Apa yang Terjadi pada NFT Blue Chip? Penurunan Harga Azuki & Dampaknya pada Ekosistem NFT

Update 13 Jul 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 5 Menit
Gambar Apa yang Terjadi pada NFT Blue Chip? Penurunan Harga Azuki & Dampaknya pada Ekosistem NFT
Reading Time: 5 minutes

Pada akhir Juni 2023, pasar NFT dihebohkan oleh penurunan harga yang signifikan dari salah satu NFT blue chip, yaitu Azuki. Penurunan ini disebabkan oleh peluncuran Azuki Elementals, yang dianggap memiliki kesamaan dengan Azuki original (OG). Setelah peluncuran Azuki Elementals, harga Azuki OG yang sebelumnya stabil sekitar 15 ETH, turun menjadi 9.7 ETH. Lalu, apa itu Azuki Elementals dan bagaimana dampak penurunan harga Azuki terhadap pasar NFT? Kamu bisa baca di artikel berikut.

Ringkasan Artikel

  • ūüĖľÔłŹ¬†Azuki Elementals adalah koleksi NFT terbaru yang dikeluarkan oleh Chiru Labs, yang sebelumnya meluncurkan NFT blue chip, Azuki, pada 2022.
  • ‚ö°¬†Koleksi Azuki Elementals memiliki total 20.000 NFT berdasarkan empat elemen Azuki yaitu tanah, api, petir, dan air. Koleksi ini mencakup berbagai tingkat kelangkaan yang akan terungkap setelah di-minting.
  • ūüė쬆Kemiripan Azuki Elementals dengan Azuki OG ternyata mengecewakan komunitas Azuki, sehingga terjadi penjualan kedua NFT tersebut secara massal. Ini menyebabkan penurunan harga NFT Azuki OG secara drastis.
  • ūüźĶ¬†Penurunan harga NFT Azuki ternyata memengaruhi harga NFT blue chip lainnya, seperti BAYC dan MACY yang turun lebih dari 20% dalam sehari.

Sekilas tentang Azuki

Sumber: Azuki

Azuki adalah koleksi NFT yang diluncurkan pada Januari 2022 dan menjadi salah satu perilisan NFT paling sukses dalam sejarah. NFT ini menggunakan anime sebagai gambar koleksinya dengan jumlah sebanyak 10.000 NFT.

Saat perilisannya, sebanyak 8.700 koleksi NFT tersedia di platform OpenSea dan LooksRare. Sisanya di-minting oleh pengguna yang mendapatkan whitelist. Menariknya, seluruh koleksi tersebut terjual habis dalam waktu empat menit saja. Data dari DappRadar, seluruh hasil penjualan ini mencapai pendapatan sekitar 1.15 miliar dolar AS. Jumlah tersebut menempatkan Azuki ke urutan 4, menjadi salah satu NFT paling besar yang ada di pasar.

Para pemegang NFT Azuki memiliki akses ke sebuah exclusive online club, The Garden. Sebuah tempat berkumpulnya para seniman, builders dan Web3 enthusiasts untuk mengembangkan masa depan proyek terdesentralisasi.

Kesuksesan suatu proyek NFT tidak terlepas dari peran komunitas proyek itu sendiri. Komunitas yang solid dan berdedikasi dapat menjadi pendorong utama kesuksesan proyek NFT. Mereka membantu memperluas jangkauan, memberikan dukungan finansial, dan memberikan masukan untuk keberlangsungan proyek tersebut.

Oleh karena itu, untuk tetap menjaga kepercayaan dan memelihara keterikatan dengan komunitasnya, Azuki mengembangkan beberapa produk yang menarik. Salah satunya adalah peluncuran Azuki Elementals.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Proyek NFT?

Azuki Elementals

Azuki Elementals adalah NFT yang dikeluarkan oleh Chiru Labs untuk memperluas dunia Azuki. Peluncuran Azuki Elementals merupakan event yang sangat dinantikan di dunia NFT.

Chiru Labs memiliki tujuan yang ambisius untuk menciptakan karakter yang terasa konsisten dengan akar Azuki mereka, sambil tetap menawarkan sesuatu yang baru, yaitu berupa ide elemental.

Koleksi Azuki Elementals memiliki total 20.000 NFT berdasarkan empat elemen Azuki yaitu tanah, api, petir, dan air. Koleksi ini mencakup berbagai tingkat kelangkaan yang akan terungkap setelah di-minting.

Di hari penjualannya pada Selasa, 27 Juni 2023, Elementals dijual melalui Dutch Auction dan akses awal tersedia bagi para pemegang NFT Azuki OG dan BEANZ. Harga awal dibuka seharga 2 ETH (sekitar 3.800 dolar AS) dan setiap lima menit, harga akan turun 0.1 ETH (sekitar 187 dolar AS).

Dalam 15 menit, 10.000 NFT yang tersedia terjual habis dengan meraup 38 juta dolar AS! Sisa 10.000 NFT lagi diberikan sebagai airdrop kepada para pemegang NFT Azuki OG terpilih.

Kejatuhan Harga Azuki

Setelah NFT Elementals secara resmi beredar, harga dasar atau floor price koleksi tersebut mulai menurun. Komunitas Azuki menyuarakan ketidakpuasan mereka terhadap desain Azuki Elementals di media sosial. Gambar Azuki Elementals menunjukkan kemiripan yang mencolok dengan Azuki OG.

Sumber: Twitter

Kedua koleksi tersebut dinilai memiliki atribut yang mirip, seperti warna, wajah, dan keseluruhan gayanya. Kemiripan tersebut membuat para pecinta NFT menyebut bahwa Azuki Elementals merupakan versi ‚Äėmurah‚Äô dari Azuki OG.

Dilansir dari Coindesk, penjualan NFT Azuki OG meningkat hampir 400% dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Namun, harga Azuki OG turun dari 14 ETH menjadi 9.7 ETH dalam satu hari. Harga dasar Elementals pun turun 55% karena pembeli pre-sale menjual koleksinya secara massal.

Sumber: Twitter

Setelah menghadapi kekecewaan dari komunitas, tim Azuki membuat pernyataan melalui Twitter resminya untuk segera memperbaikinya. Di samping itu, tim Azuki juga membuka voting bagi para pemegang NFT Elementals untuk mengubah metadata background Azuki Elementals.

Buntut dari kekecewaan tersebut, AzukiDAO yang menyebut dirinya sebagai ‚Äėpemegang NFT Azuki OG‚Äô mulai mengambil tindakan hukum dengan bekerja sama dengan penasihat hukum untuk menuntut Zagabond, founder Azuki.

AzukiDAO menekan Chiru Labs melalui Zagabond agar mengembalikan keuntungan yang dihasilkan dari peluncuran Azuki Elementals. Zagabond mengatakan kepada Cointelegraph bahwa AzukiDAO adalah ‚Äúkelompok yang tidak dikenal‚ÄĚ yang ‚Äútampaknya tidak sah.‚ÄĚ

Dampak Kejatuhan Azuki Pada NFT Blue Chips Lainnya

Insiden Azuki baru-baru ini berpengaruh tidak hanya pada NFT Azuki itu sendiri, tetapi juga terhadap NFT blue chips lainnya. Ini menyebabkan penurunan tajam dalam harga NFT.

Sentimen pasar mencerminkan kepanikan yang semakin meningkat. Penurunan harga Azuki yang signifikan berdampak pada proyek NFT lainnya, seperti Bored Ape Yacht Club (BAYC) yang turun sebesar 23% dalam seminggu terakhir dengan harga dasar menyentuh 28 ETH pada 3 Juli 2023. Di tanggal yang sama, Mutant Ape Yacht Club (MAYC) pun turun sebesar 30% dengan harga dasar 4.9 ETH.

Dikutip dari Cointelegraph NFT blue chip adalah NFT yang memiliki nilai tinggi dan dianggap bergengsi di pasar NFT. NFT blue chip memiliki reputasi, kualitas, dan potensi apresiasi nilai jangka panjang, seperti halnya saham blue chip dalam keuangan konvensional.
Sumber: Dune Analytics

Penurunan beberapa NFT blue chips juga memengaruhi volume penjualan NFT di beberapa marketplace NFT, seperti Opensea, Blur dan Opensea Pro yang dapat dilihat pada gambar di atas.

Baca juga: Mengenal Blur, Marketplace NFT untuk Para Trader Profesional.

Sumber: Gracy Chen Twitter

Di samping itu, beberapa protokol peminjaman NFT juga mengalami penurunan TVL yang signifikan dalam satu hari pada 4 Juli 2023. TVL Paraspace anjlok 11% dalam 24 jam terakhir, TVL BendDAO turun 53%, dan Blur Lending mengalami penurunan 26.7%.

Meskipun proyek NFT blue chip sering dianggap sebagai proyek yang mapan dan kuat, tidak ada jaminan bahwa mereka tidak akan mengalami penurunan harga atau kesulitan di masa depan.

Kebijakan pasar, tren industri, permintaan dari kolektor, keberlanjutan teknologi blockchain, dan faktor lainnya juga memainkan peran penting dalam masa depan NFT secara keseluruhan.

Terlebih lagi, dalam pasar yang berkembang dan berfluktuasi seperti NFT, potensi keuntungan dan risiko merupakan bagian yang tak terpisahkan.

Apakah ini Saatnya Beli NFT Blue Chip?

Bagi kamu yang tertarik pada keuntungan jangka pendek, penurunan pasar NFT dapat menjadi kesempatan untuk membeli proyek NFT yang memiliki fundamental yang kuat dengan harga diskon, dan kemudian menghasilkan keuntungan saat pasar potensial kembali naik.

Selama periode penurunan harga, beberapa proyek NFT yang mendasarinya tetap memiliki nilai dan potensi jangka panjang yang baik. Dengan melakukan riset dan analisis yang tepat, kamu dapat menemukan proyek-proyek yang menarik dan memanfaatkan penurunan harga sebagai kesempatan untuk membeli dengan harga lebih rendah.

Jika pasar NFT pulih dan harga naik, kamu dapat menghasilkan keuntungan dari investasi mereka. Namun, penting untuk dicatat bahwa investasi dalam NFT melibatkan risiko, dan kamu harus melakukan penelitian yang cermat serta mempertimbangkan faktor-faktor lain sebelum mengambil keputusan investasi.

Referensi

  1. NFTscan, Azuki Elemental: What went wrong? Medium, diakses 11 Juli 2023.
  2. Letícia Melo, Azuki NFTs: All About The Brand’s Past, Present & Future, DappRadar, diakses 11 Juli 2023.
  3. Gracy Chen, Could Azuki FUD be worrying for the future of NFT’s? Twitter, diakses 11 Juli 2023.
  4. Cindy Tan, Kesuksesan Azuki Elementals $38 Juta Tidak Tercermin dalam Kinerja Pasar karena Harga Dasar Turun Di Bawah Harga Terbitan Dalam 24 Jam, Metaverse Post, diakses 11 Juli 2023.
  5. Shaurya Malwa, Azuki NFT Prices Slide 44% After Creator Releases ‚ÄėBasically Identical‚Äô Elementals, Coindesk, diakses 11 Juli 2023.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan