Optimism Bedrock: Era Baru Teknologi Rollup

Update 5 Jun 2023 • Waktu Baca 8 Menit
Gambar Optimism Bedrock: Era Baru Teknologi Rollup
Reading Time: 8 minutes

Optimism Bedrock digadang-gadang akan menjadi era baru bagi teknologi rollups. Lewat pembaruan ini, Optimism diharapkan bisa meningkatkan kinerjanya dan memanaskan persaingan di layer-2 Ethereum. Lalu, apa itu Optimism Bedrock? Fitur apa saja yang akan dihadirkan lewat Optimism Bedrock? Simak informasi lengkapnya pada artikel berikut.

Ringkasan Artikel

  • ⚡ Optimism Bedrock merupakan pembaruan pada mainnet Optimism dengan tujuan utama untuk mengurangi biaya dan perbaikan kompatibilitas Ethereum. Pada pembaruan tersebut, Optimism akan meluncurkan OP Stack secara resmi untuk pertama kalinya.
  • ⛓️ Melalui OP Stack, mainnet Optimism akan beralih menjadi serangkaian chains yang menggunakan software stack yang sama sehingga memungkinkan berbagai chains tersebut untuk saling berkomunikasi dan bekerja secara bersamaan atau disebut sebagai Optimism Superchain.
  • 🚀 Pembaruan Bedrock akan menjadikan biaya gas Optimism lebih rendah 47%, waktu deposit lebih cepat, perbaikan tingkat keamanan, menjadikan Optimism lebih kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM), serta menghadirkan sistem modular-proof.
  • 🔥 Dengan berbagai fitur baru tersebut, tingkat adopsi Optimism berpotensi meningkat. Pada akhirnya, hal tersebut dapat membuat kompetisi jaringan layer-2 Ethereum akan semakin memanas.

Kondisi Optimism Saat Ini

Sepanjang tahun 2022 lalu, Optimism berhasil memperlihatkan kinerja yang baik, tercermin dari kenaikan jumlah pengguna maupun transaksi harian. Sementara dari sisi Total Value Locked (TVL), Optimism juga sempat mencapai level US$ 1,1 miliar sebelum akhirnya kembali turun ke area US$ 500 juta pada akhir tahun 2022. Pada tahun lalu, pesaing utama Optimism adalah Arbitrum, yang sama-sama mengusung teknologi rollup.

Pengguna aktif dan transaksi harian di Optimism sepanjang 2022
Grafik pengguna aktif dan transaksi harian di Optimism sepanjang 2022. Sumber: Artemis

Namun, menjalani 2023, Optimism belum mampu mengejar dominasi Arbitrum. Bahkan, kini kompetitor lainnya yang mengusung teknologi Zero Knowledge (ZK) seperti zkSync Era dan StarkNet juga mulai menggeser posisi Optimism. Bahkan, secara year to date, kini jumlah alamat aktif Optimism hanya menempati peringkat keempat. Walau begitu, dari sisi TVL, Optimism masih mengungguli zkSync Era dan StarkNet.

Perbandingan jumlah pengguna harian Arbitrum, Optimism, Starknet, dan zkSync Era
Perbandingan jumlah pengguna harian Arbitrum, Optimism, Starknet, dan zkSync Era
Perbandingan TVL Arbitrum, Optimism, Starknet, dan zkSync Era
Perbandingan TVL Arbitrum, Optimism, Starknet, dan zkSync Era

Pembaruan Bedrock merupakan salah satu cara yang bisa membuat Optimism bisa kembali kompetitif. Salah satu fokus pada pembaruan Bedrock adalah pengembangan OP Stack, sebuah software yang mendukung ekosistem Optimism, termasuk Mainnet milik Optimism. Nantinya, lewat pembaruan Bedrock, OP Stack akan beralih menjadi Optimism Superchain. Cari tahu lebih lanjut soal Superchain dan berbagai fitur yang dihadirkan pembaruan Bedrock pada bagian berikutnya.

Pelajari lebih lengkap soal Optimism dan teknologinya melalui artikel berikut.

Apa itu Optimism Bedrock?

Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya pembaruan Bedrock dari Optimism akan segera diluncurkan pada 6 Juni 2023 pukul 12 pm ET. Optimism Bedrock merupakan pembaruan terbesar bagi mainnet Optimism dengan tujuan utama untuk mengurangi biaya dan perbaikan kompatibilitas Ethereum. Pada pembaruan tersebut, Optimism akan meluncurkan OP Stack secara resmi untuk pertama kalinya. Selama proses pembaruan, OP Mainnet akan berhenti beroperasi selama dua hingga empat jam. Artinya, seluruh proses transaksi, deposit, maupun penarikan dana akan tidak dapat dilakukan selama periode waktu tersebut.

Lewat pembaruan ini, OP Mainnet nantinya akan beralih menjadi sesuatu yang disebut sebagai Optimism Superchain. Sederhananya, Superchain adalah serangkaian chains yang menggunakan software stack yang sama sehingga memungkinkan berbagai chains tersebut untuk saling berkomunikasi dan bekerja secara bersamaan.

Visi dari Superchain adalah mengonseptualisasikan sebuah jaringan yang terdiri dari beragam chains yang dibangun di atas OP Stack. Superchain dibangun dengan cara dan mekanisme yang sesuai dengan standar Ethereum agar menjadikan Optimism mempunyai ekosistem multi-klien. Dengan demikian, ia akan mengombinasikan berbagai elemen individual seperti bridging, governance, serta komunikasi antar-chain ke dalam satu jaringan terpadu.

“Pada dasarnya, itulah inti dari pengembangan open-source. Desentralisasi teknologi tidaklah cukup, kita juga perlu desentralisasi sosial. Itulah mengapa kita memerlukan penerapan ekosistem multi-klien,” jelas CEO dan co-founder Optimism Karl Floersch terkait pembaruan Bedrock seperti dikutip dari Blockworks.

Cari tahu beragam aplikasi dan ekosistem Optimism yang akan diuntungkan oleh pembaruan Bedrock di sini.

Fitur dan Perbaikan pada Optimism Bedrock

Beberapa pembaruan yang dibawa Optimism Bedrock
Beberapa pembaruan yang dibawa Optimism Bedrock. Sumber: Optimism Insider Twitter

Berikut ini adalah beberapa pembaruan yang dihadirkan Optimism Bedrock:

  • ⚡ Biaya Gas Lebih Rendah Hingga 47%. Hal ini tidak terlepas dari implementasi optimalisasi pengompresan data untuk mengurangi biaya data. Selain itu, Bedrock juga akan menghilangkan seluruh biaya gas eksekusi pada layer-1 menjadi sesuai dengan batas theoretical.
  • ⏳ Waktu Deposit yang Lebih Cepat. Pembaruan Bedrock akan menghadirkan fitur yang mendukung re-orgs pada software node di layer-1. Hal tersebut akan mempercepat waktu deposit hanya menjadi 3 menit, dari sebelumnya yang bisa mencapai 10 menit.
  • 🔒 Perbaikan Tingkat Keamanan. Pada pembaruan Bedrock, kini proses penarikan dana di layer-1 dibagi menjadi dua bagian: proving and finalizing. Jadi, pengguna diharuskan untuk mengirimkan bukti untuk penarikan ketika output pada blok layer-2 yang di dalamnya terdapat transaksi penarikan dana muncul di layer-1. Prosesnya rata-rata memerlukan satu jam. Ketika sudah dikirimkan, pengguna harus menunggu tujuh hari sampai akhirnya transaksi difinalisasi di layer-1. Sebelumnya, pengguna hanya perlu menunggu tujuh hari di mana ini memberikan kesempatan bagi pihak tidak bertanggung jawab untuk memanfaatkan bug pada proses penarikan dana.
  • ⚙️ Perbaikan EVM Equivalence. Melalui pembaruan Bedrock, Optimism akan menjadi sepenuhnya kompatibel dengan EVM. Artinya, setiap smart contract berbasis Ethereum akan dapat dipindahkan dan dijalankan pada jaringan Optimism tanpa harus ada pengubahan. Hal ini membuat jaringan Optimism menjadi lebih terhubung dengan Ethereum dan membuka berbagai kemungkinan bagi para pengembang untuk melakukan eksplorasi.
  • 🛡️ Menghadirkan Sistem Modular-Proof. Pembaruan Bedrock akan mendukung eksekusi layer multi-klien. Artinya, setiap tim pengembang dapat menggunakan berbagai mekanisme proof, baik fault proof atau validity proof (contohnya zk-SNARKs). Lewat modular-proof, sistem Superchain akan memastikan untuk bisa beradaptasi dan mengakomodasi kebutuhan berbagai tim pengembang yang berbeda-beda.

Pintu Academy telah mengulas secara cara kerja validity proof ala Zero Knowledge pada artikel berikut.

Dampak Pembaruan Optimism Bedrock

Berbagai ekosistem yang ada di Optimism akan diuntungkan dengan pembaruan Bedrock
Berbagai ekosistem yang ada di Optimism akan diuntungkan dengan pembaruan Bedrock. Sumber: Optimism Daily Twitter

Peluncuran Pembaruan Bedrock berpotensi menjadi katalis positif untuk perkembangan Optimism dan ekosistemnya ke depan. Berikut ini adalah beberapa dampak positif yang mungkin dihasilkan dari pembaruan Bedrock:

  • 🚀 Peningkatan Tingkat Adopsi. Biaya gas yang lebih rendah, efisiensi yang membaik, diiringi dengan perbaikan tingkat keamanan akan diminati bagi pengguna maupun pengembang. Terlebih, fleksibilitas mekanisme proof akan menjadi nilai tambah bagi pengembang. Tak pelak, ini bisa berdampak pada kenaikan tingkat adopsi Optimism ke depan.
  • 🔭 Munculnya Use-Cases Baru. Semakin rendahnya biaya gas di Optimism bisa menjadi insentif yang menarik untuk pembuatan aplikasi DeFi Applications. Belum lagi, fitur EVM Equivalence yang dihadirkan pada Bedrock juga bisa membuat Optimism menjadi platform pengembang GameFi ataupun sektor lainnya.
  • 👊 Kompetisi yang Lebih Ketat. Dengan berbagai fitur baru yang dihadirkan Bedrock, teknologi Optimism bisa jauh lebih bersaing dengan kompetitornya yang mengusung teknologi serupa seperti Arbitrum, maupun yang mengusung teknologi ZK seperti zkSync Era dan StarkNet. Persaingan ini menjadikan sektor layer-2 menjadi lebih kompetitif dan tentunya menjadi hal positif bagi pengguna ataupun pengembang.

Harga Token Optimism Pasca Bedrock

Selain pembaruan Bedrock, faktor penting lain yang patut dicermati adalah Optimism baru saja melakukan token unlocks OP senilai US$ 587 juta pada 31 Mei kemarin. Pasca agenda tersebut, token OP memang mengalami koreksi, dari sebelumnya US$ 1,6 per 29 Mei 2023 menjadi di kisaran US$ 1,4 untuk saat ini. Penurunan harga tidak terlepas dari bertambahnya pasokan token OP yang beredar. Namun, adanya pembaruan Bedrock bisa menjadi faktor yang mungkin mengangkat harga token OP ke depan.

Token unlocks merupakan agenda yang sudah dijadwalkan di mana token yang dialokasikan kepada investor tahap awal dan kontributor utama pengembangan ekosistem, kemudian dilepas ke pasar setelah dikunci pada rentang waktu tertentu.

Jika dilihat dalam setahun terakhir, metrik kinerja Optimism seperti pengguna harian, transaksi harian, serta TVL cenderung berada dalam tren kenaikan. Hal ini menandakan ekosistem Optimism masih digunakan dan terus berkembang. Dengan pembaruan Bedrock, diharapkan bisa semakin meningkatkan jumlah pengguna dan transaksi di Optimism itu sendiri.

Aktivitas jaringan Optimism dalam setahun terakhir
Aktivitas jaringan Optimism dalam setahun terakhir. Sumber: Artemis

Selama aktivitas jaringan Optimism terus mengalami kenaikan, maka akan ada permintaan yang menyerap pasokan token OP pasca unlocking. Dengan demikian, akan ada peluang harga token OP mengalami kenaikan. Namun, jika ternyata pembaruan Bedrock tidak mampu mengangkat aktivitas jaringan Optimism secara signifikan, maka pasokan token OP yang berlebih dapat memicu tren koreksi yang berkelanjutan.

Lanskap Persaingan Layer-2 Pasca Optimism Bedrock

Lewat pembaruan Optimism Bedrock, kini persaingan ekosistem layer-2 Ethereum akan semakin memanas. Arbitrum sebagai pemimpin pasar akan kembali dikejar-kejar oleh pesaingnya, yakni Optimism dan zkSync Era. Untuk nama terakhir, walaupun ia pendatang baru, nyatanya zkSync Era telah berhasil menyalip Optimism dari sisi aktivitas jaringan berkat teknologi terbarunya, ZkEVM.

Aktivitas jaringan layer-2 Ethereum.
Aktivitas jaringan layer-2 Ethereum. Sumber: L2beat.

Berdasarkan data dari L2beat, zkSync Era telah mencatatkan transaksi sebanyak 16,32 juta dalam 30 hari terakhir. Tak hanya itu, zkSync Era dalam 24 jam terakhir juga mengungguli Optimism dari sisi rata-rata transactions per second (TPS), yakni sebesar 9,15 TPS. Sementara pada rentang waktu yang sama, Optimism hanya mencatatkan transaksi sebanyak 7,9 juta dengan TPS sebesar 3,86 saja. Arbitrum sebagai market leader, memimpin dengan jumlah keseluruhan transaksi mencapai 26,26 juta dengan rata-rata TPS sebesar 11,18.

Diharapkan, dengan pembaruan Bedrock yang meningkatkan keamanan sekaligus biaya gas yang lebih rendah bisa membuat Optimism kembali kompetitif. Apalagi, Optimism yang nantinya menjadi sepenuhnya kompatibel dengan EVM, membuatnya bisa bersaing juga dengan zKsync Era.

Artikel ini akan membantu kamu untuk memahami lebih jauh soal Layer-2

Kesimpulan

Pembaruan Optimism Bedrock seharusnya bisa menjadi katalis positif untuk perkembangan Optimism ke depan. Dengan perbaikan keamanan, fleksibilitas, serta biaya transaksi yang lebih murah, Optimism mempunyai daya saing yang lebih baik untuk menghadapi ketatnya persaingan jaringan layer-2 Ethereum.

Dengan berbagai fitur dan perkembangan positif pada perkembangan Optimism, hal ini setidaknya membuat Optimism masih akan bertahan sebagai salah satu pemain besar di jaringan layer-2. Namun, apakah pembaruan ini bisa membuat Optimism menyalip zkSync Era atau bahkan Arbitrum? Tentu hanya waktu yang bisa menjawab seperti apa dampak dari pembaruan Bedrock terhadap nasib Optimism ke depan.

Cara Membeli Token Optimism di Pintu

Jika tertarik untuk mengoleksi token Optimism, kamu bisa membelinya di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli OP pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari token OP.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai token OP!

Selain token OP, kamu juga bisa berinvestasi pada aset crypto lainnya seperti BTC, BNB, ETH, dan yang lainnya melalui Pintu secara aman dan mudah. Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu.

Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar soal crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

Bedrock Explainer, Optimism, diakses pada 2 Juni 2023.

Welcome to the OP Stack – Optimism Docs. diakses pada 2 Juni 2023.

OP Labs Team, Here’s How Bedrock will Bring Significantly Lower Fees to Optimism Mainnet, diakses pada 2 Juni 2023.

Bessie Lie, Optimism Prepares for Its Largest Upgrade Ever, The Blockworks, diakses pada 2 Juni 2023.

Brian Quarmby, Optimism’s Major ‘Bedrock’ Upgrade Set for June 6, Coin Telegraph, diakses pada 2 Juni 2023.

Stephanie Dunbar, Scaling Ethereum with the OP Stack, Messari, diakses pada 2 Juni 2023.

Darren Kleine, ‘Giant Unlock’ Causes Optimism’s OP Token Value to Drop, The Blockworks, diakses pada 5 Juni 2023.

Penulis:Hikma Dirgantara

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan