Tujuan dan Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha Agar Sukses

Updated
November 18, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Tujuan dan Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha Agar Sukses
Reading Time: 4 minutes

Analisis peluang usaha bertujuan untuk menemukan usaha yang paling menjanjikan keuntungan sekaligus mungkin untuk dijalankan. Sumber peluang usaha ini bisa dari berbagai hal. Apakah itu dari internet, buku, seminar, komunitas dan masih banyak lagi. Ide-ide ini sebelum dijadikan sebagai bisnis harus terlebih dahulu dianalisis peluangnya. Bagaimana cara melakukan analisis peluang usaha? Berikut ulasan selengkapnya

Apa yang Dimaksud Analisis Peluang Usaha?

cara melakukan analisis peluang usaha

Peluang usaha bisa didefinisikan sebagai keadaan atau kejadian yang membuat seseorang atau sekelompok orang mendapatkan suatu kesempatan untuk menjalankan usaha. Sumbernya bisa berasal dari ide atau gagasan. Tetapi, peluang usaha berbeda dengan gagasan atau ide usaha. Sebab, peluang usaha mungkin untuk dijalankan, sementara ide usaha belum tentu bisa diaplikasikan.

Untuk bisa menguji apakah sebuah ide usaha bisa menjadi peluang tentu harus terlebih dahulu dilakukan analisis. Jadi sederhananya, analisis peluang usaha adalah serangkaian penilaian untuk menentukan sebuah ide atau gagasan bisnis menjadi layak untuk dijalankan. Proses analisis ini termasuk menemukan pesaing, memahami target pasar, dan menemukan potensi risiko ide bisnis.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Mahasiswa, Bisa Bantu Bayar Kuliah!

Tujuan Analisis Peluang Usaha

Tujuan utama melakukan analisis peluang usaha adalah untuk menemukan ide bisnis yang potensinya paling menguntungkan. Jadi dari banyaknya ide yang ada, seseorang atau perusahaan bisa memilih satu atau beberapa ide yang paling baik. Tentu saja, tujuan akhirnya adalah untuk mendapatkan pendapatan yang lebih besar dan melakukan ekspansi usaha.

Jika seseorang atau perusahaan dapat menemukan peluang usaha yang baik, sebenarnya juga dapat membantu konsumen. Sebab, esensi sebuah peluang usaha adalah asas manfaat sehingga calon konsumen bisa mendapatkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan mereka.

Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik

Menurut Fachrurazi and Nurcholifah dalam Buku Kewirausahaan (Teori Dan Praktek) terbitan tahun 2021 menyebutkan ciri-ciri peluang usaha yang baik atau potensial antara lain adalah:

  • Usaha tersebut memiliki nilai jual yang tinggi atau potensial.
  • Usaha sifatnya harus nyata, bukan merupakan ambisi pribadi saja
  • Memiliki daya tahan yang lama di pasar.
  • Bukan usaha yang bersifat musiman (seasonal) atau hanya bersifat momentum (sesaat).
  • Bisa ditingkatkan skalanya menjadi industri

Langkah-langkah Analisis Peluang Usaha

Untuk menjadikan opsi peluang yang ada menjadi peluang emas, maka harus dilakukan analisis peluang. Beberapa langkah-langkah analisis peluang usaha adalah:

1. Temukan Peluang Potensial

Pertama-tama, cari tahu apa saja berbagai peluang potensial yang kamu punya. Segmen apa yang ingin dilebarkan? Konsumen seperti apa yang diharapkan akan tertarik dengan usaha kamu? Apakah kamu sedang mencari partner bisnis atau tidak?

2. Memahami Konsumen

Dalam tiap peluang, opini konsumen akan menentukan kesuksesan. Apa produk yang konsumen sedang butuhkan saat ini? Apakah apa yang kamu tawarkan akan memenuhi kebutuhan mereka? Opini konsumen dapat membantu bisnis untuk menentukan produk yang lebih baik dan lebih menguntungkan.

3. Riset Kompetitor

Setiap usaha pasti memiliki kompetisi di pasar. Lebih baik memahami kompetitor dan cara kerja mereka, bukannya menghindari sama sekali. Dengan meriset kompetitor, kamu jadi paham seberapa besar bagian di pasar dan seberapa penuhnya industri yang kamu geluti.

4. Pertimbangkan Faktor Eksternal

Tak dapat dipungkiri, faktor eksternal biasanya akan membentuk dan menggeser posisi bisnis kamu di pasar. Ada banyak faktor eksternal yang mempengaruhi bisnis. Misalnya, faktor sosial budaya seperti bagaimana kebiasaan belanja online mempengaruhi peluang bisnis kamu? Faktor lainnya adalah teknologi. Misalnya, inovasi terbaru peluangnya apa untuk bisnis kamu?

Contoh faktor eksternal lainnya adalah ekonomi. Seperti apa iklim ekonomi ke depan dan bagaimana itu bisa mempengaruhi bisnis kamu? Contoh lain adalah faktor politik negara. Apakah ada kebijakan baru yang akan mempengaruhi bisnis atau tidak? Hal-hal ini perlu diperhatikan untuk melihat peluang bisnis kamu ke depannya.

5. Siapkan Sumber Daya Internal

Terakhir, lihat kembali sumber daya yang kamu miliki. Apakah bisnis sudah punya staf dengan kemampuan yang tepat? Apakah teknologinya sudah mendukung untuk maju? Apakah dana untuk berinvestasi sudah cukup? Dari sini, kamu bisa memutuskan berbagai rencana tentang sumber daya internal ke depan.

Baca juga: 10 Ide Usaha Sampingan di Rumah dengan Modal Kecil

Contoh Analisis Peluang Usaha

contoh analisis peluang usaha

Untuk bisa lebih memahami cara melakukan analisis peluang usaha, simak contoh berikut ini.

Sebuah perusahaan otomotif berskala global tertarik dengan perkembangan pasar kendaraan elektronik di India, khususnya kendaraan roda tiga. Mereka lalu mengirim tim untuk melakukan studi mengenai pasar kendaraan elektronik. Caranya dengan mewawancarai pelanggan, melakukan penelitian ke pemerintah dan analisis model bisnis.

Di akhir penelitian ini, akhirnya didapat beberapa hasil yang sangat membantu. Di antaranya tentang lokasi pengisian baterai kendaraan elektronik, opsi untuk menyewa kendaraan dan membeli, serta berbagai hal-hal lainnya. Dari survei dan analisis tersebut, perusahaan otomotif bersangkutan mampu lebih fokus merencanakan penjualan dan promosi kendaraan elektronik.

Itu dia penjelasan lengkap tentang analisis peluang usaha. Semoga informasi ini bermanfaat. Kamu bisa menemukan informasi lainnya seputar finansial dan investasi di Pintu Blog. Sementara buat kamu yang tertarik pada crypto, salah satu aset investasi yang tengah menarik minat masyarakat dunia saat ini, download Pintu sekarang! Di Pintu, kamu bisa menemukan berita crypto terbaru, belajar crypto secara gratis secara mudah, sekaligus jual beli crypto dari mana saja dan kapan saja melalui smartphone kamu.

Referensi:

Topik
#bisnis
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->