10 Faktor yang Mempengaruhi Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Updated
March 2, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 10 Faktor yang Mempengaruhi Kegiatan Ekonomi Masyarakat
Reading Time: 4 minutes

Setiap tindakan yang melibatkan produksi, distribusi, atau konsumsi barang atau jasa adalah kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi masyarakat di suatu negara berbeda dengan negara lainya. Hal ini terjadi karena berbagai faktor. Setidaknya, ada 10 faktor yang mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat, antara lain:

Sumber Daya Alam

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat adalah ketersediaan sumber daya alam. Sumber daya alam adalah sumber daya fisik yang tersedia secara alami di dalam suatu negara.

Beberapa contoh dari sumber daya alam, yaitu:

  • Pohon
  • Tanah
  • Air
  • Minyak
  • Batu bara
  • Logam
  • Mineral, dan lain-lain

Keberadaan sumber daya alam yang melimpah sangat penting untuk pembangunan sebuah negara. Sebuah negara yang kekurangan sumber daya alam biasanya akan sangat sulit untuk berkembang perekonomiannya.

Sumber daya alam membantu negara berkembang dengan menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan negara melalui aktivitas ekspor, dan meningkatkan ekonomi negara tersebut secara keseluruhan.

Baca juga: 13 Manfaat Ekonomi Kreatif di Suatu Negara

Sumber Daya Listrik dan Energi

Berikutnya, faktor ekonomi yang mempengaruhi kegiatan konsumsi adalah sumber daya listrik dan energi.  Sumber daya listrik dan energi biasanya dibutuhkan oleh perusahaan, industri dan negara. Sumber daya tenaga dan energi meliputi sumber daya alam dan buatan.

Minyak, gas, dan air adalah contoh sumber daya alam yang bisa menghasilkan energi dan tenaga. Sedangkan sumber daya tenaga dan energi buatan manusia di antaranya adalah nuklir, listrik, dan tenaga surya yang diperlukan untuk industrialisasi dan modernisasi sebuah negara.

Sumber Daya Manusiaapa saja faktor yang mempengaruhi aktivitas ekonomi

Sumber daya manusia merupakan faktor penting karena bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan nasional. Sumber daya manusia yang sehat, terdidik dan terampil adalah aset produktif yang paling penting.

Beberapa metode pembentukan sumber daya manusia adalah melalui proses peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kapasitas produktif. Hal ini termasuk pengeluaran untuk kesehatan, pendidikan dan pelayanan sosial. Jika sumber daya manusia efisien dan terampil, maka kapasitas untuk berkontribusi pada kegiatan ekonomi juga akan tinggi.

Sumber daya manusia yang tersedia sendiri mempertimbangkan jumlah tenaga kerja terampil di dalam negeri dan kebutuhan tenaga kerja. Adanya ketimpangan dari segi pendidikan atau jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dapat menyebabkan kerugian ekonomi.

Misalnya, jika terlalu banyak tenaga kerja namun lapangan pekerjaan minim berarti jumlah pengangguran akan meningkat. Sementara itu, jumlah  tenaga kerja yang terlalu sedikit dengan lapangan pekerjaan yang berlebih akan menyebabkan kurangnya efisiensi dan ketidakmampuan industri untuk mendukung perekonomian sebuah negara.

Transportasi

Salah satu faktor yang mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat adalah transportasi. Transportasi diperlukan sebagai sarana penyaluran barang atau jasa.

Jika suatu negara memiliki sarana transportasi yang baik, maka akan meningkatkan jangkauan penyaluran barang atau jasa kepada konsumen, sehingga akan mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat pula.

Baca juga: Jenis-Jenis Sistem Ekonomi yang Digunakan di Dunia

Nilai Kurs

Nilai kurs sebuah negara bisa mengalami peningkatan atau penurunan. Ketika terjadi penurunan, maka bisa memberikan dampak negatif pada perekonomian.

Kurs yang lemah membuat barang-barang produksi asal negara bersangkutan akan diekspor dengan harga yang relatif murah di luar negeri. Selain itu, nilai kurs juga akan mempengaruhi pembayaran internasional dan harga barang, serta mempengaruhi perekonomian secara keseluruhan.

