Apa itu PFP NFT dan 5 Contohnya yang Populer?

Updated
June 10, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu PFP NFT dan 5 Contohnya yang Populer?
Reading Time: 4 minutes

PFP NFT adalah salah satu jenis non-fungible token yang memiliki spesifikasi unik dibanding jenis NFT lainnya. Istilah PFP merujuk pada penggunaan NFT sebagai representasi seseorang melalui foto profil akun media sosialnya, contohnya pada Twitter atau Instagram. Dalam artikel ini, akan dibahas lengkap mengenai apa itu PFP NFT dan 5 contoh PFP NFT paling populer yang banyak digunakan. Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu PFP NFT?

Sebagaimana umum diketahui para pecinta NFT, banyak tokoh-tokoh ternama dunia yang mengoleksi karya NFT. Mereka juga sering menggunakan salah satu koleksinya sebagai foto profil di Twitter atau Instagram. Contohnya saja, seseorang yang menggunakan NFT CryptoPunks sebagai foto profil akun media sosialnya.

PFP NFT adalah singkatan dari Profile Picture Non-fungible Token. Secara sederhana dapat dipahami sebagai NFT yang difungsikan sebagai gambar avatar dari pemilik atau kolektornya. Ide NFT yang mewakili avatar digital ini terinspirasi oleh proyek CryptoPunks pada tahun 2017.

Dari proyek tersebut, orang-orang terinspirasi untuk mengaitkan diri mereka dengan karakter yang ada pada ribuan gambar dengan beragam gaya penampilan pada berbagai koleksi NFT.

Dalam perkembangannya, hubungan antara NFT dan profil media sosial semakin dikuatkan ketika Twitter mulai menawarkan fitur verifikasi untuk memasikan keaslian dari profil NFT yang digunakan.

Baca juga: 20+ NFT Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!

5 Contoh PFP NFT Terpopuler

CryptoPunks

gambar cryptopunks
(larvalabs.com)

Proyek CryptoPunks sebagai proyek PFP NFT disebut sebagai pelopor fenomena penggunaan karya NFT sebagai foto profil media sosial. CryptoPunks adalah proyek NFT visual yang terdiri dari 10.000 karya avatar ‘alien’ dengan gaya yang unik.

Proyek ini sendiri didesain oleh John Watkinson dan Matt Hall, di bawah naungan Yuga Labs.

Bored Ape Yacht Club

gambar nft bored ape yacht club
(opensea.io)

Bored Ape Yacht Club (BAYC) adalah PFP NFT yang kemunculannya menyaingi popularitas CryptoPunks. Proyek ini sendiri dinaungi oleh perusahaan yang sama dengan CryptoPunks, yaitu Yuga Labs.

BAYC adalah NFT visual dengan kera sebagai karakter dasar avatarnya. Koleksinya juga berisi 10.000 NFT unik. Proyek BAYC baru dimulai pada tahun 2021. Proyek ini paling dikenal karena dikoleksi oleh artis-artis dunia. Justin Bieber dan Madonna adalah nama yang bisa kamu temukan sebagai kolektor BAYC.

Meebits

gambar nft meebits
(meebits.app)

Meebits adalah avatar model 3D yang dinaungi oleh Larva Labs. Proyek ini memiliki koleksi 20.000 aset NFT dalam format voxel. PFP NFT ini dapat dengan mudah ditemukan di pasar NFT berbasis Ethereum seperti OpenSea.

Banyak yang tertarik mengoleksi Meebits karena avatar 3D ini memiliki ciri khas unik, yaitu dapat bergerak selayaknya orang yang sedang berdansa.

Cool Cats

gambar nft cool cats
(opensea.io)

Proyek NFT ini menarik banyak para pecinta kucing karena bisa menggunakan NFT kucing yang unik dan lucu sebagai foto profil media sosial mereka. Cool Cats sebenarnya adalah NFT yang berbasis game hewan peliharaan. Koleksi NFT ini terdiri dari sekitar 9.999 NFT sejak diluncurkan pada Juli 2021 lalu.

Sup Ducks

pfp nft adalah
(supducks.com)

Proyek PFP NFT gagasan seniman bernama Franky Nines. Nines mengepalai perusahaan MegaVolt Corp dan meluncurkan NFT ini pada bulan Juli 2021 lalu. Sebelumnya, Nines bekerja sebagai desainer untuk Dapper Labs, Zynga, dan NFT 42. Proyek NFT PFP Sup Ducks terdiri dari 10.000 aset NFT dengan karakter bebek yang memiliki beragam ekspresi dan gaya yang berbeda.

PFP NFT adalah salah satu bentuk pemanfaatan karya seni NFT yang banyak diminati oleh kolektor yang ingin menunjukkan citra otentik tentang diri mereka. Karya seni ini bisa berfungsi sebagai identitas maupun investasi.

Berbicara tentang investasi, selain NFT, investasi aset crypto seperti bitcoin, ETH, dan aset crypto lainnya juga sedang menarik minat masyarakat dunia nih, termasuk Indonesia. Buat kamu yang ingin berinvestasi crypto tapi tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang!

Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja lho! Pintu juga menyediakan berbagai fitur istimewa yang bisa mendukung investor pemula, di antaranya:

Referensi:

Geek Flare. 11 Best PFP NFT Projects to Watch Out for in 2022 – Geekflare. Diakses pada Sabtu, 28 Mei 2022.

Coindesk. What Are PFP NFTs?. Diakses pada Sabtu, 28 Mei 2022.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->