Apa itu NFT Grinder, Besar Penghasilan dan Contohnya?

Updated
June 22, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu NFT Grinder, Besar Penghasilan dan Contohnya?
Reading Time: 4 minutes

NFT grinder adalah salah satu aktivitas yang tidak asing lagi di dunia NFT. Apa itu NFT grinder, bagaimana cara kerja NFT grinder dan mengapa banyak orang yang melakukan aktivitas ini? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Apa itu NFT Grinder?

contoh nft grinder

Untuk memahami apa itu NFT grinder, kamu harus terlebih memahami arti kata “grinding” terlebih dahulu. Istilah grinding mengacu pada aktivitas bermain dan menyelesaikan misi dalam game. Tujuan misi ini bisa bermacam-macam tergantung dari jenis game-nya, misalnya membuka kunci item tertentu, mengembangkan pengalaman dan mengasah skill.

Dalam hal ini, NFT grinder adalah orang-orang yang disewa secara online dan diberi akses oleh pemilik akun untuk login ke akun mereka untuk mengembangkan NFT dengan cara mempromosikan NFT tersebut ke berbagai komunitas serta mengundang lebih banyak orang untuk bergabung dengan komunitas atau mengumpulkan berbagai hadiah berupa item spesial dalam permainan NFT.

Contoh NFT Grinder

Axie Infinity sendiri merupakan salah satu game NFT yang memberikan fasilitas melalui fitur Scholarship. Fitur ini memungkinkan para manajer, yakni pemain yang memiliki lebih dari satu monster Axie, untuk meminjamkan monster Axie mereka kepada pemain lain yang berada di bawahnya. Nah, pemain yang mendapat pinjaman monster Axie dari manajer inilah yang disebut NFT grinder dalam permainan Axie Infinity.

Fitur ini diciptakan untuk membantu para pemain pemula agar dapat memainkan game secara gratis. Pasalnya, saat ini harga satu monster Axie di marketplace sudah menembus 0,1 ETH atau sekitar Rp4,1 juta. Sementara untuk bermain kamu membutuhkan 3 monster Axie yang berarti untuk dapat memainkan Axie Infinity kamu harus mengeluarkan uang minimal Rp12,3 juta.

Baca juga: Belajar NFT untuk Pemula dan Profesional Secara Gratis

Kelebihan NFT Grinder

NFT grinder bisa dikatakan merupakan win-win solution bagi investor atau manajer maupun bagi grinder itu sendiri. Pembahasan mengenai kelebihan sistem NFT Grinder bisa kamu cek di bawah ini.

Kelebihan NFT Grinder bagi Investor

Berikut ini adalah beberapa manfaat NFT grinder yang menguntungkan bagi investor, antara lain:

Hemat Waktu dan Tenaga

Jika kamu memiliki dana untuk membeli monster Axie dan bermain Axie Infinity namun tidak memiliki waktu yang cukup untuk bermain sementara di sisi lain kamu tetap mengharapkan adanya pemasukan atau perkembangan dari monster Axie yang kamu miliki, maka memanfaatkan fitur Scholarship merupakan pilihan yang tepat.

Sebab melalui fitur Scholarship, kamu dapat meminta pemain lain yang memiliki skill untuk bermain menggunakan akun dan monster Axie yang kamu miliki. Hasilnya, monster Axie kamu tetap berkembang dan kamu pun memperoleh keuntungan tanpa kamu perlu bersusah payah.

Baca juga: Cara Mendaftar Game Axie Infinity dan Mulai Bermain!

Mendapatkan Proporsi Hadiah dan Keuntungan

Selain menjadi solusi bagi kamu yang tidak memiliki waktu, merekrut NFT grinder melalui fitur Scholarship ini juga menguntungkan kamu. Sebab dengan menjalankan monster Axie, nantinya NFT grinder akan memperoleh keuntungan berupa pemasukan atau hadiah spesial jika misi berhasil diselesaikan.

Nah, pembagian keuntungan untuk investor dan NFT grinder ini biasanya memiliki proporsi 60 banding 40. Jadi, kamu sebagai investor akan tetap memperoleh 60% dari jumlah keuntungan atau hadiah yang berhasil diperoleh grinder tanpa harus memainkan game tersebut secara langsung. Lumayan, kan?

Kelebihan NFT Grinder bagi Grinder Itu Sendiri

Di sisi lain, berikut ini merupakan beberapa manfaat NFT grinder yang membawa keuntungan bagi grinder itu sendiri, antara lain:

Mengasah Skill Bermain

Jika kamu gemar bermain game, memiliki banyak waktu, serta berencana untuk memahami sistem permainan sebelum benar-benar terjun ke dalamnya, maka bermain sebagai NFT grinder mungkin bisa menjadi salah satu alternatif yang menarik.

Kamu bisa mengasah skill yang kamu miliki sekaligus memahami bagaimana jalannya permainan dengan cara menyelesaikan misi yang ditentukan atau bahkan mengikutsertakan monster Axie pada turnamen penting. Bonusnya, kamu juga berkesempatan untuk bergabung dengan komunitas dan mendapat hadiah istimewa.

Hemat Modal dan Biaya

Selain mengasah keahlian dalam memainkan game, fitur scholarship ini juga memungkinkan kamu dapat terjun dalam permainan secara gratis. Hal ini tentu saja menguntungkan, sebab sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, harga satu buah monster Axie di marketplace saat ini sudah mencapai jutaan rupiah.

Selain hemat biaya dan modal, kamu juga berpeluang untuk mendapatkan bonus berupa hadiah spesial maupun pemasukan dari manajer dengan proporsi hingga 40%. Menguntungkan sekali, bukan?

Baca juga: 15 Istilah NFT Populer yang Wajib Kamu Ketahui

Berapa Penghasilan NFT Grinder?

penghasilan nft grinder

Di Indonesia, rata-rata NFT grinder dikerjakan secara paruh waktu khususnya melalui channel yang tersedia di Discord. Penghasilan yang diperoleh pun bervariasi tergantung pada budget pemilik proyek serta jenis tugas yang diberikan.

Uniknya, NFT grinder di Indonesia tidak didominasi oleh pemain game, namun justru graphic designer atau bahkan translator. Para pemilik proyek umumnya menugaskan NFT Grinder untuk berinteraksi di discord atau channel lainnya hingga ia bisa memperoleh whitelist NFT. Jenis keahlian yang diutamakan adalah Adobe Photoshop, Adobe Illustrator serta kemampuan berbahasa Inggris.

Nah, berikut ini merupakan informasi terkait penghasilan NFT grinder paruh waktu berdasarkan beberapa situs freelance, antara lain:

  • Pada situs Freelancer (freelancer.co.id), penghasilan NFT grinder berkisar antara $49 sampai $337 atau jika dirupiahkan adalah sebesar Rp700 ribu hingga Rp5 juta rupiah per proyek.
  • Dikutip dari situs Projects (projects.co.id), penghasilan NFT grinder berkisar antara Rp1 juta hingga Rp2,5 juta per proyek.
  • Dilansir dari situs pekerja paruh waktu, Joblum (id.joblum.com), NFT grinder yang mendapat proyek jangka panjang akan digaji dengan kisaran antara Rp3 hingga 5 juta per bulan.
  • Terakhir, untuk proyek jangka panjang yang ditawarkan di situs pekerja paruh waktu Upwork (upwork.com), NFT grinder berkesempatan memperoleh penghasilan sebanyak $500 atau sekitar Rp7 juta per bulan.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu NFT grinder, aktivitas yang sedang cukup banyak diminati saat ini untuk memperoleh profit.

Selain NFT, crypto juga menjadi salah satu aset investasi yang menarik perhatian investor di dunia, lho! Per Desember 2021 lalu, jumlah investor crypto di Indonesia bahkan telah mencapai 11 juta orang dan melampaui investor pasar modal.

Buat kamu yang ingin berinvestasi crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang! Pintu adalah aplikasi crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa melakukan jual beli crypto mulai dari BTC, ETH, dan puluhan aset crypto lainnya mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Julian Barcega, Looking for Filipino NFT Whitelist Grinders? How Does it Work and How to Get Paid as Discord Grinder? Diakses tanggal: 17-04-2022.

Mecca Medina, NFT Grinder Itu Apa? Sedang Marak di Axie Infinity! Diakses tanggal: 17-04-2022.

Techopedia, Grinding. Diakses tanggal: 17-04-2022.

Trust Nodes, Grinder Jobs Proliferate For Axie Infinity Ethereum NFT Game. Diakses tanggal: 17-04-2022.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->