Memahami ERC-6551: Mengubah NFT dari Gambar Statis Menjadi Smart Wallet

Update 24 Jul 2023 • Waktu Baca 5 Menit
Gambar Memahami ERC-6551: Mengubah NFT dari Gambar Statis Menjadi Smart Wallet
Reading Time: 5 minutes

Jika kamu mengira NFT hanya sekadar gambar statis dengan harga spekulatif, maka kamu harus mempertimbangkan ulang. Dengan kehadiran ERC-6551, NFT telah mengalami perubahan revolusioner. Jauh dari sekadar sekumpulan gambar JPEG, NFT kini menjadi “smart wallet” yang bernilai. Lalu, apa itu ERC-6551 dan bagaimana ia berbeda dengan NFT biasa? Kamu bisa baca artikel berikut.

Ringkasan Artikel

  • ✨ ERC-6551 adalah inovasi terbaru di ekosistem Ethereum yang memperkenalkan konsep Token Bound Accounts (TBA). Token Bound Accounts adalah smart contract wallet yang ditautkan ke NFT tertentu.
  • 💰 ERC-6551 memungkinkan NFT memiliki wallet-nya sendiri. Dengan kata lain, NFT itu sendiri bertindak sebagai wallet dengan alamat wallet-nya sendiri.
  • 🪄 Dengan TBA, kamu dapat menyimpan aset apa pun di NFT apa pun yang kamu miliki. Misalnya, kamu dapat menyimpan ETH atau bahkan NFT BAYC di NFT Azuki kamu.
  • 🖼️ TBA kompatibel dengan standar ERC-721 dan ERC-1155, artinya ERC-6551 dapat dibangun di atas NFT tanpa mengalami perubahan mendasar atau membungkus (wrap) NFT ERC-721 dan ERC-1155 terlebih dahulu.

Apa itu ERC-6551?

Apa itu ERC-6551? ERC-6551 adalah inovasi terbaru di ekosistem Ethereum yang memperkenalkan konsep Token Bound Accounts (TBA). Token Bound Accounts adalah akun smart contract (wallet) yang ditautkan ke NFT tertentu. Akun ini dapat melakukan semua yang dapat dilakukan oleh wallet biasa dan kompatibel dengan setiap NFT yang sudah kamu miliki. Dengan kata lain, TBA merupakan smart contract wallet.

ERC-6551 adalah standard token baru yang memungkinkan NFT memiliki wallet-nya sendiri. Dengan kata lain, NFT itu sendiri bertindak sebagai wallet dengan alamat wallet-nya sendiri.

Saat ini, kamu memiliki wallet seperti Metamask untuk menyimpan NFT kamu. Dengan TBA, kamu dapat menyimpan aset apa pun di NFT apa pun yang kamu miliki. Misalnya, kamu dapat menyimpan ETH, traits, atau bahkan NFT BAYC di NFT Azuki kamu.

Sederhananya, TBA memungkinkan kamu untuk memiliki kegunaan yang sangat dipersonalisasi dan interaksi dengan dApps. NFT kamu tidak akan menjadi JPEG statis yang nilainya berasal dari spekulasi. NFT akan menjadi lebih berharga tergantung pada aset yang tersimpan dan riwayat interaksi di masa lalu.

Perbedaan ERC-721 dan ERC-6551

ERC-721 adalah standard token yang ideal untuk menciptakan token NFT, terutama untuk barang-barang koleksi. Namun, ada keterbatasan pada ERC-721, di mana NFT tidak dapat berinteraksi dengan smart contract atau aplikasi terdesentralisasi (dApps) lainnya.

Dalam ERC-6551, tim developer ERC-6551 yakin dapat mengatasi masalah tersebut yang ada pada ERC-721. NFT ERC-6551 berfungsi sebagai wallet itu sendiri dalam bentuk smart contract. Ini berarti NFT tersebut memiliki kemampuan untuk menandatangani transaksi, menyimpan aset, dan terhubung sebagai NFT ke dApps lain.

Dengan demikian, batasan interaksi yang ada pada ERC-721 dapat diatasi melalui NFT ERC-6551 yang lebih fleksibel dan berperan sebagai entitas mandiri yang dapat berpartisipasi aktif dalam ekosistem blockchain.

Siapa Pembuat ERC-6551?

ERC-6551 merupakan hasil kerja dari Future Primitive. Future Primitive adalah studio pengembangan Web3 yang terdiri dari orang-orang yang telah bekerja di beberapa perusahaan Web3. Future Primitive dipimpin oleh salah satu anggota tim pendiri CryptoKitties dan Dapper Labs (NBA Top Shot), Benny Giang.

Benny Giang bersama tim pembuat ERC-721 saat peluncuran Cryptokitties tahun 2017. Sumber: Medium

Cara Kerja ERC-6551

Sumber: Antier

ERC-6551 memperkenalkan konsep Token Bound Account (TBA). TBA adalah smart contract wallet yang ditautkan ke NFT tertentu. Hal ini memungkinkan NFT untuk memiliki aset dan berinteraksi dengan aplikasi, menjadikannya lebih dinamis dan interaktif.

ERC-6551 bekerja dengan memanfaatkan registry dan smart contract wallets. Smart contract wallet adalah sebuah smart contract yang dapat menerima NFT, token ERC20 dan juga melakukan transaksi. Smart contract wallet ini memiliki alamatnya sendiri (seperti semua smart contract pada umumnya).

Untuk lebih memahami tentang registry, kamu dapat menganggapnya sebagai smart contract tunggal yang menyimpan info.

Registry ERC-6551 memiliki info yang menyatakan NFT apa yang sesuai dengan smart contract wallet. Setiap orang memiliki kemampuan untuk menciptakan Token Bound Account (TBA) untuk token ERC-721 apapun dengan memanggil fungsi pada registry dan membayar biaya yang sedikit. Setelah itu, registry akan mengirimkan kontrak proxy yang berfungsi sebagai TBA untuk token yang dimaksud.

ERC-6551 memungkinkan semua NFT memiliki wallet dengan menggunakan registry dan smart contract wallet. Registry membuat contract wallet dan mengarahkan setiap wallet ke NFT. Contract wallet dapat memiliki aset lain. Hanya pemilik NFT yang dapat mengeksekusi transaksi pada wallet ini.

TBA kompatibel dengan standar ERC-721 dan ERC-1155, artinya ERC-6551 dapat dibangun di atas NFT tanpa mengalami perubahan mendasar atau membungkus (wrap) NFT ERC-721 dan ERC-1155 terlebih dahulu.

Kegunaan ERC-6551

Kompatibilitas NFT

Dengan menggunakan Token Bound Accounts (TBA), kamu memiliki kemampuan untuk menggabungkan NFT kamu dengan aset terkait lainnya (NFT, token, traits, dll) ke dalam satu profil. Hal ini memudahkan kamu dalam mengelola dan mentransfer aset di berbagai platform.

Sebelum adanya TBA, semua aset NFT yang kamu kumpulkan, misalnya dalam suatu game, akan disimpan sebagai token terpisah di wallet kamu.

Sekarang, berkat TBA, kamu dapat memiliki semacam inventaris yang memungkinkan aset-aset terkait dengan game tertentu untuk ditransfer ke dalam wallet kamu. Ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Saat kamu menjual atau mentransfer NFT, semua aset yang terdapat di dalamnya akan otomatis ditransfer juga.

Identitas dalam blockchain

Saat ini, wallet kamu mewakili identitas digital kamu. Dengan TBA, setiap NFT kamu memiliki identitasnya sendiri.

Dengan kata lain, NFT kamu dapat berinteraksi dengan dApps secara mandiri, tanpa harus bergantung pada wallet yang menampungnya. Hal ini dapat berdampak pada nilai NFT kamu.

Beberapa contoh sistem yang dapat memanfaatkan TBA, diantaranya airdrop token, program loyalitas, dan hadiah dalam suatu game. Di masa depan, hal ini juga berpotensi memungkinkan adopsi sistem peringkat pinjaman yang dapat meningkatkan efisiensi protokol pinjam meminjam.

Pembuktian NFT

NFT (saat ini) tidak memberikan gambaran lengkap tentang riwayat transaksi atau utilitas aset selain bukti kepemilikan. Namun, dengan TBA, ia menyimpan semua data-data tersebut. Ini sangat berguna untuk NFT barang koleksi. Membuat pembeli NFT dapat memverifikasi asal usul NFT tersebut secara lengkap.

Interaksi dengan dApps

Dengan ERC-6551, NFT dapat berinteraksi sendiri dengan dApps lain. NFT kamu menjadi lebih berguna dan dapat berubah secara penampilan. Ini berbeda dengan NFT sebelumnya yang hanyalah sebagai sertifikat kepemilikan. Tidak lebih.

Contoh Penerapan ERC-6551

Future Primitive mengimplementasikan ERC-6551 salah satunya pada NFT Sapienz, proyek dari dynamic NFT PFP Stapleverse.

Sapienz dapat menyesuaikan pakaian dan items lainnya. Alih-alih items tersebut berada di dalam wallet pengguna, melainkan di dalam wallet Sapienz (NFT) itu sendiri.

Sumber: Tokenbound.org

Kesimpulan

ERC-6551 memecahkan beberapa masalah yang ada pada NFT ERC-721, yakni dengan menambahkan wallet ke NFT. Ini memungkinkannya untuk menyimpan aset yang diperlukan untuk menjadikan NFT sebagai identitas digital, komponen game, atau koleksi.

Meskipun ERC-6551 memiliki potensi untuk menjadi inovasi yang sangat penting dalam dunia NFT, beberapa protokol mungkin perlu menyesuaikan dengan standard ERC-6551 untuk dapat memanfaatkan semua keuntungannya.

Proses adaptasi ini mungkin memerlukan waktu dan upaya dari para developer dan komunitas yang ingin mengintegrasikan fitur-fitur baru dari ERC-6551 ke dalam aplikasi dan proyek mereka.

Membeli Aset Crypto di Aplikasi Pintu

Kamu bisa berinvestasi pada aset crypto seperti BTC, SOL, ETH, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Future Primitive, Introduction to Tokenbound, Tokenbound, diakses 18 Juli 2023.
  2. Zakai Mill, ERC-6551: A new groundbreaking standard for NFTs, Twitter, diakses 18 Juli 2023.
  3. Benny Giang, A thread on ERC6551 (the next innovation for NFTs), Twitter, diakses 18 Juli 2023.
  4. Cygaar, Explanation of how ERC6551 will enable all NFTs to own any type of asset, Twitter, diakses 18 Juli 2023.
  5. Antier Team, A Definitive Guide to ERC-6551 Token Standard, Antier, diakses 18 Juli 2023.
  6. M. Musharraf, Mrig P, dan Juan Leal, What is ERC-6551? Token Bound Accounts Explained, Thirdweb, diakses 18 Juli 2023.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan