Apa itu Fan Token dan Contohnya?

Updated
July 25, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Fan Token dan Contohnya?
Reading Time: 3 minutes

Fan token adalah salah satu terobosan baru di dunia crypto dan blockchain yang mulai populer. Aset digital ini mulai merambah segmentasi pasar yang cukup berbeda, yaitu penggemar di bidang olahraga. Artikel ini akan membahas lengkap tentang apa itu fan token dan contoh-contohnya. Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Fan Token?

fan token adalah
(socios.com)

Secara harafiah, arti fan token adalah token penggemar. Aset digital ini memang ditujukan untuk para penggemar dunia olahraga, khususnya fans tim sepak bola. Berbeda dengan NFT, fan token bersifat “fungible” atau dapat dipertukarkan layaknya seperti uang fiat.

Fan token sendiri biasanya bisa dipertukarkan dengan merchandise klub olaharga, akses VIP klub, dan masih banyak lagi. Oleh karena itulah, aset ini memainkan peran penting dalam mempererat anggota komunitas klub dan klub yang mereka idolakan.

Baca juga: 25++ NFT Termahal di Dunia, Harganya Capai Miliaran!

Sejarah dan Asal Mula Fan Token

Seorang fans sejati memiliki kebutuhan untuk merasa dekat dan terlibat dengan idola kesayangannya, mulai dari mendukung mereka dalam pertandingan, menebak siapa yang memenangkan pertandingan, hingga memilih desain baju utama tim.

Kebutuhan tersebut juga berlaku pada anggota komunitas klub olahraga. Oleh karena itu, sebuah tim membutuhkan sistem yang aman untuk berinteraksi dengan penggemarnya. Di sinilah, fan token tercipta untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Fan token dibuat dalam jumlah terbatas untuk dimiliki oleh para penggemar sejati saja.

Fan token memungkinkan dilakukannya pencatatan pemungutan suara yang aman dan dapat diverifikasi sehingga tim dan para penggemar tidak perlu mengkhawatirkan adanya kesalahan ataupun kecurangan dalam interaksi ini.

Contoh Fan Token

contoh fan token
(socios.com)

Terdapat berbagai platform yang mewadahi jual beli fan token. Bekerjasama dengan berbagai klub sepakbola seperti Arsenal, Paris Saint-Germain, FC Barcelona, Juventus, Atlético Madrid, Manchester City, dan lain-lain, platform tersebut mewadahi kebutuhan jual beli dari para penggemar sepakbola di seluruh dunia.

Berikut ini beberapa contoh fan token list yang populer di kalangan suporter tim sepak bola.

$ACM

Seperti namanya, $ACM adalah fan token milik klub sepak bola Italia, AC Milan yang memungkinkan para penggemar klub sepakbola AC MIlan untuk ikut terlibat dalam pengambilan keputusan dalam klub tersebut.

$INTER

Sementara itu, $INTER fan token adalah milik klub sepak bola Inter Milan. Beberapa keistimewaan yang bisa didapatkan dari pemegang Inter Fan token adalah ikut terlibat dalam pengambilan keputusan tim, mengakses fitur-fitur VIP hingga mendapatkan produk official dari klub tersebut.

$BAR

$BAR adalah FC Barcelona fan token, yang mana seperti namanya merupakan fan token milik klub sepak bola Barcelona. Beberapa kelebihan yang bisa dirasakan pemegang $BAR fan token adalah akses VIP ke pertandingan Home League, Cup hingga Liga Eropa.

Fan Token Asal Indonesia

Baru-baru ini klub sepak bola asal Indonesia, yaitu Persib Bandung juga mengumumkan proyek fan token mereka. Fan token lokal asal Indonesia dari Persib dikenal dengan nama $PERSIB.

Fungsi Fan Token

Sebenarnya, fungsi dan manfaat fan token ini pun sangat beragam, tergantung dari kebijakan dari klub sepak bola yang mengeluarkan token tersebut.

Beberapa contoh fungsi fan token adalah sebagai berikut.

  • Salah satu fungsi fan token adalah memberi hak kepada pemiliknya untuk memberikan suara pada jajak pendapat tim secara resmi. Suara tersebut berguna untuk membantu tim membuat keputusan tertentu yang terkait dengan para penggemar.
  • Pemegang token juga mendapatkan keuntungan berupa sejumlah fasilitas penggemar yang sifatnya eksklusif, misalnya hadiah dan merchandise VIP, akses khusus ke komunitas penggemar hingga berbagai acara resmi klub.

Bisa dikatakan, fan token adalah pintu emas bagi penggemar. Pemegang token memiliki kekuatan untuk membentuk masa depan tim. Inilah yang membuat fan token menarik banyak minat para penggemar.

Berbicara tentang NFT, fan token, dan crypto. Belakangan ini, minat masyarakat terhadap investasi crypto pun semakin meningkat. Sebut saja per Desember 2021 lalu, jumlah investor crypto di Indonesia bahkan telah mencapai 11 juta orang.

Untuk kamu yang tertarik berinvestasi crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu di App Store dan Play Store kamu masing-masing sekarang! Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja.

Pintu juga memiliki fitur Pintu Earn, yang memungkinkan kamu untuk melakukan investasi crypto dengan menyimpan sejumlah aset crypto kamu dan mendapatkan bonus hingga belasan persen per tahun. Lumayan banget, bukan?

Referensi

CoinMArketCap. What are Fan Tokens. Diakses pada Kamis, 16 juni 2022.

Socios. Fan Tokens. Diakses pada Kamis, 16 juni 2022.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->