Pengertian, Tujuan dan Strategi Ekspansi Bisnis

Updated
July 27, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Pengertian, Tujuan dan Strategi Ekspansi Bisnis
Reading Time: 4 minutes

Ekspansi bisnis adalah salah satu indikator perkembangan dari sebuah bisnis. Lalu sebenarnya, apa itu ekspansi bisnis dan mengapa banyak perusahaan yang melakukannya? Lalu, bagaimana cara melakukan ekspansi bisnis dan contoh implementasinya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Pengertian Ekspansi Bisnis

pengertian ekspansi bisnis

Ekspansi bisnis adalah sebuah siklus dalam bisnis di mana produk domestik bruto bertumbuh selama dua kuartal atau lebih secara berturut-turut.

Bersama dengan aktivitas ekspansi ini, biasanya akan dilakukan peningkatan lapangan kerja dan meningkatnya kepercayaan konsumen akan produk maupun jasa yang ditawarkan, atau terhadap perusahaan itu sendiri.

Baca juga: 10 Faktor yang Mempengaruhi Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Apa Saja Tahapan Siklus Bisnis?

Naik turunnya kondisi ekonomi sebenarnya tidaklah acak. Seperti halnya cuaca, perkembangan ekonomi memiliki siklus yang akan berulang dalam beberapa waktu, begitu pula dengan bisnis.

Secara umum tahapan siklus bisnis sendiri terdiri dari empat yaitu ekspansi, titik puncak, konstraksi, lalu lembah.

Di saat ekspansi bisnis, bisnis semakin berkembang dan konsumen makin bertambah. Rata-rata ekspansi bisnis berlangsung selama 4 – 5 tahun. Tapi ada juga bisnis yang terus berekspansi selama 10 tahun.

Tujuan Ekspansi Bisnis

Ekspansi usaha adalah salah satu cara untuk mengembangkan bisnis dan mengumpulkan modal lebih banyak untuk para pemegang sahamnya. Ada beberapa tujuan yang bisa dicapai dengan melakukan ekspansi bisnis. Beberapa tujuan ekspansi perusahaan adalah:

  • Mendapatkan keuntungan lebih banyak dengan cara menjual lebih banyak produk atau jasa ke konsumen yang lebih banyak.
  • Meningkatkan kompetisi pasar dengan cara membangun sumber daya yang lebih banyak.
  • Meningkatkan kekuatan menawar dengan para pemegang saham, pemasok, konsumen, dan distributor.
  • Mendapatkan posisi memimpin di pasar sehingga kedepannya bisa mempengaruhi harga pasar.
  • Meningkatkan skala ekonomi dan bisa mengalokasikan modal yang ada untuk menghasilkan lebih banyak produk. Dengan begitu, biaya pun dapat ditekan.
  • Meningkatkan nilai para pemegang saham, selaras dengan ekspektasi positif akan perkembangan dan keuntungan perusahaan. Dengan begitu, para pemegang saham berpotensi mendapatkan imbal hasil (return) yang lebih tinggi.

Risiko Ekspansi Bisnis

Saat melakukan ekspansi bisnis, tentu ada risiko yang juga harus siap dihadapi oleh kamu sebagai pebisnis. Ini dia beberapa risiko ekspansi bisnis yang perlu diwaspadai:

  • Kekurangan modal, sehingga pemilik bisnis harus mencari modal tambahan. Salah satu dengan mengajukan pinjaman dana.
  • Kehilangan kontrol akan perusahaan. Karena ekspansi berarti perkembangan. Manajemen dan jumlah karyawan mungkin bertambah. Lingkup yang lebih luas bisa membuat pemilik kehilangan kontrol akan perusahaan.
  • Produktivitas dan kualitas produk atau layanan bisa berkurang jika ekspansi tidak dibarengi dengan bertambahnya tenaga kerja yang berkualitas.

Strategi Ekspansi Bisnis

strategi ekspansi bisnis

Untuk melakukan ekspansi, harus disesuaikan dengan tipe bisnis yang dijalankan. Berikut ini adalah beberapa strategi ekspansi bisnis yang banyak digunakan.

Penetrasi Pasar

Pada dasarnya, penetrasi pasar adalah persentase populasi konsumen yang bisa mengakses produk atau jasa bisnis kamu. Jika bisnis kamu memiliki segmentasi pasar tertentu, maka bisa ditingkatkan jumlah konsumen yang ada pada segmen tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan memasarkan langsung produk ke pelanggan potensial yang belum menjadi konsumen. Incar calon konsumen yang tepat agar strategi ini berhasil.

Pemasaran dan Promosi

Salah satu faktor ekspansi adalah strategi pemasaran dan promosi yang solid. Dengan begitu, bisnis bisa memaksimalkan nilainya di pasar. Karena itu, loyalitas konsumen sangat penting untuk dibangun. Jadi tidak hanya sekedar menjual produk, tapi juga berusaha memuaskan apa yang diinginkan konsumen.

Salah satu caranya adalah dengan membangun hubungan yang baik dengan konsumen, baik itu melalui customer service yang baik hingga situs yang terpercaya agar sebuah bisnis bisa memasarkan produk dan layanannya dengan baik.

Ekspansi ke Pasar yang Baru

Ketika pasar sudah terbiasa dengan satu produk atau layanan, pada akhirnya jumlah permintaan akan memasuki periode stagnan atau bahkan cenderung menurun. Oleh karena itu, perlu dilakukan ekspansi ke pasar yang baru dan sebelumnya tidak tersentuh.

Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri

Pasar dalam negeri terkadang bisa mencapai titik jenuh. Karena itu, sebuah bisnis akhirnya harus berekspansi ke pasar luar negeri. Memang banyak perusahaan yang masih takut atau ragu untuk melakukan ini karena tantangan yang lebih besar. Namun, tidak bisa dipungkiri jika ekspansi ke luar negeri bisa membukakan sangat banyak peluang.

Untuk membuka bisnis ke luar negeri, perusahaan harus mencari partner lokal di negara yang dituju, terutama untuk aspek Human Resources dan Marketing. Partner lokal biasanya akan lebih memahami regulasi yang berlaku di negara tersebut, sehingga memudahkan proses ekpsansi bisnis.

Memulai Franchise

Salah satu strategi terbaik dari ekspansi bisnis adalah memulai franchise. Dengan franchise, kamu bisa membuka bisnis ke berbagai lokasi yang potensial tanpa harus repot-repot mengurus bisnis itu sendiri.

Contoh Ekspansi Bisnis

Salah satu contoh ekspansi bisnis adalah perusahaan kosmetik yang awalnya hanya memproduksi kosmetik saja, lalu melebarkan sayapnya ke produk-produk lain seperti skin care atau body care.

Contoh lainnya adalah gerai minimarket yang melakukan ekspansi dengan metode franchise dan bisa menjangkau berbagai lokasi bisnis di Indonesia.

Itu saja penjelasan mengenai pengertian, tujuan hingga contoh ekspansi bisnis. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! Temukan informasi lainnya seputar finansial dan investasi di Pintu Blog.

Baru-baru ini, masyarakat Indonesia semakin menaruh minat pada investasi crypto. Sebut saja jumlah investor crypto di Indonesia bahkan telah mencapai 11 juta orang per Desember 2021 lain.

Untuk kamu yang tertarik melakukan investasi crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang lewat  App Store dan Play Store kamu masing-masing! Jual beli crypto di Pintu bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Ahmad Nasrudin. Business Expansion: Meaning, Importance, Types, Advantages, Disadvantages. Diakses 21 Juli 2022

Daniel Liberto. Expansion. Diakses 21 Juli 2022

NNRoad. The 6 Best Strategies For Business Expansion. Diakses 21 Juli 2022

Topik
#bisnis
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->