Pintu Blog
/
Crypto dan Blockchain
/
Apa Itu NFT dan Mengapa Harganya Fantastis?...
Apa Itu NFT dan Mengapa Harganya Fantastis?
Combined Shape 2
2 Menit
Bagikan
Reading Time: 2 minutes

Masih ingat dengan fenomena CryptoKitties yang sempat naik daun di tahun 2017 lalu? Permainan besutan Axiom Zen ini memungkinkan pemainnya untuk membeli, merawat, dan memperjual belikan kucing virtual berdasarkan sistem NFT.

Baca Juga: Lindsay Lohan Terjun ke NFT dengan Melelang Karyanya

Di tahun 2021, istilah NFT kembali dibicarakan setelah namanya semakin populer di industri game dan digital art dengan nilai menyentuh angka miliaran rupiah. Untuk mengetahui lebih detail tentang aset crypto satu ini, berikut penjelasan lengkapnya.

Apa Itu NFT?

Penggunaan internet secara masif membuat sebaran data semakin tak terkendali, termasuk distribusi karya digital. Saat memasuki dunia maya, sering kali kita merasa bias ketika harus menentukan mana karya asli dan karya mana yang duplikasi.

Padahal, sekalipun sebuah karya diproduksi dalam bentuk digital, ciptaan tersebut tetap memiliki kekayaan intelektual yang harus dilindungi. Di sinilah peran NFT. Non-Fungible Token merupakan token digital yang dibangun menggunakan sistem blockchain.

Sederhananya, NFT mirip sertifikat keaslian yang dimiliki secara eksklusif oleh seseorang. Di dalam aset tersebut memuat informasi terkait pemilik awal, pemilik akhir, dan penerbit token. Berbeda dengan Bitcoin, aset crypto ini tergolong unik karena setiap NFT bisa saja memiliki nilai berbeda. Selain itu, Non-Fungible Token juga tidak bisa ditukar dengan mata uang kripto lainnya.

Inilah alasan mengapa proses lego aset crypto satu ini menggunakan sistem lelang. Beberapa contoh produk digital yang bisa didaftarkan sebagai Non-Fungible Token adalah musik, video, gambar, game, dan e-book.

Bagaimana Cara Kerja NFT?

Mari ambil contoh gambar digital Monalisa. Secara teknis, ketika foto Monalisa yang asli diterbitkan sebagai Non-Fungible Token, pertama file JPEG-nya akan disimpan pada IPFS—jaringan komputer peer to peer, dalam bentuk kode hash.

Bila suatu hari ada gambar serupa yang direkam kembali oleh IPFS, hasilnya akan invalid karena data tersebut sudah ada sebelumnya. Di sisi lain, kode hash juga berfungsi sebagai identitas penyimpanan di blockchain.

Selanjutnya, kode hash gambar Monalisa akan diproses lagi menggunakan smart contract hingga menghasilkan token digital yang unik. Token inilah yang disebut sebagai NFT. Jadi, pada dasarnya ketika seseorang membeli aset Non-Fungible Token, artinya ia hanya mendapatkan sertifikat keasliannya, bukan membeli file gambarnya.

Mengapa NFT Begitu Booming?

Melesatnya Non-Fungible Token tak lepas dari campur tangan para pesohor dunia, sebut saja Jack Dorsey. Dilansir dari laman Tempo, bos Twitter ini menjual tweet pertamanya sebagai Non-Fungible Token. Hingga saat ini harga tweet pertama Jack Dorsey berhasil menembus $2.9 juta atau setara Rp42 miliar.

Selain Jack Dorsey, seniman digital Mike Winkelmann “Beeple” juga sempat menarik perhatian dunia setelah melelang karya miliknya yang berjudul “Everydays: The First 5000 Days” sebagai NFT dengan harga $69 juta atau sekitar Rp994 miliar. Benar-benar harga yang fantastis bukan?

Di luar sana masih banyak lagi fenomena Non-Fungible Token yang dijual dengan harga selangit, seperti laporan dari Kompas yang menyebutkan karya DJ Steve Aoki dijual kepada CEO T-Mobile John Legere seharga Rp12,9 miliar. Ada lagi video berdurasi 50 detik karya Grimes dilego sebesar Rp5,6 miliar. Lalu meme “Nyan Cat” seharga Rp8,1 miliar, dan meme “Bad Luck Brian” senilai Rp545 juta.

Baca Juga: Apa Itu Bitcoin? Ketahui Definisi dan Cara Kerjanya Di Sini

Sebuah berita dari CNBC Indonesia menyebutkan pendiri sekaligus managing partner SpiCE VC, Tal Elyashiv, memprediksi tren NFT akan bertahan lama. Pernyataan tersebut juga didukung oleh salah satu penjual Non-Fungible Token, Shelupinin, yang mengatakan bahwa pasar Non-Fungible Token bisa terus berkembang selama teknologi mata uang digital terus tumbuh.

Teman Pintu, apa kamu tertarik untuk memiliki aset crypto? Sebagai langkah pertama kamu bisa mengunduh aplikasi Pintu dan mulai investasi crypto kamu sekarang. Yuk download sekarang juga di sini!

Bagikan
Artikel Terkait

Aplikasi Jual/Beli Bitcoin dan Crypto.

Mudah. Praktis. Instan.

Download Aplikasinya sekarang
Terdaftar dan Diawasi
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.