Sejarah Terbentuknya Bitcoin

Bagikan

Bitcoin bukanlah penemuan baru – Bitcoin diciptakan melalui berbagai ide dan pemikiran yang sudah ada jauh sebelum tahun 1970. Bitcoin mengkombinasikan berbagai ide seperti kriptografi, buku besar yang terdistribusi (distributed ledger), blockchain dan banyak lagi.

Kriptografi – tahun 1970an

Pada tahun 1970-an, Kriptografi digunakan terutama di dunia militer untuk komunikasi militer dan badan intelijen rahasia. Setelah publikasi Standar Enkripsi Data dan Arah Baru Kriptografi, orang melihat bahwa kriptografi dapat digunakan untuk hal lain, termasuk menciptakan uang digital.

Dr. David Chaum, seorang ilmuwan komputer Amerika dan seorang kriptografer, mulai menulis berbagai topik tentang bagaimana menggunakan kriptografi dalam uang seperti uang tunai digital dan sistem reputasi nama samaran. Chaum mendirikan perusahaan DigiCash pada tahun 1989. DigiCash memungkinkan orang untuk melakukan transaksi tanpa memberikan informasi identitas apa pun, sangat bagus untuk privasi pribadi. Ide ini menginspirasi Gerakan Cypherpunks. Cypherpunks adalah sekelompok orang yang ingin menggunakan kriptografi yang kuat untuk privasi dan kebebasan pribadi. Sayangnya, DigiCash tidak bertahan lama. Pada tahun 1998, perusahaan di belakang DigiCash dinyatakan bangkrut.

Gerakan Cypherpunks – tahun 1990an

Pada akhir 1992, Eric Hughes, Timothy C May, dan John Gilmore merilis Manifesto Cypherpunks. Ini adalah visi dari masyarakat yang menggunakan kriptografi dalam setiap aspek kehidupan mereka untuk memastikan privasi dan kebebasan mereka.

“Privasi diperlukan untuk masyarakat yang terbuka di era elektronik – Manifesto Cypherpunks”

Ini sangat relevan mengingat pada tahun 1990-an pemerintah AS membuat clipper chip, sebuah chipset untuk mengamankan pesan suara dan data. Namun, Clipper Chip menerima banyak serangan balik karena dianggap digunakan sebagai alat pengawasan pemerintah dan memiliki kerentanan keamanan.

Tahun 1990-an adalah era perkembangan fungsi hash kriptografi. Fungsi hash adalah fungsi matematika yang selalu menghasilkan keluaran yang sama dengan masukan yang sama. Fungsinya satu arah: anda hampir tidak pernah bisa menemukan / menebak input asli hanya dari output hash. Fungsi hash kriptografi berguna untuk menciptakan masyarakat yang aman dan privat.

Pada tahun 1997, Adam Back menciptakan Hashcash, sebuah mekanisme anti-spam. Ia menginginkan hashcash tidak hanya digunakan sebagai mekanisme anti spam tapi juga berguna untuk digital cash. Hashcash adalah sistem kas anonim. Pengguna tidak perlu membuat akun untuk bertransaksi satu sama lain. Adam Back juga mencoba memecahkan masalah “double-spending” dalam uang digital melalui hashcash. Double-spending adalah risiko ketika uang digital dapat dibelanjakan dua kali atau lebih karena file digital dapat dengan mudah digandakan atau dipalsukan.

Pada tahun 1998, Wei Dai menerbitkan proposal yang disebut “b-money”. Proposal ini memiliki kesamaan dengan Bitcoin seperti, pertama, semua transaksi akan disiarkan secara terbuka, dan kedua, ada sistem server yang berfungsi untuk memeriksa saldo uang dan diberi insentif untuk tetap jujur.

Proof-of-work dan Bit Gold – tahun 2000an

Pada tahun 2004, Hal Finney membuat Reusable Proof of Work (RPOW), sebuah token kriptografi unik yang hanya dapat digunakan sekali. RPOW adalah implementasi server publik pertama yang dirancang untuk memungkinkan pengguna dari seluruh dunia memverifikasi integritas dan kebenaran data secara real-time. RPOW disebut Server Transparan. Penemuan ini meningkatkan privasi akhir dari pengguna.

Setahun kemudian, Nick Szabo menerbitkan proposal yang disebut “bit gold“. Ini adalah proposal untuk membuat token koleksi digital yang dibangun di atas RPOW. Bit Gold memiliki kesamaan dalam hal kekekalan dalam blockchain Bitcoin. Satu-satunya perbedaan antara bit gold dan Bitcoin adalah Nick Szabo tidak membatasi total unit bit gold.

Era Satoshi Nakamoto – tahun 2007-2010

Bitcoin tidak muncul dalam satu malam, itu adalah ide kolektif yang disempurnakan dari waktu ke waktu. Pada tahun 2007, sebuah nama samaran bernama Satoshi Nakamoto, memposting ide di milis Kriptografi tentang kemungkinan sebuah sistem pembayaran peer-to-peer yang disebut Bitcoin. Satoshi kemudian merilis Bitcoin White Paper untuk menjelaskan idenya lebih lanjut . Satoshi juga menyebutkan hashcash dan b-money di dalam papernya.

Terciptanya Bitcoin berada pada waktu yang tepat. Pada tahun 2008, dunia mengalami krisis ekonomi global terparah yang mengakibatkan banyak bailout bank. Banyak orang kehilangan pekerjaan dan menjadi pesimis dengan sistem ekonomi saat ini. Bitcoin menyediakan jaringan moneter alternatif di luar dari sistem tradisional.

Satoshi membuat kode untuk Bitcoin dan pada tanggal 3 Januari 2009 Satoshi membuat blok Bitcoin pertama yang disebut Genesis Block. Blok ini sangat terkenal karena dianggap sebagai kelahiran Bitcoin. Satoshi juga menambahkan catatan di blok referensi sebuah berita di surat kabar The Times of London dengan tajuk utama “Kanselir di ambang bailout kedua untuk bank”. Satoshi memperjelas bahwa tidak ada Bitcoin yang dicadangkan untuk dirinya sendiri / diproduksi sebelum blok genesis – setiap orang memiliki titik awal yang sama untuk menambang Bitcoin.

Satoshi melakukan transaksi Bitcoin pertamanya ke Hal Finney dengan jumlah 10 BTC pada 12 Januari 2009. Ini adalah satu-satunya transaksi yang kami ketahui dari Satoshi Nakamoto. Transaksi terkenal lainnya juga terjadi pada 22 Mei 2010, ketika Laszlo Hanyecz memposting di forum bahwa dia bersedia menukar Bitcoin-nya dengan dua dus Papa John Pizza. Saat itu pizza tersebut bernilai 10.000 BTC atau sekitar $ 25 dollar. Seseorang dari Inggris menerima tawarannya dan membelikannya pizza dengan imbalan 10.000 BTC. Ini menandai transaksi Bitcoin pertama dengan barang berwujud. Hari ini, 22 Mei dirayakan sebagai Hari Pizza Bitcoin di antara para Bitcoiners.

Karena program Bitcoin bersifat open-source, kontributor awal bergabung dengan Satoshi Nakamoto untuk membuat Bitcoin menggunakan Linux dan macOS. Satoshi secara aktif berkontribusi pada pengembangan Bitcoin hingga 2010. Tidak ada yang tahu mengapa dia memutuskan untuk mundur dari proyek tersebut, tetapi hilangnya Satoshi mungkin adalah hadiah terbesar untuk Bitcoin. Proyek open source menjadi terdesentralisasi, dan bahkan tanpa keterlibatan Satoshi, pengembang masih mengerjakan Bitcoin hingga hari ini.

Skandal, retasan, aktivitas ilegal dan startup crypto – tahun 2010 – 2014

Bitcoin menerima reputasi buruk dan menjalani jalan yang berliku pada awal 2010-2012. Mt Gox, Bitcoin exchange terbesar saat itu, diretas pada tahun 2014 dan kehilangan 744.408 BTC. Bitcoin mendapatkan popularitasnya sebagai metode pembayaran di Silk Road, situs web untuk membeli obat-obatan dan barang-barang terlarang lainnya. Pada Oktober 2013, FBI menutup Silk Road, menyita lebih dari 29.000 BTC, dan pendirinya, Ross Ulbricht, saat ini menjalani hukuman seumur hidup di penjara. Kedua peristiwa besar ini masih menjadi skandal hingga saat ini.

Meskipun Bitcoin digunakan sebagai mata uang untuk membayar obat-obatan di situs Silk Road, itu masih merupakan pecahan kecil dibandingkan dengan dolar. Dolar AS masih tetap menjadi mata uang pilihan untuk kegiatan ilegal. Tahun ini juga merupakan tahun ketika banyak startup yang didanai oleh perusahaan kripto didirikan seperti Coinbase, Bitfinex, Blockstream, dll.

Forking, diterima oleh institusi, Satoshi palsu dan Bull Run – tahun 2014 -2017

Terlepas dari skandal yang mencemarkan nama baik Bitcoin, Bitcoin terus mengalami perkembangan. Tahun 2014 menandai awal penerimaan institusi. Perusahaan besar seperti Microsoft dan Wikipedia mulai menerima pembayaran dalam Bitcoin. Pemilik usaha kecil terutama di daerah pariwisata juga menerima Bitcoin sebagai metode pembayaran. Bitcoin mendapatkan popularitasnya tetapi banyak yang masih skeptis tentangnya. Jepang menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, tetapi banyak negara juga melarang Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

Bitcoin menjadi populer di kalangan investor ritel karena setelah peristiwa halving di tahun 2016, Bitcoin memasuki pasar bullish. Harga Bitcoin naik dari $ 600 menjadi $20.000 dan kemudian mengoreksi dirinya sendiri menjadi $3.000. Meskipun harga turun 80% dari puncaknya, Bitcoin tumbuh 500% dari harga rendahnya. Periode ini juga menandakan pertumbuhan cryptocurrency. Ada ratusan cryptocurrency dan ICO baru yang dibuat selama periode ini.

Sejak hilangnya Satoshi, banyak yang mencoba mengaku sebagai Satoshi Nakamoto. Seorang pria bernama Dorian Nakamoto terungkap sebagai Satoshi Nakamoto melalui artikel Newsweek. Dorian Nakamoto menyangkal keterlibatannya dalam Bitcoin.

Dorian Nakamoto menyangkal dirinya adalah Satohsi Nakamoto dan bahkan tidak tahu mengenai kriptografi

Orang lain mengambil sikap berbeda, Craig Wright, seorang pengusaha Australia yang mengaku sebagai Satoshi Nakamoto dan menemukan Bitcoin, mengajukan gugatan hak cipta pada Bitcoin White Paper. Orang lain yang mengajukan gugatan hak cipta adalah Wei Liu, yang mengklaim bahwa dia menulis Whitepaper Bitcoin dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Tak satu pun dari klaim ini yang terbukti karena tidak ada yang dapat membuktikan kunci pribadi Satoshi Nakamoto.

Tanpa Satoshi memberi tahu orang-orang apa yang harus dilakukan, komunitas perlu menemukan konsensus sendiri tentang cara memajukan Bitcoin. Ada perdebatan bertahun-tahun tentang skalabilitas Bitcoin. Bitcoin akhirnya bercabang atau terpecah menjadi dua arah yang berbeda: satu ingin mengoptimalkan Bitcoin menggunakan Segwit (tetap sebagai BTC) dan yang lainnya ingin meningkatkan ukuran blok (bercabang menjadi Bitcoin Cash). Dan tidak lama setelah itu Bitcoin juga menghadapi percabangan lain untuk Bitcoin Gold di tahun 2017.

Pandemi dan era cadangan institusi – tahun 2018 hingga saat ini

Pada Januari 2018, 80% Bitcoin telah ditambang. Korea Selatan mengeluarkan peraturan yang semua pedagang crypto perlu mengidentifikasi diri mereka sendiri. Kraken, bursa crypto di AS menjadi perusahaan aset digital pertama yang menerima piagam bank

Pandemi melanda dunia pada tahun 2020, yang menyebabkan stagnasi ekonomi secara global. Pemerintah AS mencetak triliunan dolar untuk merangsang perekonomian.Kebijakan ini diikuti oleh banyak negara lain. Selama periode ini, orang banyak berinvestasi di pasar saham dan cryptocurrency. Harga Bitcoin melonjak ke beberapa titik tertinggi sepanjang masa karena semakin banyak orang bergabung dalam jaringan. Bitcoin memperoleh lebih banyak kredibilitas ketika investor besar seperti Paul Tudor Jones berinvestasi di Bitcoin.

Institusi mulai menyambut gagasan memegang sebagian dari cadangan uang tunai mereka dalam Bitcoin. Perusahaan seperti Square, Blackrock, Microstrategy, dan Tesla membeli Bitcoin sebagai cadangan mereka. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang topik ini, Anda dapat membaca https://pintu.co.id/academy/post/siapa-investor-institusi-dan-perusahaan-terkenal-yang-investasi-bitcoin

Kesimpulan

Kita mungkin tidak akan pernah tahu siapa Satoshi Nakamoto. Kami tidak tahu apakah Satoshi adalah pria atau wanita, sekelompok orang, atau alien. Bitcoin tidak dibuat dalam satu malam. Bitcoin adalah kreasi dari cypherpunks sebelum dan sesudahnya. Bitcoin saat ini tergolong masih muda tetapi saat ini kami menyaksikan jenis baru uang yang dapat mengguncang dunia.

Bagikan

Artikel Terkait

Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.