Mengenal Ekosistem Optimism dan Berbagai Aplikasinya

Update 7 Feb 2023 • Waktu Baca 10 Menit
Gambar Mengenal Ekosistem Optimism dan Berbagai Aplikasinya
Reading Time: 10 minutes

Tren adopsi teknologi layer-2 untuk mengatasi masalah skalabilitas Ethereum semakin hari semakin populer. Optimism sebagai salah satu protokol layer-2 Ethereum dengan TVL terbesar pun diuntungkan dengan kondisi ini. Dengan menghadirkan teknologi optimistic rollup yang membuat transaksi jadi lebih murah dan cepat dibanding Ethereum, banyak pengguna yang kemudian beralih ke ekosistem Optimism.

Dengan demikian, ekosistem Optimism pun semakin membesar dan ramai. Seperti apa perkembangan ekosistem Optimism saat ini? Lalu, apa saja protokol yang saat ini ada di ekosistem Optimism? Cari tahu jawabannya melalui artikel di bawah ini

Ringkasan Artikel

  • 🔗 Optimism adalah blockchain layer-2 yang dibangun di atas jaringan Ethereum dengan menghadirkan teknologi optimistic rollups. Lewat teknologi optimistic rollups, Optimism mempunyai transaksi yang lebih murah serta lebih cepat dibandingkan Ethereum.
  • 🌐 Optimism menjadi layer-2 Ethereum terbesar kedua dengan TVL mencapai US$ 769,73 juta. Saat ini terdapat 101 protokol yang ada di ekosistem Optimism dengan aplikasi decentralized finance (DeFi) yang paling mendominasi.
  • 📊 Velodrome, Synthetix, Curve, AAVE V3, dan Uniswap V3 merupakan lima protokol terbesar yang ada di Optimism.
  • 🌟 Tren adopsi layer-2, transaksi yang lebih murah dan cepat dibanding Ethereum, memiliki tingkat keamanan mutakhir dari Ethereum, serta adanya potensi pembaruan Bedrock menjadi faktor pendorong tingginya minat terhadap aplikasi Optimism

Perkembangan Ekosistem Optimism

Optimism adalah blockchain layer-2 (L2) yang dibangun di atas jaringan Ethereum dengan menghadirkan teknologi optimistic rollups. Lewat teknologinya, Optimism mempercepat proses transaksi Ethereum dan juga memangkas biayanya hingga 90% lebih murah.

Adapun, optimistic rollups bekerja dengan cara menggabungkan berbagai transaksi yang kemudian digulung ke dalam satu transaksi untuk diproses. Pemrosesan data tersebut dilakukan di blockchain milik Optimism untuk kemudian hasilnya dikirim ulang ke blockchain Ethereum sebagai blok baru untuk divalidasi.

Kamu bisa mempelajari lebih jauh soal Optimism dan teknologinya melalui artikel berikut

Saat ini, Optimism memiliki Total Value Locked (TVL) sebesar US$ 765,88 juta. Angka TVL tersebut mengalami pertumbuhan yang positif sepanjang tahun 2023 mengingat pada akhir 2022 nilainya hanya di kisaran US$ 500 juta. Akan tetapi, angka TVL Optimism saat ini masih di bawah level tertingginya, yakni US$ 1,1 miliar pada Agustus 2022 lalu.

TVL merupakan nilai total aset kripto yang didepositkan dalam protokol decentralized finance (DeFi). TVL juga merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk untuk mengukur kesuksesan dari suatu protokol terdesentralisasi.
Optimism merupakan layer-2 Ethereum dengan TVL terbesar kedua
Dengan TVL sebesar US$ 765,88 juta, Optimism menjadi layer-2 Ethereum terbesar kedua. Sumber: DefiLlama

Sebagai upaya untuk meningkatkan transaksi dan menarik perhatian komunitas crypto, Optimism menghadirkan Optimism Quest. Program ini memberikan imbalan berupa token OP dan NFT bagi pengguna yang menyelesaikan berbagai tugas. Dalam OP Quest, pengguna diharuskan untuk belajar mengenai tutorial penggunaan berbagai aplikasi Optimism. Setelah selesai, pengguna kemudian harus menyelesaikan misi seperti melakukan bridging aset ke Optimism menggunakan Stargate dan menjadi penyedia likuiditas di Velodrome. Adapun, program tersebut berlangsung selama empat bulan dan berakhir pada 17 Januari kemarin.

Adanya Optimism Quest rupanya memberikan imbal hasil yang positif terhadap ekosistem Optimism. Selama program berlangsung, transaksi mingguan di Optimism naik dari 132.000 menjadi 694.000. Artinya, terdapat kenaikan sebesar 426% secara mingguan.

Transaksi harian pada aplikasi di ekosistem Optimism
Transaksi harian di Optimism mengalami penurunan signifikan pasca berakhirnya Optimism Quest. Sumber: Dune Analytics (@optimismfnd)

Namun, berakhirnya program tersebut turut memberikan dampak negatif terhadap ekosistem Optimism. Setelah mencatatkan transaksi mingguan sebesar 603.000 pada 7 hari terakhir Optimism Quest, pada pekan berikutnya transaksi di Optimism hanya 240.000. Dengan demikian, terdapat penurunan hingga 60%. Seiring transaksi yang turun, keuntungan jaringan juga turun yang berdampak pada rasio Price to Earning (P/E) naik dari 1.000 menjadi 3.950.

Ke depan, Optimism kemungkinan akan kembali menghadirkan program dengan berbagai insentif untuk meningkatkan adopsi dan transaksi jaringan mereka. Selain itu, pada kuartal-I 2023, Optimism juga berencana meluncurkan pembaruan Bedrock yang akan menjadikan Optimism sebagai layer-2 dengan biaya transaksi termurah.

Optimism juga menyebutkan bahwa Bedrock menjadi fondasi untuk pembaruan selanjutnya yaitu Cannon, sistem fraud proof  interaktif yang lebih mutakhir. Jika Bedrock sukses diimplementasikan, ini akan memberikan keuntungan besar bagi Optimism untuk menjadi layer-2 yang dominan di Ethereum.

Selain Optimism, terdapat beragam protokol populer lainnya di layer-2. Baca selengkapnya di sini

Aplikasi pada Ekosistem Optimism

Beragam aplikasi yang ada di ekosistem Optimism
Beragam aplikasi dan protokol yang ada di ekosistem optimism. Sumber: Coin98

Saat ini, ekosistem Optimism mayoritas diisi oleh proyek Decentralized Finance (DeFi). Namun, selain DeFi, ekosistem Optimism juga memiliki berbagai proyek lain seperti bridge, wallet, tool, DAO, serta NFT. Berikut ini adalah beberapa proyek terbesar di ekosistem Optimism:

Velodrome

Velodrome adalah sebuah Auto Market Maker (AMM) yang didesain sebagai pusat untuk marketplace trading dan likuiditas pada jaringan Optimism. Saat ini, Velodrome hanya beroperasi di jaringan Optimism. Tercatat Velodrome memiliki nilai TVL sebesar US$ 156,65 juta. Angka tersebut menjadikan Velodrome sebagai protokol dengan nilai TVL tertinggi di Optimism. Adapun, Velodrome merupakan hasil fork dari Solidly yang didesain untuk menghadirkan likuiditas yang lebih besar dan biaya slippage yang lebih rendah.

Velodrome merupakan protokol dengan TVL terbesar di ekosistem Optimism
Liquidity pool beserta APR yang ditawarkan oleh Velodrome, protokol native milik Optimism. Sumber: Velodrome

Salah satu keunikan lain yang ditawarkan Velodrome adalah adanya “stable pools” yang berisikan pasangan stablecoin seperti USDC/sUSD. Pasalnya, stable pools menawarkan salah satu yield terbesar di antara stables di DeFi saat ini. Tim pengembang Velodrome tengah menyiapkan pembaruan Velodrome 2.0. Dalam pembaruan tersebut, Velodrome akan menghadirkan UI/UX baru yakni Velodrome Night Ride, Velodrome Relay, dan beragam update pada fitur dan pembaruan teknis pada Velodrome.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan dalam Velodrome adalah sebagai berikut:

  • Penyedia likuiditas. Kamu bisa mendapatkan imbalan VELO dengan menjadi penyedia likuiditas (mendepositkan sepasang aset kripto dengan nilai yang sama). Kamu bisa melihat daftar kumpulan pasangan aset kripto berikut dengan persentase keuntungannya di halaman pools.
  • Menukarkan token. Melalui fitur ini, kamu bisa menukarkan berbagai macam token dengan biaya yang murah. Saat ini, biaya penukaran token di liquidity pools Velodrome sebesar 0.02-0.05%.
  • Vest. Fitur ini merupakan mekanisme penguncian token. Namun token yang dikunci bukanlah VELO, melainkan veVELO, sebuah governance token Velodrome dalam bentuk NFT. Semakin lama masa penguncian token, maka akan semakin besar kuasa dalam pemungutan suara. Dus, semakin besar juga imbalan yang bisa didapat. Durasi pengunciannya berlangsung dari satu hingga empat tahun.
  • Vote. Dengan memiliki token veVELO akan memungkinkan kamu untuk berpartisipasi dalam tata kelola Velodrome. Kamu akan mendapatkan imbalan token VELO jika memberikan suara dalam pengambilan keputusan terkait pengelolaan Velodrome.

Penjelasan lebih lengkap mengenai cara kerja dan teknologi automated market makers bisa kamu baca selangkapnya di sini.

Synthetix

Synthetix merupakan protokol DeFi yang menyediakan eksposur terhadap on-chain ke aset crypto maupun non-crypto. Lewat Synthetix, pengguna dapat membuat dan memperdagangkan aset sintetis berupa token ERC-20 yang disebut “Synth”. Terdapat beragam aset yang bisa disintetiskan, mulai dari aset komoditas, mata uang fiat, serta aset crypto.

Snythetix memungkinkan pengguna memiliki eksposur terhadap aset pff-chain
Synthetix memungkinkan pengguna untuk mendapatkan eksposur terhadap aset off-chain. Sumber: Synthetix

Berdasarkan DeFi Llama, Synthetix mempunyai nilai TVL terbesar kedua di Optimism, yakni US$ 133,24 juta ketika artikel ini ditulis. Token crypto dari Synthetix adalah SNX. Synthetix memutuskan untuk melakukan migrasi ke mainnet milik Optimism lantaran ingin mengurangi gas fee, serta latensi oracle yang lebih rendah.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan dalam Synthetix adalah sebagai berikut:

  • Perdagangan Sintesis. Dengan Synthetix, pengguna dapat melakukan trading dan mendapatkan eksposur terhadap sebuah aset tenpa harus memiliki aset tersebut. Seperti gambar di atas. Beragam aset sintetis yang ada di Synthetix meliputi ETH, BTC, USD, EUR, JPY, dan sebagainya. Aset-aset ini dapat diperdagangkan dengan memanfaatkan mode pooled collateral dari protokol Synthetix
  • Staking. Staking di Synthetix cukup berbeda dibandingkan protokol DeFi lainnya. Imbalan didapat dengan cara berkontribusi terhadap collateral (SNX) ke protokol Synthetix. Pengguna akan mendapatkan imbalan yang diberikan dengan dua cara. Pertama, imbalan diperoleh dari biaya trading dalam bentuk sUSD. Kedua, imbalan dari tingkat inflationary dalam bentuk SNX yang terkunci selama 12 bulan terlebih dahulu. SNX tersebut bisa di-staking agar imbalannya bisa bertambah selama proses penguncian.
  • Decentralized Perpetual Futures. Selain spot trading, kamu juga melakukan trading perpetual aset yang ada di Synthetix. Dengan menggunakan simulated liquidity, Synthetix bisa menawarkan biaya slippage yang sangat rendah hingga gratis, serta leverage hingga 10X. Saat ini terdapat dua DEX yang bisa digunakan untuk melakukan trading perpetual futures milik Synthetix, yakni Kwenta dan Decentrex.

Cari tahu cara dan berbagai tips dalam menggunakan sebuah aplikasi DeFi dalam artikel berikut.

Stargate

Stargate adalah protokol bridge berbasis cross-chain yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer aset antar blockchain secara mudah dalam satu transaksi. Faktor yang membedakan Stargate dengan protokol bridge lainnya adalah adanya garansi keberhasilan transaksi, pengguna bisa melakukan swap native asset di berbagai jaringan blockchain, serta keberadaan kolam likuiditas tunggal yang tersebar di berbagai chains sehingga menciptakan likuiditas yang lebih dalam. Ketiga faktor ini juga merupakan upaya dari Stargate untuk mengatasi bridging trilemma.

Stargate merupakan protokol bridging asset crypto
Tampilan UI Stargate yang sederhana bisa memudahkan penggunaannya. Sumber: Stargate

Sejauh ini, Stargate lebih berfokus pada token-token stablecoin, sehingga bisa mengurangi risiko bagi penggunanya lantaran harganya yang dipatok pada aset yang stabil. Dari segi penggunaan, Stargate merupakan protokol yang mudah untuk digunakan. Hal ini ditunjang oleh UI Stargate yang mudah dimengerti serta seluruh aktivitas yang dapat langsung diakses pada halaman utamanya. Jika ingin menggunakan Stargate, pengguna hanya perlu menghubungkan wallet mereka dengan Stargate.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan dalam Stargate adalah sebagai berikut:

  • Transfer aset. Lewat Stargate, kamu bisa mengirim native aset dari satu blockchain ke blockchain lainnya secara mudah. Melalui pengiriman tersebut, kamu juga akan melakukan swap dengan perbandingan 1:1 untuk native asset dengan jaringan yang berbeda. Misalnya, kamu mau mengirim 100 USDC dari Ethereum menjadi 100 USDT pada Binance Smart Chain. Pada proses pengiriman aset, pengguna juga bisa menentukan batas biaya gas dan biaya slippage.
  • Penyedia Likuiditas. Dengan menjadi penyedia likuiditas di protokol omnichain Stargate, kamu akan memperoleh token stablecoin sebagai imbalan pada setiap transaksi Stargate. Pada halaman berikut, kamu bisa melihat token apa saja yang bisa dipilih untuk dipasok likuiditasnya.
  • Farming. Dengan menjadi penyedia likuiditas di Stargate, hal tersebut juga memungkinkan kamu untuk melakukan farming pada token-token likuditas tersebut. Nantinya, kamu akan memperoleh token STG sebagai imbalannya. Kamu bisa melihat besaran APY yang ditawarkan dari farming tersebut pada halaman berikut.
  • Staking. Setelah mendapatkan token STG, kamu juga bisa men-staking STG tersebut dan mendapatkan veSTG sebagai imbalannya. Dengan mempunyai veSTG, pengguna dapat berpartisipasi dalam tata kelola Stargate.

Jika tertarik menjajal staking, pelajari terlebih dahulu caranya lewat artikel berikut.

AAVE V3

AAVE protocol adalah protokol likuiditas non-kustodial terdesentralisasi di mana pengguna bisa berpartisipasi sebagai penyedia pinjaman maupun peminjam. Saat ini AAVE V3 merupakan protokol pinjaman terbesar di Optimism dengan nilai TVL mencapai US$ 86,52 juta

AAVE V3 merupakan protokol pinjaman terbesar di ekosistem Optimism

Pada versi AAVE V3, protokol ini membawa efisiensi yang lebih baik, peningkatan tingkat keamanan, dan fungsi cross-chain, sembari tetap memfasilitasi desentralisasi lintas protokol. Terdapat juga fitur tambahan seperti efficiency mode (eMode) dan isolation mode pada protokol V3 ini. Selain itu, pada AAVE V3, biaya gas juga diklaim lebih murah yakni mengalami penurunan sebesar 20-25%.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan dalam AAVE V3 adalah sebagai berikut:

  • Meminjam aset crypto. AAVE memberikan insentif yang jauh lebih besar bagi pengguna yang meminjam aset crypto. Namun, untuk melakukan pinjaman, pengguna harus menyimpan collateral terlebih dahulu sebagai jaminan. Besaran jaminan tersebut akan memengarahu seberapa besar nominal yang dapat dipinjam.
  • Menjadi penyedia pinjaman. Penyedia likuiditas pada AAVE justru mendapatkan bunga yang relatif jauh lebih kecil. Hal ini memperlihatkan AAVE lebih mendorong para penggunanya untuk melakukan pinjaman.
  • Staking. Pengguna juga dapat men-staking token AAVE mereka pada safety module untuk menambahkan tingkat keamanan sekaligus memperoleh insentif tambahan. Saat ini, tingkat APR staking AAVE sebesar 6,12%.

Selain AAVE V3, terdapat beberapa aplikasi DeFi Ethereum lainnya seperti Curve dan Uniswap. Keduanya merupakan protokol berbasis DEX sehingga mempunyai banyak kemiripan dengan cara kerja Velodrome. Pengguna bisa melakukan penukaran token, menjadi penyedia likuiditas, hingga melakukan staking.

Pembahasan lebih lengkap mengenai AAVE bisa kamu baca melalui artikel berikut.

Beethoven X

Beethoven X merupakan protokol DeFi berbasis DEX yang juga menawarkan fitur strategi investasi yang terdesentralisasi. Jadi, selain melakukan penukaran aset crypto, pengguna juga bisa berinvestasi di Beethoven X. Secara penggunaan, pengguna hanya perlu mendepositkan seperti menjadi penyedia likuiditas pada umumnya. Sesuai dengan namanya, Beethoven X memiliki tema berbasis Beethoven. Hal ini bisa dilihat dari kumpulan likuiditas Beethoven X yang diberi nama parodi berdasarkan melodi musik dan judul musik Beethoven.

Beethoven X hadirkan opsi investasi terdesentralisasi
Pilihan index fund berisikan beragam aset crypto yang ada di Beethoven X. Sumber: Beethoven

Sebagai DEX, Beethoven X juga menyediakan beragam kumpulan likuiditas seperti pasangan stablecoin mirip pada Curve. Sementara skema investasi yang ditawarkan Beethoven X adalah index fund atau rekasadana yang terdesentralisasi di mana satu kumpulan likuiditas berisi 4-8 aset crypto. Berbagai kumpulan dana ini memberikan bunga imbalan yang cukup besar hingga puluhan persen. Beethoven X menghapus peran portofolio manager, dan menggantinya dengan Balancer V2 yang berperan serupa.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan pada Beethoven X:

  • Menukarkan token. Kamu bisa menukarkan berbagai macam token pada Beethoven X untuk memaksimalkan strategi pendapatanmu. Misalnya, menukarkan token bunga BPT-mu menjadi BEETS dan mendepositkannnya ke kumpulan dana BEETS-FTM untuk mendapatkan bunga lebih besar.
  • Berinvestasi kepada berbagai kumpulan likuiditas. Kamu bisa memilih berinvestasi kepada berbagai macam kumpulan likuiditas dengan APR yang cukup besar. Ingat untuk berinvestasi ke dalam kumpulan likuiditas dengan volume besar untuk mengurangi risiko.

Mengapa aplikasi Optimism dapat menarik banyak pengguna?

  • ⚡ Populernya adopsi teknologi layer-2. Pada tahun 2022 dan sepanjang 2023, adopsi layer-2 Ethereum telah dan masih akan menjadi tema besar di industri crypto. Ethereum yang masih berkutat dengan permasalahan skalabilitas membuat kehadiran Optimism sebagai layer-2 sebagai solusi atas permasalahan tersebut.
  • 💨 Transaksi cepat dengan biaya murah. Lewat teknologi optimistic rollups, Optimism mempunyai biaya tranksaksi 10x lebih murah daripada Ethereum. Selain itu, proses transaksi di Optimism juga jauh lebih cepat dibanding Ethereum. Hal ini dikarenkan proses rollup memanfaatkan jaringan off-chain sehingga tidak terpengaruh oleh kepadatan jaringan Ethereum.
  • 🛡️ Tingkat keamanan. Sebagai layer-2 yang dibangun di atas blockchain Ethereum, Optimism dapat memanfaatkan tingkat keamanan mutakhir yang dimiliki oleh Ethereum.
  • 🚧 Potensi pembaruan Bedrock. Tim developer Optimism tengah menyiapkan pembaruan Bedrock serta sistem fraud proof yang lebih mutakhir, yakni Cannon. Pembaruan tersebut bisa menjadi game changer karena bisa semakin membuat biaya transaksi di Optimism jauh lebih murah lagi.

Jangan lewatkan, analisa mengenai tren dan kondisi pasar crypto pada 2023 dalam artikel berikut.

Cara Membeli Token Optimism di Pintu

Setelah mengetahui apa itu Optimism, kamu bisa mulai berinvestasi pada token OP dengan membelinya di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli OP pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari token OP.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai token OP!

Selain token OP, kamu juga bisa berinvestasi pada aset crypto lainnya seperti BTC, BNB, ETH, dan yang lainnya melalui Pintu secara aman dan mudah. Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu.

Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

Kunal Goel, Optimism: A Glass Half Full, Messari, diakses pada 3 Februari 2023.

Ivan Cryptoslav, What Is Optimism? The Ultimate Guide to the Optimism Ecosystem, CoinMarketCap, diakses pada 3 Februari 2023.

Jerry Sun, Optimism Falls After its Quests End, Messari, diakses pada 4 Februari 2023.

ConsenSys, 2023 CMC Crypto Playbook: The Present and Future of Layer 2 Roll-ups, CoinMarketCap, diakses pada 3 Februari 2023.

Jocelyn Yang, Optimism’s OP Token Hits All-Time High as Layer 2 Adoption Interests Grow, CoinDesk, diakses pada 3 Februari 2023.

Rahul Nambiampurath, What Is Synthetix? The Defiant, diakses pada 3 Februari 2023.

The Velodrome, Velodrome: The Road Ahead, Velodrome Medium, diakses pada 4 Februari 2023.

Oliver Knight, DeFi Lender Aave Deploys Version 3 on Ethereum Network, CoinDesk, diakses pada 4 Februari 2023.

Stargate Protocol, Stargate, diakses pada 4 Februari 2023.

Beethoven Introduction, Beethoven X, diakses pada 4 Februari 2023.

Penulis:Hikma Dirgantara

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan