Apa itu Akuntansi Biaya, Tujuan, dan Contohnya?

Updated
April 14, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Akuntansi Biaya, Tujuan, dan Contohnya?
Reading Time: 4 minutes

Akuntansi biaya adalah salah satu metode analisis dan penetapan biaya yang sering diaplikasikan oleh perusahaan. Dalam artikel ini, akan dibahas lengkap mengenai apa itu akuntansi biaya, tujuan hingga contoh-contohnya.

Baca juga: 12 Konsep Dasar Akuntansi yang Wajib Kamu Ketahui

Apa itu Akuntansi Biaya?

Pengertian akuntansi biaya adalah bentuk pelaporan dan analisis struktur biaya perusahaan yang ditujukan untuk mengidentifikasi dan mengontrol biaya yang mencakup produk, layanan, dan aktivitas lain yang melibatkan perusahaan.

Sementara itu, Michael Kinney dan Cecily Raiborn menyebutkan bahwa akuntansi biaya atau cost accounting adalah seperangkat metode analisis yang berada di antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen.

Akuntansi biaya adalah metode kuantitatif untuk mengumpulkan, mengklasifikasikan, meringkas, dan menafsirkan informasi yang mencakup biaya produk, perencanaan operasi, dan pengendaliannya. Sementara itu, Tim Investopedia menyebut cost accounting sebagai sistem analisis operasional untuk manajemen.

Pembuatan akuntansi biaya dimulai dengan mencatat pendapatan dan pengeluaran, kemudian diakhiri dengan penyusunan data statistik. Sistem akuntansi biaya memiliki elemen pembukuan tradisional, pengembangan sistem, pembuatan informasi yang terukur, dan analisis input.

Fungsi Akuntansi Biaya

fungsi akuntansi biaya

Tidak seperti akuntansi keuangan yang hanya memberikan informasi kepada pihak eksternal saja, akuntansi biaya bersifat lebih fleksibel.

Alicia Tuovila mengatakan bahwa akuntansi biaya adalah analisis yang difokuskan untuk memenuhi kebutuhan manajemen. Sementara itu, Kinney menambahkan bahwa akuntansi biaya dapat diberikan kepada manajer internal untuk perencanaan, pengendalian, pengambilan keputusan, dan evaluasi kinerja.

Tujuan Akuntansi Biaya

Tim Institute of Cost Accountants of India (ICAI) mengungkapkan beberapa tujuan akuntansi biaya adalah:

Membuat keputusan bisnis

Tim ICAI menjelaskan bahwa klasifikasi dan pencatatan alokasi pengeluaran dalam cost accounting ditujukan untuk membantu merencanakan anggaran operasi hingga dana sosial perusahaan, menentukan harga produk atau jasa, dan mengecek profitabilitas perusahaan.

Pengendalian biaya

Tim ICAI menuliskan bahwa tujuan dari akuntansi biaya adalah untuk memastikan alokasi pengeluaran di setiap unit produksi akurat dan berada dalam jumlah yang wajar. Cost accounting juga digunakan untuk melihat apakah ada biaya produksi yang dapat dikurangi.

Tim Investopedia menambahkan bahwa fungsi akuntansi biaya adalah untuk mengidentifikasi di mana perusahaan membelanjakan uangnya, berapa banyak penghasilan yang diperoleh, dan apakah ada dana yang hilang.

Klasifikasi Biaya dalam Akuntansi Biaya

Secara umum, klasifikasi biaya dalam akuntansi biaya adalah seperti berikut:

Biaya tetap

Biaya yang jumlahnya tetap dan tidak bergantung pada aktivitas produksi. Biaya tetap digunakan untuk menjaga agar perusahaan tetap berjalan dan tidak terdampak oleh produksi. Misalnya, biaya sewa bangunan dan depresiasi aset.

Biaya variabel

Biaya ini berkaitan dengan tingkat produksi perusahaan. Biayanya akan bertambah atau berkurang sesuai dengan volume produksi. Contoh dari variable cost adalah biaya pengiriman barang.

Biaya operasional

Biaya operasional merupakan biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan operasional bisnis sehari-hari. Biaya ini dapat bersifat tetap atau variabel, tergantung pada kondisinya.

Biaya langsung

Biaya yang berhubungan langsung dengan produksi. Contoh biaya langsung termasuk bahan baku, upah tenaga kerja di pabrik, dan biaya distribusi.

Biaya tidak langsung

Biaya yang tidak berhubungan langsung dengan produksi suatu produk. Contoh biaya tidak langsung adalah utilitas seperti air dan listrik yang digunakan selama proses produksi.

Contoh Akuntansi Biaya

contoh akuntansi biaya

Alicia Tuovila mengatakan bahwa akuntansi biaya dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut contoh-contoh akuntansi biaya.

Standard Costing

Sistem akuntansi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis selisih antara biaya standar (perkiraan biaya efisien) dan biaya aktual yang dikeluarkan untuk produksi.

Jika biaya aktual lebih tinggi dari biaya standar, maka variansi terhitung merugikan. Sebaliknya, jika biaya aktual lebih rendah, maka dianggap menguntungkan.Contoh akuntansi biaya standar adalah biaya input yang meliputi tenaga kerja dan bahan baku.

Activity-Based Costing (ABC)

Metode penetapan biaya di mana alokasinya dibebankan pada objek biaya atau aktivitas tertentu. Biaya ini digunakan sebagai dasar untuk mengalokasikan biaya overhead.

Contoh akuntansi biaya ini mencakup biaya persiapan mesin untuk produksi, perancangan produk, distribusi barang jadi, atau operasi mesin.

Lean Accounting

Alicia menjabarkan bahwa lean accounting adalah perpanjangan dari filosofi “lean manufacturing and production” yang memiliki tujuan meminimalkan pemborosan dan mengoptimalkan produktivitas.

Tim E-Finance Management mengatakan bahwa akuntansi ini berkaitan dengan biaya penyimpanan, biaya kas yang diblokir dalam persediaan, dan lain sebagainya.

Marginal costing

Jenis penetapan biaya di mana hanya biaya variabel yang dibebankan ke produk. Menurut Alicia, analisis biaya ini membantu identifikasi tingkat biaya dan volume produksi terhadap laba operasi, merancang produk baru yang menguntungkan, dan penetapan harga. Biaya ini mencakup biaya bahan dan biaya tenaga kerja langsung.

Demikian informasi mengenai apa itu akuntansi biaya, klasifikasi, dan contohnya. Kamu dapat menemukan informasi lainya seputar keuangan, ekonomi, dan investasi di Pintu.

Pintu adalah aplikasi jual beli crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Belakangan ini, minat masyarakat Indonesia terhadap investor crypto memang semakin meningkat. Terlihat dari jumlah investor crypto Indonesia yang telah mencapai 11 juta orang per Desember 2021 lalu.

Untuk kamu yang tertarik memulai investasi dan trading crypto tapi tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang! Investasi crypto di Pintu bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

E-Finance Management. Type of Cost Accounting. Diakses pada Kamis, 17 Februari 2022

Investopedia. What Is Cost Accounting? Diakses pada Kamis, 17 Februari 2022

Investopedia. Cost Accounting. Diakses pada Kamis, 17 Februari 2022

Kinney, Michael R, Raiborn, Cecily A. 2011. Cost Accounting 8th edition: Foundations and Evolutions. USA. South-Western Cengage Learning. Diakses pada  Kamis, 17 Februari 2022

The Institute of Cost Accountants of India. Cost Accounting. Diakses pada Kamis, 17 Februari 2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->