Apa itu STEPN (GMT)?

June 9, 2022
Combined Shape 2
9 Menit
Bagikan
Gambar Apa itu STEPN (GMT)?
Reading Time: 9 minutes

Beberapa tahun terakhir industri kripto bisa melahirkan berbagai teknologi dan aplikasi yang melakukan inovasi terhadap sistem finansial konvensional. Konsep seperti peminjaman terdesentralisasi, play-to-earn, dan yield farming menjadi beberapa keunggulan industri kripto yang terbukti bisa menarik banyak pengguna. Axie Infinity merupakan game pertama yang membawa konsep play-to-earn di mana pemainnya dapat mendapatkan aset kripto hanya dengan bermain game. Beberapa pengembang lain mencoba berinovasi dari ide awal Axie Infinity untuk memonetisasi aktivitas yang biasa dilakukan banyak orang. Salah satunya adalah STEPN. Lalu, Apa itu STEPN? Apa itu coin GMT? Mengapa banyak orang tertarik menggunakannya? Artikel ini akan menjelaskan tentang STEPN.

Ringkasan Artikel

  • ūüŹÉ‚Äć‚ôÄÔłŹ STEPN adalah sebuah game NFT seluler yang memanfaatkan konsep move-to-earn (M2E) di mana pengguna bisa bergerak, berlari, dan berjalan untuk mendapatkan aset kripto. Ia adalah platform aplikasi gaya hidup Web3 dengan elemen Game-Fi dan Social-Fi. Platform STEPN dibangun di atas jaringan blockchain Solana.
  • ūüĎü Semua pengguna yang ingin menggunakan STEPN harus membeli sebuah sepatu NFT khusus. Sepatu ini dibeli menggunakan SOL. Setelah mempunyai sepatu NFT, pemain bisa langsung bermain STEPN untuk menghasilkan token GST. Pada awalnya, semua pemain dibatasi dengan maksimal 5 GST/hari dan 2 energi/hari.
  • ūü™ô STEPN memiliki dua aset kripto yaitu Green Metaverse Token (GMT) dan Green Satoshi Token (GST). Kedua aset kripto ini memiliki peran penting bagi pengguna. GST merupakan token yang akan didapatkan dari awal permainan sementara GMT baru bisa didapatkan secara gratis setelah pemain mencapai level 30. Selain itu, GMT merupakan governance token yang jumlahnya dibatasi sebanyak 6 miliar GMT saja.
  • ūüďČ Sejak Mei 2022, token GMT sedang mengalami tren penurunan yang cukup drastis. Ini disebabkan oleh pasar kripto dan kondisi ekonomi dunia yang sedang buruk di mana banyak investor berusaha mengurangi resiko kerugian. Namun, apabila kamu percaya pada masa depan STEPN, GMT bisa menjadi pilihan investasi yang menarik.

Apa Itu STEPN?

STEPN adalah sebuah game NFT seluler yang memanfaatkan konsep move-to-earn (M2E) di mana pengguna bisa bergerak, berlari, dan berjalan untuk mendapatkan aset kripto. Situs STEPN mendeskripsikan platform ini sebagai aplikasi gaya hidup Web3 dengan elemen Game-Fi dan Social-Fi. Platform STEPN dibangun di atas jaringan blockchain Solana yang mempunyai aset kripto SOL. Namun, STEPN memiliki token aset kriptonya tersendiri yang dibagi menjadi dua yaitu Green Metaverse Token (GMT) dan Green Satoshi Token (GST). Kedua token tersebut menjadi fondasi dari ekosistem STEPN dan digunakan untuk memberikan insentif kepada pengguna.

STEPN berhasil mencuri perhatian komunitas kripto dan menarik jutaan pengguna ke dalam platformnya. Dalam salah satu tulisannya, STEPN mengatakan bahwa ia memiliki 2,3 juta pengguna aktif bulanan dan sekitar 500 ribu pengguna harian. Angka ini sangat mengagumkan mengingat STEPN sendiri baru memasuki tahap public beta pada Desember 2021. Jadi, STEPN dapat menarik 2 juta pengguna hanya dalam kurun waktu 5 bulan.

Menurut Coin Market Cap, STEPN merupakan aset kripto peringkat 62 di dunia dengan kapitalisasi pasar senilai $827 juta dolar AS. GMT memiliki jumlah suplai maksimum sebanyak 6 miliar GMT yang semuanya sudah beredar di pasar. Sementara itu, GST tidak memiliki batas suplai maksimum.

Siapa Pencipta STEPN?

Gagasan tentang STEPN dan move-to-earn dimulai dari Agustus 2021 oleh sebuah perusahaan dari Australia bernama Find Satoshi Lab. STEPN berhasil memenangkan Solana Ignition Hackathon pada 21 Oktober 2021 dalam kategori gaming. Ia adalah satu-satunya game mobil yang berhasil menang pada acara tersebut. Saat ini, STEPN dipimpin oleh dipimpin oleh Jerry Huang, Yawn Rong, Jessica Duan, dan Ryan Turner.

Pada akhir Januari 2022, STEPN mengumumkan bahwa ia berhasil mengumpulkan dana sebesar $5 juta dolar AS dari beberapa investor yang dipimpin oleh Sequoia Capital dan Folius Ventures.

Cara Kerja STEPN

STEPN memanfaatkan teknologi blockchain Solana yang dapat memproses transaksi secara cepat dan murah. Solana menjadi teknologi fondasi STEPN dan blockchain yang menghubungkannya ke dunia kripto. Namun, STEPN pada dasarnya adalah aplikasi olahraga dan kesehatan seperti pada umumnya yang menggunakan teknologi GPS untuk mendeteksi pergerakanmu. Hal yang membuatnya spesial adalah kamu bisa mendapatkan aset kripto selagi kamu menggunakan STEPN untuk berolahraga.

Setiap pengguna yang ingin menggunakan STEPN untuk menghasilkan aset kripto perlu memiliki sepatu NFT terlebih dahulu. Kamu memerlukan aset kripto SOL untuk membeli sepatu NFT di aplikasi STEPN. Setelah memiliki sepatu NFT, pengguna bisa mulai berlari, berjalan, dan bergerak untuk mendapatkan aset kripto GST dan GMT (pada level tertentu). STEPN mencegah penggunanya bermain curang dengan menggunakan teknologi seperti Giroskop dan GPS untuk memastikan pengguna tidak memakai kendaraan.

Mode Permainan dan Energi

STEPN mengatur dan membatasi jumlah aset kripto yang bisa kamu dapatkan dalam sehari melalui berbagai aspek permainan seperti energi (dibutuhkan untuk mendapatkan token) dan atribut sepatu (mempengaruhi jumlah token yang bisa kamu dapatkan). Semua pengguna akan memulai STEPN dengan batas 2 energi/hari dan 5 GST/hari.

Kedua batas ini bisa dinaikkan dengan meningkatkan level sepatu dan memiliki lebih banyak sepatu. Selain itu, semakin bagus tingkat kualitas sepatu-mu, semakin tinggi juga energi yang kamu miliki. Energi setiap pengguna akan otomatis terisi ulang 25% setiap 6 jam hingga mencapai batasnya.

Selain itu, saat ini STEPN hanya memiliki satu mode bermain yaitu solo mode. Namun, STEPN juga sedang mengembangkan beberapa mode baru seperti Maraton dan background.

Atribut Sepatu NFT di STEPN

Atribut sepatu NFT STEPN yang digunakan pada aplikasi.
Beberapa aspek atribut dari sebuah sepatu di STEPN.

Setiap sepatu di STEPN memiliki atribut berbeda yang bisa memberikanmu berbagai macam keuntungan. Beberapa atribut penting dari sebuah sepatu NFT:

  • Efisiensi (Penghasilan GST): Dalam Mode Solo, efisiensi berperan dalam tingkat pendapatan GST. Atribut Efisiensi yang tinggi akan menghasilkan pendapatan GST yang lebih baik per Energi yang dihabiskan.
  • Keberuntungan (Kotak Misteri): Keberuntungan menentukan frekuensi dan kualitas kotak misteri yang akan didapatkan
  • Kenyamanan (Penghasilan GMT): Nilai Kenyamanan telah dikerjakan ulang dan saat ini sedang dikembangkan.
  • Ketangguhan (Daya Tahan/Perbaikan): Dalam Mode Solo, ketangguhan setiap sepatu mempengaruhi tingkat daya tahan sepatu tersebut sampai ia membutuhkan perbaikan. Ketahanan yang lebih tinggi akan menghasilkan peluruhan Daya Tahan yang lebih lambat.
STEPN memiliki 4 jenis sepatu NFT dengan kapabilitas yang berbeda. Pengguna bisa menggunakan koin GMT dan GST untuk meningkatkan kemampuan setiap sepatu.
4 tipe sepatu di STEPN dengan karakteristiknya masing-masing.

Selain itu terdapat atribut lain seperti kualitas sepatu dan juga jenis sepatu. Kualitas sepatu dibagi menjadi common, uncommon, rare, epic, dan legendary. Semakin tinggi kualitasnya, akan semakin tinggi pula atribut dan bonus energi yang bisa kamu dapatkan. STEPN juga sepatu menjadi beberapa jenis berdasarkan tipe penggunanya. Seperti gambar di atas, terdapat 4 jenis sepatu yang menentukan kecepatan lari optimal dan GST yang bisa kamu dapatkan per 1 energi yang habis. Setiap kali kamu menggunakan sebuah sepatu, daya tahannya akan berkurang dan kamu akan mendapatkan GST lebih lambat. Setiap sepatu dapat diperbaiki menggunakan token GST.

Ekosistem STEPN didesain menggunakan dua token yaitu token Green Satoshi (GST) yang berperan sebagai token utilitas dengan persediaan tidak terbatas, dan Green Metaverse Token (GMT) yang berfungsi sebagai token governance.

Ekonomi Token/Tokenomics GMT dan GST

STEPN memusatkan desain ekosistemnya pada kedua aset kriptonya yaitu GMT dan GST. Aset kripto yang bisa kamu dapatkan dari awal menggunakan STEPN adalah GST. GST adalah token utilitas yang memiliki banyak peran dalam aplikasi STEPN. Sementara itu, GMT adalah token governance yang memiliki fungsi terbatas di aplikasi STEPN dan dianggap sebagai token yang lebih berharga daripada GST. Hal ini dapat dilihat dari GST yang tidak memiliki jumlah suplai maksimum sementara coin GMT dibatasi hanya 6 miliar.

STEPN sengaja membuat peran kedua token tersebut berbeda untuk membantu stabilitas harga keduanya. Hal ini dilakukan dengan menciptakan permintaan melalui berbagai skema permainan yang membutuhkan token GMT dan GST. Selain itu, STEPN juga memasukkan mekanisme pembakaran kedua token tersebut lewat beberapa mekanik seperti saat meningkatkan level sepatu.

Pembakaran token GST terjadi saat pemain menghabiskan GST dalam beberapa hal berikut:

  • Melakukan minting sepatu
  • Perbaikan sepatu
  • Menaikkan level sepatu
  • Meningkatkan gem
  • Membuka socket

Sementara itu, token GMT dibutuhkan dan akan dibakar dalam berbagai aktivitas berikut:

  • Menuju level 5/10/20/29/30
  • Meningkatkan gem Level 4+
  • Melakukan minting sepatu untuk semua kualitas
  • Mendistribusikan kembali poin atribut dari sepatu

Selain itu, coin GMT juga bisa digunakan untuk meningkatkan beberapa aspek permainan secara permanen. Pemain membutuhkan GMT yang cukup banyak untuk meningkatkan beberapa hal berikut:

  • Meningkatkan batas penghasilan harian GST secara permanen
  • Secara permanen meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan sepatu berkualitas lebih tinggi saat membuka kotak sepatu
  • Secara permanen meningkatkan kesempatan untuk menerima dua sepatu dari proses minting sepatu

Semua mekanisme di atas STEPN lakukan demi mencapai keseimbangan dan stabilitas bagi token GST dan GMT yang menjadi pilar ekosistem STEPN. Tim STEPN juga menjelaskan kalau mereka bisa saja mengubah berbagai aspek terkait token GMT dan GST dalam kasus kedua token ini mengalami fluktuasi ekstrim.

Kamu bisa membaca lengkap semua mekanisme STEPN di White Paper STEPN yang dapat diakses bebas.

Apa yang Membuat STEPN Unik?

  • ‚öõÔłŹ Inovatif: STEPN mengenalkan konsep move-to-earn di mana kamu bisa menghasilkan aset kripto sambil bergerak dan berolahraga.
  • ūüĖľÔłŹ Tampilan menarik: Aplikasi STEPN memiliki desain antarmuka/UI yang menarik, mudah digunakan, dan familiar bagi orang yang belum pernah menggunakan aplikasi kripto
  • ūüíł Monetisasi hobi: STEPN memberikan kesempatan bagi pengguna yang hobi berolahraga untuk menghasilkan uang dari aktivitas yang biasa mereka lakukan. Ia memberikan insentif tambahan kepada pemainnya untuk terus melakukan gaya hidup yang sehat.
  • ūüē∂ÔłŹ NFT dengan kegunaan jelas: Setiap pengguna STEPN perlu memiliki minimal satu sepatu untuk menghasilkan aset kripto. Semua sepatu virtual di STEPN berbentuk NFT yang bisa kamu perjualbelikan di berbagai marketplace. Maka dari itu, semua sepatu NFT di STEPN memiliki nilai jelas berdasarkan atribut dan levelnya.
  • ūüćÄ Negatif karbon: STEPN secara aktif berusaha mengurangi dampak negatif dari aplikasinya. Ia melakukan ini melalui dana yang khusus disisihkan untuk membantu upaya pelestarian lingkungan. Selain itu, STEPN juga menggunakan jaringan Solana yang terkenal karena ia merupakan blockchain yang ramah lingkungan.

Apa yang Bisa Kamu Lakukan di Stepn?

Membeli NFT dan Menggunakan Aplikasi STEPN

STEPN memiliki berbagai mekanisme di dalam aplikasinya yang memanfaatkan GMT dan GST. Kedua coin ini memiliki peran penting dalam ekosistem aplikasi STEPN.
STEPN memiliki sistem pembatasan energi dan penghasilan. Sumber: situs STEPN

Hal utama yang mendorong banyak orang menggunakan STEPN adalah insentif mendapatkan aset kripto dari hobi mereka. STEPN berhasil menarik banyak pengguna yang hobi berolahraga. Namun, saat ini kamu memerlukan kode invitasi untuk bisa menggunakan aplikasi STEPN. Kamu bisa mendapatkan kode ini dari pengguna STEPN lainnya atau mengantri di Discord dan Telegram resmi STEPN. Jika kamu ingin mulai menggunakan aplikasi STEPN, kamu juga perlu mengenal dunia kripto dan beberapa aspeknya seperti cara menggunakan Metamask untuk memindahkan aset kripto.

Kamu memerlukan SOL untuk membeli NFT STEPN. Harga floor untuk sepatu STEPN saat ini adalah 6 SOL di pasar digital Magic Eden, setara dengan 3,4 juta rupiah (2 Juni 2022). Kamu bisa membandingkan harga sepatu STEPN pada beberapa marketplace berbeda untuk mencari sepatu dengan nilai terbaik. Selain itu, kamu perlu memerhatikan atribut setiap sepatu seperti yang sudah dijelaskan di bagian sebelumnya. Sepatu menentukan penghasilan yang bisa kamu dapatkan dari STEPN.

Jika kamu sudah mengunduh STEPN dan mempunyai sepatu, kamu bisa mulai menggunakan STEPN. Mode yang sudah bisa dimulai adalah solo. Supaya kamu bisa memaksimalkan penghasilanmu, mulai lah bergerak sesuai dengan kecepatan sesuai dengan tipe sepatu-mu. Pada level 30, kamu bisa memilih untuk menghasilkan GST atau GMT.

ūüí° Contoh:

Kamu memiliki sepatu jogger dengan kecepatan ideal 4-10 KM/jam. Sepatu ini dapat menghasilkan 5 GST dalam 1 energi. Apabila kamu baru memulai, kamu memiliki 2 energi dan penghasilan maksimal 5 GST/hari. Batas penghasilan akan otomatis meningkat sesuai dengan level dari sepatu yang kamu miliki dengan maksimal 300 GST/hari.

STEPN juga menjanjikan tentang adanya sistem penyewaan sepatu. Pengguna dapat menyewa dan menyewakan sepatu yang mereka miliki dengan persentase yang akan dibagi sesuai perjanjian. Skema penyewaan ini berencana diluncurkan pada Q4 2022. Ia dapat menarik banyak pengguna yang ingin mencoba STEPN namun menganggap harga sepatunya terlalu mahal. Ia juga berpotensi mencegah terciptanya monopoli seperti yang terjadi pada mekanisme scholarship Axie Infinity.

STEPN menyediakan instruksi lengkap tentang cara bermain.

Investasi Pada Coin GMT

Grafik harga coin GMT sejak awal 2022 menunjukkan adanya tren penurunan.
Grafik coin GMT dalam setahun terakhir.

Coin GMT adalah aset kripto bawaa STEPN yang memiliki fungsi utama sebagai token governance. Hal ini membuat GMT lebih cocok dipilih sebagai investasi daripada GST karena ia memiliki jumlah suplai maksimum dan tidak memiliki tekanan penjualan sebesar GST. Namun, GMT sedang mengalami penurunan drastis sejak awal Mei. Harga coin GMT pada 2 Juni adalah $0,9 dolar AS, naik sedikit dari angka terendah $0,86.

Penurunan ini mengikuti sentimen pasar kripto yang sedang negatif dan berada dalam bear market. Selain itu, kejadian terhadap Terra juga masih mempengaruhi pasar aset kripto. Pernyataan resmi STEPN yang melarang pengguna dari China juga ikut mendorong penurunan harga GMT.

Salah satu kekhawatiran tentang STEPN adalah keberlanjutan kedua tokennya sebagai aset investasi dan pemberi keuntungan bagi pengguna. Axie Infinity memberikan pelajaran bahwa model play-to-earn sangat sulit dipertahankan dalam jangka panjang. Hal ini disebabkan oleh model insentifnya yang terus menerus membutuhkan aliran pengguna baru. Tanpa adanya pengguna baru, token AXS akan terus kehilangan nilainya.

Cara STEPN menjaga stabilitas harga tokennya:

STEPN berusaha menjaga stabilitas harga GST dan GMT melalui berbagai mekanisme permainan yang menciptakan permintaan terhadap kedua token tersebut. Selain itu, skema pembakaran permanen GST dan GMT juga diterapkan untuk melawan inflasi token.

Kita belum mengetahui apakah STEPN bisa menghindari hal ini atau tidak. Token GMT dan GST memiliki mekanisme pembakaran token permanen yang diikat ke dalam mekanisme permainannya. Secara teori, ini akan membantu stabilitas harga kedua aset tersebut. Namun, seperti yang sedang terjadi, dalam bear market kebanyakan investor dan pengguna STEPN akan terdorong untuk langsung menjual aset yang mereka miliki. Kamu perlu mengerti resiko ini ketika memutuskan untuk membeli coin GMT atau pun menggunakan STEPN.

Roadmap STEPN:

Roadmap aplikasi STEPN dalam satu tahun ke depan.
Roadmap STEPN sampai akhir 2022.

STEPN memiliki roadmap khusus sampai akhir 2022 yang memetakan beberapa pembaruan penting bagi aplikasinya seperti mode maraton dan sistem penyewaan.

Cara Membeli Coin GMT

Saat ini, token STEPN (GMT) sudah bisa kamu beli di aplikasi Pintu. Melalui Pintu, kamu bisa investasi pada coin GMT dengan aman dan mudah.

Selain itu, aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup
Ari Budi Santosa
Author
Ari Budi Santosa

Topik

Bagikan

Artikel Terkait