Apa Itu Marketplace Axie Infinity?

Updated
February 4, 2022
‚ÄĘ Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa Itu Marketplace Axie Infinity?
Reading Time: 4 minutes

Seiring dengan meningkatnya popularitas game Axie Infinity, semakin banyak pula pegiat crypto yang tertarik untuk bermain dan melakukan perdagangan Axies (hewan peliharaan digital). Marketplace Axie Infinity adalah platform yang bisa mewadahi seluruh kegiatan perdagangan tersebut. Simak detail mengenai apa itu marketplace Axie Infinity dalam artikel berikut ini!

Baca juga: 7 Game NFT Gratis Terpopuler di 2022, Sudah Tau?

Apa itu Marketplace Axie Infinity?

Marketplace Axie Infinity adalah pasar online resmi dari game Axie Infinity. Di platform ini, pengguna dapat melakukan jual beli berbagai Axies, Land, Item, dan berbagai Bundle yang digunakan dalam permainan. Marketplace Axie sendiri juga bisa dikategorikan sebagai marketplace NFT.

Ketika masuk ke laman resmi marketplace Axie Infinity, pengguna dapat melihat daftar Axies yang dilengkapi dengan harga, statistik kekuatan Axie, penawaran terbaru, dan sisa waktu lelang. Pengguna juga bisa memantau data penjualan Axies, volume penjualan, dan jumlah Axies yang terjual dalam periode tertentu.

Berbeda dengan beberapa marketplace NFT lainnya, marketplace Axie Infinity tidak mendukung pembayaran melalui kartu kredit atau Paypal. Mereka hanya menerima transaksi dari dompet Ronin yang terintegrasi ke jaringan Ethereum atau pembayaran dari beberapa platform exchange yang tersedia.

Fungsi Marketplace Axie Infinity

Fungsi utama dari marketplace Axie Infinity adalah melayani transaksi jual beli Axies, Land, Item, dan berbagai paket gabungan yang dibutuhkan oleh pemain untuk bermain dalam game Axie Infinity.

Marketplace Axie Infinity merupakan marketplace yang memiliki sedikit perbedaan dengan pasar NFT lain. Pasalnya, platform ini hanya difungsikan untuk jual beli karakter dan item dalam game Axie Infinity. Jadi, kamu tidak akan bisa menemukan berbagai koleksi seni seperti lukisan digital, karakter, kartu olahraga, atau musik.

Marketplace Axie Infinity diluncurkan dan dibuka untuk presale pada Februari 2018. Platform ini mulai dibanjiri pengguna dan mencatat banyak transaksi sejak September 2020. Data statistik dari DApp Radar menunjukkan jumlah transaksi harian di marketplace ini bahkan mencapai 2.200 dengan volume perdagangan harian sebesar $87.070 per 27 September 2020.

Dilansir dari laman Coindesk, Sebastian Sinclair mengungkap bahwa marketplace Axie Infinity berhasil mencatatkan rekor harga tertinggi untuk NFT Axies pada Februari lalu. Land yang merupakan properti virtual dalam game Axie Infinity berhasil terjual pada harga 888 ETH (kurang lebih senilai $1,5 juta).

Cara Jual Beli Axies di Marketplace Axie Infinity

Di marketplace, transaksi jual beli Axies diwadahi dalam bentuk timed auction. Penjual akan menetapkan harga awal, harga akhir, dan durasi lelang yang biasanya cukup panjang. Sepanjang waktu pelelangan, harga Axies sendiri bisa berfluktuasi. Oleh karena itu, pembeli harus mengatur strategi yang tepat ketika akan membeli atau menjual Axies.

Cara Menjual Axies di Marketplace Axie Infinity

Pilih Axies

cara menjual axies

 

Masuk ke akun Axie Infinity di marketplace, pilih Tab Inventory, dan pilih Axies yang ingin dijual. Pastikan bahwa akun milikmu sudah ditautkan dengan dompet Ronin.

Tentukan Harga dan Metode Penjualan

cara menual axies di axie inifinity

Pada dialog box “Sell Axie“, kamu bisa memilih opsi Fixed Price (penjualan dengan harga tetap) atau Auction (pelelangan). Lengkapi informasi mengenai harga awal, akhir, dan durasi lelang.

Konfirmasi Data Penjualan

cara jual axies

Pastikan data metode penjualan, harga, dan durasi penjualan telah benar. Jika sudah, klik “Confirm“. Maka Axies yang hendak kamu jual akan langsung tampil di marketplace.

Membatalkan Penjualan

Jika kamu ingin membatalkan penjualan Axies atau mengubah harga jualnya, klik pada Axies yang dijual di marketplace. Setelah itu, pilih opsi ‚ÄúCancel Selling‚Äú. Klik ‚ÄúConfirm‚ÄĚ untuk mengonfirmasi pembatalan penjualan.

Cara Beli Axies di Marketplace Axie Infinity

Selain difungsikan untuk menjual Axies, marketplace Axie Infinity adalah tempat pembelian Axies juga. Jika kamu ingin membeli Axies di marketplace, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Isi dompet MetaMask dengan ETH

cara beli axies dengan ronin

Pembelian ETH dapat dilakukan melalui platform exchange yang bisa terhubung dengan Metamask atau melalui jaringan Ronin Ramp. Kamu tinggal mengakses laman Ronin Chain, Pilih ‚ÄúPurchase‚ÄĚ pada token yang ingin dibeli, lalu klik ‚ÄúProceed‚Äú.

Cari Axies yang Ingin Dibeli

cara pilih axies untuk dibeli

Masuk ke laman marketplace Axie Infinity. Cari Axies yang diinginkan. Kamu bisa melakukan filter jenis Axies, mulai dari tipe dan level Axies, serta statistik berupa skill (kekuatan, kecepatan, kesehatan, dan moral).

Membeli Axies

Klik pada Axies yang ingin kamu beli untuk melihat detail harga, statistik Axies, dan riwayat penjualannya. Jika sesuai, kamu bisa membelinya dengan klik “Buy Now“. Konfirmasi data transaksi pembelian, lalu pilih “Confirm“.

Itu tadi pembahasan mengenai marketplace Axie Infinity, cara membeli hingga cara menjual Axies milikmu.

Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading token AXS yang digunakan dalam Axie Infinity, download Pintu sekarang! Jual beli crypto di Pintu bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Axie Handbook, Buying Your First Axies. Diakses tanggal: 26-10-21.

Coindesk, Virtual Property Sells for $1.5M in Ether, Smashing NFT Record. Diakses tanggal: 26-10-21.

Coingecko, Axie Infinity: How to Sell Axies. Diakses tanggal: 26-10-21.

Cryptowisser, Axie Infinity Marketplace. Diakses tanggal: 26-10-21.

DappRadar, Axie Marketplace Statistics. Diakses tanggal: 26-10-21.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->