Apa itu NFT Artist dan Siapa Saja NFT Artist Terpopuler?

Updated
March 31, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu NFT Artist dan Siapa Saja NFT Artist Terpopuler?
Reading Time: 4 minutes

Dibalik karya NFT, pastinya terdapat NFT Artist dengan bakat dan kreativitas yang luar biasa. Apa itu NFT artist? Artikel ini akan membahas lengkap tentang NFT artist, termasuk siapa saja NFT artist terpopuler saat ini. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: 20 NFT Termahal di Dunia, Harganya Capai Miliaran?

Apa itu NFT Artist?

Layaknya sebuah karya seni memiliki pencipta atau pembuatnya, NFT artist adalah sosok kreator karya NFT.

Umumnya karya seni NFT berbentuk foto atau karya visual, karya audio, karya video, atau penggabungan ketiganya.

Seorang NFT artist biasanya adalah seorang seniman di dunia nyata yang mengubah karya seninya menjadi token non-fungible sehingga dapat dipasarkan di marketplace NFT.

Hal ini ditujukan untuk menambah nilai kelangkaan dan keunikan terhadap sebuah karya seni sehingga tidak dapat dipertukarkan dengan yang lain.

Namun, NFT artist bisa juga merupakan pengguna biasa yang tidak memiliki profesi seniman. Sebab, patokan keunikan NFT dengan karya seni di dunia riil memiliki penilaian yang berbeda.

Dari penjelasan tersebut, bisa ditarik kesimpulan sederhana bahwa definisi NFT artist adalah kreator dari token non-fungible.

Baca juga: Apa NFT Pertama di Dunia yang Pernah Ada?

Siapa Saja NFT Artist Terpopuler?

nft artist terpopuler dunia
(youtube.com)

Saat ini publik telah mengenal banyak nama NFT artist. Di antara nama-nama tersebut, berikut ini lima nama NFT artist terpopuler yang banyak dibicarakan di pasar NFT:

Beeple

Mike Winkelmann adalah nama asli dari kreator NFT yang dikenal dengan Beeple. Karya NFT-nya, Everyday’s: The First 5000 Days”, pernah diikutsertakan dalam lelang bersejarah oleh rumah pelelangan Christie’s dan terjual seharga $69.346.250,00.

MATTDESL

Nama asli kreator NFT ini adalah Matt DesLauriers. Ia membuat NFT dalam bentuk gambar bergerak 3D hingga bentuk geometris. Karyanya yang paling mahal berjudul Meridian, menciptakan bentang alam dari banyak sapuan warna kecil, terjual seharga $33.322.66.

Mad Dog Jones

Artis kelahiran Kanada yang menggabungkan musik dan seni visual menjadi NFT. Salah satu karyanya, “Replicator,” menceritakan mesin fotokopi dengan lampu pengatur waktu dan seekor kucing yang mendengkur di lantai dalam siklus harian yang terus berulang. Karya tersebut terjual seharga $4,144,000,00 pada April 2021.

Zeblocks

Mewakilkan nama Guillaume dan Sebastian, seniman animasi ini berhasil menjual karya mereka dengan harga sekitar $14.337,78. Mereka telah berhasil menjual lebih dari 1.000 karya.

WhiIsBe

Kreator NFT anonim dengan seni visual “jalanan” berupa seri vandal Gummy Bear (permen beruang kenyal) yang ikonik. WhiIsBe telah menjual 5.982 NFT dengan rata-rata harga $2.836,89 per penjualan. Karyanya yang paling mahal berjudul Not Forgotten, But Gone, terjual pada $1.000.000.

Daftar NFT Artist Indonesia

nft artist indonesia
(lifestyle.zigy.id)

Selain Ghozali, saat ini telah banyak seniman Indonesia yang memasarkan karyanya dalam bentuk NFT. Dikutip dari Instagram ID NFT, berikut ini  5 NFT artist Indonesia yang cukup populer.

Karafuru

Nama pengguna seniman ilustrasi Willy WD yang disebut sempat menghebohkan platform OpenSea. Karafuru menawarkan konsep minting dengan kejutan dari 12 karakter unik koleksinya.

SuperlativeSS

NFT artist ini merupakan tim dari Prasdiman dan Witjk. Karya NFT mereka mengusung tema visual karakter yang unik dan penuh warna bertema serikat pekerja abad pertengahan.

Diela Maharani

Seniman ilustrasi yang mulai bergelut di dunia NFT setelah pengalaman 13 tahun bekerja dengan merk pasar besar di dunia seperti Apple, Instagram, Adidas, dan lain-lain.

Monica Imelda

Kreator visual yang memadukan ilustrasi karakter dengan paduan warna negatif yang unik dan penuh emosi.

Qiqi 3D

Qiqi 3D adalah kreator NFT dengan nama pengguna Muhammad Rizqi Ariffudin, seorang seniman karya visual 3D yang telah memulai memasarkan karyanya di pasar NFT sejak kelas 1 SMA.

Ykha Amelz

Pemilik akun IG @ykhaamelz ini merupakan ilustrator asal Indonesia yang ikut terjun ke dunia NFT. Beberapa contoh karyanya adalah Cyborg No.88, Battle of the Bubs, dan Wide Awake yang memiliki ciri khas penggabungan antara kartun/komik dengan paduan warna yang kuat dan unik.

Adimas Bayu

Ilustrator komik strip ini pastinya sudah tidak asing lagi. Melalui akun IG @masdimboy, ia kerap membagikan cerita menarik dalam bentuk komik strip empat panel. Baru-baru ini, ia juga mulai terjun ke dunia NFT dengan menggunakan blockchain Tezos.

Nah, itulah informasi mengenai apa itu NFT artist dan sejumlah nama NFT artist populer di Indonesia dan dunia.

Selain NFT, berbagai aset crypto lain juga menarik minat banyak investor. Sebut saja The Sandbox yang mengalami peningkatan nilai hingga 326% per 29 Maret 2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang!

Pintu adalah aplikasi crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Untuk memudahkan investasi kamu, Pintu menyediakan berbagai fitur istimewa diantaranya:

  • Pintu Akademi, pusat belajar crypto dari awal meliputi strategi trading, dasar-dasar crypto, blockchain, dan lain sebagainya.
  • Pintu Earn, fitur khusus Pintu di mana kamu bisa earn crypto secara mudah dengan bunga capai 4%/tahun cukup dengan menyimpan aset kamu di dompet Earn.
  • PTU Staking, staking crypto aset PTU untuk mendukung ekosistem Pintu sekaligus memperoleh berbagai keuntungan seperti bonus komisi Referral Pintu dan keuntungan lainnya.

Referensi:

ID NFT. Diakses pada Kamis, 24 Maret 2022.

Gotham. The 20 Top-Selling NFT Artists to Collect Right Now. Diakses pada Kamis, 24 Maret 2022.

99 Designs. NFT art: what is it, how it works and what it means for the creative industry. Diakses pada Kamis, 24 Maret 2022.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->