PFP: Kategori NFT Paling Populer

Update 25 Sep 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 7 Menit
Gambar PFP: Kategori NFT Paling Populer
Reading Time: 7 minutes

Beberapa publik figur seperti Justin Bieber, Eminem, Stephen Curry, dan Snoop Dog sempat menggunakan PFP NFT pada akun media sosialnya. Dengan menampilkan karakter PFP NFT-nya, artinya mereka memiliki aset NFT dan akses eksklusif terhadap komunitas masing-masing proyek NFT tersebut. Menariknya, harga sebuah PFP NFT dapat mencapai ribuan bahkan jutaan dolar AS, lho! Tak heran jika PFP NFT juga dapat memperlihatkan status sosial dan finansial mereka. Lalu, apa sebenarnya PFP NFT itu dan apa saja contohnya yang paling populer? Simak selengkapnya di artikel ini.

Ringkasan Artikel

  • ūüĖľÔłŹ¬†PFP NFT adalah singkatan dari ‚Äúprofile picture non-fungible token.‚ÄĚ Ini adalah NFT yang digunakan sebagai gambar profil atau avatar dalam media sosial, seperti Twitter, Telegram, Discord, dan Github.
  • ūüĎŬ†Cryptopunks adalah proyek pionir NFT yang memulai tren PFP NFT pada tahun 2017. Kesuksesan Cryptopunks memicu perkembangan proyek-proyek NFT lainnya, seperti BAYC, Azuki, dan lain-lain.
  • ūü鮬†Dengan memiliki PFP NFT, pemiliknya dapat terhubung dengan komunitas eksklusif, mengekspresikan diri secara kreatif dalam dunia digital, serta menampilkan status sosial dan finansial.
  • ūüíį¬†Beberapa faktor yang memengaruhi harga PFP NFT adalah kelangkaan, kegunaan, popularitas komunitas, kerja sama proyek, dan kondisi pasar global.

Apa itu PFP NFT?

Apa itu PFP NFT? PFP adalah singkatan dari profile picture. PFP NFT adalah suatu NFT yang digunakan sebagai foto profil atau avatar dalam media sosial. NFT ini menjadi suatu identitas online suatu pengguna.

Konsep PFP NFT mirip dengan gambar profil sosial media, tetapi dalam bentuk NFT. Artinya, avatar tersebut memiliki hak kepemilikan blockchain yang dapat diverifikasi.

Hak kepemilikan atas karya seni tersebut dapat dimiliki ketika seseorang membeli PFP NFT. Informasi tentang kepemilikan ini dicatat di blockchain, memungkinkan pemiliknya membuktikan kepemilikan aset digital tersebut. Dengan kata lain, mereka memiliki satu-satunya salinan PFP NFT tersebut.

Setiap PFP NFT memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari yang lain, seperti elemen desain, warna, aksesoris, atau atribut khusus lainnya. Beberapa contoh PFP NFT terpopuler adalah Cryptopunks, Bored Ape Yacht Club (BAYC), Azuki, Clone X, Meebits, dan lain-lain.

Baca juga: Mudah, Berikut Cara Trading NFT.

Sejarah PFP NFT

Bicara tentang PFP NFT tentu tidak akan lepas dari Cryptopunks. Cryptopunks adalah sebuah proyek pioner NFT sukses yang menampilkan karya seni pixel bergambar karakter punks. Pada tahun 2017, Matt Hall dan John Watkinson (Larva Labs) menciptakan Cryptopunks dan menjualnya sebagai token crypto unik yang mewakili kepemilikan.

Awalnya, Cryptopunks menggunakan token standard ERC-20 dengan beberapa penyesuaian. Kehadiran Cryptopunks kemudian mendorong perkembangan standard token baru untuk NFT, yaitu ERC-721. Token ini lebih cocok untuk fungsi NFT yang berbeda dari token crypto lainnya.

Kesuksesan Cryptopunks lalu membuka jalan bagi proyek PFP NFT lainnya, seperti Bored Ape Yacht Club (BAYC) yang dikembangkan oleh Yuga Labs. BAYC hadir pada tahun 2021 dan mendapatkan perhatian besar dari komunitas crypto dan NFT hingga menjadikannya sebagai salah satu proyek crypto terbesar dan tersukses.

Pada akhir tahun 2021, NFT BAYC #8817 memecahkan rekor sebagai NFT termahal yang terjual seharga 852.39 ETH atau 3.4 juta dolar AS pada saat itu.
Bored Ape Yacht Club #8817

Apa yang Memengaruhi Harga PFP NFT?

Harga PFP NFT dipengaruhi oleh sejumlah faktor utama. Kelangkaan dan keunikan NFT adalah faktor penting yang meningkatkan harga. Semakin langka atau unik sebuah PFP NFT, semakin tinggi potensi harganya.

Popularitas proyek dan komunitas yang besar juga berperan, karena permintaan yang tinggi dapat mendorong harga naik. Kerja sama dengan proyek atau tokoh terkenal, serta berita baik atau buruk, juga dapat memengaruhi pergerakan harga. Selain itu, faktor pasar global seperti sentimen pasar crypto dan tren NFT secara keseluruhan juga memiliki dampak signifikan.

Berita buruk pernah menimpa NFT Azuki pada Juni 2023 lalu yang menyebabkan penurunan tajam harga NFT tersebut. Penurunan ini disebabkan oleh peluncuran Azuki Elementals, yang tidak sesuai dengan harapan komunitas. Artwork Azuki Elementals dianggap memiliki kesamaan dengan Azuki original (OG).

Baca selengkapnya tentang penurunan harga Azuki di artikel ini: Apa yang Terjadi pada NFT Blue Chip? Penurunan Harga Azuki & Dampaknya pada Ekosistem NFT.

Mengapa PFP NFT Menjadi Populer?

PFP NFT menjadi sangat populer karena beberapa alasan yang sangat kuat. Popularitasnya berawal dari kesuksesan awal CryptoPunks pada tahun 2017, yang menjadi inspirasi untuk konsep avatar digital sebagai NFT.

Kemudian, pasar NFT mengalami lonjakan luar biasa pada tahun 2021, yang mencakup penjualan NFT karya Beeple senilai 69 juta dolar AS pada Maret 2021. Kejadian monumental ini secara tegas mengukuhkan PFP NFT sebagai simbol prestise dan status, hingga menarik perhatian orang kaya, terkenal, dan para penggemar NFT.

Memiliki PFP NFT yang unik dapat menunjukan status simbol di komunitas crypto dan dunia online. Tak heran beberapa publik figur menampilkan PFP NFT mereka pada akun media sosialnya, seperti Eminem, Snoop Dog, Justin Bieber dan lain-lain.

Selain itu, PFP NFT memungkinkan para kolektor untuk menunjukkan afiliasi mereka dengan komunitas eksklusif. Seperti BAYC yang menawarkan anggotanya akses ke acara eksklusif, merchandises, dan manfaat lainnya. Ini mengubah PFP NFT menjadi lebih dari sekadar representasi visual, tetapi juga sebagai tiket ke berbagai keuntungan.

PFP NFT Paling Populer

Sumber: DappRadar

Data dari DappRadar menunjukan bahwa Bored Ape Yacht Club (BAYC) memiliki market cap tertinggi di antara PFP NFT lainnya. Kemudian diikuti dengan Mutant Ape Yacht Club (MAYC), Meebits, Moonbirds, dan seterusnya.

Berikut beberapa contoh PFP NFT paling populer saat ini.

Note: Harga dasar berdasarkan per tanggal 22 September 2023.

1. Cryptopunks

Cryptopunk #5822. NFT Cryptopunk termahal yang terjual seharga 23.7 juta dolar AS pada Februari 2022. Sumber: Opensea

Tanggal peluncuran: 22 Juni 2017

Total pasokan NFT: 10.000 NFT

Harga dasar: Lihat di sini

CryptoPunks adalah salah satu proyek NFT paling ikonik dan berpengaruh dalam sejarah dunia NFT. Ia telah membantu membentuk tren dan standard dalam ekosistem NFT yang terus berkembang.

Proyek NFT ini diluncurkan oleh Larva Labs pada tahun 2017, sebelum diakuisisi oleh Yuga Labs pada 2022. Gambar pixel karakter punk ini menjadi salah satu NFT yang pertama dicetak di blockchain Ethereum.

Ada lima jenis punk yang berbeda dengan berbagai atribut tambahan dengan total jumlah koleksi 10.000 punk: Pria (6039), Wanita (3840), Zombie (88), Kera (24), dan Alien (9).

2. Bored Ape Yacht Club (BAYC)

Sumber: BAYC

Tanggal peluncuran: 23 April 2021

Total pasokan NFT: 10.000 NFT

Harga dasar: 24 ETH

BAYC saat ini menduduki peringkat teratas dari semua koleksi PFP NFT dengan market cap sebesar lebih dari 820 juta dolar AS. Proyek NFT bergambar karakter ‚Äėkera bosan‚Äô ini memberikan kegunaan bagi para pemiliknya salah satunya adalah klub khusus anggota.

Pada tahun 2022, BAYC meluncurkan token ApeCoin (APE) sebagai insentif komunitas dan token tata kelola. Selain itu, BAYC merilis proyek Metaverse yang sangat dinanti-nantikan, Otherside, dengan penjualan lahan Metaverse, Otherdeeds.

3. Meebits

Meebit #2. Sumber: Opensea

Tanggal peluncuran: 4 Mei 2021

Total pasokan NFT: 20.000 NFT

Harga dasar: 0.99 ETH

Meebits adalah proyek NFT yang memiliki 20.000 figur voxel 3D yang terlihat seperti karakter game seperti Minecraft dan Roblox. Proyek ini dikembangkan oleh Larva Labs yang juga mengembangkan Cryptopunks, dengan tujuan agar NFT ini digunakan di berbagai game, dunia virtual, dan aplikasi lainnya.

Meebits memiliki sistem DAO, MeebitsDAO, yang mengembangkan ekosistem Meebits dari masukan pendapat komunitasnya. Pengembangan ini termasuk membuat animasi, meningkatkan interoperabilitas cross-platform model Meebits dan memberlakukan keputusan MeebitsDAO.

4. Moonbirds

Sumber: NFT Now

Tanggal peluncuran: 16 April 2022

Total pasokan NFT: 10.000 NFT

Harga dasar: 0.99 ETH

Moonbirds adalah PFP NFT yang bergambar pixel karakter burung dengan berbagai aksesoris. Proyek ini memberikan akses kepada pemiliknya pengalaman unik untuk terhubung dengan seniman.

Moonbirds dibuat oleh pengusaha internet terkemuka asal AS, Kevin Rose, anggota dari Proof Collective ‚Äď komunitas kolektor dan seniman NFT yang memiliki akses terbatas. Dikutip dari NFT Now, proyek ini secara luas dianggap sebagai salah satu koleksi PFP terbaik yang pernah dibuat. Beberapa hari setelah diluncurkan, Moonbirds menghasilkan pendapatan mencapai hampir 100.000 ETH (sekitar 300 juta dolar AS pada saat itu. Hal ini segera menjadikannya sebagai salah satu koleksi NFT terlaris sepanjang masa.

5. Pudgy Pinguins

Sumber: Pudgy Penguins

Tanggal peluncuran: 22 Juli 2023

Total pasokan NFT: 8.888 NFT

Harga dasar: 4.48 ETH

Pudgy Penguins adalah koleksi 8.888 NFT yang menampilkan gambar penguin lucu dan gemuk. Pemilik NFT yang disebut ‚ÄúThe Huddle‚ÄĚ dan ‚ÄúPengus,‚ÄĚ mendapatkan akses ke acara eksklusif, hak lisensi intelektual (IP), dan hak menciptakan proyek komersial dengan gambar Pudgy Penguin yang mereka miliki.

Proyek ini awalnya kontroversial akibat pergantian kepemilikan karena pembuat proyek ini tidak bisa memenuhi janji awal. Setelah berganti tangan, proyek ini menjadi lebih sukses dengan ekspansi ke mainan fisik dan investasi besar. Tim saat ini, dipimpin oleh Luca Netz sebagai CEO, telah membawa Pudgy Penguins ke tingkat yang lebih tinggi dalam dunia NFT.

Kesimpulan

Ada sejumlah alasan utama mengapa PFP (Profile Picture) NFT telah mencapai tingkat popularitas yang tinggi. Salah satunya adalah aspek status dan prestise. Bagi sebagian pengguna, memiliki PFP NFT yang langka atau terkenal adalah cara untuk memperlihatkan keterlibatan dan status finansial mereka dalam komunitas NFT.

Selain itu, PFP NFT juga memungkinkan individu untuk merasa terhubung dengan komunitas yang memiliki kesamaan tujuan. PFP yang dipilih bisa mencerminkan minat, nilai, atau identitas yang dibagikan dengan komunitas tertentu.

Terlepas dari alasan-alasan tersebut, PFP NFT menawarkan cara yang menarik dan kreatif untuk mengekspresikan diri secara online dan sebagai cara inovatif untuk berpartisipasi dalam dunia digital.

Membeli Aset Crypto di Aplikasi Pintu

Kamu bisa berinvestasi pada aset crypto seperti BTC, ETH, SOL, dan lain-lain di Pintu tanpa harus khawatir adanya penipuan. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Langston Thomas, PFP NFTs: Meet 20 of the Best Web3 Art Projects, NFT Now, diakses 21 September 2023.
  2. Unchained Crypto Team, PFP NFTs: What Are They & Why Are They So Popular? Unchained Crypto, diakses 21 September 2023.
  3. Benedict George, What Are PFP NFTs? Coindesk, diakses 22 September 2023.
  4. Jade Gao, Top 10 Most Popular Avatar PFP NFT Collections, DappRadar, diakses 22 September 2023.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan