Cara Mendapatkan Airdrop Crypto: Tips dan Proyek Potensial di 2023

Update 21 Mar 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 7 Menit
Gambar Cara Mendapatkan Airdrop Crypto: Tips dan Proyek Potensial di 2023
Reading Time: 7 minutes

Airdrop crypto memberikan kesempatan bagi siapapun untuk mendapatkan token crypto secara cuma-cuma. Tertarik mau mencoba? Jika iya, pantau terus beberapa proyek crypto yang mempunyai kemungkinan membagikan airdrop di tahun ini. Lalu, bagaimana caranya untuk bisa mengikuti airdrop crypto? Pada artikel berikut, kamu bisa mempelajari langkah-langkah untuk mendapatkan airdrop crypto beserta daftar proyek crypto yang kemungkinan akan membagikan airdrop di tahun 2023.

Ringkasan Artikel

  • ūüéĀ¬†Airdrop crypto adalah taktik pemasaran dari tim proyek crypto berupa bagi-bagi aset crypto secara gratis kepada para penggunanya. Akan tetapi, airdrop token juga sering dinanti karena berpotensi memberikan keuntungan besar bagi investor crypto.
  • ‚öĖÔłŹ¬†Beberapa jenis airdrop crypto di antaranya adalah standard airdrop, bounty airdrop, holder airdrop, dan exclusive airdrop.
  • ūüĒ鬆Dalam mencari airdrop crypto, investor bisa memanfaatkan platfrom sosial media, maupun website khusus yang menampilkan agenda crypto airdrop seperti airdrops.io, airdropalert, CoinMarketCap dan DappRadar.
  • ūüö®¬†Airdrop crypto masih tetap miliki risiko, seperti pump and dump, pencurian data dan private key, serta phishing.

Apa itu Airdrop Crypto?

Aidrop crypto adalah taktik pemasaran dari tim proyek crypto berupa bagi-bagi aset crypto secara gratis kepada para penggunanya untuk meningkatkan aktivitas pada platformnya. Akan tetapi, airdrop token sering dinanti oleh komunitas crypto, karena berpotensi memberikan keuntungan besar, terutama untuk proyek-proyek crypto yang dinilai menjanjikan.

Misalnya, airdrop token ApeCoin (APE) sebanyak 150 juta yang dibagikan kepada para pemilik NFT Bored Ape Yacht Clubs (BAYC) pada 18 Maret 2022. Airdrop ini memungkinkan para pemilik BAYC untuk mengklaim token APE hingga mencapai 10.950 token.

Pada hari peluncuran, harga token APE berada di level US$ 8,5 dan pada keesokan harinya sudah berada di level US$ 13. Artinya, penerima airdrop APE yang langsung menjual tokennya dalam kurun waktu 24 jam bisa memperoleh keuntungan berkisar US$ 93.000 ‚Äď US$ 142.000.

Airdrop crypto sendiri bukanlah tren baru, melainkan sudah dilakukan sejak 2014. Proyek crypto pertama yang melakukan airdrop crypto adalah Auroracoin, sebuah proyek yang berusaha menjadikan token AUR sebagai aset crypto nasional Islandia. Setelahnya, beberapa proyek crypto kenamaan lain seperti Stellar Lumens (XLM), Bitcoin Cash (BCH), Uniswap (UNI), dan yang lainnya juga turut melakukan airdrop crypto.

Fun fact, istilah airdrop crypto merujuk pada aktivitas berbagi kebutuhan pokok seperti senjata, bahan pangan, ataupun obat-obatan yang dijatuhkan dari atas langit melalui pesawat yang dikenal dengan nama airdrops.

Untuk mendapatkan airdrop tentu tidak semudah itu. Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan airdrop crypto. Mulai dari melakukan pendaftaran, menyelesaikan beberapa tugas tertentu, atau mempunyai aset crypto tertentu di dalam dompet crypto.

Self custody merupakan salah satu cara memastikan aset crypto yang kamu punya tetap aman. Cari tahu lebih lanjut di artikel berikut.

Jenis-jenis Airdrop Crypto

Jenis-Jenis Airdrop Crypto
Jenis-jenis airdrop crypto. Sumber: WallStreetMojo

Bagi kamu yang ingin mendapatkan airdrop crypto, berikut beberapa jenis airdrop yang bisa kamu pilih:

  • Standard Airdrop. Jenis airdrop di mana peserta cukup memperlihatkan ketertarikannya, misalnya dengan mendaftarkan diri dan mempunyai alamat dompet yang valid. Standard crypto airdrop jadi yang paling populer karena kemudahannya, namun persaingannya juga yang paling ketat.
  • Bounty Airdrop. Pada airdrop jenis ini, peserta harus menyelesaikan tugas terlebih dahulu. Seperti membantu promosi sebuah proyek, mengajak orang lain, maupun menggunakan aplikasi di ekosistem proyek tersebut. Nantinya, setiap tugas akan bernilai sejumlah poin yang berkorelasi dengan sebera besar bounty airdrop yang diterima. Umumnya, ada batasan poin yang harus dipenuhi untuk mendapatkan airdrop.
  • Holder Airdrop. Melalui holder airdrop, peserta diharuskan meng-hold sejumlah aset crypto tertentu untuk mendapatkan airdrop. Kemudian, peserta mengambil snapshot dari dompet crypto mereka pada tanggal atau periode yang telah ditentukan. Nantinya, jumlah aset crypto yang didapat akan ditentutukan oleh berapa banyak jumlah aset crypto yang dipunya.
  • Exclusive Airdrop. Sesuai dengan namanya, exclusive crypto airdrop hanya didapat oleh orang-orang yang sudah terpilih terlebih dahulu. Biasanya, yang dipilih adalah pihak-pihak yang berkontribusi besar terhadap sebuah proyek, atau yang ada sedari awal proyek dikembangkan, maupun aktivitas lain yang berkaitan dengan pengembangan proyek tersebut.

Langkah Mendapatkan Airdrop Crypto

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, siapapun bisa mendapatkan airdrop crypto. Namun, terdapat beberapa hal yang harus kamu miliki dan lakukan terlebih dahulu agar memenuhi syarat menjadi penerima crypto airdrop.

Pertama, mempunyai dompet crypto. Ini merupakan elemen paling penting karena crypto yang didapat melalui airdrop akan dikirimkan ke alamat dompet crypto. Kamu bisa menggunakan dompet crypto populer dan yang terbukti keamanannya seperti MetaMask, Oasis atau TrustWallet.

Kedua, menyimpan sejumlah token crypto tertentu. Dengan mempunyai crypto tertentu di dompetmu, ini akan membuatmu bisa berpartisipasi di holder airdrop. Beberapa token utama seperti BTC atau ETH merupakan token yang sebaiknya kamu simpan di dompet crypto-mu.

Ketiga, mencari program airdrop crypto. Terdapat beragam sumber yang bisa kamu gunakan untuk mencari airdrop crypto. Platform sosial media seperti Twitter dan forum komunitas Discord berisikan beragam informasi maupun diskusi terkait airdrop crypto. Selain itu, terdapat juga beragam website khusus yang berisikan kalendar airdrop crypto. Di website CoinMarketCap, airdrops.io, airdropalert, dan DappRadar, kamu bisa mendapatkan jadwal airdrop crypto yang berlangsung maupun yang akan datang.

Keempat, pelajari proyek crypto yang membagikan airdrop. Setelah menemukan kampanye airdrop crypto, pastikan untuk melakukan riset yang mendalam. Cari tahu soal proyeknya, teknologi yang ditawarkan, hingga orang-orang di baliknya. Pasalnya, tak sedikit program airdrop yang berujung penipuan.

Kelima, ikuti aturan airdrop crypto. Jika hasil risetnya sudah oke dan tidak ada yang mencurigakan, pastikan kamu untuk mengikuti seluruh ketentuan yang diberikan. Seperti melakukan pendaftaran, mempunyai crypto tertentu di dompet, serta menyelesaikan tugas-tugas yang berkaitan dengan program airdrop crypto tersebut.

Selain lewat airdrop crypto, kamu juga bisa mendapatkan tambahan keuntungan lewat staking. Pelajari caranya lewat artikel berikut.

Risiko Airdrop Crypto

Dengan tawaran yang menggiurkan dan tingginya animo terhadap airdrop crypto, ini membuat beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab berusaha mengeksploitasinya. Penipuan yang sering terjadi adalah crypto airdrop yang semata bertujuan pump and dump. Selain itu, penipuan lainnya adalah pencurian data maupun private key.

Biasanya, para penipu akan mengarahkan para investor untuk menghubungkan dompet mereka agar bisa mendapatkan crypto airdrop. Padahal, halaman yang dituju sebenarnya adalah website phishing. Nantinya, pada halaman tersebut, penipu akan meminta calon korban untuk memasukkan data-data penting maupun private key. Jika sampai diberikan, para penipu akan mendapatkan akses ke wallet crypto korban dan menggunakannya sesuai mau mereka.

Perlu diingat, dalam pengiriman airdrop crypto, yang akan diminta adalah public key, bukan private key. Oleh karena itu, jangan sekali-sekali untuk memberikan private key atau menghubungkan dompet ke website yang tidak dapat dipercaya. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan riset terhadap setiap proyek dan orang-orang di baliknya.

Daftar Rencana Airdrop Crypto di 2023

Belum lama ini, airdrop token BLUR dan Arbitrum menjadi agenda airdrop yang ramai diperbincangkan kalangan komunitas crypto. Lalu, kira-kira token apa lagi yang paling diantisipasi kehadiran airdrop-nya pada sisa tahun 2023 ini? Berikut ini adalah beberapa proyek yang mungkin membagikan airdrop:

Namun, perlu diingat bahwa tidak ada jaminan bahwa proyek di bawah ini akan benar-benar membagikan airdrop di tahun ini. Daftar berikut hanya spekulasi berdasarkan perkembangan proyeknya yang memungkinkan adanya peluang peluncuran token.

1. Sei Network

Sei Network menjadi salah satu proyek crypto yang ditunggu-tunggu airdropnya.

Sei Network adalah blockchain layer-1 yang dibangun dengan Cosmos SDK dan didesain menjadi chain tujuan untuk transaksi DEX, NFT, dan GameFi. Baru-baru ini, mereka telah meluncurkan versi final testnet sebelum peluncuran mainnet Sei Network. Tak hanya itu, tim pengembang Sei Network juga mengumumkan bahwa ada alokasi 1% dari total pasokan yang akan dibagikan sebagai imbalan kepada para peserta testnet dan early adopters.

Peserta bisa mendapatkan poin dengan menyelesaikan Act 4 Daily Missions di testnet Seinami. Program ini masih berlangsung dan bertujuan untuk menguji stress-test jaringan Sei Network. Kamu bisa mengikuti program ini untuk memperbesar peluang mendapatkan airdrop. Setelah periode tesnet berakhir, jumlah poin para peserta akan dihitung dan kemudian imbalan token akan dibagikan sesuai dengan jumlah poin yang diperoleh.

2. zKsync

zkSync menjadi salah satu proyek crypto yang ditunggu-tunggu airdropnya.

zkSync merupakan solusi dari permasalahan skalabilitas Ethereum yang menghadirkan teknologi bernama Zero Knowledge Proofs untuk memungkinkan eksekusi transaksi di blockchain Ethereum. Sejauh ini, mereka telah berhasil mendapatkan pendanaan hinga US$ 458 juta. zkSync saat ini memang belum mengumumkan kapan pihaknya akan membagikan airdrop. Namun, dalam dokumen resminya, mereka telah memberikan sinyal bahwa nantinya akan menerbitkan token native untuk zkSync.

Di satu sisi, zkSync terus mengalami perkembangan dan beragam ekosistem yang ada di dalamnya juga semakin matang. Apalagi, teknologi zero knowledge pada tahun ini juga terus dikembangkan dan semakin populer di industri crypto. Alhasil, dengan seluruh perkembangan ekosistem tersebut, mau tidak mau akan diperlukan adanya native token untuk mendukung sistem keuangan dan teknologi yang ada di dalamnya. Sehingga banyak pihak yang memperkirakan zKsnyc akan segera meluncurkan tokennya.

3. LayerZero

LayerZero menjadi salah satu proyek crypto yang ditunggu-tunggu airdropnya.

LayerZero adalah protokol omnichain interoperabilitas yang didesain untuk memudahkan beragam blockchain untuk bisa terhubung satu sama lain. Belum lama ini, LayerZero Labs berhasil meraih pendanaan lebih dari US$ 170 juta. Dari segi ekosistem, LayerZero sudah mulai berkembang dan Mainnet-nya sudah beroperasi. Hal ini membuat orang-orang mulai berspekulasi bahwa LayerZero akan segera meluncurkan tokennya.

Oleh karena itu, walau belum ada konfirmasi dari pihak LayerZero Labs, banyak investor yang mulai melakukan transaksi di on-chain Stargate Finance, berinteraksi dengan aplikasi yang di LayerZero, hingga menggunakan LiquidSwap Bridge untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan airdrop dari LayerZero ketika token diluncurkan.

Pada artikel berikut, kamu juga bisa mempelajari beragam jenis layer-layer blockchain lainnya.

Kesimpulan

Berburu airdrop crypto bisa menjadi alternatif yang menarik bagi kamu yang ingin mencari peluang keuntungan tambahan. Hanya saja, berburu airdrop tidak semudah membalikan telapak tangan. Beberapa airdrop crypto mengharuskan kamu untuk menyelesaikan beberapa tugas serta bisa saja memerlukan modal untuk menjalankannya.

Di satu sisi, risiko akan penipuan phishing maupun upaya pump and dump juga membayangi crypto airdrop. Oleh karena itu, tetap diperlukan riset yang mendalam dan kehati-hatian untuk memastikan proses berburu airdrop crypto bisa menghasilkan keuntungan sesuai harapan.

Beli Aset Crypto di Pintu

Tertarik berinvestasi pada aset crypto? Tenang saja, kamu bisa membeli berbagai aset crypto seperti BTC, ETH, SOL, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu juga kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

Joel Agbo, Top 11 Upcoming Crypto Airdrops to Look Out for in 2023, Coin Gecko, diakses pada 20 Maret 2023.

Jake Frankenfield, Cryptocurrency Airdrop: What Is It and How Does It Work, Investopedia, diakses pada 20 Maret 2023.

Christiaan Vos, What is a crypto airdrop, and how does it work? Coin Telegraph, diakses pada 20 Maret 2023.

DappRadar, What are Crypto Airdrops & How to Get Them, accessed on 20 March 2023.

BitKeep Academy, Interested in Qualifying for the zkSync Airdrop? Here’s how, BitKeep, diakses pada 20 Maret 2023.

Sei Network, All Seinami Testnet Missions, diakses pada 20 Maret 2023.

Penulis:Hikma Dirgantara

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan

Artikel Terkait