Frax Share Sebagai Aset Investasi: Mengenal Tokenomik dan Potensi FXS

Update 9 Mar 2023 • Waktu Baca 7 Menit
Gambar Frax Share Sebagai Aset Investasi: Mengenal Tokenomik dan Potensi FXS
Reading Time: 7 minutes

Pada Januari tahun 2023, mayoritas aset crypto mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Bitcoin mengalami reli hingga $24.000 dan banyak altcoin meningkat lebih dari 100%. Salah satunya adalah Frax Finance (FXS). FXS atau Frax Share berhasil mendapatkan perhatian komunitas crypto akibat peluncuran frxETH, token liquid staking untuk Ethereum. Frax Finance juga berhasil menciptakan sistem ekonomi token yang menguntungkan bagi protokol dan juga pengguna yang memiliki token FXS. Pada bagian sebelumnya, kita sudah membahas tentang apa itu Frax Finance dan bagaimana cara kerjanya. Artikel selanjutnya akan menjelaskan tentang peran dan fungsi penting token FXS serta potensinya sebagai aset investasi crypto di 2023.

Ringkasan Artikel

  • 🏦 Frax Finance adalah sebuah protokol stablecoin yang menawarkan berbagai produk finansial dalam satu platform. Frax ingin menciptakan ekosistem finansial terdesentralisasi dengan model ekonomi yang menguntungkan partisipannya.
  • 🪙 Frax Share atau FXS merupakan token utilitas dan tata kelola yang berperan mengatur pembakaran dan pencetakan FRAX, menjaga nilai FRAX stabil, dan menyerap pendapatan dan jaminan lebih yang masuk ekosistem Frax.
  • 🧠 FXS memiliki batas jumlah token sebanyak 100 juta FXS dengan mekanisme pembakaran token. Saat ini, ada 74,4 juta FXS tersirkulasi di pasar dan sisanya dikunci dalam berbagai kolam likuiditas. FXS memiliki mekanisme halving yang memotong emisi FXS setiap tahun.
  • ⚙️ Tokenomik FXS didesain untuk memberikan keuntungan pada mereka yang memegang FXS untuk jangka panjang dan mau terlibat dalam sistem tata kelola Frax. Pemilik FXS mendapatkan semua keuntungan dan pendapatan Frax Finance lewat veFXS.
  • 💸 Dua cara utama mendapatkan keuntungan dari FXS adalah menjadi penyedia likuiditas FXS di platform DeFi atau mengubah FXS menjadi veFXS.
  • ⚖️ Secara fundamental, Frax Finance dan FXS memiliki berbagai kelebihan dibanding token lain dari sektor LSD. Namun, banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi harga token seperti situasi pasar crypto dan sisi teknikal.

Tentang Frax Finance dan Frax Share (FXS)

Frax Finance adalah sebuah protokol stablecoin yang menawarkan berbagai produk finansial dalam satu platform. Frax juga bersifat multi-chain dan berjalan di beberapa blockchain sekaligus. Pilar utama Frax Finance adalah dua stablecoin terdesentralisasi yaitu FPI dan FRAX. FPI merupakan stablecoin yang nilainya dipatokkan ke sekelompok barang konsumsi yang harganya mengikuti angka inflasi sementara FRAX adalah stablecoin yang dipatok ke dolar AS.

Baca bagian 1 yang menjelaskan tentang apa itu Frax Finance dan bagaimana cara kerjanya.

Saat ini, Frax Finance menjadi protokol penting dengan likuiditas yang cukup besar. Tujuan Frax adalah menciptakan ekosistem finansial terdesentralisasi dengan model ekonomi yang menguntungkan partisipannya.

Salah satu istilah yang sering digunakan terhadap Frax adalah DeFi Trinity. Sejak awal 2022, Sam Kazemian (salah satu pendiri Frax) menyebutkan bahwa ia ingin Frax menjadi platform tujuan untuk semua tentang DeFi. Ini bisa dilihat dengan Frax menciptakan Fraxswap, Fraxlend, dan juga Frax ETH.

Frax Share atau FXS merupakan token utilitas dan tata kelola yang memiliki peran penting dalam ekosistem Frax. Ia mengatur pembakaran dan pencetakan FRAX, menjaga nilai FRAX stabil, dan menyerap pendapatan dan jaminan lebih yang masuk ekosistem Frax.

Tokenomik FXS

total suplai token fxs
Total suplai FXS saat ini.

FXS memiliki batas jumlah token sebanyak 100 juta FXS. Saat ini total suplai FXS adalah 99,8 juta dengan sekitar 0,17 juta FXS sudah dibakar oleh protokol. Dari keseluruhannya, 74,4 juta FXS tersirkulasi di pasar karena sisanya dikunci dalam berbagai kolam likuiditas. Selain itu, FXS juga memiliki mekanisme burning yang berpotensi membuatnya deflasioner seperti ETH. Semua aspek tentang FXS bisa diatur oleh komunitasnya melalui sistem tata kelola terdesentralisasi.

distribusi token fxs
Distribusi token FXS. Sumber: deck dari @wintersoldierxz.

Secara distribusi token, FXS paling banyak dialokasikan sebagai imbalan insentif kepada pengguna Frax dan kolam likuiditas. FXS juga memiliki mekanisme unik yang diambil dari model Bitcoin yaitu halving. Halving FXS terjadi setahun sekali dan ini memotong jumlah FXS yang dikeluarkan dari imbalan insentif. Contohnya, pada tahun 2022 emisi FXS adalah 12,500 FXSper hari dan pada 2023 angka ini dipotong menjadi 6.250 FXS per hari.

Keuntungan Memiliki Frax Share (FXS)

utilitas dan fungsi fxs
Fungsi dan peran token Frax Share FXS.

Kelebihan utama Frax Share yang membedakannya dari token tata kelola platform DeFi lain adalah mekanisme insentif yang menguntungkan. Mayoritas pendapatan dan keuntungan protokol Frax Finance diambil oleh pengguna yang memegang FXS. Sam Kazemian (salah satu pendiri Frax) menjelaskan bahwa ia ingin memberikan insentif signifikan kepada pemilik FXS yang berorientasi jangka panjang ketimbang kepada mereka yang sekadar berspekulasi dan trading.

Tokenomik FXS didesain untuk memberikan keuntungan pada mereka yang memegang FXS untuk jangka panjang dan mau terlibat dalam sistem tata kelola Frax. Berikut adalah dua cara Frax memberikan insentif kepada pemilik FXS:

  • Pemilik token FXS akan mendapatkan berbagai bunga tambahan jika menjadi penyedia likuiditas di kolam seperti FRX-USDC pada Curve atau Convex. Ini karena Frax memegang banyak token CVX yang digunakan untuk meningkatkan insentif bunga bagi semua kolam likuiditasnya.
  • Pengguna yang mengubah FXS menjadi veFXS mempunyai hak mendapatkan keuntungan dari pendapatan protokol dan berbagai produk finansial Frax seperti dari frxETH.
Convex dan Curve merupakan pilar infrastruktur industri DeFi terutama dalam hal likuiditas. Keduanya digunakan oleh pengguna yang ingin mencari keuntungan serta aplikasi crypto yang ingin menambahkan insentif token dan memperdalam likuiditas aset crypto (terutama token baru).

Peran veFXS Dalam Ekosistem Frax Finance

sistem gauge frax finance
Proporsi setiap kolam likuiditas melalui sistem gauge Frax Finance.

Pengguna yang ingin berpartisipasi dalam tata kelola Frax Finance harus mengunci FXS menjadi veFXS. Kita bisa mengibaratkan mengunci FXS sama seperti staking namun ditambah dengan hak suara dalam tata kelola protokol. Pengguna bisa mengunci FXS dan mendapatkan veFXS dikalikan dengan durasi mengunci (100 FXS dikunci selama 4 tahun akan mendapatkan 400 veFXS). Dalam sistem tata kelola Frax, salah satu kegunaan penting veFXS adalah menentukan sistem gauge yang mengatur alokasi bunga FXS yang diterima sebuah kolam likuiditas.

Seperti yang sudah disebutkan, kamu akan mendapatkan keuntungan dari semua produk Frax termasuk Fraxswap, Fraxlend, dan Frax ETH (pemilik veFXS mendapatkan 8% dari keuntungan validator ETH Frax Finance). Semua pemegang veFXS akan mendapatkan pendapatan protokol dari biaya transaksi, seigniorage, dan keuntungan AMO. Pada dasarnya, keuntungan veFXS akan berjalan lurus dengan pertumbuhan pengguna Frax Finance.

Ada 2 cara mendapatkan keuntungan melalui liquid staking frxETH yaitu menjadi penyedia likuiditas di Curve atau mengunci frxETH menjadi sfrxETH untuk mendapatkan bunga staking dari validator ETH Frax Finance.

Terakhir, Pembaruan FXS1559 (angka ini diambil dari EIP-1559 Ethereum) membawa kebijakan baru yang menguntungkan pemiliki veFXS. Normalnya, 50% keuntungan protokol Frax saat kondisi di atas CR (penjelasan CR ada di artikel Frax sebelumnya) akan digunakan untuk membeli FXS dan membakarnya dan 50% sisanya diberikan ke pemilik veFXS. FXS1559 mengubah angka ini menjadi 100% diberikan ke pemilik veFXS. Pada dasarnya, FXS1559 membuat pemilik FXS mendapatkan semua keuntungan dan pendapatan Frax Finance lewat veFXS.

Frax Share (FXS) Sebagai Aset Investasi

grafik harga token fxs 2023
Grafik harga Frax Share sejak 2022. Sumber: Coinmarketcap.

Grafik harga Frax Share menunjukkan bahwa ia sedang berada dalam koreksi setelah mengalami reli pada awal Januari 2023. Harga FXS meningkat lebih dari 100% hingga mencapai angka sekitar $14 sejak awal Januari 2023. Namun, saat ini Bitcoin juga sedang mengalami koreksi (7 Maret 2023) dan hampir semua altcoin menunjukkan pergerakan harga yang sama.

Reli yang dialami oleh FXS salah satunya didorong oleh faktor antisipasi Shanghai Upgrade Ethereum. Singkatnya, Shanghai memungkinkan penarikan aset ETH dalam staking. Ini memberikan keleluasaan besar kepada investor yang ingin menambah dan menarik ETH pada staking. Aset-aset dalam sektor liquid staking derivatives atau LSD (LDO, RPL, FXS, FIS) mengalami kenaikan bersamaan dengan berita tentang Shanghai.

Shanghai Upgrade Ethereum baru saja diundur menjadi April 2023, cari tahu tentang pembaruan ini di Pintu Academy.

Lalu, apa yang membedakan FXS dari aset sektor LSD lainnya? Apa yang membuat Frax lebih baik dari platform lain seperti Lido atau Rocket Pool? Pertanyaan ini perlu kamu jawab sebelum berinvestasi atau trading FXS.

Secara fundamental, Frax Finance memiliki banyak kelebihan dibanding kompetitornya. Frax pada dasarnya ingin menciptakan ekosistem finansial DeFi dalam satu platform. Hal ini Frax lakukan melalui stablecoin FRAX dan FPI serta berbagai aplikasi seperti Fraxlend dan Fraxswap. Frax juga memiliki mekanisme insentif untuk memastikan pemilik token FXS mendapatkan keuntungan lebih besar jika menguncinya. Frax memiliki fokus besar untuk membuat pengguna tetap tinggal di platformnya dan tidak berorientasi jangka pendek.

Dengan keunggulan platform yang dimilikinya, Frax dan FXS secara fundamental lebih kuat dibandingkan token seperti LDO yang memiliki fungsi terbatas dan RPL yang hanya menyediakan platform liquid staking. Meskipun begitu, industri crypto seringkali dipengaruhi oleh berbagai aspek lain seperti hype dan peluncuran berita penting. Fundamental yang bagus bukan berarti harga FXS akan terus naik. Jadi, selalu pertimbangkan risiko dan strategi investasi sebelum membeli Frax Share.

Roadmap Frax Finance

Sam Kazemian menjelaskan bahwa target jangka panjang Frax Finance adalah mendapatkan lisensi Federal Reserve Master Account. Izin Master Account akan membuat Frax Finance terdaftar secara resmi di Amerika Serikat dan membuat FRAX sebagai stablecoin terdesentralisasi pertama yang memiliki lisensi. Hal tersebut juga akan membuat FRAX dan FXS menarik bagi banyak investor institusional yang mencari bunga dan keuntungan.

Frax kemungkinan akan mengeluarkan stablecoin khusus seperti frxUSD jika berhasil mendapatkan izin tersebut. Namun, ketidakpastian lanskap hukum kripto AS saat ini menjadi hambatan utama.

Membeli Token Frax Share (FXS) Pada Aplikasi Pintu

Setelah mengetahui apa itu Frax Finance, kamu bisa mulai berinvestasi pada token FXS dengan membelinya di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli FXS pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari token FXS.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai token FXS!

Selain token FXS, kamu juga bisa berinvestasi pada aset crypto lainnya seperti BTC, BNB, ETH, dan yang lainnya melalui Pintu secara aman dan mudah. Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu.

Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

Penulis:Ari Budi Santosa

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan