10 Cara Membedakan Emas Asli dan Kuningan, Mudah!

Updated
July 16, 2023
• Waktu baca 2 Menit
Gambar 10 Cara Membedakan Emas Asli dan Kuningan, Mudah!
Reading Time: 2 minutes

Sering terlihat mirip, emas dan kuningan memiliki harga dan nilai yang jauh berbeda. Agar tidak salah ketika membeli emas dengan niatan investasi maupun koleksi, simak 10 cara membedakan emas asli dan kuningan berikut ini!

1. Perhatikan Warna dan Kilauan

Emas asli memiliki warna kuning yang cerah dan kilauan yang khas. Warna emas asli biasanya lebih terang dan berkilau dibandingkan kuningan. Sementara itu, kuningan memiliki warna kuning yang lebih kusam dan kilauannya tidak secerah emas.

Baca juga: Ini 7 Cara Investasi Emas Bagi Pemula, Mudah!

2. Coba Gores pada Permukaan Keramik

Emas asli jika digores pada permukaan keramik akan meninggalkan bekas goresan berwarna kuning. Sementara itu, kuningan akan meninggalkan bekas goresan berwarna hitam. Ini karena emas lebih lunak dan mudah meninggalkan jejak dibandingkan kuningan.

3. Perhatikan Kekerasan Material

Emas lebih lunak dibandingkan kuningan. Jika kamu mencoba membentuknya, emas akan lebih mudah dibentuk daripada kuningan. Kuningan memiliki kekerasan yang lebih tinggi, sehingga lebih sulit untuk dibentuk.

4. Cek Berat Material

Emas memiliki kerapatan yang lebih tinggi dibandingkan kuningan. Jadi, jika kamu mencoba menimbangnya, emas akan terasa lebih berat. Kamu bisa melakukan ini dengan menggunakan timbangan digital untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

5. Uji Konduktivitas Listrik

Emas memiliki konduktivitas listrik yang lebih baik dibandingkan kuningan. Jadi, jika kamu mencoba mengalirkan listrik melaluinya, emas akan lebih baik dalam menghantarkan listrik. Kamu bisa melakukan ini dengan menggunakan alat pengukur konduktivitas listrik.

6. Perhatikan Reaksi Kimia

Emas asli tidak akan bereaksi dengan asam kuat, sedangkan kuningan akan bereaksi dan berubah warna. Kamu bisa mencoba meneteskan sedikit asam kuat pada emas dan kuningan, dan lihat apakah terjadi perubahan warna atau tidak.

7. Cek Bagian yang Berkarat

Emas asli tidak akan berkarat, sedangkan kuningan bisa berkarat jika terpapar oksigen dan kelembaban. Jadi, jika kamu melihat ada bagian yang berkarat, bisa dipastikan itu bukan emas asli.

8. Coba Cium Bau Material

Kuningan biasanya akan meninggalkan bau logam yang khas jika digosok, sedangkan emas asli tidak akan meninggalkan bau apapun. Kamu bisa mencoba menggosok emas dan kuningan tersebut, lalu cium baunya.

Baca juga: 4 Cara Menghitung Harga Emas dan Kadarnya!

9. Periksa Tanda Pengenal

Emas biasanya memiliki tanda pengenal atau cap yang menunjukkan keasliannya, sedangkan kuningan tidak memiliki tanda pengenal tersebut. Tanda pengenal ini biasanya berupa angka yang menunjukkan kadar emas, seperti 24K, 18K, dan sebagainya.

10. Perhatikan Harga

Emas asli biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan kuningan. Jadi, jika kamu melihat emas dengan harga yang sangat murah, kamu harus berhati-hati karena bisa jadi itu bukan emas asli.

Nah, itulah 10 cara membedakan emas asli dan kuningan. Dengan mengetahui cara-cara tersebut, kamu bisa lebih berhati-hati dalam membeli emas dan menghindari penipuan.

Selain emas, terdapat berbagai aset lain yang dapat digunakan untuk investasi. Salah satu yang tengah populer saat ini adalah crypto, di mana salah satu jenis aset crypto yaitu Bitcoin, dikenal juga sebagai “Emas Digital” yang banyak menarik perhatian masyarakat luas.

Ingin memulai investasi dan trading crypto? Download Pintu sekarang dan nikmati bonus tahunan hingga 13% besarnya!

Referensi:

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->