Apa Itu Uang Komoditas dan Perbedaannya dengan Uang Fiat?

Updated
November 25, 2021
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa Itu Uang Komoditas dan Perbedaannya dengan Uang Fiat?
Reading Time: 4 minutes

Sebelum adanya uang fiat sebagai alat pembayaran yang sah, uang komoditas menjadi alat tukar menukar pertama di dunia. Apa itu uang komoditas? Simak pengertian uang komoditas, kelebihan dan kekurangannya, serta perbedaan uang fiat dan uang komoditas dalam artikel ini.

Baca juga: 5 Fungsi Asli dan Turunan Uang, Sudah Tau?

Pengertian Uang Komoditas

pengertian uang komoditas

Secara singkat, pengertian uang komoditas adalah segala bentuk uang yang nilainya diukur dari substansi atau nilai guna dari barang tersebut. Sepanjang sejarah,  berbagai bentuk uang komoditas yang pernah digunakan adalah garam, emas, tembaga, teh, gigi hiu, biji kakao, tembakau, atau bahkan hingga bebatuan besar,

Nilai uang komoditas bisa dirasakan langsung oleh pengguna, yang mana akan semakin menambah nilai tukar dari barang itu sendiri. Nilai ini disebut sebagai nilai intrinsik.

Kelebihan Uang Komoditas

Setelah memahami tentang apa itu uang komoditas, kamu juga perlu mengetahui apa kelebihan uang komoditas dibandingkan jenis uang lainnya, sebut saja uang fiat.

Risiko inflasi lebih rendah

Karena uang komoditas didasarkan pada sumber daya yang berbentuk fisik, maka uang ini terlindung dari penurunan nilai akibat inflasi.

Pemerintah tidak bisa menciptakan sumber daya alam tambahan, yang artinya pemerintah tidak bisa mencetak uang kapan saja sesuai keinginan atau kebutuhan. Hal ini berbeda dengan uang fiat, yang mana bisa dicetak terus-menerus, sehingga sangat rentan dengan penurunan nilai.

Tidak terikat aturan pemerintah

Kelebihan lain dari uang komoditas adalah rendahnya kontrol pemerintah terhadap uang tersebut. Kecuali pada kondisi di mana pemerintah memiliki monopoli total atas sumber daya alam yang dijadikan uang.

Dalam hal ini, pemerintah tidak dapat mempengaruhi perilaku pasar dengan cara menciptakan uang baru atau membuat peraturan terkait dengan peredaran uang.

Memiliki nilai intrinsik

Jika uang kertas yang saat ini menjadi alat pembayaran sah meski tidak memiliki nilai intrinsik, maka tidak demikian dengan uang komoditas. Uang komoditas dianggap sebagai sesuatu yang memiliki nilai dalam arti sebenarnya (sebagai utilitas dari barang tersebut), sehingga menjadi media pertukaran yang lebih bisa diterima.

Dapat menjadi aset berharga

Uang komoditas juga bisa menjadi aset kekayaan yang menjanjikan. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan mata uang berbasis komoditas yang lebih lambat dibandingkan pertumbuhan pasar.

Kelemahan Uang Komoditas

Selain memiliki kelebihan yang membuat uang komoditas lebih unggul dibandingkan yang lain, tidak bisa dipungkiri adanya kelemahan pada uang berbentuk barang ini. Berikut adalah beberapa kelemahan uang komoditas:

Mudah rusak

Dari segi sifatnya yang mudah rusak, uang komoditas rentan mengalami devaluasi seiring berjalannya waktu. Terutama jika komoditas tersebut berbentuk barang yang mudah rusak seperti minyak zaitun, gandum, beras, dan bahan makanan lainnya.

Untuk alasan itulah, logam mulia lebih banyak dipilih sebagai uang komoditas. Logam tidak memiliki sifat reaktif dan bisa disimpan dalam waktu lama. Namun logam harus disimpan dengan baik agar tidak terdegradasi, misalnya seperti logam emas dan perak.

Kualitasnya bervariasi

Tidak peduli apapun bentuk komoditasnya, kualitas satu barang dengan yang lain bisa dipastikan tidak sama. Karena perbedaan inilah, barang-barang dengan kualitas yang rendah cenderung lebih mendominasi pasar dan menggeser barang-barang yang sebenarnya memiliki kualitas lebih baik.

Kondisi ini pernah terjadi di Inggris pada abad ke-18, di mana kuda sering digunakan untuk membayar utang. Banyak orang mencoba menggunakan kuda yang sakit untuk membayar utang mereka karena lebih mudah didapatkan.

Pertumbuhan ekonomi lebih lambat

Sumber daya alam membutuhkan waktu lebih lama untuk tumbuh dan berkembang, sehingga pertumbuhan ekonomi menggunakan uang komoditas bisa dipastikan lebih lambat dibandingkan jika menggunakan uang fiat. Dengan uang fiat, pemerintah bisa mencetak lebih banyak uang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat.

Contoh Uang Komoditas

Pada dasarnya, uang komoditas adalah segala sesuatu yang memiliki nilai intrinsik, yaitu memiliki kegunaan lain selain sebagai alat pembayaran atau pertukaran.

Oleh karena itu, beberapa contoh uang komoditas adalah bahan-bahan makanan seperti gandum, beras, dan minyak zaitun hingga logam mulia seperti koin emas dan perak.

Sebelum adanya penerapan uang fiat atau uang kertas, koin emas dan perak lebih banyak disukai sebagai uang komoditas karena tidak mudah rusak dan bisa bertahan lebih lama.

Perbedaan Uang Fiat dan Uang Komoditas

contoh uang komoditas

Secara umum, jenis-jenis uang dibagi menjadi uang komoditas dan uang fiat, yang mana keduanya mewakili metode pembayaran tradisional dan modern. Pada dasarnya, perbedaan uang fiat dan uang komoditas adalah terletak pada bentuknya.

Jika uang komoditas berbentuk barang dengan nilai intrinsik, maka uang fiat berupa uang kertas dan tidak memiliki nilai lain. Uang fiat juga bisa dikontrol peredarannya oleh pemerintah, sementara uang komoditas tidak.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu uang komoditas. Uang tidak hanya bisa digunakan sebagai alat pertukaran dan pembayaran saja, tetapi juga bisa diinvestasikan agar lebih berkembang nantinya. Salah satu instrumen investasi yang  sedang diminati masyarakat saat ini adalah crypto.

Harga The Sandbox Coin, salah satu aset crypto yang mendukung ekosistem video game The Sandbox bahkan telah mengalami peningkatan harga hingga 84% hanya dalam waktu seminggu per 25 November 2021 lalu.

Kamu juga bisa lho memiliki aset crypto pertamamu melalui Pintu. Pintu adalah platform jual beli crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Melalui Pintu, kamu dapat mengecek perubahan harga Bitcoin dan mata uang crypto lainnya setiap saat. Jika kamu belum paham tentang seluk beluk investasi crypto, kamu bisa belajar crypto di Pintu Academy secara gratis.

Baca juga: Perbedaan Karakteristik Uang dan Bitcoin

Referensi:

Bruce Champ dan Scott Freeman, Barter and Commodity Money. Diakses tanggal: 04-11-2021.

The Investopedia Team, What Is Money? Diakses tanggal: 04-11-2021.

Your Money, Commodity Backed Money vs Fiat Money Diakses tanggal: 04-11-2021.

Halo bu, punten ingin titip bantuannya untuk review lagi. hatur nuhun pisan buu

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+