Apa Saja yang Terjadi di Miami Bitcoin Conference April 2022?

April 25, 2022
Combined Shape 2
3 Menit
Bagikan
Gambar Apa Saja yang Terjadi di Miami Bitcoin Conference April 2022?
Reading Time: 3 minutes

Bitcoin Conference adalah acara tahunan yang digelar sebagai pertemuan bagi para bitcoiner dari seluruh dunia. Bitcoin Conference sudah tiga kali diselenggarakan sejak tahun 2019. Tahun 2022, Bitcoin Conference diselenggarakan di Miami, Florida. Konferensi ini berkembang dari sisi jumlah peserta. Di tahun 2019 hanya ada sekitar 2.000 pengunjung, tahun 2021 jumlah peserta bertambah menjadi 12.000 dan di tahun 2022 sebanyak 25.000 orang mengikuti konferensi ini.

Pintu dengan bangga mengikuti Bitcoin Conference Miami 2022 dan ikut serta meliput acara ini.

Mengenal Bitcoin Conference

Konferensi seperti ini tentunya sangat penting bagi para bitcoiner dan juga dunia kripto secara umumnya. Karena apapun yang terjadi di dalam dunia bitcoin, pastinya akan berdampak juga terhadap dunia kripto lainnya.

Konferensi Bitcoin 2022 membahas berbagai macam topik dari mining, pengembangan software berbasis bitcoin, regulasi, perusahaan yang bergerak di bidang bitcoin serta investor.

Selain berbagai macam sesi untuk menambah ilmu, Bitcoin Conference Miami yang diselenggarakan bulan April 2022 ini juga bertujuan sebagai ajang berjejaring dengan berbagai bitcoiner dari seluruh dunia baik mereka itu investor, perusahaan, miners, programmer, edukator dan lainnya.

Apa saja yang dibahas di Bitcoin Conference 2022

Berikut adalah beberapa topik bahasan yang menarik yang dibahas di Bitcoin Conference 2022.

  • ūüíįBeberapa kota dan negara mulai menunjukkan respon positif untuk menjadikan Bitcoin sebagai legal tender atau alat pembayaran yang sah di negara mereka. Prospera, daerah zona ekonomi khusus di Honduras mengumumkan bahwa mereka akan memperlakukan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Senator Indira Kempis dari Meksiko juga mengumumkan rencana untuk memperkenalkan undang-undang yang akan membuat bitcoin sebagai alat pembayaran sah di Meksiko.
  • ūüďú¬†Senator Cynthia Lummis dari Amerika Serikat adalah Senator yang paling pro terhadap Bitcoin dan ia mengumumkan bahwa ia sedang merancang Undang-Undang untuk mengatur pasar kripto dan aset digital lainnya. Rancangan UU ini juga akan mengatur stablecoin yang dipatok dengan nilai dolar AS sehingga konsumen Amerika dapat menggunakan aset yang diterbitkan secara pribadi.
  • ūüí≥¬†Jack Mallers, CEO dari Strike, mengumumkan bahwa mereka bermitra dengan NCR, pemasok Point-of-Sale terbesar di dunia, perusahaan pembayaran Blackhawk, dan raksasa e-commerce Shopify untuk mengintegrasikan Lightning Network ke dalam bisnis mereka. Setelah diterapkan sepenuhnya, orang Amerika akan dapat menggunakan Lightning Network di toko-toko seperti Walmart, McDonald‚Äôs dan Home Depot. Ini merupakan pengumuman yang cukup menghebohkan karena berarti Bitcoin akan dapat digunakan di berbagai merchant.
  • ūüĒčKita melihat tren penambangan bitcoin di tempat-tempat yang terdapat kelebihan listrik. Contohnya ExxonMobil menggunakan gas suar yang terbuat dari produksi bahan bakar fosil untuk menambang Bitcoin. Kebalikan dari apa yang sering diberitakan, penambang Bitcoin membuktikan bahwa mereka dapat mendapatkan listrik yang lebih efisien untuk lingkungan. Saat ini telah berkembang cara baru bagi perusahaan untuk membuat perjanjian pembelian daya dengan penyedia listrik.
  • ūüíł¬†Perusahaan dompet kustodi mandiri, Trezor juga mengumumkan bahwa saat ini mereka telah membuat konversi dollar AS otomatis ke bitcoin dari rekening bank yang akan dikirim langsung ke Trezor pengguna.
  • ūüí°Beberapa perusahaan segera mengintegrasikan Lightning Network ke dalam aplikasi mereka seperti Robinhood dan Cashapp. Lightning Network menjadi jaringan yang paling populer di dalam Bitcoin karena dapat memberikan akses pembayaran yang cepat dan murah.

Selain pengumuman-pengumuman terkait dengan Bitcoin, beberapa pembicara yang dinantikan juga memberikan pendapat mereka mengenai Bitcoin antara lain:

  • Michael Saylor, CEO dari Microstrategy, beranggapan bahwa Perintah Ekskutif dari Presiden Biden adalah lampu hijau untuk Bitcoin dan sebenarnya memiliki dampak positif. Michael Saylor optimis bahwa pengembangan teknologi akan mendorong adopsi bitcoin lebih agresif dalam 36 bulan ke depan, terutama dalam bidang Lightning Network.
  • Peter Thiel, Co-founder dari Paypal beranggapan bahwa Bitcoin merepresentasikan generasi anak muda, berbeda dengan sistem keuangan saat ini yang ia sebut sebagai ‚ÄúGerontocracy‚ÄĚ yaitu birokrasi yang didominasi oleh orang tua.

Aktivitas lain di Bitcoin Conference

Dalam konferensi ini selain berbagai sesi juga ada beragam aktivitas menarik. Antara lain:

  • Ada 200 perusahaan yang bergabung untuk dalam bitcoin expo. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain bergerak di bidang pengadaan dompet bitcoin, mining, bursa kripto, lightning service provider dan lainnya.
  • Sound Money Festival menjadi festival musik bitcoin pertama dengan menampilkan berbagai macam artis antara lain Deadmau5, Steve Aoki, M√ł hingga Agnez Mo.

Kesimpulan

Acara seperti Bitcoin Conference merupakan acara yang diperlukan untuk mempertemukan para bitcoiner dari berbagai macam bidang. Konferensi ini memberikan gambaran bagaimana industri bitcoin dan juga teknologinya dapat berkembang maju kedepannya. Kita melihat bahwa Lightning Network menjadi sorotan utama, dan semakin banyak perusahaan yang mengadopsi Lightning Network, serta membentuk program di jaringan lapisan kedua Bitcoin. Walaupun kenaikan harga adalah hal yang paling dinanti-nanti, akan tetapi pengembangan program, keamanan serta privasi adalah hal utama yang perlu difokuskan agar dapat menarik lebih banyak investor retail dan institutional, serta juga membuat adopsi bitcoin sebagai legal tender menjadi semakin banyak di negara-negara mengikuti El Salvador.

Dea Rezkitha
Author
Dea Rezkitha

Topik

Bagikan

Artikel Terkait