Karakteristik Uang dan Bitcoin

Update 18 Feb 2021 • Waktu Baca 4 Menit
Gambar Karakteristik Uang dan Bitcoin
Reading Time: 4 minutes

Karakteristik uang

Seperti yang sudah kita bahas di bab sebelumnya, “Evolusi uang dari kerang ke mata uang kripto” manusia mencoba mencari bentuk uang yang terbaik dari masa ke masa. Uang terbaik adalah uang yang dapat menyimpan nilai antar waktu dan ruang, serta nilainya tidak dapat naik atau menurun secara tiba-tiba.

Maka dari itu uang harus memiliki karakteristik berikut:

  • Tahan lama – uang seharunya tidak mudah rusak atau dihancurkan.
  • Dapat diverifikasi – uang seharusnya secara mudah diverifikasi keasliannya.
  • Dapat dibagi/dipecah – uang seharusnya mudah untuk dibagi atau dipecah menjadi unit satuan yang lebih kecil untuk transaksi.
  • Sepadan – uang sebaiknya setara dan dapat ditukar satu sama lain dengan kuantitas yang sama. Sebagai contoh, karena berlian memiliki bentuk dan wujud yang berbeda, maka setiap berlian memiliki nilai yang berbeda juga, sehingga berlian sulit untuk digunakan sebagai uang.
  • Langka – suplai uang harus terbatas atau sulit untuk didapat, karena jika tidak, maka suplai uang akan sangat mudah untuk ditambahkan.
  • Diterima secara luas – uang harus dapat diterima di berbagai daerah atau harus memiliki sejarah sehingga uang tersebut dapat menyimpan nilai dalam periode yang lama.
  • Tidak dapat disensor – sebaiknya sulit bagi pemerintah atau perusahaan untuk menghalangi orang menggunakan uang tersebut.

Kita dapat membandingkan bitcoin, uang fiat dan emas melalui karakteristik berikut:

BitcoinGoldFiat Money
Tahan lama⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️
Dapat dipindahkan⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️
Dapat diverifikasi⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️
Dapat dibagi⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️
Langka⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️
Sepadan⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️
Diterima secara luas⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️
Tidak dapat disensor⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️

Tahan lama

Emas adalah pemenang dari sifatnya yang tahan lama. Koin emas yang ditemukan di jaman dahulu kala masih memegang nilai hingga saat ini. Uang fiat kartal seperti uang kertas dapat cepat rusak, tetapi kebanyakan uang fiat saat ini disimpan secara digital sama halnya seperti bitcoin.

Mudah dipindahkan

Bitcoin adalah pemenang dari sifatnya yang mudah untuk dipindahkan. Private keys bitcoin dapat menyimpan milyaran dollar dan dapat dengan mudah dipindahkan melalui aplikasi ataupun hardware wallet. Transaksi bitcoin dapat dikirim kesiapapun di seluruh dunia, dan penyelesaian transaksinya juga selesai dalam hitungan menit, dibandingkan dengan fiat yang bisa memakan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Emas merupakan uang yang paling sulit untuk dipindahkan karena emas memiliki bentuk fisik dan beban berat. Untuk memindahkan emas dari satu tempat ke tempat lain sangatlah mahal. Jadi disaat ada transfer emas biasanya yang dipindahkan hanyalah kepemilikannya saja tapi emas tidak dipindahkan secara fisik.

Dapat diverifikasi

Bitcoin juga pemenang dari sifatnya yang mudah untuk diverifikasi. Emas dan uang fiat bisa diverifikasi melalui tes lampu UV, tes kepadatan, asam nitrat dan sebagainya. Para kriminal sekarang memiliki teknologi mutakhir untuk memalsukan uang kertas bahkan emas, sehingga sangat sulit untuk membedakan mana yang asli dan palsu. Bitcoin dapat di verifikasi melalui kepastian matematika, pemilik bitcoin pun dapat memverifikasi kepemilikan bitcoin mereka melalui kriptografi.

Dapat dipecah

Bitcoin adalah pemenang dari sifatnya yang mudah untuk dipecah. Bitcoin dapat dipecah menjadi 1/seratus juta bitcoin. Uang fiat dapat dipecah hanya menjadi sen yang biasanya adalah 1/seratus. Emas bahkan lebih sulit untuk dipecah karena memilki bentuk fisik.

Langka

Bitcoin memiliki suplai yang terbatas. Hanya akan ada 21 juta bitcoin yang diciptakan. Ini yang membuat bitcoin lebih superior jika dibandingkan dengan emas atau uang fiat. Emas memang dianggap langka, akan tetapi disaat harga emas naik, orang-orang akan termotivasi untuk mencari emas. Disaat suplai emas menjadi lebih banyak, maka harga akan turun kembali. Sedangkan suplai uang fiat tidak terbatas – negara dapat mencetak uang selama pemerintah menganggap itu perlu.

Sepadan

Bitcoin adalah pemenang dari sifatnya yang paling sepadan. Bitcoin sepadan dalam level jaringan karena seluruh bitcoin berbentuk digital dan bitcoin disimpan dalam program bitcoin. 1 BTC memiliki nilai yang sama dengan dua 0.5 BTC. Uang fiat juga cukup sepadan, uang $20 dapat ditukar dengan dua uang $10 dan nilainya tidak akan hilang. Akan tetapi, disaat pemerintah mengeluarkan desain uang baru atau ada uang kartal yang dicabut dari pasar, maka uang fiat bisa menjadi tidak sepadan. Contohnya, pemerintah India memutuskan bahwa uang 1000 Rupee tidak lagi layak dan dapat diterima. Ini membuat uang 1000 rupees tidak lagi sepadan dan berguna. Emas merupakan uang yang kurang sepadan. Walaupun anda berpikir bahwa satu gram emas tidak dapat dibedakan dengan satu gram emas yang lain, kenyataannya, setiap emas batang memilki nilai pasar yang berbeda tergantung dari merek pembuatnya, motif/desain yang dicetak di dalam emas batang tersebut serta nomor serialnya. Sebagai contoh harga 100 gram emas batang Argor Heraeus Cast berbeda dengan 100 gram emas batang Perth Mint dan 100 gram emas batang Credit Suisse.

Diterima secara luas

Emas merupakan pemenang dari segi diterima oleh masyarakat luas. Emas digunakan sebagai uang semenjak abad ketiga. Uang fiat diterima masyarakat semenjak tahun 1971 disaat pemerintah Amerika Serikat memutuskan untuk menghentikan kaitan Dollar AS dengan emas. Bitcoin adalah jaringan uang yang paling muda. Bitcoin diciptakan di tahun 2008-2009 di masa krisis finansial dan disebut sebagai emas digital selanjutnya. Harga bitcoin masih cenderung naik turun karena jaringan penerimaan bitcoin masih dalam tahap perkembangan.

Tidak dapat disensor

Ini adalah karakteristik yang penting di era modern. Bitcoin adalah pemenang sebagai uang yang paling sulit untuk disensor. Jika anda ingin mengirimkan bitcoin senilai milyaran dollar, anda dapat mengirimkannya di dalam jaringan bitcoin tanpa harus meminta izin. Tidak ada orang atau entitas yang dapat menghentikan transaksi tersebut. Uang fiat masih sangat rawan untuk di sensor, bank dapat menutup atau membekukan akun bank jika mereka menganggap ada aktifitas yang mencurigakan. Emas pun juga masih dapat di sensor. Pada tahun 1933, pemerintah Amerika Serikat menyita emas yang dimiliki oleh masyarakatnya melalui Kebijakan Eksekutif 1602

Apa yang membuat Bitcoin menjadi spesial?

Karakteristik tambahan dari bitcoin yang membedakannya dengan emas atau mata uang fiat adalah

Dapat diprogram secara terbuka

Tidak seperti uang fiat atau emas, bitcoin adalah program komputer yang open souce. Programer siapapun dapat melihat kode dan juga berkontribusi dalam pengembangan bitcoin. Programer juga dapat membuat aplikasi yang menggunakan blockchain bitcoin tanpa harus meminta izin. Bitcoin memilki nilai yang sama seperti internet, dimana semua orang dapat menggunakan internet dan membuat aplikasi di atas dari internet.

Terdesentralisasi

Uang fiat dan emas dikontrol oleh pemerintah. Bahkan uang digital seperti Ovo atau Gopay dikontrol oleh perusahaan. Bitcoin adalah uang yang benar-benar terdesentralisasi. Ini karakteristik utama yang membuat bitcoin langka dan tidak dapat disensor

Melalui perbandingan diatas kita dapat melihat bahwa bitcoin memberikan masyarakat cara alternatif untuk menyimpan nilai. Walaupun bitcoin memiliki pro dan kontranya sendiri, masyarakat dapat memilih untuk menggunakan emas, uang fiat dan bitcoin secara bersamaan untuk menyimpan nilai sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kesimpulan

Bitcoin, emas dan uang fiat memilki karakteristik unik yang berbeda antara satu sama lain. Mata uang kripto seperti bitcoin dapat menjadi solusi dari berbagai kekurangan sifat emas dan uang fiat. Bitcoin masih tergolong baru tapi dapat membantu kita untuk menyimpan nilai lebih baik di era digital.

Sumber:

The Bullish Case for Bitcoin – Vijay Boyapati

Planting Bitcoin – Dan Held

Penulis:ichsan

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan