Apa itu Return dan Risiko Investasi?

Updated
October 25, 2021
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Return dan Risiko Investasi?
Reading Time: 4 minutes

Return adalah metrik penting yang perlu diketahui oleh para investor. Bagaimanapun, investor berinvestasi untuk bisa mendapatkan return yang baik. Return yang diterima investor biasanya akan berkaitan erat pula dengan risiko yang harus ditanggung. Karena itu, dikenal pula istilah investasi high risk high return. Apa itu return dan risiko dalam investasi? Simak selengkapnya di bawah ini!

Arti Return

Return adalah laba atau keuntungan dari sebuah investasi yang biasanya dinyatakan dalam persentase tahunan.

Pendapat lain menyebutkan bahwa return merupakan tujuan utama dari dilakukannya sebuah investasi. Bagi investor, return adalah ukuran tanggung jawab yang diberikan perusahaan atas dana yang ditanamkan oleh investor.

Apabila return yang diberikan melebihi ekspektasi yang diharapkan para investor, maka akan memberikan sinyal baik bagi perusahaan. Sehingga, kepercayaan para investor akan semakin meningkat.

Komponen-Komponen Return

Menurut Deni Sunaryo (2021), return terdiri dari 2 komponen utama, yaitu:

Yield

Yield adalah komponen yang mencerminkan aliran kas atau pendapatan yang didapatkan secara periodik dari suatu investasi yang dilakukan investor. Yield dinyatakan dengan angka nol (0) atau positif (+).

Capital gain

Capital gain adalah komponen yang merupakan kerugian atau keuntungan yang dialami oleh investor setelah menjual aset yang dimilikinya. Capital gain bisa dinyatakan dalam angka positif (+), nol (0), maupun negatif (-).

Jenis-jenis Return Investasi

Secara umum, terdapat beberapa jenis-jenis return dalam investasi.

Return Realisasi atau Realized Return

Realized returned adalah jenis return yang sudah terjadi dan dapat dikalkulasikan nilainya berdasarkan data historis. Jenis return ini berguna sebagai dasar penentuan expected return serta risiko di masa mendatang.

Return yang Diharapkan atau Expected Return

Apa yang dimaksud expected return? Expected return adalah imbalan yang diharapkan akan diperoleh investor di masa mendatang, sehingga sifat dari expected return adalah belum terjadi atau berdasarkan hasil estimasi semata.

Return yang Dipersyaratkan atau Required Return

Sementara itu, required return adalah Imbalan yang didapatkan secara historis yang merupakan tingkat return minimal yang dikehendaki oleh investor atas preferensi subyektif investor terhadap risiko.

Baca juga: Apa saja Perbedaan Saham dan Crypto, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Cara Menghitung Return

Cara mengetahui nilai return dari sebuah investasi adalah dengan menghitungnya berdasarkan komponen-komponen yang tersedia. Berikut merupakan beberapa rumus return yang bisa kamu gunakan.

Cara Menghitung Return Saham

Pada dasarnya, return saham bisa dihitung dengan menggunakan rumus sederhana berikut.

rumus return saham

 

(Sumber: financeformulas.net)

Keterangan:

Po = Harga saham ketika dibeli

P1 = Harga saham ketika dijual

D  = Jumlah dividen yang diperoleh

Cara Menghitung Return Obligasi

Sementara menurut Investopedia, cara menghitung return obligasi bisa dilakukan dengan rumus yang jauh lebih sederhana seperti di bawah ini.

Yield = Pembayaran Kupon Tahunan / Harga Obligasi

Dalam hal ini, rumus return diatas hanya berfokus pada salah satu komponen return, yaitu yield.

Cara Menghitung Expected Return

Sebelumnya, telah dibahas juga salah satu jenis return yaitu expected return. Dilansir dari Investopedia, berikut rumus yang bisa kamu gunakan untuk menghitung expected return.

rumus expected return

(sumber: investopedia.com)

Keterangan:

ra = expected return

rf = risk free rate (imbal hasil dari suatu aset yang bebas risiko)

βa = satuan risiko sistematis yang menggambarkan fluktuasi pergerakan harga aset

rm-rf = market risk premium (imbalan tambahan yang diperoleh investor karena memilih aset investasi yang berisiko dibandingkan aset yang bebas risiko)

Cara Menghitung Average Rate of Return

Average rate of return dapat digunakan untuk memperoleh informasi tentang rata-rata return dari aset bersangkutan secara historis. Berikut rumus average of return yang dapat kamu gunakan.

Average Return = Total return pada periode t / Jumlah return yang dibagikan pada periode t

Sebagai contoh, jika return sebuah investasi selama 5 tahun ke belakang adalah 10%,15%, 12%, 20%, dan 15%, maka nilai average return-nya adalah:

Average Return = (10% + 15% + 12% + 20% + 15%) / 5 = 14,4%

Hubungan Return dan Risiko dalam Investasi

Metrik return juga berkaitan erat dengan risiko. Risiko bisa diartikan sebagai perbedaan antara return aktual yang diterima dengan return yang diharapkan seseorang. Jika semakin besar perbedaan di antara kedua nilai tersebut, berarti semakin besar risiko dari investasi tersebut.

Hubungan antara return dan risiko juga bisa dijelaskan dalam prinsip investasi “High Risk High Return”, di mana semakin tinggi risiko dari sebuah aset, maka semakin tinggi juga kemungkinan keuntungan yang akan diterima oleh investor.

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu return dan risiko dalam investasi. Salah satu contoh investasi dengan potensi return yang tinggi, namun dengan risiko yang cukup tinggi pula adalah investasi kripto.

Sebut saja Polygon (Matic) sebagai salah satu aset kripto di blockchain Ethereum. Harga Polygon Matic saat ini adalah Rp22.982 per 25 Oktober 2021 dan telah meningkat hingga 9019% dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama, di mana harganya hanya berada di angka Rp252.

Tentunya return yang diperoleh investor aset kripto benar-benar luar biasa dibandingkan jenis investasi lain. Namun lagi-lagi, tentunya ada risiko yang cukup besar pula yang perlu ditanggung apabila salah memilih aset investasi.

Nah, untuk kamu yang tertarik untuk berinvestasi atau trading kripto, download Pintu sekarang! Jual beli kripto di Pintu bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Selamat berinvestasi!

Referensi:

Adam Hayes, Bond Yield. Diakses tanggal: 18-10-21.

Ana Sopanah, Zulkifli, Bunga Rampai Ekonomi dan Bisnis: Isu Kontemporer Ekonomi dan Bisnis. Diakses tanggal: 17-10-21.

Deni Sunaryo, Analisis Harga Saham yang Dimoderasi Return Saham Implementasi pada Manajemen Keuangan. Diakses tanggal: 17-10-21.

Finance Formula, Total Stock Return. Diakses tanggal: 17-10-21.

Investopedia, Expected Return. Diakses tanggal: 17-10-21.

Keti Purnamasari dan Dede Djuniardi, Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Diakses tanggal: 17-10-21.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+