Persamaan Dasar Akuntansi: Pengertian, Rumus, dan Contohnya

Updated
June 23, 2022
‚ÄĘ Waktu baca 4 Menit
Gambar Persamaan Dasar Akuntansi: Pengertian, Rumus, dan Contohnya
Reading Time: 4 minutes

Persamaan dasar akuntansi adalah dasar dari pembukuan. Apa itu persamaan dasar akuntansi? Simak pengertian, prinsip, dan contoh persamaan dasar akuntansi dalam artikel berikut ini!

Baca juga: Apa Saja 10 Prinsip Dasar Akuntansi?

Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi Menurut Para Ahli

Menurut Mulyani (2014), persamaan dasar akuntansi adalah pencatatan yang menjabarkan hubungan dari berbagai akun yang terdapat di laporan keuangan perusahaan. Selain itu, persamaan dasar akuntansi juga bisa menunjukkan pengaruh dari transaksi terhadap posisi keuangan perusahaan seperti aktiva serta sumber dananya.

Sementara itu, Zulhelmy dan Suhendi (2021) mengungkapkan bahwa persamaan dasar akuntansi merupakan sebuah persamaan matematis yang bisa menyatakan hubungan antara komponen-komponen di dalam akuntansi atau yang biasa disebut dengan akun. Beberapa contoh dari akun adalah aset atau harta, liabilitas atau kewajiban, serta ekuitas atau modal.

Akuntansi sendiri sebenarnya memiliki banyak persamaan, namun terdapat satu persamaan akuntansi yang menjadi dasar dalam sistem pencatatan akuntansi itu sendiri adalah persamaan neraca. Contoh persamaan dasar akuntansi atau persamaan neraca akan dibahas juga di artikel ini.

Fungsi Persamaan Dasar Akuntansi

Berdasarkan definisi di atas, maka bisa diketahui bahwa fungsi persamaan dasar akuntansi adalah untuk menjelaskan hubungan antara komponen-komponen keuangan perusahaan yang meliputi aset, kewajiban, serta modal.

Unsur-Unsur Persamaan Dasar Akuntansi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, persamaan dasar akuntansi terdiri dari tiga komponen utama, yaitu:

Aset

Pada dasarnya, aset adalah berbagai sumber daya ekonomi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Kewajiban

Sementara itu, kewajiban adalah tanggungan atau utang yang harus dibayarkan perusahaan kepada pihak lain.

Modal adalah sejumlah harta yang digunakan oleh perusahaan untuk menjalankan operasional perusahaan.

Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

rumus persamaan dasar akuntansi

Sebenarnya, rumus persamaan dasar akuntansi diturunkan dari satu rumus utama, yaitu:

Persamaan Dasar

Aktiva = Pasiva

Persamaan Turunan 1

Selanjutnya, pasiva sendiri terdiri dari kewajiban (liabilitas) dan modal (ekuitas), sehingga rumus persamaan dasar akuntansi di atas bisa diturunkan menjadi rumus berikut.

Aktiva (Aset) = Kewajiban (Liabilitas) + Modal (Ekuitas)

Persamaan Turunan 2

Setelah operasional perusahaan berjalan, maka akan ada laba rugi yang diperoleh oleh perusahaan, sehingga rumus persamaan dasar akuntansi di atas dapat juga diturunkan menjadi:

Aset = Liabilitas + Ekuitas + Laba atau Rugi

Dalam hal ini, Laba atau Rugi dapat diperoleh dengan mengurangkan Pendapatan dengan Beban, sehingga rumus diatas menjadi:

Aset = Liabilitas + Ekuitas + (Pendapatan ‚Äď Beban)

Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi

Untuk lebih bisa memahami rumus persamaan dasar akuntansi di atas, simak contoh perhitungan persamaan dasar akuntansi di bawah ini!

Contoh 1

Pak Benny mendirikan perusahaan PT Maju Jaya dan menyetorkan uang tunai sebesar Rp50.000.000 sebagai modal awal. Bagaimana persamaan akuntansi dari PT Maju Jaya?

Dengan menggunakan rumus persamaan dasar akuntansi sebelumnya,

Aset = Kewajiban + Ekuitas

Rp50.000.000 = Rp0 + Rp50.000.000

Rp50.000.000 = Rp50.000.000

Contoh 2

Perusahaan Z memiliki jumlah aset sebesar Rp50.000.000 dan jumlah kewajibannya sebesar Rp30.000.000. Dengan menggunakan rumus persamaan dasar akuntansi sebelumnya, berapa nilai ekuitas dari perusahaan Z?

Ekuitas = Aset ‚Äď Kewajiban

Ekuitas = Rp50.000.000 ‚Äď Rp30.000.000

Ekuitas = Rp20.000.000

Contoh Persamaan Dasar Akuntansi dalam Laporan Keuangan

Lalu, bagaimana dengan penggunaan persamaan dasar akuntansi dalam laporan keuangan? Simak contoh lengkapnya di bawah ini!

Pada tanggal 25 November 2021, Pak Budi menginvestasikan modal awal di PT A sebesar Rp1.000.000.000. Investasi tersebut akan menjadi saldo awal bagi PT A. Dari informasi tersebut, maka berikut contoh persamaan dasar akuntansi dalam bentuk tabel dari PT A.

contoh persaaan dasar akuntansi
(Desain oleh tim Pintu)

Setelahnya, pada tanggal 30 November 2021, PT A membeli barang dari PT B dengan total Rp121.000.000. Pembelian tersebut dibayarkan 60% secara tunai dan 40%-nya akan dibayarkan di bulan berikutnya. Perincian pembeliannya adalah sebagai berikut:

tabel persamaan dasar akuntansi
(Desain oleh tim Pintu)

Dengan adanya pembelian tersebut, berikut contoh persamaan dasar akuntansi terbaru yang akan mempengaruhi jumlah kas, nilai persediaan, serta modal perusahaan tersebut.

cara menghitung persamaan dasar akuntansi dalam laporan keuangan
(Desain oleh tim Pintu)

Nah, itu dia penjelasan mengenai pengertian, rumus, cara hitung hingga contoh persamaan dasar akuntansi dalam laporan keuangan suatu perusahaan. Tidak terlalu sulit, bukan?

Pintu, Aplikasi Investasi Bitcoin dan Crypto

Untuk kamu yang tertarik memulai investasi atau sedang ingin melakukan diversifikasi portofolio, belakangan ini investasi crypto sedang menarik minat masyarakat Indonesia, lho! Bahkan, data dari Kemendag menunjukan bahwa jumlah investor crypto di Mei 2021 telah mencapai 6,5 juta orang dan melampaui investor pasar modal.

Untuk kamu yang ingin berinvestasi dan trading crypto secara mudah mulai dari Rp11.000 saja, download Pintu sekarang!

Referensi:

Lia Mulyani, Persamaan Dasar Akuntansi. Diakses tanggal: 25-11-21

Tumpal Manik, Komputer Akuntansi. Diakses tanggal: 25-11-21

Zulhelmy dan Suhendi, Dasar-dasar Akuntansi Islamic View. Diakses tanggal: 25-11-21

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->