Definisi Rasio Aktivitas, Jenis, Fungsi, dan Rumusnya pada Akuntansi

Updated
March 21, 2022
• Waktu baca 5 Menit
Gambar Definisi Rasio Aktivitas, Jenis, Fungsi, dan Rumusnya pada Akuntansi
Reading Time: 5 minutes

Mempelajari apa itu rasio aktivitas adalah hal penting yang kamu perlu lakukan jika kamu bekerja sebagai tenaga administrasi atau analis keuangan sebuah perusahaan atau jika kamu baru saja berminat untuk bekerja dalam bidang tersebut.

Dapat dikatakan, rasio aktivitas adalah konsep pengelolaan keuangan mendasar dalam bisnis. Selain definisi, ada jenis, fungsi, rumus yang wajib kamu ketahui. Sebab perhitungan rasio ini berguna dalam mengukur efektivitas keuangan perusahaan secara keseluruhan.

1. Pengertian Rasio Aktivitas 

Rasio aktivitas adalah besaran metrik keuangan yang menunjukkan seberapa efisien perusahaan memanfaatkan aset dalam neraca. Utamanya untuk menghasilkan pendapatan dan keuntungan. 

Fungsi dasar rasio aktivitas adalah membantu analis mengukur bagaimana perusahaan menangani manajemen inventaris. Hal tersebut merupakan kunci kelancaran operasional dan kesehatan fiskal perusahaan secara keseluruhan.

2. Manfaat Menggunakan Rasio Aktivitas pada Bisnis 

Tujuan dasar perusahaan menggunakan rasio aktivitas adalah untuk melihat histori perkembangan perusahaan dari waktu ke waktu. Namun, ada kalanya perhitungan ini digunakan dalam pembandingan dua bisnis yang berjalan pada industri yang sama. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana perusahaan mungkin bertahan di antara kompetitor.

  • Manfaat rasio aktivitas yang pertama adalah membantu investor dan analis keuangan mengukur seberapa efisien perusahaan menggunakan asetnya untuk menghasilkan pendapatan dan uang tunai. 
  • Rasio aktivitas adalah besaran yang memberi informasi perkembangan aset. Data ini berguna jika suatu hari ada masalah penurunan di salah satu lini rasio. Perusahaan dapat mengelola data ini untuk menemukan solusi yang tepat.
  • Rasio aktivitas dihitung berdasarkan pembagian jenis sehingga pengelolaan keuangan dapat dibaca dengan lebih rinci dan rapi. Hal ini meminimalisir adanya kesalahan dan kecurangan.
  • Analisis rasio aktivitas adalah perhitungan yang sederhana sehingga tidak menyulitkan untuk dikelola sebagai data lanjutan. Hal ini juga membantu kemudahan pengambilan kesimpulan dan keputusan dari data tersebut.

Selain beberapa hal tersebut, kamu bisa menemukan banyak kegunaan lainnya dari rasio aktivitas. Sebab perhitungan ini dapat dimanfaatkan untuk analisis pengelolaan keuangan maupun inovasi pengembangan perusahaan. 

Baca juga: 15 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

3. Mengetahui Berbagai Jenis Rasio Aktivitas dan Rumusnya

rasio aktivitas adalah

Tiap jenis rasio mewakili satu aspek pengelolaan keuangan dalam perusahaan. Maka, tiap jenis rasio aktivitas dan rumusnya memiliki perbedaan. Kamu bisa menyesuaikan faktor perhitungannya sesuai apa yang tersedia di perusahaanmu. Jadi, tiap perhitungan ini dikerjakan tergantung pada kebutuhan informasi perusahaan. 

Pada masing-masing jenis rasio ini, kamu akan melihat bahwa data yang kamu hasilkan bisa digunakan untuk analisis lanjutan. Jadi, pada tiap jenis yang diuraikan berikut ini, kamu dapat membaca manfaat tambahan dari menghitung rasio aktivitas.

Beberapa jenis rasio aktivitas adalah:

Rasio Perputaran Total Aset (Total Asset Turnover)

Jika kamu ingin mengetahui kemampuan perusahaan menghasilkan penjualan dengan memanfaatkan semua aset jangka panjang dan jangka pendek yang tersedia, jenis rasio inilah yang perlu kamu hitung.Perusahaan yang mampu menghasilkan penjualan lebih tinggi dengan memanfaatkan asetnya yang diinginkan akan menunjukkan angka yang tinggi pada perhitungan rasio ini. 

Cara menghitungnya dinyatakan sebagai berikut:

Rasio perputaran aset total= Total penjualan bersihTotal aset ratarata

Rasio Perputaran Modal Kerja (Working Capital Turnover )

apa itu rasio aktivitas

Modal kerja adalah jumlah total aset lancar dikurangi kewajiban lancar. Rasio perputaran modal kerja adalah besaran yang menunjukkan efektivitas usaha dalam memanfaatkan modal kerjanya.

Menghitung rasio ini menunjukkan salah satu manfaat rasio aktivitas adalah untuk membantu mengetahui penjualan tahunan bersih selama setahun.

Rasio perputaran modal kerja= Total penjualanModal kerja ratarata

Rasio Perputaran Piutang (Accounts Receivable Turnover)

Rasio perputaran piutang juga dikenal sebagai rasio debitur. Ini adalah jenis rasio aktivitas yang mengukur efisiensi bisnis dalam mengubah piutang menjadi uang tunai.

Dalam hal ini manfaat menghitung rasio aktivitas adalah mengetahui seberapa efisien perusahaan mengumpulkan kredit yang diberikan kepada pelanggannya.

Rasio perputaran piutang= Pendapatan kredit bersihRatarata piutang usaha

Rasio Jangka Hutang Beredar (Days Payable Outstanding)

Salah satu manfaat rasio aktivitas adalah mengukur jumlah hari yang dibutuhkan bisnis untuk membayar faktur dan tagihannya kepada vendor, pemasok, atau perusahaan lain. Rasio ini dibutuhkan jika perusahaan ingin mengetahui seberapa efektif pengelolaan pembayaran hutangnya.

Rasio jangka hutang beredar= Ratarata utang usahaHarga pokok penjualanJumlah hari

Jumlah hari diambil dari jangka waktu yang ingin diukur. Biasanya berkisar pada 90 hari (3 bulanan) atau 365 hari selama setahun. Rasio menunjukkan seberapa baik arus kas dikelola terhadap hutang.

Rasio Perputaran Persediaan (Inventory turnover)

Rasio perputaran persediaan menunjukkan seberapa baik bisnis mengelola tingkat inventarisnya dan seberapa sering mereka dipasok ulang. Dengan demikian rumus rasio aktivitas adalah 

Rasio perputaran persediaan= Harga pokok penjualanPersediaan ratarata

Rasio perputaran persediaan yang rendah dapat menunjukkan kelebihan stok, pemasaran yang buruk, atau permintaan produk yang menurun. Sebaliknya, rasio yang tinggi bisa menjadi indikator manajemen persediaan yang baik atau peningkatan permintaan produk.

Rasio Perputaran Aset Tetap (Fixed asset turnover)

Rasio ini mengukur kemampuan bisnis untuk menghasilkan penjualan dari aset tetap seperti properti, pabrik dan peralatan. Satu faktor yang harus dimasukkan dalam perhitungan rasio aktivitas adalah besaran penyusutan aset.

Rasio perputaran aset tetap= Penjualan bersihAktiva tetapAkumulasi penyusutan

Selain enam jenis rasio aktivitas yang disebutkan di atas, ada beberapa tambahan jenis rasio aktivitas dan rumusnya yang mungkin kamu perlukan. Rasio tambahan ini jarang dibutuhkan sebab perhitungannya kerap sudah diwakili oleh enam jenis rasio yang telah diuraikan sebelumnya.

Rasio Perputaran Aset Lancar (Current asset turnover)

Rasio perputaran aset lancar= Penjualan bersihAset lancar ratarata

Rasio Perputaran Utang (Accounts payable turnover)

Rasio ini digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan membayar utang  kepada kreditor (berapa kali) dalam satu tahun.

Rasio perputaran utang= Total penjualanUtang usaha

Rasio Perputaran Kas (Cash Turnover) 

Rasio perputaran kas= PenjualanKas ratarata+Setara kas

Rasio Siklus Operasi (Operating Cycle)

Rasio siklus operasi= Perputaran piutang (dalam hari)Perputaran persediaan (dalam hari)

Rasio Siklus Konversi Kas (Cash Conversion Cycle)

Rasio siklus konversi kas= Periode konversi persediaan dalam hari+Periode konversi piutang dalam hariPeriode konversi utang (dalam hari)

Kesimpulan

Pada dasarnya tujuan penghitungan rasio aktivitas adalah untuk melihat seberapa cepat perusahaan dapat mengelola aset dan aktivitas keuangannya menjadi pendapatan atau debit untuk menambah keuntungan dan kas. 

Dengan kebutuhan analisis yang berbeda, kamu bisa memadukan beberapa rasio aktivitas tersebut sebagai data sesuai kebutuhan perusahaan. Pada dasarnya rumus tersebut diperoleh dengan membandingkan total pendapatan dengan data keuangan yang ingin dianalisis.

Kesederhanaan model perhitungan ini memungkinkan rasio aktivitas dijadikan sebagai indikator penting dalam laporan keuangan. Kamu bisa menyajikan hasil analisis rasio aktivitas dalam bentuk diagram untuk melihat fluktuasi perkembangan pengelolaan keuangan.

Selain itu, rasio aktivitas adalah satu indikator yang efektif untuk melihat efektivitas bisnis di pasar kompetitor. Kamu bisa mengukur rasio perputaran modal kerja perusahaanmu dan membandingkan dengan rasio modal kerja perusahaan lain dalam industri dan skala yang sama untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat percepatan perkembangan perusahaan. 

Kini kamu mulai paham pentingnya rasio aktifitas dan istilah keangan lainnya. Akan lebih baik jika kamu mulai praktik agar pengetahuan literasi keuanganmu semakin terasah. Salah satunya dengan melakukan trading di pintu.co.id. disana kamu bisa belajar literasi keuangan sekaligus mendapatkan profit. Kamu bisa mulai melakukan trading hanya dengan bermodalkan Rp11.000. Pelajari juga strategi trading lain agar kamu bisa meminimalisir risiko dan memaksimalkan keuntungan.

Sumber:

Will Kenton, Activity ratio definition, diakses tanggal 1 februari 2022

Educba, Activity ratio formula, diakses tanggal 1 februari 2022

Freshbooks, Activity ratio explained, diakses tanggal 1 februari 2022

Wildana Husada
Author
Wildana Husada
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->