Pengertian Akuntansi Anggaran dan Contohnya

Updated
August 4, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Pengertian Akuntansi Anggaran dan Contohnya
Reading Time: 4 minutes

Akuntansi anggaran adalah jenis akuntansi yang membahas mengenai perencanaan pengeluaran hingga realisasi dan evaluasi. Untuk tahu lebih dalam mengenai apa itu akuntansi anggaran, fungsi hingga perbedaannya dengan akuntansi biaya, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Akuntansi Anggaran

akuntansi anggaran adalah

Pengertian akuntansi anggaran adalah bidang akuntansi yang mempelajari soal bagaimana perencanaan pengeluaran dibuat untuk kemudian dibandingkan dengan realisasi yang sebenarnya pada saat dilakukan pelaporan atau evaluasi.

Tujuan Akuntansi Anggaran

Tujuan utama dari akuntansi anggaran adalah agar perusahaan bisa terhindar dari pengeluaran yang tidak direncanakan atau disebut sebagai over spending. Selain itu, akuntansi anggaran juga membantu perusahaan untuk membuat rencana, alokasi, realisasi hingga sistem analisa dan pengawasan serta pelaporan keuangan

Unsur dan Elemen-Elemen dalam Akuntansi Anggaran

Di dalam akuntansi anggaran, terdapat beberapa unsur atau elemen, di antaranya adalah sebagai berikut.

Perencanaan

Perusahaan perlu membuat rencana terlebih dahulu untuk berbagai kegiatan dan biaya yang diperlukan di masa yang akan datang. Tahap ini diperlukan untuk mengantisipasi adanya berbagai hal yang tidak pasti di masa depan dan bagaimana cara mengatasi hal-hal yang tidak pasti tersebut. Dengan adanya rencana, tentunya perusahaan bisa lebih mengontrol operasional perusahaan kedepannya.

Periode

Akuntansi anggaran sendiri berlaku pada periode tertentu, misalnya taksiran biaya yang dibutuhkan dalam satu bulan atau satu tahun. Setidaknya, perusahaan harus memiliki kisaran anggaran yang akan dikeluarkan dan kapan dana tersebut akan dialokasikan dalam periode tersebut. Dengan begitu, over spending bisa ditekan atau bahkan dihindari.

Aktivitas Perusahaan

Tentukan apa saja kegiatan perusahaan yang akan dilakukan selama periode tersebut, misalnya apakah dana yang ada akan digunakan untuk proses belanja, produksi, promosi, administrasi, dan lain sebagainya. Jika sudah jelas apa saja kegiatannya, tentu lebih mudah untuk menentukan berapa anggaran yang diperlukan.

Satuan Keuangan

Agar lebih mudah dimengerti dan direalisasikan, maka akuntansi anggaran harus dinyatakan dalam satuan keuangan yang seragam dan bisa diterapkan oleh perusahaan, misalnya untuk usaha di Indonesia, tentu saja dinyatakan dalam satuan Rupiah. Sedangkan, untuk perusahaan yang lebih banyak bergerak secara global, mungkin akan lebih mudah dinyatakan dalam Dolar.

Fungsi Akuntansi Anggaran

Salah satu fungsi akuntansi anggaran adalah untuk memberi gambaran perencanaan keuangan yang dibuat oleh perusahaan. Namun bukan hanya itu saja, beberapa fungsi akuntansi anggaran lainnya adalah sebagai berikut.

Sebagai Pedoman Kerja

Sudah ada akuntansi anggaran, maka sudah ada rencana berapa biaya yang akan perusahaanmu keluarkan dalam peride tersebut. Rencana tersebut bisa dijadikan pedoman untuk memastikan setiap aktivitas berjalan sesuai anggaran yang tersedia.

Sebagai Alat Koordinasi

Salah satu elemen akuntansi anggaran adalah aktivitas perusahaan. Dalam hal ini, akuntansi anggaran berfungsi sebagai alat koordinasi antar pegawai, baik di dalam satu divisi yang sama atau antar divisi. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mencapai tujuan perusahaan sesuai dana yang tersedia.

Sebagai Pengontrol

Selain mengontrol agar aktivitas dan pengeluaran tidak over spending, akuntansi anggaran juga bisa dijadikan pengontrol untuk rencana di masa depan. Jika kegiatan dan anggaran sebelumnya sudah tercatat, maka lebih mudah untuk membuat rencana perusahaan ke depannya.

Misalnya ada aktivitas yang kurang perlu dan tidak efektif. Daripada menghabiskan biaya, lebih baik aktivitas tersebut dieliminasi untuk periode berikutnya.

Contoh Akuntansi Anggaran

contoh akuntansi anggaran

Akuntansi anggaran terbagi menjadi 2 jenis, yaitu akuntansi anggaran taktis dan akuntansi anggaran strategis. Berikut masing-masing contoh akuntansi anggaran dari keduanya.

Akuntansi Anggaran Taktis

Akuntansi anggaran teknis adalah akuntansi anggaran yang jangka waktunya pendek, misalnya untuk periode 1 bulan. Pada bisnis kecil, seperti gerai kopi misalnya, maka pemilik bisnis bisa membuat akuntansi anggaran untuk belanja, produksi, dan aktivitas yang akan dilakukan gerai kopi tersebut selama 1 bulan.

Akuntansi Anggaran Strategis

Sementara itu, akuntansi anggaran strategis adalah jenis akuntansi anggaran yang periodenya lebih panjang, umumnya melebihi satu periode akuntansi. Artinya perencanaan ini berlaku lebih dari 1 tahun.

Pada perusahaan besar yang mengeluarkan biaya besar, akuntansi anggaran strategis sangat penting fungsinya agar tidak terjadi over spending. Sementara pada perusahaan kecil, akuntansi anggaran strategis berfungsi untuk menjaga pengeluaran agar berjalan secara efisien, terlebih karena modal yang dimiliki perusahaan cenderung minim.

Perbedaan Akuntansi Biaya dan Akuntansi Anggaran

Sebelumnya, Pintu telah membahas tentang apa itu akuntansi biaya dan bagaimana contohnya. Pertanyaannya, apa perbedaan akuntansi biaya dengan akuntansi anggaran?

Pada dasarnya, akuntansi biaya adalah kegiatan mencatat, menghitung dan menganalisa data berdasarkan biaya yang dikeluarkan sebuah perusahaan. Sementara akuntansi anggaran merupakan perencanaan sebelum aktivitas operasional perusahaan dilakukan.

Jika akuntansi biaya merupakan hasil untuk di-review, maka akuntansi anggaran adalah rencana yang terstruktur.

Dalam menjalankan aktivitas perusahaan, akuntansi anggaran akan dijadikan pedoman agar pengeluaran sesuai dengan modal. Sedangkan akuntansi biaya mencatat semua transaksi yang terjadi Dari sini, bisa dilihat apakah sesuai dengan anggaran yang sudah direncanakan atau belum.

Nah, itu dia pengertian akuntansi anggaran, contoh hingga perbedaannya dengan akuntansi biaya. Cukup mudah dipahami, bukan?

Temukan informasi lainnya seputar keuangan dan investasi di Pintu Blog. Baru-baru ini, crypto tengah banyak dimininati masyarakat Indonesia sebagai aset investasi. Sebut saja per Desember 2021 lalu, jumlah investor crypto di Indonesia telah mencapai 11 juta orang.

Buat kamu yang tertarik berinvestasi crypto, namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang di App Store dan Play Store kamu masing-masing! Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja.

Referensi:

Dr. Enni Savitri, SE, MM.Ak. Penganggaran Perusahaan. Diakses 26 Juli 2022

Yogie Putra. Akuntansi Anggaran. Diakses 26 Juli 2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->