Apa itu Danksharding? Penjelasan EIP-4844 dan Manfaatnya

Update 30 Jun 2023 • Waktu Baca 7 Menit
Gambar Apa itu Danksharding? Penjelasan EIP-4844 dan Manfaatnya
Reading Time: 7 minutes

Ethereum baru saja menyelesaikan pembaruan Shapella pada 12 April 2023. Shapella memungkinkan pengguna untuk menarik aset ETH di staking secara leluasa. Pengguna Ethereum kini bisa menarik dan menambahkan staking mereka kapan pun. Dengan Shapella, infrastruktur staking Ethereum sudah lengkap. Shapella juga menandakan pembaruan besar Ethereum pertama sejak migrasi jaringan ke sistem PoS pada September 2022. Meskipun begitu, banyak orang di komunitas kripto sudah membicarakan tentang upgrade Ethereum selanjutnya yaitu EIP-4844. EIP-4844 adalah Proto-Danksharding yang diwacanakan akan diterapkan pada akhir tahun 2023. Lalu, apa itu Danksharding? Kenapa ia disebut Proto-Danksharding? Bagaimana dengan potensi dan dampak dari pembaruan ini? Semuanya akan dibahas di artikel ini.

Ringkasan Artikel

  • ⚙️ Ethereum telah menyelesaikan pembaruan Shapella pada April 2023 yang memungkinkan pengguna untuk menarik aset ETH dengan lebih leluasa.
  • 🗣️ Komunitas Ethereum sedang membicarakan pembaruan berikutnya, EIP-4844 atau Proto-Danksharding, yang direncanakan untuk akhir tahun 2023. Danksharding adalah pembaruan yang bertujuan meningkatkan skalabilitas Ethereum. Dengan teknologi ini, transaksi rollup L2 akan dipisahkan dari jaringan utama Ethereum dan disimpan dalam “blob” atau gumpalan data, yang kemudian akan menempel ke blok transaksi.
  • 🧱 EIP-4844, atau Proto-Danksharding, adalah tahap pertama menuju implementasi penuh Danksharding. Pembaruan ini akan memperkenalkan berbagai modifikasi jaringan untuk transaksi blob seperti logika pemrosesan transaksi, peraturan verifikasi baru, dan desain fee market baru.
  • 📉 Proto-Danksharding memungkinkan pengurangan biaya transaksi L2 secara signifikan. Transaksi blob awalnya gratis dan akan meningkat sampai mencapai kapasitas maksimal. Lalu, data blob akan disimpan di layer konsensus selama tiga minggu dan kemudian dihapus untuk mencegah penumpukan data yang berlebihan.
  • ⚖️ EIP-4844 berpotensi memiliki dampak signifikan terhadap L2, dengan mengurangi biaya transaksi dan menjadi katalis untuk pertumbuhan sektor L2 Ethereum. Hal ini juga dapat memicu peningkatan kompetisi di sektor L2 dan mendorong lebih banyak pengembang dan pengguna menuju protokol L2.

Apa itu Danksharding?

Danksharding adalah rencana pembaruan Ethereum yang akan meningkatkan skalabilitas jaringan secara masif. Danksharding merupakan adaptasi dari teknologi sharding yang kemudian dimodifikasi khusus untuk Ethereum. Pembaruan Danksharding memperkenalkan jenis transaksi baru yang disebut “blobatau gumpalan secara harfiah. Gumpalan data atau blob ini berisi transaksi dari berbagai rollup L2. Lalu, blob akan menempel ke blok transaksi sebagai data tambahan yang terpisah dari transaksi lainnya.

Apa itu Sharding? Sharding adalah teknologi pemecahan sebuah blockchain menjadi berbagai bagian kecil yang disebut shard chains. Setiap shard chains berisi sejumlah validator yang memproses data transaksi berbeda secara bersamaan. Semua Shard chains berkomunikasi satu sama lain untuk mencapai konsensus dan menyimpan data.

Jadi, pada dasarnya Danksharding memisahkan transaksi rollup dari jaringan utama Ethereum. Rencana ini sejalan dengan proposal Vitalik Buterin pada 2020 (rollup centric roadmap) yang menjelaskan bahwa skalabilitas Ethereum akan datang dari banyaknya layer-2 yang terkoneksi dengan chain utama Ethereum. Melalui Danksharding, semua transaksi dari L2 Ethereum akan memiliki ruangnya sendiri di bagian blob yang akan menempel ke setiap blok yang diproduksi.

Danksharding sangat berbeda dari teknologi Sharding pada umumnya. Alih-alih memisahkan blockchain jadi beberapa shard chains, Danksharding memisahkan transaksi rollup ke dalam blob agar tidak membebani jaringan utama. Implementasi Ethereum Danksharding sendiri masih sangat jauh (beberapa tahun). Seperti The Merge, pembaruan ini dilakukan secara bertahap dimulai dengan EIP-4844 atau Proto-Danksharding.

Apa itu EIP-4844?

eip-4844 proto-danksharding
Apa itu EIP-4844 atau Proto-Danksharding. Sumber: DFG.

EIP-4844 adalah nama EIP untuk pembaruan Ethereum Proto-Danksharding. Nama Proto-Danksharding sendiri lahir dari nama dua pengembang inti Ethereum “Protolambda” dan Dankrad Feist yang mengusulkan Danksharding. EIP-4844 merupakan tahap pertama menuju Danksharding penuh. Proto-Danksharding akan meletakkan batu pertama bagi Danksharding penuh seperti format transaksi baru, logika pemrosesan transaksi, peraturan verifikasi baru, dan desain fee market baru. Proto-Danksharding akan membuat semua transaksi rollup menjadi lebih murah. Selain itu, EIP-4844 akan diterapkan pada pembaruan Dencun (Deneb+Cancun) di akhir tahun 2023.

Sistem pembaruan Ethereum pasca The Merge mengalami sedikit perubahan. Semua pembaruan jaringan akan dilakukan terpisah untuk layer eksekusi dan konsensus. Dalam kasus Dencun, Deneb adalah nama untuk pembaruan layer konsensus sementara Cancun untuk layer eksekusi.

Apa Saja Isi EIP Lain di Pembaruan Dencun?

Deneb (Lapisan Konsensus)

  • EIP-4844 (Deneb dan Cancun): Pembaruan Proto-Danksharding yang akan memperkenalkan tipe transaksi blob.
  • EIP-4788 (Deneb dan Cancun): Membuka informasi tentang root blok dari Beacon Chain ke EVM. EIP ini membuka akses terhadap chain state di EVM untuk tim pengembang DApps.
  • EIP-7044: Pembaruan yang memastikan tandantangan keluarnya validator akan selalu valid.
  • EIP-7045: Menambahkan rentang penyertaan maksimal attestation slot dari satu epoch ke dua epoch. Pembaruan ini meningkatkan keamanan Ethereum.

Cancun (Lapisan Eksekusi)

  • EIP-5656: Pembaruan yang memperkenalkan kode instruksi baru di EVM agar pengembang bisa area memori tertentu dengan lebih akurat. Ini bermanfaat untuk protokol-protokol yang membutuhkan komputasi intensif.
  • EIP-1153: Memperkenalkan kode operasional untuk transient storage atau penyimpanan sementara. Dengan ini, data yang menggunakan transient storage akan otomatis terhapus setelah transaksi selesai. Pembaruan ini membuka kegunaan baru untuk aplikasi yang membutuhkan fitur seperti ini.
  • EIP-6780: Mengubah fungsi kode operasi SELFDESTRUCT menjadi otomatis memindahkan semua aset ke akun yang mengoperasikan kode tersebut kecuali dilakukan dalam satu transaksi yang sama. Kode ini digunakan untuk menghapus dan membuat smart contract.

Bagaimana Cara Kerja Proto-Danksharding?

cara kerja danksharding dan blob
Proses pemrosesan transaksi blob. Sumber: Galaxy Research.

Proto-Danksharding merupakan tahap pertama menuju Danksharding penuh. Ini dimulai dengan memperkenalkan tipe transaksi blob atau disebut juga blob-carrying transaction. Blob-carrying transaction atau transaksi pembawa blob diproses secara terpisah dari transaksi Ethereum biasa. Maka dari itu, Ethereum juga sedang mendesain fee market khusus untuk transaksi blob. Ilustrasi di atas adalah cara bagaimana Ethereum dan sequencer L2 memproses transaksi blob. Terdapat beberapa hal menarik dari pemrosesan transaksi blob.

Biaya transaksi blob sendiri pada awalnya gratis dan akan meningkat sampai ia mencapai kapasitas maksimal (kesepakatan sementara 4 blob/transaksi atau 512kb). Meskipun begitu, Proto-Danksharding akan mengurangi biaya transaksi L2 secara signifikan (100-900%) namun tim Ethereum belum memiliki estimasi pasti (ada juga yang berpendapat maksimal akan 20x lebih murah).

tahapan proto-dankshardiing menuju danksharding
Proses dari Proto-Danksharading menuju Danksharding penuh. Sumber: Galaxy Research.

Hal menarik lain dari transaksi blob adalah disimpan di layer konsensus maksimal selama tiga minggu dan kemudian dihapus. Jeda waktu ini dibuat jika ada transaksi yang salah atau tidak valid. Namun, layer 2 masih tetap bisa menyimpan data transaksi secara off-chain jika mereka mau. Penghapusan ini dilakukan agar blob tidak memenuhi penyimpanan Ethereum dan membuat transaksi blob lebih murah dari transaksi biasa.

