Apa itu Frax Finance (FXS)?

Update 3 Mar 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 6 Menit
Gambar Apa itu Frax Finance (FXS)?
Reading Time: 6 minutes

Industri DeFi sudah diisi oleh beberapa aplikasi yang kian mendominasi. Aplikasi-aplikasi ini memenuhi kebutuhan berbeda-beda di DeFi. Curve menjadi tujuan investor dan proyek crypto lain yang membutuhkan likuiditas, UniSwap adalah DEX terbesar pada industri DeFi, dan AAVE merupakan protokol peminjaman utama di Ethereum.

Lalu, bagaimana jika ada satu protokol yang ingin menggabungkan ketiga aplikasi tersebut dalam satu platform? Perkenalkan Frax Finance, protokol dengan sistem tata kelola terdesentralisasi yang ingin menciptakan ekosistem DeFi dalam satu aplikasi. Artikel ini akan mencoba menjelaskan tentang ekosistem Frax Finance, apa itu Frax Share (FXS), dan bagaimana cara kerjanya.

Ringkasan Artikel

  • ūüŹ¶ Frax Finance adalah sebuah protokol stablecoin yang bersifat multi-chain. Frax Finance juga platform pertama yang bisa menawarkan tiga jasa finansial DeFi yaitu stablecoin, likuiditas dan pasar pinjaman dalam satu platform.
  • ūü߆ Frax pada awalnya bekerja menggunakan sistem fractional algorithm di mana sebagian dari jaminan stablecoin FRAX dijamin oleh token FXS yang rasionya dinamis. Saat ini, protokol Frax mulai bermigrasi ke sistem di mana stablecoin dijamin 100%, sama seperti USDC atau USDT.
  • FXS merupakan token tata kelola Frax Finance yang berperan penting dalam menjaga stabilitas stablecoin Frax dan juga mendapatkan keuntungan untuk protokol.
  • ‚öôÔłŹ Salah satu fitur unik Frax adalah AMO atau Algorithmic Market Operations yang secara otonomo melakukan berbagai operasi untuk mendapatkan keuntungan bagi protokol dan menjaga stabilitas FRAX. Pemilik token FXS mempunyai kekuasaan untuk mengatur apa yang AMO lakukan dan menentukan alokasi keuntungan yang ia dapatkan.
  • ūüíł Ekosistem Frax Finance dibagi menjadi beberapa produk finansial yaitu Fraxswap, Fraxlend, Fraxperry, dan Frax ETH.

Apa itu Frax Finance (FXS)?

Frax Finance adalah sebuah protokol stablecoin yang bersifat multi-chain. Saat ini, Frax Finance kompatible dengan blockchain Ethereum, Dogechain, Avalanche, Fantom, BSC, Polygon, Arbitrum, dan Moonbeam. Frax Finance menjadi platform pertama yang bisa menawarkan tiga jasa finansial DeFi, yaitu stablecoin, likuiditas dan pasar pinjaman.

Sam Kazemian, salah satu pendiri Frax Finance, menjelaskan bahwa ia ingin ekosistem Frax mencakup tiga sektor tersebut dalam industri DeFi. Alih-alih hanya berfokus pada satu (seperti UniSwap, Curve, dan AAVE), Sam ingin Frax menggabungkan semuanya dalam satu platform terintegrasi.

Stablecoin Frax adalah FRAX yang nilainya dipatok terhadap dolar AS dan merupakan fractional algorithmic stablecoin. Namun, sejak akhir Februari 2023, komunitas Frax melalui FIP-188 memutuskan untuk menjadikan FRAX 100% dijamin oleh aset lain.

Sebelumnya, FRAX dijamin oleh 2 aset yaitu USDC dan juga Frax Share (FXS), token tata kelola Frax Finance. Lebih jauh dari hanya protokol stablecoin, ekosistem Frax Finance memiliki berbagai sub-protokol yang mendukung penggunaan FRAX.

Aset bawaaan Frax Finance adalah Frax Share (FXS), token tata kelola Frax yang menyerap bunga, pendapatan, dan nilai jaminan berlebih dari ekosistem Frax. Selain itu, terdapat Frax Price Index Share (FPIS), token tata kelola FPI yang skema value capture-nya berbagi dengan pemilik token FXS. Harga FXS saat ini (1 Maret 2023) adalah $11,5 dengan market cap Frax Share senilai $860 juta dolar. Ini menempatkan FXS pada posisi 63 di Coinmarketcap.

Cara Kerja Frax Finance

Apa itu Frax Finance?
Mekanisme stablecoin FRAX. Sumber: Frax Finance

Pada pengembangan versi pertama (v1), FRAX beroperasi menggunakan mekanisme fractional algorithmic. Artinya, mekanisme stabilisasi FRAX bergantung pada 2 aset yaitu USDC dan FXS. Pengguna yang ingin mencetak FRAX harus memberikan jaminan yang setara dengan jumlah yang diinginkan. Bedanya, rasio FXS yang dimasukkan akan berbeda dari waktu ke waktu, tergantung pada kondisi pasar. Saat dalam situasi fractional (jaminan atau collateral berada di bawah 100%), FXS akan dicetak setiap FRAX dijual. Sementara itu, saat FRAX dibeli, FXS akan dibakar oleh sistem.

block-preformatted">Contohnya, kamu mencetak 100 FRAX pada collateral ratio (CR) 80%. Artinya, kamu harus memasukkan $80 USDC dan FXS senilai $20. Saat kamu ingin menukarkan lagi FRAX beberapa hari kemudian, CR berkurang menjadi 70%. Kamu akan tetap mendapatkan nilai setara dengan 100 FRAX namun di belakang layar nilai dan suplai FXS mengalami perubahan.

Selain itu, CR atau rasio jaminan juga berubah secara dinamis mengikuti pasar FRAX. Jumlah Frax Share yang dicetak dan dibakar mengikuti rasio jaminan. Sederhananya, saat ada ekspansi CR dikurangi dan pencetakan FXS naik sementara saat kontraksi CR dinaikkan dan pencetakan FXS dikurangi.

Dengan cara ini, FXS tidak menghadapi masalah death spiral seperti yang terjadi pada LUNA dan UST. Sebaliknya, FXS akan dibakar setiap kali pengguna menjual FRAX sehingga nilai FXS terus berusaha dalam kondisi ekuilibrium.

Namun, mekanisme FRAX v1 ini akan segera dinonaktifkan karena komunitas Frax Finance memutuskan untuk meningkatkan CR FRAX menjadi 100% secara bertahap. Jadi, FRAX nantinya akan menjadi stablecoin dengan jaminan 100%, sama seperti USDT atau USDC.

Apa itu Frax Finance?
Ekosistem Frax Finance. Sumber: Messari

Pada pengembangan versi dua (v2), Frax Finance mengenalkan Algorithmic Market Operations (AMO) Controller. Modul AMO adalah serangkaian kontrak otonom yang melakukan serangkaian tindakan moneter dengan syarat harga FRAX tetap stabil. Jadi, AMO melakukan operasi pasar terbuka secara algoritmik (seperti namanya) untuk memastikan keberlangsungan protokol Frax.

AMO

Frax v2 menciptakan beberapa modul AMO yang memiliki tugas masing-masing. Modul-modul AMO ini bertujuan menyeimbangkan nilai FRAX, mencari keuntungan dan pendapatan bagi protokol, dan memungkinkan Frax beradaptasi terhadap kondisi pasar.

AMO Frax Finance pada dasarnya berupaya mencari keuntungan untuk semua pemegang FXS karena keuntungan yang ia dapatkan hampir semuanya dikembalikan ke pemilik token FXS. Selain itu, pemilik token FXS mempunyai kekuasaan untuk mengatur apa yang AMO lakukan dan menentukan alokasi keuntungan yang ia dapatkan.
  • AMO Investor: Mencari bunga stabil di protokol AAVE, Yearn, dll menggunakan jaminan USDC yang menganggur. Tata kelola Frax bisa mengatur protokol yang bisa AMO investor gunakan untuk mendapatkan bunga.
  • AMO Curve: Menyebarkan jaminan USDC dan/atau FRAX baru ke Curve, Convex, dan StakeDAO untuk memperdalam kolam likuiditas bagi aset berbasis Frax Finance. Sekarang, AMO Curve juga menjalankan operasi bribe pada Curve yang melibatkan token CVX. Operasi ini menghasilkan keuntungan bagi pemilik FXS.
  • AMO Likuiditas: Menyediakan likuiditas untuk pasangan berbasis FRAX di Fraxswap, Uniswap, dan AMM lainnya. Operasi ini juga mengakumulasi sedikit keuntungan lewat bunga dari menjadi penyedia likuiditas pada AMM seperti Uniswap.
  • Lending AMO: Mencetak FRAX ke dalam aplikasi pasar pinjaman dengan syarat overcollateralization (jaminan yang melebihi nilai dipinjam) agar CR Frax tidak dipengaruhi.

Beberapa Subprotokol Frax Finance

Apa itu Frax Finance?

Fraxswap

Fraxswap adalah AMM pertama dengan time-weighted average market maker (TWAMM). TWAMM sangat berguna untuk pembelian atau penjualan besar karena ia akan menyebarkannya dalam jangka waktu panjang sehingga tidak mempengaruhi harga secara signifikan. Fraxswap dibuat berdasarkan kode Uniswap V2. TWAMM membuat pesanan jumlah besar lebih efisien dan protokol Frax menggunakan fitur ini untuk menyeimbangkan patokan FRAX serta mengembalikan keuntungan protokol kepada para pemegang FXS melalui pembelian TWAMM.

Apa itu Automated Market Maker? Baca artikel tentang AMM di Pintu Academy!

Secara khusus, Frax Protocol akan menggunakan Fraxswap untuk: membeli kembali dan membakar FXS dengan keuntungan AMO, mencetak FXS baru untuk menstabilkan FRAX, dan melakukan pembelian atau penjualan sesuai dengan kondisi pasar.

Fraxlend

Fraxlend adalah layanan pinjaman untuk beberapa aset ERC-20 yang ada di ekosistem Frax. Platform ini memberikan pinjaman non-kustodial dan pemberi pinjaman akan mendapatkan ftoken yang nilainya mengakumulasi bunga pinjaman. Platform Fraxlend juga memanfaatkan teknologi oracle untuk memberikan harga optimal bagi peminjam dan pemberi pinjaman. Bunga yang didapatkan juga diatur secara penghitungan algoritmik.

Fraxferry

Fraxferry adalah platform Frax yang dapat memindahkan token berbasis Frax yang diterbitkan secara asli di banyak blockchain. Teknologi bridge Fraxferry lebih aman dibanding berbagai teknologi lainnya namun memproses perpindahan token lebih lama. Frax membuat platform ini karena khawatir terhadap eksploitasi bridge yang kerap terjadi di industri crypto.

frxETH

Frax mulai memfasilitasi staking ETH pada Oktober 2022. frxETH adalah stablecoin yang mematokkan harganya ke aset ETH. Namun, kamu tidak akan menerima bunga staking ETH kecuali kamu mengunci frxETH dan menukarkannya dengan sfrxETH. Token sfrxETH adalah token berstandar ERC-4626 yang menghasilkan bunga dari validator Frax ETH.

Kelebihan Frax Finance

  • Platform yang menyediakan tiga jenis stablecoin dan memiliki berbagai macam insentif untuk pengguna yang berpartisipasi.
  • Frax Finance memiliki beberapa protokol yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna DeFi seperti protokol stablecoin, AMM, dan peminjaman.
  • Mekanisme insentif yang menguntungkan pemilik token FXS dan FRAX melalui berbagai operasi AMO. Semua operasi yang dilakukan AMO Frax juga bisa diatur oleh pemegang token FXS lewat sistem tata kelola terdesentralisasi.
  • Frax Finance memberikan pengguna berbagai pilihan dalam mencari keuntungan, termasuk frxETH yang bisa memberikan bunga liquid staking lebih besar dibanding platform lain.

Cara Membeli Token FXS di Pintu

Setelah mengetahui apa itu Frax Finance, kamu bisa mulai berinvestasi pada token FXS dengan membelinya di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli FXS pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari token FXS.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai token FXS!

Selain token FXS, kamu juga bisa berinvestasi pada aset crypto lainnya seperti BTC, BNB, ETH, dan yang lainnya melalui Pintu secara aman dan mudah. Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu.

Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

Penulis:Ari Budi Santosa

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan

Artikel Terkait