Lengkap, Cara Menjual NFT di OpenSea!

Updated
February 17, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Lengkap, Cara Menjual NFT di OpenSea!
Reading Time: 3 minutes

NFT mungkin menjadi salah satu tren crypto paling populer di tahun 2021 ini. Wajar saja melihat jumlah penjualan NFT bahkan meningkat hingga 55% dibandingkan tahun 2020. Ollie Leech dari Coindesk bahkan memperkirakan jumlah penjualan NFT akan capai 5,3 juta dengan total nilai melewati $1,3 miliar di akhir tahun 2021 nanti. Untuk kamu yang tertarik mengikuti tren ini, simak 5 cara membuat dan menjual NFT di marketplace berikut ini!

Sebelumnya, kamu harus memilih dulu marketplace NFT mana yang ingin kamu gunakan untuk berjualan. Beberapa marketplace NFT yang bisa umum digunakan adalah OpenSea, Rarible, SuperRare, Nifty Gateway, dan banyak lagi.

Di bawah ini, akan dibahas tutorial lengkap cara membuat dan menjual NFT di OpenSea.

Baca juga: 20 NFT Termahal di Dunia yang Pernah Terjual

Kunjungi laman OpenSea

cara daftar opensea.io
(opensea.io)

Masuk ke opensea.io

Buat NFT Kamu

cara buat nft di opensea
(opensea.io)

Pada bagian kanan atas halaman OpenSea, tap menu “Create” untuk membuat koleksi karya seni digitalmu. Di sini, kamu bisa mengunggah karya dengan ukuran maksimal 40 MB, menamai NFT kamu, dan menulis deskripsi singkat mengenai NFT yang ingin kamu buat.

Lengkapi Informasi NFT

cara membuat nft
(opensea.io)
cara buat nft secara mudah
(opensea.io)

Setelahnya, kamu akan diminta menambahkan keterangan lain yang lebih mendetail seperti level, statistik, harga hingga konten spesial yang hanya bisa dibuka oleh pemilik NFT tersebut. Setelah semua informasi lengkap, tap “Create”.

Jual NFT Kamu

cara jual nft di opensea
(opensea.io)

Masuk ke menu profil untuk melihat daftar lengkap NFT yang kamu miliki. Tap menu “Sell” pada NFT yang ingin kamu jual. Lengkapi data-data yang dibutuhkan mulai dari metode penjualan (Fixed price atau pelelangan), durasi penjualan, dan lain sebagainya. Setelah semua informasi kamu lengkapi, akan muncul pop-up “Your Item is Now Listed”.

Lakukan Transaksi

NFT kamu akan tayang di marketplace yang bisa dilihat oleh berbagai calon pembeli di seluruh dunia. Ketika kamu sudah menemukan pembeli yang bersedia membayar dengan harga yang kamu inginkan, maka transaksi jual beli bisa berlangsung dan kamu bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut.

Nah, itu dia 5 cara membuat dan menjual NFT di marketplace. Tentunya tiap marketplace memiliki langkah-langkah yang berbeda satu sama lain. Namun secara umum prinsipnya tidak akan berbeda jauh seperti yang telah dibahas di atas.

Bukan hanya NFT, crypto lain seperti bitcoin pun masih menarik minat para investor institusional di dunia, sebut saja MicroStrategy dan Tesla. Untuk kamu yang tertarik berinvestasi di crypto, download Pintu sekarang! Jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya di Pintu bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Ollie Leech, How to Create Buy and Sell NFTs. Diakses tanggal: 30-09-21.

Todd Haselton, How to Make, Buy and Sell NFTs. Diakses tanggal: 30-09-21.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->