Perubahan Struktural

Perubahan struktural mengacu pada perubahan dalam struktur pekerjaan. Setiap perekonomian negara umumnya dibagi menjadi tiga sektor dasar, yaitu:

  • Sektor primer: pertanian, peternakan dan kehutanan
  • Sektor sekunder: produksi industri dan konstruksi
  • Sektor tersier: perdagangan, perbankan dan niaga

Perubahan pada tiap sektor tersebut akan mempengaruhi kondisi perekonomian masyarakat di suatu negara.

Komunikasi

Selanjutnya, faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat antara lain adalah komunikasi. Saat ini, banyak perusahaan menggunakan media komunikasi seperti telepon seluler, internet, dan lain lain untuk mempromosikan barang dan jasa.

Komunikasi bukan lagi hanya berfokus pada hubungan antar masyarakat namun juga mengarah pada peningkatan aktivitas jual beli dan kegiatan ekonomi masyarakat. Negara dengan dukungan komunikasi yang baik dan merata tentunya akan memiliki kegiatan ekonomi yang aktif pula.

Suku Bunga

suku bunga menjadi faktor yang mempengaruhi kegiatan ekonomi

Suku bunga merupakan faktor yang mempengaruhi kegiatan ekonomi dengan peran yang penting karena dapat mempengaruhi likuiditas uang tunai dalam perekonomian. Dengan adanya peningkatan suku bunga dan partisipasi masyarakat dalam berinvestasi, arus kas di negara akan menurun dan berakibat pada penurunan likuiditas keuangan di negara tersebut.

Sedangkan dengan adanya penurunan investasi, arus kas di negara tersebut akan meningkat dan berakibat pada peningkatan likuiditas keuangan di negara tersebut. Perubahan likuiditas ini juga akan mempengaruhi suku aktivitas ekonomi masyarakat di suatu negara.

Jumlah Permintaan dan Penawaran

Sementara itu, jumlah permintaan dan penawaran barang atau jasa di suatu negara juga dapat mempengaruhi kegiatan ekonomi.

Contohnya, kenaikan permintaan harga barang atau jasa dengan sumber daya yang tetap dapat mengakibatkan terjadinya inflasi. Terjadinya inflasi tentu akan mempengaruhi aktivitas ekonomi masyarakat di suatu negara.

Faktor yang mempengaruhi kegiatan ekonomi selanjutnya adalah modal dan teknologi. Akumulasi modal yang diperoleh suatu negara dapat mempengaruhi kemampuan negara untuk membayar upah dan mempekerjakan tenaga kerja.

Semakin banyak modal yang dimiliki suatu negara, maka semakin banyak pula lapangan pekerjaan yang dapat diciptakan. Sebaliknya, negara-negara yang bermodal rendah memiliki upah hidup yang relatif rendah dan pengangguran yang tinggi.

Sumber daya teknologi mengacu pada penggunaan dan kemampuan masyarakat di suatu negara untuk menggunakan teknologi yang dimiliki. Dengan berkembangnya teknologi seperti financial technology, web3 hingga blockchain, mereka yang bisa memanfaatkan teknologi-teknologi ini tentunya akan memiliki kegiatan ekonomi yang lebih aktif dan berkembang.

Berbicara tentang blockchain, baru-baru ini aset crypto yang merupakan salah satu implementasi teknologi blockchain sedang ramai diperbincangkan. Jumlah investor crypto di Indonesia bahkan telah meningkat nyaris 2 kali lipat dalam rentang waktu Mei 2021 hingga Desember 2021 dan mencapai 11 juta orang.

Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto secara mudah mulai dari Rp11.000 saja, download Pintu sekarang!

Referensi:

BrainKart, Economic and Non-Economic Factors. Diakses tanggal 02-03-2022.

BBC, The Economic Factors That Affect Business Activity. Diakses tanggal 02-03-2022.

Madhuri Thakur, Economic Factors. Diakses tanggal 02-03-2022.

Toppr, What are Economic Activities? Diakses tanggal 02-03-2022.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->