Apa yang Bisa Dilakukan Setelah Beli Crypto?

Update 28 Dec 2020 ‚ÄĘ Waktu Baca 2 Menit
Gambar Apa yang Bisa Dilakukan Setelah Beli Crypto?
Reading Time: 2 minutes

Bagi banyak orang cryptocurrency dianggap sebagai alat investasi beresiko tinggi. Meskipun demikian, tidak banyak yang tahu bahwa cryptocurrency diciptakan untuk berbagai kegunaan. Maka dari itu cryptocurrency memiliki banyak use-cases yang kuat dan bermanfaat bagi pengguna. Artikel ini akan membahas apa saja yang bisa dilakukan menggunakan aset crypto yang dimiliki.

Investasi jangka panjang

Cryptocurrency sebagai alat investasi merupakan kegunaan yang sangat popular di kalangan pengguna crypto. Sebagian pengguna crypto percaya bahwa nilai crypto akan terus bertambah. Banyak dari mereka membeli crypto untuk disimpan sebagai investasi yang dapat digunakan di masa depan.

Contohnya seperti Bitcoin yang saat awal diciptakan tahun 2009 belum memiliki nilai dan baru menunjukkan nilai pada 2010. Pada saat itu pun nilai trading per koin-nya hanya $0,0008 sampai $0,08. Namun, dalam jangka waktu sekitar 10 tahun, minat pada Bitcoin melonjak drastis dan mendorong harga Bitcoin naik 240.000x mencapai $19,200 per koin (pada 4 Desember 2020).

Karena ini banyak investor yang mulai melirik Bitcoin atau aset crypto lainnya sebagai alat investasi jangka panjang. Banyak juga yang percaya bahwa Bitcoin adalah emas digital yang dapat melawan inflasi dari pencetakan uang yang dilakukan bank sentral dunia.

Jual / beli secara aktif (trading)

Istilah trading meliputi semua kegiatan yang melibatkan aktivitas membeli, menjual dan menukar aset crypto. Jual/beli crypto menjadi aktivitas yang popular bagi pengguna, hal ini dikarenakan dengan trading membuat pengguna secara leluasa masuk dan keluar dari pasar crypto. Harga yang volatil juga menjadi daya tarik untuk pengguna melakukan aktivitas jual/beli. Meskipun ‚Äúvolatil‚ÄĚ terkesan mengintimidasi, bagi beberapa trader hal ini merupakan kesempatan bagus untuk mendapat untung. Di mana ketika harga sedang turun, para trader akan membeli aset kemudian saat angka sedang tinggi, mereka akan menarik keuntungan.

Harga jual beli aset crypto yang ada di Pintu selalu mengikuti harga pasar global 24/7. Kamu dapat memperdagangkan cryptomu secara aktif untuk mendapatkan keuntungan, dimana kamu membeli crypto di harga rendah dan menjualnya di harga tinggi.

Sebagai contoh, banyak trader suka membeli dan menjual posisi dalam hitungan harian, jam, atau bahkan beberapa menit.

Kirim crypto ke siapapun di seluruh dunia

Use-cases lainnya yang paling terkenal dari kegunaan cryptocurrency adalah membebaskan pengguna untuk mengirim dan menerima crypto dari seluruh dunia. Transaksi pengiriman crypto secara internasional lebih murah jika dibandingkan dengan mengirim uang melalui bank. Mengirim uang secara tradisional ke negara lain biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama dan biaya transaksi yang lebih mahal.

Dengan cryptocurrency, pengiriman dapat dilakukan secara real-time dan tanpa memerlukan pihak ketiga (contoh: bank). Aset yang kamu kirimkan akan langsung sampai ke wallet tujuan dalam waktu hitungan menit, bahkan detik.

Sebagai contoh, kamu mengirim melalui bank tradisional, biasanya kamu membutuhkan waktu 3 hari untuk mengirim uang ke temanmu yang ada di Amerika dengan kisaran fee transaksi $20. Sementara untuk mengirim crypto ke temanmu yang berada di Amerika, kamu hanya membutuhkan waktu beberapa menit dan biaya kurang dari $5.

Donasikan crypto untuk yang membutuhkan

Tidak banyak yang tahu bahwa selain menggunakan crypto sebagai alat investasi, crypto juga dapat dipakai untuk berdonasi. Banyak proyek global yang menerima donasi dalam bentuk crypto. Kamu dapat menyumbangkan cryptomu untuk membantu project-project tersebut berjalan dan mencapai tujuannya.

Sebagai contoh, Human Rights Fondation menerima donasi dalam bentuk BTC atau ETH untuk mendanai kegiatan mereka (https://hrf.org/donate-bitcoin/). Lembaga besar seperti UNICEF pun juga menerima donasi menggunakan BTC, ETH, BCH, LTC, USDC https://www.unicef.org.nz/donate-in-crypto

Penulis:ichsan

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan