Pintu Blog
/
Investasi 101
/
Apa Itu Leverage Dalam Crypto dan Fungsinya?...

Apa Itu Leverage Dalam Crypto dan Fungsinya?

July 28, 2021
Combined Shape 2
3 Menit
Bagikan
Gambar Apa Itu Leverage Dalam Crypto dan Fungsinya?
Reading Time: 3 minutes

Belakangan ini, semakin banyak orang yang tertarik melakukan trading aset crypto. Beragam metode bisa digunakan untuk mendapatkan keuntungan trading yang lebih besar. Salah satunya adalah dengan menggunakan cara leverage. Lalu, apa itu leverage dalam crypto dan fungsi leverage dalam trading? Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Leverage?

Leverage adalah strategi investasi dimana investor menggunakan utang (modal pinjaman) untuk meningkatkan potensi pengembalian investasi mereka.

Tujuannya adalah untuk melipatgandakan potensi keuntungan dari sebuah proyek. Namun di sisi lain, strategi leverage ini juga bisa meningkatkan risiko kerugian apabila investasi tidak berjalan dengan baik.

Apa Itu Leverage Dalam Trading?

apa fungsi leverage dalam trading

Leverage dalam trading sendiri terjadi ketika seorang trader meningkatkan posisi investasi mereka dengan menggunakan berbagai instrumen mulai dari kontrak option, kontrak future, maupun akun margin. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan return yang bisa mereka peroleh.

Apa Fungsi Leverage dalam Trading?

Secara umum, fungsi leverage dalam trading adalah untuk meningkatkan daya beli trader di pasar aset sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan maksimal meski modal pribadi mereka relatif kecil.

Lalu, apa itu leverage dalam crypto?

Penggunaan leverage dalam crypto akan membuat trader bisa mendapatkan keuntungan berkali lipat ketika harga aset crypto naik. Di lain sisi, trader juga bisa kehilangan uang yang sangat besar apabila harga aset crypto justru mengalami penurunan dan mereka harus menjual aset dengan harga yang lebih rendah dibandingkan harga beli.

Oleh karena itu, trader harus bijak dalam menggunakan strategi ini ketika trading dan memastikan bahwa mereka memiliki dana cadangan dari instrumen investasi lain untuk menutupi kerugian yang mungkin terjadi dari leverage aset crypto.

Baca juga : 3 Strategi Trading Crypto dari Tokoh Ternama Sillicon Valley

Apa itu Leverage Ratio?

apa itu leverage ratio

Dalam strategi ini, dikenal pula istilah leverage ratio. Leverage ratio sendiri merupakan perbandingan antara modal awal yang dimiliki trader dengan nilai aset yang bisa ia peroleh setelah melakukan leverage.

Apa itu Leverage 1:100?

Ada beberapa tingkatan leverage dalam crypto yang ditawarkan oleh berbagai broker untuk para investor. Biasanya leverage ini digambarkan sebagai rasio seperti 10x, 20x, 50x, hingga 100x.

Sederhananya, leverage ratio 1:100 berarti untuk $1 yang kamu miliki, kamu bisa melakukan trading aset dengan nilai mencapai $100.

Apa itu Leverage 1:3000?

Memiliki leverage besar dalam crypto pastinya akan sangat menguntungkan khususnya bagi mereka yang hanya memiliki modal kecil. Ketika kamu memiliki rasio 1:3000, berarti bahwa untuk setiap dolar yang kamu miliki, kamu akan bisa melakukan trading aset dengan nilai mencapai $3000.

Untuk lebih jelasnya mengenai konsep leverage ratio, simak contohnya di bawah ini.

Bagaimana Cara Kerja Leverage Dalam Trading?

Misalnya saja, kamu ingin membeli aset bitcoin di broker atau exchange crypto karena melihat peluang yang luar biasa dari aset ini. Sayangnya, saat ini kamu hanya memiliki uang sebesar $1000 padahal kamu berniat untuk membeli bitcoin dengan nilai lebih dari $1000.

Untuk meningkatkan potensi keuntungan, kamu meminjam uang sejumlah $9000 dari broker atau exchange bersangkutan. Sekarang, kamu memiliki dana sebesar $10.000 yang bisa kamu gunakan untuk trading crypto sesuai dengan jumlah eksposur yang kamu inginkan.

Jika dihitung dari segi leverage ratio, berarti dari modal awal kamu yang awalnya hanya $1000, kamu bisa membeli aset bitcoin senilai $10.000. Dalam hal ini, leverage ratio dari strategi yang kamu lakukan bernilai 1:10 atau 10x.

Namun, perlu diingat bahwa strategi ini juga memiliki risiko yang tinggi. Anggaplah jika harga bitcoin bergerak sebesar $10. Karena trading kamu berada di leverage 10x, maka pergerakan tersebut akan senilai dengan $100. Baik harga aset naik atau turun, kamu akan mengalami dampak 10 kali lipatnya dari pergerakan tersebut.

Namun asalkan strategi ini dilakukan secara berhati-hati dengan perencanaan yang matang, tentunya kamu juga bisa memperoleh keuntungan yang sangat besar.

Oleh karenanya, pastikan kamu belajar crypto terlebih dahulu untuk lebih memahami teknologi di balik aset crypto yang kamu tradingkan sekaligus tips dan trik trading crypto.

Cek juga selalu pergerakan harga aset crypto terkini untuk melihat peluang yang bisa kamu ambil. Jual beli aset crypto di Pintu bisa dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Author
Cornelia Lyman
Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.