Apa Itu Alchemy Pay? Mengenal Platform Pembayaran Crypto-Fiat

Update 26 Mar 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 5 Menit
Gambar Apa Itu Alchemy Pay? Mengenal Platform Pembayaran Crypto-Fiat
Reading Time: 5 minutes

Belum lama ini Bank Indonesia memberikan lisensi kepada Alchemy Pay dan PT Berkah Digital Pembayaran (BDPay) untuk mengoperasikan bisnis pengiriman uang dan transfer dana. Alchemy Pay sendiri adalah platform pembayaran digital yang bertujuan untuk membuat penggunaan cryptocurrency lebih mudah untuk masyarakat umum. Dengan fokus menjembatani mata uang fiat seperti dolar AS dan rupiah dengan crypto, teknologi yang dibangun oleh Alchemy Pay mendatangkan daya tarik di industri keuangan. Lalu, apa itu Alchemy Pay dan bagaimana cara menggunakannya? Yuk, simak penjelasan lebih lanjutnya di artikel ini.

Ringkasan Artikel

  • ūüí≥ Alchemy Pay adalah platform pembayaran yang memungkinkan penggunanya melakukan pembayaran dengan berbagai jenis aset crypto.
  • ūüĒóAlchemy Pay dibangun di atas protokol open-source, dengan jaringan terdesentralisasi untuk menjembatani sistem crypto dan fiat dalam berbagai skenario transaksi termasuk untuk remitansi, atau transfer uang yang dilakukan pekerja asing ke penerima di negara asalnya.
  • ūü™ô ACH adalah token utilitas dari Alchemy Pay, dan merupakan ERC-20 atau standar token blockchain Ethereum.
  • ūüŹ¶Alchemy Pay telah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia untuk mengoperasikan layanan pengiriman uang melalui kemitraan dengan perusahaan fintech lokal, PT. Pembayaran Digital Berkah.

Apa itu Alchemy Pay?

Alchemy Pay adalah sebuah platform pembayaran global yang berbasis di Singapura, yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran dengan berbagai jenis mata uang crypto seperti Bitcoin, Ethereum, dan lain-lain.

Seperti yang dapat dilihat di bawah, ekosistem Alchemy Pay terdiri dari pengguna, mitra pedagang atau merchant, mitra jaringan layanan transaksi seperti penerbit aset crypto dan layanan kartu kredit, dan juga komunitas developer di dalam jaringan Alchemy Pay.

block-image size-large">Apa Itu Alchemy Pay
Ekosistem Alchemy Pay. Sumber: Whitepaper Alchemy Pay

Sebagai contohnya, pedagang atau online merchant dengan jangkauan pasar internasional dapat menggunakan Alchemy Pay untuk mendapatkan pembayaran dalam mata uang lokal. Platform ini mampu mengonversi fiat dan cryptocurrency secara instan dengan nilai tukar saat ini.

Hal ini menghilangkan kekhawatiran atas volatilitas harga akibat penundaan yang terkait dengan jaringan blockchain. Di samping itu pedagang juga dapat menjangkau pasar yang jauh lebih luas dengan teknologi Alchemy Pay yang mempermudah transaksi internasional.

Jaringan pedagang yang menggunakan Alchemy Pay terus berkembang dan saat ini sudah termasuk Shopify dan Aldo. Selain itu, Alchemy Pay juga telah bermitra dengan jaringan blockchain strategis seperti Polygon dan Chainlink. Platform ini juga memiliki jangkauan global ke lebih dari 70 negara dan 300 saluran pembayaran mata uang fiat.

Apa yang membedakan Alchemy Pay dengan platform pembayaran lain? Alchemy Pay memanfaatkan blockchain dan teknologi decentralized ledger. Sehingga, pembayaran internasional dapat dilakukan lebih cepat, dan aman. Jaringan pembayaran Alchemy Pay yang terdesentralisasi menggunakan protokol konsensus yang terbuka dan scalable, dan juga memanfaatkan teknologi lightning network, untuk mendukung pembayaran mata uang crypto dalam berbagai skenario transaksi. Selain itu, protokol jaringan terdesentralisasi meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya pengoperasian.

Cara Kerja Alchemy Pay

Apa Itu Alchemy Pay
Alur transaksi di Alchemy Pay. Sumber: Whitepaper Alchemy Pay

Platform Alchemy Pay beroperasi di atas blockchain Ethereum dengan ACH, yang merupakan token ERC-20, sebagai token utilitas pada platform ini. Token ACH pada dasarnya memainkan peran penting dalam mendorong fungsionalitas dan pertumbuhan platform.

Merchant pada platform ini menggunakan ACH untuk mengakses jaringan, sementara itu pelanggan dapat menggunakan ACH untuk membayar biaya jaringan transaksi. Tidak hanya itu, pengguna platform Alchemy Pay berpeluang mendapatkan token ACH sebagai reward jika aktif menggunakan platform ini. Pemegang token ACH juga dapat berpartisipasi dalam tata kelola sistem.

Baca juga: Apa itu Ethereum dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Fitur pada Alchemy Pay

Crypto On-Ramp and Off-Ramp

Fitur on-ramp Alchemy Pay memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual crypto dengan fiat dan mengirimkan dana ke lebih dari 70 mata uang fiat. Layanan ini pada dasarnya menyederhanakan proses peralihan antar mata uang, menjembatani kesenjangan antara mata uang tradisional dan digital. Alchemy Pay juga telah memperkenalkan fitur yang memungkinkan pengguna menjual aset crypto dan menerima dana langsung di rekening bank mereka.

Apa Itu Alchemy Pay
Fitur On-Ramp. Sumber: alchemypay.org

Di Indonesia, selain dengan kartu Visa dan Master Card, pengguna juga dapat melakukan pembayaran melalui dompet digital seperti OVO, LinkAja, Dana dan QRIS, seperti yang dapat dilihat pada video ini.

Crypto Payment

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu fitur utama Alchemy Pay adalah Crypto Payment yang memungkinkan pengguna berbelanja menggunakan aset crypto-nya dengan nilai yang langsung dikonversikan ke mata uang fiat.

Apa Itu Alchemy Pay
Fitur Crypto Payment. Sumber: alchemypay.org

NFT Checkout

Alchemy Pay juga memiliki fitur NFT Checkout, yang bertujuan menyederhanakan pembelian NFT untuk masyarakat umum. Dengan fitur ini, pengguna dapat membeli NFT menggunakan kartu kredit dan debit, serta metode pembayaran dengan mata uang lokal. Dengan fitur ini, Alchemy Pay bertujuan untuk membuat pembelian NFT lebih mudah diakses dan meningkatkan adopsi NFT.

Apa Itu Alchemy Pay
Fitur NFT Checkout. Sumber: alchemypay.org

Alchemy Pay di Indonesia

Platform payment gateway untuk transaksi kripto asal Singapura Alchemy Pay resmi memperoleh lisensi dari Bank Indonesia untuk mengoperasikan layanan pengiriman uang dan remitansi. Lisensi ini didapat melalui kerja sama Alchemy Pay dengan perusahaan fintech lokal, yakni PT. Berkah Digital Pembayaran.

Berdasarkan data Bank Indonesia, PT Berkah Digital Pembayaran atau lebih dikenal dengan BDPay telah terdaftar sebagai Penyedia Layanan Pembayaran dengan lisensi kategori 3. Platform ini menawarkan layanan pengiriman uang lokal dan lintas batas untuk klien ritel dan korporat.

Platform BDPay ini juga menyediakan layanan payroll klien dan transfer melalui pemrograman interface aplikasi bank, yang memungkinkan pengguna melakukan transfer ke 136 bank di Indonesia.

Terkait hal ini, Alchemy Pay mengatakan bahwa lisensi bersama yang diperoleh dengan PT Berkah Digital Pembayaran akan berkontribusi dalam mendorong adopsi crypto di Asia.

‚ÄúKerja sama ini memungkinkan kedua perusahaan untuk menawarkan metode pembayaran yang lebih baik kepada pengguna maupun klien di Asia dan mengurangi biaya operasional layanan terkait,‚ÄĚ demikian tertulis dalam laman medium Alchemy Pay pada 27 Februari 2023.

Kesimpulan

Transaksi lintas batas saat atau antar negara, baik itu untuk perdagangan online maupun untuk remitensi, saat ini masih melalui proses yang rumit dan dengan biaya yang tidak murah. Misalnya, di Asia Tenggara, biaya transaksi dapat terakumulasi hingga 30%-50% per transaksi, menimbulkan beban yang signifikan bagi tenaga kerja luar negeri yang mengirimkan dana ke kampung halaman.

Sebaliknya, di tingkat perusahaan, peritel multinasional dengan toko di berbagai negara harus bekerja sama dengan agen pemroses pembayaran terpisah di setiap negara. Tantangan-tantangan ini menyoroti perlunya strategi multi-saluran untuk meminimalkan biaya dan merampingkan transaksi lintas batas.

Keberadaan platform seperti Alchemy Pay diharapkan akan semakin memperluas penggunaan cryptocurrency dan juga teknologi blockchain, yang dapat mempermudah dan membuat transaksi internasional menjadi lebih efisien.

Cara Membeli Token ACH di Pintu

Setelah mengetahui apa itu Alchemy Pay, kamu bisa mulai berinvestasi pada token ACH dengan membelinya di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli ACH pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari token ACH.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai token ACH!

Selain token ACH, kamu juga bisa berinvestasi pada aset crypto lainnya seperti BTC, BNB, ETH, dan yang lainnya melalui Pintu secara aman dan mudah. Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu.

Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

Penulis:Nadya Rahmaesya

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan

Artikel Terkait