Apa itu NFT Ghozali Everyday? 

Updated
April 7, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu NFT Ghozali Everyday? 
Reading Time: 3 minutes

Salah satu NFT selfie viral di Indonesia yang menghebohkan dunia crypto lokal hingga internasional adalah NFT Ghozali. Simak artikel ini untuk mengetahui apa itu NFT Ghozali Everyday. Artikel ini juga akan mengungkap detail mengenai siapa Ghozali yang berhasil menarik perhatian publik karena karya NFT-nya laku dengan harga fantastis.

Baca juga: Daftar 20 NFT Termahal di Dunia, Ada yang Capai 1 Miliar?

Apa itu NFT Ghozali?

NFT Ghozali adalah token non-fungible yang dibuat oleh pemuda asal Indonesia bernama Ghozali.

Token ini berbentuk foto selfie (swafoto) dengan total jumlah 933 foto. Setiap foto menunjukkan pose yang sama saat Ghozali duduk di kursi merah yang menjadi latar belakang fotonya.

Foto selfie ini diambil setiap hari sejak tahun 2017, yaitu sejak Ghozali lulus SMK hingga tahun 2021. Usianya saat itu adalah 18 tahun saat pertama kali mengambil potret selfie tersebut. 

Dari situlah nama “everyday” muncul. Sebab, Ghozali NFT memuat foto selfie Ghozali setiap harinya. 

Ghozali terpikir untuk mengunggah fotonya sebagai NFT Ghozali Everyday di platform OpenSea. Lalu suatu hari, seorang pengguna tertarik membeli koleksi unik Ghozali tersebut.

Harga yang dipatok untuk karya NFT unik ini tergolong tinggi sehingga membuat publik heboh.Bila dilihat dari volume perdagangan pada akun OpenSea milik Ghozali, setidaknya pernah tercatat sebesar Rp 13 miliar volume perdagangan.Namun, itu bukanlah harga sebenarnya dari karya NFT Ghozali. Sebab itu adalah total transaksi yang terekam di blockchain.

Perlu kamu perhatikan juga bahwa pada platform OpenSea, berlaku biaya gas fee yang pada akhirnya dipotong dari harga total penjualan.

Siapa Pembuat NFT Ghozali?

nft ghozali termahal
(opensea.io)

Saat NFT selfie viral di Indonesia, Ghozali adalah seorang mahasiswa semester tujuh program studi D4 Animasi di Universitas Dian Nuswantoro Semarang. 

Nama lengkap pria ini adalah Sultan Gustaf AL Ghozali. Ia mengungkapkan bahwa pada awalnya tidak berniat serius untuk melakukan bisnis NFT. 

Dalam sebuah wawancara, Ghozali menyebut ide selfie NFT adalah bahan bercanda dengan salah seorang temannya. Bahkan Ghozali pernah menyebutkan dalam salah satu unggahan tweet-nya bahwa sebenarnya ia adalah tipe orang yang tidak suka berfoto.Saat publik mengetahui itu, hal tersebut menambah nilai kelangkaan pada NFT Ghozali. 

Namun, Ghozali tidak pernah secara khusus ingin menjadi pebisnis NFT. Ia sendiri memiliki ketertarikan pada dunia animasi tempat ia berkuliah sekarang.

Dalam wawancara yang dilakukan dengani Tempo.co, Ghozali mengatakan bahwa ia memang tertarik pada dunia animasi sejak SMK. Selama kuliah, kampusnya memberi banyak ilmu dan kesempatan untuk mengasah skill desainnya. Disebutkan pula bahwa dia pernah mengikuti berbagai lomba di bidang desain dan animasi, bahkan beberapa kali pernah meraih juara desain logo.

Berapa Kekayaan Ghozali Pembuat NFT?

Menurut pengakuan Ghozali, awalnya, semua karya foto selfie-nya itu hanya terjual seharga USD 3.00 per foto. Harga tersebut setara dengan Rp 43.008 ( kurs Rp 14.336 per dolar AS).

Dengan demikian, total pendapatan untuk semua koleksi NFT Ghozali sebanyak 933 adalah sekitar sekitar Rp40 juta. Namun angka tersebut ternyata bukan total kekayaan Ghozali NFT sebab marketplace NFT bekerja dengan sistem royalti yang memungkinkan kreator tetap mendapat keuntungan selamanya.

Tiap kali terjadi transaksi atau NFT-nya diperjualbelikan lagi, ada sejumlah uang yang Ghozali terima sebagai royalti. Hingga saat ini, kisaran royalti yang ia dapatkan adalah Rp1.4 miliar. Ghozali berencana memiliki studio animasi sendiri dari hasil penjualan NFT-nya. 

Saat ini, Ghozali masih aktif di platform OpenSea dengan nama pengguna @Ghozali_Ghozalu

Harga NFT Ghozali sekarang telah jauh melambung dari harga awalnya. Kini 933 foto selfie itu berharga 0.08 ETH (Rp3.571.627,23) untuk harga termurah dan 420 ETH (Rp18.751.042.933,56) untuk harga termahal.  

Nah, itulah informasi seputar apa itu NFT Ghozali Everyday dan siapa Ghozali NFT yang sempat menghebohkan dunia crypto baru-baru ini. 

Tak dipungkiri bahwa pasca heboh NFT selfie viral di Indonesia, semakin banyak orang tertarik pada dunia NFT karena dianggap menawarkan keuntungan besar.

Namun, pastikan kamu berhati-hati dan selalu lakukan riset mendalam sebelum mulai berinvestasi NFT baik sebagai kreator maupun kolektor karena tidak semua NFT bisa menghasilkan. 

Untuk bisa lebih memahami mengenai hal ini, simak selengkapnya mengenai 5 Faktor Penyebab Mengapa NFT Mahal

Untuk kamu yang ingin mulai berinvestasi NFT, simak juga artikel 5 Cara Memilih Proyek NFT yang Berpotensi Cuan.

Selain NFT, aset crypto lain juga turut menarik perhatian investor Indonesia maupun dunia.Sebut saja harga Axie Infinity yang sempat mengalami peningkatan nilai hingga 1010% per 30 Maret 2022 dibandingkan tahun sebelumnya. 

Untuk kamu yang tertarik melakukan jual beli crypto secara mudah melalui smartphone kamu, download Pintu sekarang!

Referensi: 

Liputan 6. Ternyata, Keuntungan Miliaran Rupiah NFT Ghozali Berasal dari Royalti. Diakses pada Senin, 28 Maret 2022.

Tempo. Cerita Ghozali Everyday Raup Rp 1,5 M dari Selfie NFT, Awalnya Cuma Bercanda. Diakses pada Senin, 28 Maret 2022.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->