada 10 Agustus, data ini dapat berpengaruh terhadap pergerakan aset saham.

Pergerakan Harga BTC dan ETH 31 Juli-6 Agustus 2022

Selama seminggu terakhir, BTC berhasil naik ke atas EMA 55 hari. BTC mencoba untuk keluar dari pola bearish flag tetapi gagal dan kembali turun. Sampai ada konfirmasi terjadi breakout, BTC akan terus berada pada kisaran harga sekarang. Apabila ada sinyal bullish, MA 100 hari, yang berada di dekat level $26K dollar AS, akan menjadi titik resistensi pertama sebelum zona $30K yang signifikan. Kemungkinan *bearish-*nya adalah BTC akan jatuh dari kisaran harga sekarang.

analisis pasar grafik harian bitcoin
Grafik harian Bitcoin dengan pola bearish flag.

Pada grafik mingguan BTC, kita masih berada di titik pendukung MA 200 minggu yang bersejarah, yang biasanya menjadi waktu tepat untuk mengakumulasi.

analisis pasar grafik mingguan bitcoin MA 200 minggu
Grafik mingguan BTC dengan garis MA 200 Minggu.

Tren saat ini adalah tentang The Merge Ethereum, pembaruan yang mengubahnya dari proof-of-work menjadi proof-of-stake yang lebih ramah lingkungan. Pembaruan ini dijadwalkan pada 19 September dan akan menggabungkan mainnet Ethereum saat ini dengan sistem PoS yang disebut Beacon Chain. Meskipun begitu, ini akan memungkinkan mainnet untuk terus diamankan oleh PoW, sementara Beacon Chain Ethereum baru akan berjalan menggunakan PoS.

Citibank menyebutkan bahwa Ethereum mungkin akan menjadi aset deflasioner karena penerbitan token ETH baru akan menurun sementara mekanisme pembakaran dilanjutkan. The Merge dapat meningkatkan kecepatan transaksi sebesar 10% dengan mengurangi waktu blok. Waktu blok akan turun antara 12-13 detik dan biaya transaksi juga akan sedikit menurun. ETH kemudian akan menjadi aset digital yang ramah lingkungan dengan penggunaan energi yang akan turun 99,95%.

Citi juga menjelaskan bahwa The Merge mengurangi penerbitan ETH baru sebesar 4,2% per tahun, dan dengan ETH akhirnya menjadi deflasi, ini akan meningkatkan ketertarikan ETH sebagai aset penyimpanan nilai.

Sejak pengumuman the merge, ETH telah mengalami momentum bullish, dengan altcoin lainnya mengikuti. Analisis terknikal untuk ETH masih menunjukkan pola bullish pada grafik mingguan. Seperti pada grafik di bawah, ETH berhasil menemukan titik dukungan di MA 150 minggu. Kita juga keluar dari garis Fibonacci 0,236.

grafik mingguan ethereum
Grafik mingguan ETH dengan pita SMA dan zona Fibonacci.

Meskipun ETH berhasil melampaui garis EMA 21 dan 55 hari, ETH gagal menembus EMA 100 hari. ETH perlu menembus garis resistensi ini untuk membentuk momentum bullish jangka pendek.

analisis pasar grafik harian ethereum
Grafik harian ETH dengan pita SMA.

Saat ini adalah minggu ke-5 candlestick hijau di grafik ETH/BTC. ETH saat ini ditolak di area kantong emas Fibonacci. Jika berhasil keluar dari area ini, ETH akan mengalami pergerak signifikan menuju sisi atas.

grafik eth/btc
Grafik mingguan ETH/BTC dengan zona Fibonacci dan pita EMA.

Terdapat momentum kenaikan signifikan pada Altcoin mengikuti berita pembaruan ETH. Grafik dominasi BTC telah turun berturut-turut sejak Pertengahan Juni. Titik saat ini adalah 41,25%.

analisis pasar grafik dominasi BTC
Grafik dominasi BTC.

TVL (total value locked) atau jumlah dana tersimpan telah mengalami pertumbuhan positif sejak pertengahan Juni. Angka TVL berhasil naik dari $55 miliar dolar AS pada pertengahan Juni ke $69 miliar saat ini.

Grafik angka TVL
Grafik angka TVL.

Pergerakan Pasar Saham dan Dolar AS.

Pasar saham menunjukkan kekuatannya karena S&P (+0,37% WoW) dan Nasdaq (+2,15% WoW) melanjutkan momentum positif mereka. Namun, terdapat risiko momentum overheat (terlalu banyak pembelian) saat kita menuju pengumuman CPI Juli pada 10 Agustus. Hal ini terjadi karena laporan pendapatan baru perusahaan-perusahaan besar tidak separah yang ditakuti investor. Ini adalah salah satu alasan mengapa pasar saham mengalami reli dalam beberapa pekan terakhir.

Sejak pertengahan minggu kemarin, sekitar 70% dari perusahaan S&P 500 melaporkan pendapatan Q2 mereka. Angka pendapatan ini mengalahkan prakiraan konsensus sebesar 2,5%, dan angka keuntungan telah melampaui perkiraan sebesar 5,6% sejauh ini.

Grafik indeks S&P 500
Grafik indeks S&P 500.
Grafik harga Nasdaq
Grafik indeks Nasdaq

Indeks dolar AS melanjutkan tren positif, seperti yang bisa dilihat pada grafik di bawah. Saat ini dolar sedang mengalami koreksi dan menemukan titik pendukung pada garis 21 minggu.

Analasis pasar indeks dolar AS.
Grafik indeks dolar AS.

Analisis On-Chain

Bursa pertukaran: Setoran bersih di bursa cukup tinggi dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Deposito yang lebih tinggi dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih tinggi.

Penambang: Penambang menjual kepemilikan dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun mereka. Pendapatan penambang dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.

On-chain: Lebih banyak investor yang menjual dengan rugi. Di tengah bear market, itu bisa menunjukkan batas dasar pasar. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata. Mereka memiliki motif untuk tidak menjual. Investor berada dalam fase ketakutan dengan keuntungan yang belum direalisasi sedikit lebih tinggi dari kerugian.

Pasar derivatif: Pedagang posisi long dominan dan bersedia membayar pedagang short. Sentimen beli dominan di pasar derivatif. Selain itu, lebih banyak pesanan beli diisi oleh pengambil. Saat OI menurun, ini menunjukkan investor menutup posisi berjangka dan ada kemungkinan pembalikan tren. Namun, hal ini berpotensi memicu kemungkinan terjadinya long/short-squeeze yang disebabkan oleh pergerakan harga yang tiba-tiba.

Berita Seputar Dunia Altcoins

  • 🕵️ Peretasan Dompet digital Solana: Sekitar 7.000 dompet digital pada jaringan Solana berhasil dikuras dalam sebuah peretasan senilai $4,5 juta dolar AS. Investigasi Solana menjelaskan bahwa pengurasan dana ini terjadi pada dompet digital Phantom dan Slope berbasis platform browser dan smartphones.
  • 💻 Dilema Ethereum PoW: Beberapa penambang Ethereum saat ini mengkonsolidasikan diri untuk terus mendukung Ethereum versi proof-of-work (PoW). Pembaruan The Merge yang akan memindahkan Ethereum ke jaringan proof-of-stake (PoS) diperkirakan akan membuat rugi industri penambang Ethereum yang memiliki alat senilai $5 miliar dolar AS. Posisi komunitas penambang ini mirip dengan kasus Ethereum Classic yang tercipta akibat protes terhadap fork Ethereum.

Berita Penting Lainnya dari Dunia Kripto dalam Pekan Terakhir

  • ⚠️ Peretasan Nomad Bridge: Nomad Bridge, sebuah jembatan untuk memindahkan aset kripto dari satu blockchain ke yang lainnya, mengalami peretasan yang mengakibatkan sekitar $190 juta dolar AS dikuras. Kejadian ini terjadi karena kesalahan yang membuat peretas dengan mudah mengubah tujuan transaksi. Kerugian akibat peretasan bridge sudah mencapai angka $2 miliar dolar pada tahun 2022.
  • 🪙 Michael Saylor mengundurkan diri sebagi CEO Microstrategy: Michael Saylor, pendukung Bitcoin terkenal dan CEO dari perusahaan teknologi Microstrategy, mengumumkan pengunduran diri dari jabatannya. Ia turun sebagai CEO dan mengisi posisi pejabat eksekutif perusahaan dan ketua Dewan Direksi. Saylor menjelaskan bahwa keputusannya dibuat agar ia bisa lebih mempengaruhi kebijakan dan mengadvokasi edukasi Bitcoin.
  • 🏦 BlackRock dan Coinbase Bekerja Sama: BlackRock, perusahaan pengelola aset terbesar di dunia ($8 triliun), bekerja sama dengan Coinbase untuk menawarkan layanan pengelolaan aset kripto kepada kliennya. Bitcoin akan menjadi aset digital pertama yang akan ditawarkan ke pengguna Aladdin, platform milik BlackRock.

Performa Aset Kripto Selama Sepekan Terakhir

performa aset kripto
Sumber: Coin360

5 Aset Kripto Dengan Performa Terbaik

  • Quant (QNT) +21,65%
  • Theta (THETA) +21,51%
  • Chilliz (CHZ) +21,26%
  • Near Protocol (NEAR) +19,71%
  • Optimism (OP) +17,27%

5 Aset Kripto Dengan Performa Terburuk

  • Filecoin (FIL) -18,55%
  • Convex (CVX) -6,41%
  • STEPN (GMT) -4,58%
  • Helium (HNT) -3%
  • Kusama (KSM) -2,55%

Referensi

Penulis:Pintu Academy Team

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan