Apa itu Lazy Minting NFT, Cara Buat NFT Secara Gratis?

Updated
March 18, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Lazy Minting NFT, Cara Buat NFT Secara Gratis?
Reading Time: 4 minutes

Lazy minting NFT adalah salah satu pilihan bagi kamu yang ingin mengetahui cara buat NFT secara gratis tanpa perlu mengkhawatirkan gas fee. Simak penjelasan lengkap mengenai apa itu lazy minting NFT dalam artikel berikut ini.

Baca juga: 20 NFT Termahal di Dunia yang Pernah Terjual, Capai Miliaran Rupiah?

Apa itu Lazy Minting?

Lazy minting adalah salah satu teknologi baru di dunia blockchain. Teknologi ini memungkinkan penyimpanan NFT secara off-chain sehingga pembayaran gas fee tidak perlu dilakukan di muka dan hanya perlu dibayarkan apabila sudah ada seseorang yang membeli NFT tersebut. Itulah yang menyebabkan lazy minting menjadi salah satu cara buat NFT secara gratis.

Bagaimana Cara Kerja Lazy Minting?

Secara sederhana, proses lazy minting adalah sebagai berikut.

  • Saat kamu mengunggah NFT di platform seperti Opensea atau Rarible, NFT tersebut tidak akan dipindahkan ke On-chain. Alhasil, proses ini tidak mengkonsumsi sumber daya blockchain atau platform sama sekali.
  • Ketika NFT tersebut telah dibeli seseorang, barulah NFT ditransfer ke On-chain dan token akan dibuat. Proses ini yang melahirkan istilah “lazy minting” atau dalam Bahasa Indonesia berarti “pencetakan malas.”
  • Setelah NFT terjual, biaya gas fee yang semestinya dibayar di awal akan dipotong dari harga penjualan. Dengan demikian, biaya atas gas fee akan lebih dibebankan kepada pembeli, bukan kreator NFT.

Keuntungan Lazy Minting

  • Keuntungan utama teknologi ini adalah kamu bisa mengunggah karya menjadi NFT ke blockchain secara gratis. Kamu tidak perlu mengkhawatirkan biaya minting.
  • Karena sistemnya disediakan Off-chain, cara ini juga terhitung lebih hemat daya. Sebab pencetakan NFT hanya dikerjakan untuk karya yang laku terjual saja.
  • Transaksi jual beli tetap aman karena akan diverifikasi dalam sistem blockchain dan Smart-Contract.

Platform yang Menyediakan Fitur Lazy Minting

platform lazy minting
(opensea.io)

Sebagai sebuah sistem yang relatif baru, lazy minting NFT hanya dapat ditemukan di beberapa platform besar saja. Setidaknya, ada 4 platform yang telah menyediakan fitur lazy minting NFT contract yaitu:

OpenSea

Menyebut platform-nya sebagai pasar bebas gas fee untuk NFT di jaringan Polygon, kamu dapat membuat, membeli, menjual, dan melelang NFT di blockchain Polygon tanpa membayar biaya gas fee sama sekali.

Rarible

Platform berbasis Ethereum untuk jual beli karya seni, video, koleksi hingga musik. Platform ini memiliki token khusus untuk digunakan dalam proses transaksi.

Cara Melakukan Lazy Minting di OpenSea

Sebelum melakukan minting, pastikan kamu telah menyiapkan akun dompet digital untuk crypto. Selanjutnya, ikuti langkah berikut ini untuk menjalankan lazy minting NFT OpenSea.

  • Kunjungi OpenSea.io. Jika ini pertama kalinya kamu menggunakan OpenSea, ada sejumlah langkah yang harus kamu selesaikan untuk mengatur dan melengkapi data profil sehingga akun OpenSea dapat terhubung ke akun dompet digital.
  • Klik pilihan “Buat” atau “Create” untuk memulai proses pembuatan Lazy NFT Minting (untuk bisa melakukan Lazy Minting tanpa gas fee, pastikan kamu memilih blockchain Polygon, bukan Ethereum).
cara lazy minting nft
(opensea.io)
  • Kamu bisa memilih membuat koleksi tunggal atau ganda. Umumnya NFT dibuat dalam pilihan tunggal untuk menjaga ekslusifitasnya. Jadi, klik pilihan “Tunggal“.
  • Setelah itu, proses dilanjutkan dengan mengunggah berkas yang ingin kamu ubah menjadi NFT.
cara unggah gambar nft
(opensea.io)
  • Setelah berkas dipilih, langkah berikutnya adalah menentukan harga.
cara menjual NFT di opensea
(opensea.io)
    1. Kamu bisa memilih untuk menjual NFT ini dengan harga tetap (paten)
    2. Ada juga pilihan untuk menentukan harga terbuka untuk ditawar.
    3. Atau jika kamu suka dengan bentuk penjualan lelang, kamu bisa mencoba cara ini dan menyebarkan pengumuman waktu lelang.
  • OpenSea menetapkan biaya layanan sebesar 2,5% yang akan dikurangkan langsung dari harga jual setelah NFT kamu telah terjual.

Setelah membaca artikel di atas, tentunya kamu sudah memahami bukan tentang apa itu Lazy Minting NFT, cara buat NFT secara gratis yang tentunya bisa memudahkan para kreator NFT yang cukup terkendala dengan modal. Cukup menarik, bukan?

Selain NFT, aset crypto lain juga ikut menarik perhatian masyarakat sebagai aset investasi dan trading yang cukup potensial. Bagi kamu yang tertarik untuk berinvestasi dan trading NFT tapi tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang!

Pintu adalah platform jual beli crypto yang memungkinkan kamu untuk berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja. Selain itu, Pintu juga menyediakan berbagai fitur yang bisa memudahkan investasi kamu, di antaranya:

  • Pintu Akademi, pusat belajar crypto dari nol hingga ahli meliputi strategi trading, dasar-dasar crypto, blockchain, dan lain sebagainya.
  • Pintu Earn, fitur khusus Pintu di mana kamu bisa nabung crypto secara mudah dengan bunga tinggi capai 4%/tahun cukup dengan menyimpan aset kamu di dompet Earn.
  • PTU Staking, staking crypto aset PTU untuk mendukung ekosistem Pintu sekaligus memperoleh berbagai keuntungan seperti bonus komisi Referral Pintu dan keuntungan lainnya.

Tunggu apalagi, download Pintu sekarang!

Referensi:

Foundation.app. Foundation.app. Diakses pada 9 Maret 2022.

Make An App Like. What is LAZY MINTING | How to do Lazy Minting on Opensea | Lazy Minting NFT. Diakses pada 9 Maret 2022.

NFT School. Lazy minting. Diakses pada 9 Maret 2022.

OpenSea. OpenSea. Diakses pada 9 Maret 2022.

Solanart. Solanart. Diakses pada 9 Maret 2022.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->