Pintu Blog
/
Berita
/
10 Fakta Unik di Balik CryptoPunks, NFT yang Tengah Populer di Dunia Crypto

10 Fakta Unik di Balik CryptoPunks, NFT yang Tengah Populer di Dunia Crypto

September 8, 2021
Combined Shape 2
3 Menit
Bagikan
Gambar 10 Fakta Unik di Balik CryptoPunks, NFT yang Tengah Populer di Dunia Crypto
Reading Time: 3 minutes

Di tahun 2021 ini, karya NFT semakin populer di kalangan para kolektor dan pegiat crypto. Salah satu NFT yang banyak dicari-cari masyarakat adalah CryptoPunks. Beberapa CryptoPunks yang beredar di pasaran bahkan masuk ke dalam daftar 20 NFT termahal di dunia dan terjual dengan nilai miliaran rupiah. Apa itu CryptoPunks NFT? Siapa yang ada di baliknya dan mengapa NFT crypto ini terkenal? Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu CryptoPunks NFT?

apa itu cryptopunks nft
(sumber: hollywoodreporter.com)

CryptoPunks NFT adalah proyek seni yang dipelopori dan dikembangkan oleh Larva Labs. Dalam proyek tersebut, pengembang perangkat lunak ini menciptakan 10.000 karakter unik berukuran 24×24 piksel. Setiap karakter dapat dikoleksi dengan bukti kepemilikan yang tersimpan di blockchain Ethereum.

Noah Davis, spesialis Post-War dan Contemporary Art di Christie’s menyebut CryptoPunks NFT sebagai pelopor dari gerakan CryptoArt modern. Pada tanggal 11 Mei lalu, sembilan CryptoPunks NFT senilai 5.184 piksel dilelang di Christie’s 21st Century Evening Sale yang berlangsung di New York.

10 Fakta Unik di Balik CryptoPunks

Meskipun karya ini sudah dikenal luas oleh kolektor-kolektor NFT, masih banyak fakta-fakta unik di balik CryptoPunks yang belum diketahui banyak orang. Dilansir dari Christie’s, berikut 10 fakta unik di balik CryptoPunks NFT.

CryptoPunks Berawal dari Percobaan

Mat Hall dan John Watkinson, pendiri Larva Labs, mulanya ingin mengembangkan aplikasi atau game untuk smartphone. Namun mereka justru menciptakan program perangkat lunak yang menghasilkan ribuan karakter berbeda yang tampak aneh. Penemuan mereka menjadi dasar perkembangan pasar seni digital hari ini.

Terinspirasi dari London Punk

Ketika mendesain CryptoPunks, Hall dan Watkinson ingin menggambarkan awal pergerakan blockchain yang masih belum stabil. Situasi London Punk di tahun 1970-an dinilai mampu merepresentasikan hal tersebut.

Untuk melengkapi penampilan punk dalam setiap karakternya, mereka juga menambahkan sedikit sentuhan dystopian dari cyberpunk yang ditampilkan dalam film Blade Runner dan novel Neuromancer karangan William Gibson.

Pertama Kali Diluncurkan pada Tahun 2017

pelelangan cryptopunks nft di christie's
(sumber: mikegoldwater.com)

Larva Labs pertama kali meluncurkan 10.000 karakter CryptoPunks pada tanggal 23 Juni 2017. Koleksi tersebut terdiri dari 6.039 karakter laki-laki dan 3.840 perempuan. Setiap karakternya memiliki ciri khas tersendiri dan dilengkapi atribut yang berbeda satu sama lain.

Tidak Ada Kendali atas Kode CryptoPunks

Kode CryptoPunks hidup dalam blockchain Ethereum, artinya kode tersebut tertanam secara permanen dan tidak dapat lagi dimodifikasi oleh siapa pun. Sehingga pengembangnya tak lagi memiliki kendali atas kode untuk menjalankannya, dan kode CryptoPunks dapat digunakan oleh siapa saja untuk membeli dan menjual Punks dengan siapa pun di dunia.

Hal ini dinilai baik karena menjamin bahwa pengembang pun tidak dapat mencuri kepemilikan CryptoPunks dari pemiliknya.

CryptoPunks Dapat Dilihat dan Disimpan Semua Orang

Larva Labs mengungkapkan bahwa CryptoPunks adalah karya seni generatif individu yang dilengkapi dengan mekanisme mandiri untuk merekam dan mentransaksikan kepemilikannya.

Namun, siapa pun bisa melihat dan menyimpan salinan gambar CryptoPunks ke dalam memory stick atau hard drive mereka.

CryptoPunks NFT Hanya Dapat Dimiliki Satu Orang

Meski dapat dilihat semua orang, CryptoPunks resmi hanya dapat dimiliki oleh satu orang. Kepemilikan resminya dicatat dalam kode kontrak yang dapat diakses melalui blockchain Ethereum. Setiap karakter memiliki halaman masing-masing yang merinci fitur dan riwayat transaksi secara lengkap.

Terdapat Beberapa CryptoPunks yang Dinilai Lebih Langka

Meski setiap karakternya unik, Hall dan Watkinson juga mendesain karakter yang dianggap lebih langka dan memiliki wujud bukan manusia. Sejauh ini, telah terdapat 88 Zombie Punks, 24 Ape Punks dan 9 Alien Punks.

Menginspirasi Berbagai Kalangan

Hall dan Watkinson senang bahwa CryptoPunks dapat dinikmati melalui persepsi yang fleksibel. Beberapa kolektor menganggapnya sebagai versi kartu trading, sedangkan beberapa penikmat seni melihatnya sebagai bentuk seni generatif yang baru dan unik.

Set CryptoPunks Spesial milik Hall dan Watkinson

Dari 10.000 karakter CryptoPunks yang diciptakan, Hall dan Watkinson menyisihkan sekitar 1.000 karakter untuk koleksi mereka sendiri.

Pasar CryptoPunks Semakin Berkembang

cryptopunks nft termahal di dunia
(sumber:cryptowisser.com)

Meski pernah ditawarkan secara gratis, kini CryptoPunks dihargai hingga ribuan dolar. Lyllah Ledesma dari Coindesk melaporkan bahwa volume penjualan NFT CryptoPunk terus melonjak dan berhasil mencapai $86 juta per 24 Agustus 2021 lalu.

Berdasarkan data dari situs CryptoSlam, penjualan di bulan Agustus 2021 mencatat rekor baru di angka $332 juta dengan rata-rata untuk penjualan setiap CryptoPunks mencapai $199.069. Jumlah tersebut enam kali lipat lebih besar dari rata-rata penjualan di bulan April 2021 yakni sebesar $30.412,40.

Nah, itu dia 10 fakta unik di balik CryptoPunks NFT yang sedang digemari masyarakat. Selain NFT, aset crypto seperti Bitcoin dan ETH juga tengah menarik minat masyarakat Indonesia. Per Mei 2021 lalu, jumlah investor crypto pun telah mencapai 6,5 juta orang, lebih tinggi dibandingkan investor pasar modal. Untuk kamu yang tertarik melakukan jual beli Bitcoin dan aset crypto lainnya, download Pintu sekarang! Investasi dan trading crypto bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Christie’s. 10 Things to Know About CryptoPunks, the Original NFTs. Diakses tanggal: 6-09-2021.

Coindesk. CryptoPunk NFTs Break Sales Record as Visa Sparks Buying Frenzy. Diakses tanggal: 6-09-2021.

Larva Labs. CryptoPunks. Diakses tanggal: 6-09-2021.

Author
Cornelia Lyman
Topics
Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.