Apa itu Airdrop NFT dan Cara Kerjanya?

Updated
March 25, 2023
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Airdrop NFT dan Cara Kerjanya?
Reading Time: 3 minutes

Airdrop NFT adalah salah satu informasi penting yang dicari-cari oleh banyak investor NFT. Layaknya jackpot, airdrop NFT dapat memberikan peluang keuntungan yang tidak terduga. Apa itu airdrop NFT, bagaimana cara mendapatkannya serta ciri-cirinya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Apa Itu Airdrop NFT?

Airdrop NFT adalah sistem distribusi NFT atau aset digital ke alamat dompet web3 secara gratis sebagai promosi, atau sebagai nilai tambah karena seseorang telah berpartisipasi dalam sebuah aktivitas di platform tertentu.

Misalnya, bonus yang diterima seseorang setelah membeli aset digital tertentu. Airdrop umumnya digunakan untuk menambah nilai jual/beli atau untuk menarik perhatian atas merek atau pengalaman berinvestasi.

Jadi pada dasarnya, airdrop NFT adalah hadiah atau bonus yang ditawarkan sebuah platform investasi kripto. Isi bonus bisa berupa sejumlah mata uang kripto, token, atau NFT tertentu.

Umumnya, sistem platform secara acak mengirimkan hadiah tersebut kepada penggunanya sebagai tanda penghargaan. Hal ini sekaligus menjadi bentuk promosi mereka. 

Airdrop NFT yang cukup populer dan pernah dilakukan sebelumnya adalah airdrop NFT Solana dan airdrop NFT OpenSea yang menjadi salah satu opsi bagi kreator NFT untuk memperluas visibilitas NFT mereka dengan sistem airdrop. Sebelumnya, Pintu juga pernah membagikan Airdrop NFT dengan total Airdrop mencapai puluhan juta rupiah. Follow media sosial Pintu untuk memantau informasi seputar jadwal airdrop dan promo-promo Pintu ke depannya. 

Simak juga bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari NFT lewat video berikut.

Fungsi dan Manfaat Airdrop NFT

NFT Airdrop paling sering diterapkan sebagai strategi promosi untuk menarik perhatian untuk sebuah proyek NFT baru, atau acara terkait. Namun, airdrop NFT juga merupakan cara agar proyek NFT dapat terus memberi nilai tambah bagi pemegangnya melalui produk gratis yang sifatnya eksklusif. 

Baca juga: 15 Istilah Populer dalam NFT yang Wajib Kamu Ketahui!

Bagaimana Cara Kerja NFT Airdrop?

Meskipun relatif berbeda-beda tergantung dari perusahaan yang mengadakannya, NFT Airdrop biasanya diberikan kepada pengguna yang memiliki NFT dari komunitas atau merek tertentu. Komunitas-komunitas ini akan mendistribusikan airdrop kepada pemegangnya untuk menambah nilai dan utilitas. Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan produk NFT atau platform bersangkutan. 

Ketika seseorang mendapatkan sesuatu secara gratis, orang tersebut biasanya akan membagikan informasi tentang produk atau perusahaan (merek) itu kepada kenalan dan orang-orang di sekitar mereka.

Untuk bisa memperoleh airdrop NFT, kamu biasanya harus memenuhi persyaratan tertentu. Selanjutnya, platform akan memilih individu secara acak untuk menerima airdrop. 

Misalnya ketika kamu membeli NFT, aidrop NFT mungkin diberikan kepada kamu sebagai tanda “terima kasih” dan hadiah eksklusif atas partisipasi kamu dalam pembelian sebelumnya. 

Contoh lainnya juga berlaku dalam dunia game. Misalkan setelah kamu bermain dan menyelesaikan misi tertentu dalam aplikasi game, kamu mungkin mendapat NFT sebagai tujuan utama. Sebagai nilai tambah, aplikasi mungkin memberi kesempatan untuk mengambil bonus lagi, inilah yang disebut airdrop NFT game. Airdrop NFT ini biasanya ditawarkan dengan sistem acak atau undian.

Jenis-Jenis Airdrop NFT

contoh airdrop nft
(sumber:opensea.io)

Airdrop NFT Standard 

Jenis ini biasanya diperoleh dengan cara atau misi yang cukup sederhana. Misalnya membagikan pos ke media sosial, bergabung sebagai anggota atau mendaftar ke buletin atau layanan emai. Setelah miis dipenuhi, kamu akan menerima sejumlah token. Inilah yang dikenal sebagai “airdrop standar”.

Airdrop NFT Eksklusif 

Biasanya untuk memenuhi syarat untuk airdrop token eksklusif, kamu harus menjadi pengguna lama layanan atau telah menunjukkan kesetiaan sebagai pelanggan. 

Airdrop Komunitas NFT

Jenis ini didapatkan dengan misi yang lebih spesifik. Misalnya dengan mengkoleksi satu NFT tertentu, kamu mungkin diganjar dengan hadiah Airdrop yang sangat mahal dan menguntungkan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Airdrop NFT?

cara mendapatkan airdrop nft

Untuk menerima airdrop NFT, kamu bisa bergabung dalam komunitas atau platfrom NFT exchange. Tiap platform memiliki aturan misi tertentu dalam membagikan Airdrop NFT.

Mungkin kamu harus terlebih dulu berinvestasi pada aset NFT tertentu, menyelesaikan tugas yang ditetapkan, atau mendapat keberuntungan murni dari undian. Pada akhirnya, hal ini tergantung pada bagaimana platform bersangkutan menentukan batasan siapa pengguna yang berhak menerima airdrop.

Oleh karena itu, jika kamu bergabung dalam satu platform NFT exchange atau platform investasi, pastikan kamu mencari tahu bagaimana sistem dalam platform tersebut agar tidak ketinggalan informasi tentang fitur airdrop mereka.

Menarik bukan? Semoga informasi ini bermanfaat!

Referensi: 

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->