Terakhir, karena Proto-Danksharding adalah bagian dari implementasi Danksharding penuh, tim Ethereum sedang mengembangkan sistem KZG Commitments. Komitmen Kate Zaverucha Goldberg (KZG) adalah sebuah tipe Zero-Knowledge Proof (ZKP) yang memungkinkan verifikasi polinomial tanpa mengungkapkan keseluruhan polinomial. Karena blob adalah data yang cukup besar, Komitmen KZG merupakan cara untuk memverifikasi blob tanpa perlu membaca semua datanya. Seperti sistem ZKP pada umumnya, memproses Komitmen KZG membutuhkan komputasi kriptografik.

Lebih lanjut lagi, Komitmen KZG membutuhkan serangkaian deretan angka acak rahasia melalui sistem trusted setup yang disebut KZG Ceremony. KZG Ceremony pada dasarnya adalah cara Ethereum mengumpulkan penggunanya untuk berkontribusi angka rahasia mereka yang akan digunakan dalam Komitmen KZG. Kamu juga bisa ikut berkontribusi melalui situs KZG Summoning Ceremony.

Bingung dengan penjelasan Komitmen KZG? Baca artikel Zero-Knowledge terlebih dahulu di Pintu Academy.

Dampak dan Potensi EIP-4844

manfaat danksharding eip-4844 ethereum
Empat keuntungan utama EIP-4848. Sumber: Galaxy Research.

EIP-4844 atau Proto-Danksharding berpotensi memiliki dampak signifikan terhadap L2. Gambar di atas menjelaskan empat manfaat utama dari EIP-4844. Dua hal pertama adalah manfaat yang spesifik untuk L2 dengan jenis Optimistic Rollup seperti Arbitrum dan Optimism. Meksipun biaya transaksi keduanya di bawah Ethereum, kepadatan jaringan masih menimbulkan fluktuasi signifikan terhadap biaya transaksi. Data dari Tokenterminal di bawah juga menunjukkan bahwa saat ini 75% biaya transaksi di Arbitrum dibayarkan ke validator Ethereum. Dengan EIP-4844, biaya yang harus dibayar oleh pengembang yang menjalankan L2 akan turun drastis.

EIP-4844 juga berpotensi menjadi katalis signifikan untuk sektor L2 Ethereum. Biaya transaksi yang semkain murah bisa menjadi faktor utama untuk menarik lebih banyak lagi tim pengembang dan pengguna ke berbagai protokol L2. Di atas itu, Optimism dan Arbitrum juga sedang membangun infrastrukturnya sendiri dengan Optimism Stack dan Arbitrum Orbit. Upaya Polygon merombak ekosistemnya dengan Polygon 2.0 juga membuat kompetisi sektor L2 semakin panas.

Jika penerapan Dencun dan Proto-Danksharding berjalan dengan mulus, kita kemungkinan akan melihat perang sektor L2 di Ethereum. Bukan tidak mungkin juga kalau kita melihat lebih banyak L2 baru bermunculan pasca EIP-4844. Pembaruan Dencun Ethereum menjadi kesempatan yang sangat menarik bagi investor Ethereum dan proyek L2 di atasnya.

Kesimpulan

Pada 12 April 2023, Ethereum menyelesaikan pembaruan Shapella yang memberikan pengguna lebih banyak kebebasan dalam staking aset ETH mereka. Sekarang, perhatian komunitas kripto bergeser ke pembaruan berikutnya, yaitu EIP-4844 atau Proto-Danksharding, yang dijadwalkan untuk akhir tahun 2023. EIP-4844 merupakan tahap awal menuju Danksharding, pembaruan masif yang bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas Ethereum. Melalui Danksharding, transaksi rollup akan dipisahkan dari transaksi biasa Ethereum dan disimpan dalam blob, memungkinkan pengurangan biaya transaksi secara signifikan. EIP-4844 merupakan fondasi yang akan memperkenalkan transaksi blob dan cara pemrosesannya. Pembaruan ini juga mencakup serangkaian EIP lain yang bertujuan memperbaiki dan meningkatkan performa Ethereum. Jika berhasil, pembaruan ini dapat memacu pertumbuhan sektor Layer 2 Ethereum dan menarik lebih banyak pengembang dan pengguna.

Cara Membeli Koin ETH di Aplikasi Pintu

Kamu bisa membeli Koin ETH di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli crypto pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari koin ETH.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai ETH!

Kamu bisa berinvestasi pada aset crypto seperti BTC, SOL, ADA, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

Penulis:Ari Budi Santosa

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan