Apa itu Rasio MVRV Crypto?

Updated
March 28, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Rasio MVRV Crypto?
Reading Time: 4 minutes

Dalam dunia crypto, terdapat banyak rasio yang digunakan untuk menganalisis sebuah aset crypto, salah satunya adalah MVRV. Apa itu rasio MVRV dan bagaimana cara menggunakannya dalam trading dan investasi crypto? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: 4 Indikator Trading Crypto Terbaik yang Wajib Kamu Perhatikan

Apa itu Rasio MVRV?

apa itu rasio mvrv crypto

Market value to realized value ratio atau rasio MVRV adalah rasio sekaligus indikator on-chain dari Bitcoin yang mengukur kapitalisasi pasar dan membandingkannya dengan kapitalisasi realisasinya.

Lebih dalam lagi, rasio MVRV dapat dijelaskan sebagai suatu perbandingan antara:

  • Kapitalisasi Pasar, yang mencerminkan nilai penawaran atau nilai pasar aset pada saat ini; dan
  • Kapitalisasi Realisasi (Realized cap), yang mencerminkan dasar biaya pasokan atau nilai yang terkandung dalam suatu aset.

Rasio MVRV digunakan untuk mengetahui kapan harga aset berada di atas maupun di bawah nilai wajar, serta menilai profitabilitas atau kinerja pasar. Nilai rasio di atas satu menjadi penanda bahwa kapitalisasi pasar lebih besar daripada kapitalisasi yang direalisasikan. Nilai rasio yang sangat tinggi mengindikasikan bahwa nilai kapitalisasi pasar terlalu tinggi.

Tidak sampai di situ, adanya penyimpangan ekstrim antara nilai kapitalisasi pasar dengan nilai kapitalisasi realisasi juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi puncak dan dasar pasar karena masing-masing mencerminkan periode keuntungan dan kerugian yang belum direalisasikan oleh investor.

Fungsi MVRV dalam Investasi dan Trading Crypto

Berdasarkan penjelasan tersebut, berikut ini merupakan beberapa fungsi MVRV dalam investasi, khususnya trading crypto:

Analisis Perilaku Investor Agregat

Pertama, rasio MVRV berfungsi untuk menganalisis perilaku investor agregat saat harga bergerak dari ke atau dari basis biayanya. Hal ini dapat dianggap sebagai model gaya pengembalian rata-rata, di mana batas kapitalisasi realisasi atau basis biaya pasar agregat berfungsi sebagai rata-rata, dan MVRV nantinya akan mengukur penyimpangan terhadap rata-rata tersebut.

Mengetahui Puncak dan Dasar Pasar

Sebagaimana telah dijelaskan pada poin sebelumnya, apabila hasil pengukuran MVRV yang diperoleh melalui perbandingan dua metode penilaian menunjukkan adanya penyimpangan antara nilai kapitalisasi pasar dan realisasi, maka investor dapat mengidentifikasi apakah harga suatu aset investasi sudah sesuai atau tidak dengan nilai sebenarnya.

Hal ini juga berguna untuk mengetahui nilai puncak dan dasar pasar. Bahkan secara historis, MVRV juga dapat digunakan sebagai indikator untuk mengetahui harga atas atau bawah melalui tiga halving.

Pengambilan Keputusan Investasi

Rasio MVRV menghitung nilai kapitalisasi realisasi dan kapitalisasi pasar yang menjadikan beberapa nilai tertentu sebagai patokan yang penting dalam pengambilan keputusan investasi. Nilai tertentu yang dimaksud adalah sebesar 3,7 dan 1.

Apabila nilai rasio MVRV mencapai angka 3,7 maka nilai MVRV telah mencapai kemungkinan teratas pasar sehingga lebih baik investor menjual aset tersebut.

Namun apabila nilai rasio MVRV berada di bawah angka 1, maka nilai MVRV telah mencapai kemungkinan terbawah pasar dan inilah saatnya bagi para investor untuk mengambil posisi long secara bertahap.

Memberi Pertanda Kenaikan Parabola pada Analisis On-Chain

Dikutip dari Yahoo Finance, nilai rasio MVRV dapat memberikan sinyal yang mendahului kenaikan parabola pada analisis on-chain terhadap aset crypto. Pasalnya, kenaikan harga crypto selalu berdampak terhadap peningkatan kapitalisasi pasar.

Hasilnya, nilai kapitalisasi realisasi akan mengalami peningkatan tajam dan melampaui kapitalisasi pasar, yang akan menjadi tanda bullish, di mana kenaikan harga nantinya akan diikuti dengan peningkatan transaksi.

Namun apabila kenaikan tersebut disertai dengan pembacaan indikator turun, dan diikuti dengan divergensi bearish maka kondisi inilah yang disebut sebagai kenaikan parabola.

Bagaimana Cara Menghitung Rasio MVRV?

cara menghitung rasio mvrv

Secara sederhana, rasio MVRV dapat dihitung dengan cara membagi nilai kapitalisasi pasar dan kapitalisasi realisasi atau sebagaimana tertulis pada rumus berikut:

MVRV Ratio = Market Cap Realized Cap

Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, maka berikut ini merupakan beberapa rule of thumb yang perlu diperhatikan:

  • Nilai MVRV > 3,7

Kemungkinan nilai aset sudah mencapai titik tertingginya dan tekanan penjualan juga semakin tinggi. Pada posisi ini, biasanya para trader akan menjual aset crypto-nya.

  • Nilai MVRV < 1,0

Kemungkinan nilai aset sudah mencapai titik terendahnya dan tekanan penjualan semakin rendah. Pada posisi ini, biasanya para trader akan membuka posisi long karena berharap akan adanya kenaikan harga aset di kemudian hari.

Nah, sekarang kamu sudah memahami bukan mengenai apa itu rasio MVRV. Rasio MVRV adalah konsep yang penting dalam dunia investasi crypto. Untuk kamu yang tertarik untuk berinvestasi crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang!

Pintu adalah aplikasi jual beli crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Pintu menyediakan berbagai fitur yang bisa mendukung aktivitas investasi kamu, di antaranya:

  • Pintu Akademi, pusat belajar crypto dari nol hingga ahli meliputi strategi trading, dasar-dasar crypto, blockchain, dan lain sebagainya.
  • Pintu Earn, fitur khusus Pintu di mana kamu bisa earn crypto secara mudah dengan bunga capai 4%/tahun cukup dengan menyimpan aset kamu di dompet Earn.
  • PTU Staking, staking crypto aset PTU untuk mendukung ekosistem Pintu sekaligus memperoleh berbagai keuntungan seperti bonus komisi Referral Pintu dan keuntungan lainnya.

Referensi:

CryptoQuant, MVRV Ratio. Diakses pada 11-03-2022

Murad Mahmudov dan David Puell, Bitcoin Market-Value-to-Realized-Value (MVRV) Ratio. Diakses pada 11-03-2022

Murad Mahmudov dan David Puell, MVRV Ratio. Diakses pada 11-03-2022

Valdrin Tahiri, MVRV Gives Signal That Preceded Previous Parabolic Increase: Bitcoin (BTC) On-Chain Analysis. Diakses pada 11-03-2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->