10 Gambar yang Laku di NFT, Unik-Unik Banget!

Updated
June 30, 2022
• Waktu baca 6 Menit
Gambar 10 Gambar yang Laku di NFT, Unik-Unik Banget!
Reading Time: 6 minutes

Jika membicarakan tentang NFT yang terjual dengan harga mahal, biasanya yang terlintas dalam benak kebanyakan orang adalah lukisan yang indah dan memukau. Namun, pasar NFT tidaklah sama persis seperti pasar seni pada umumnya. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai 10 gambar yang laku di NFT beserta harga jualnya!

Human One

Human one nft
(cryptotimes.io)

Pertama, ada gambar nft keren Human One yang diluncurkan pada 9 November 2021 lalu, bertepatan dengan lelang yang diselenggarakan oleh Christie’s. Human One menjadi karya seni NFT kedua dari Beeple yang meraih kesuksesan gemilang. Human One resmi dibeli oleh pengusaha asal Swiss, Ryan Zurrer dengan harga US$28,9 juta.

Human One menjadi salah satu karya yang unik lantaran memiliki sifat fisik atau digital yang dinamis dan hibrida. Karya ini menghadirkan patung manusia yang terus berjalan melintasi landscape yang selalu berubah. Patung manusia ini memiliki gerakan 3D yang disajikan melalui empat layar video dengan resolusi 16K yang disatukan hingga membentuk kotak berukuran 4×4 kaki dan ditempatkan dalam logam aluminium yang dipoles.

Baca juga: 8 Aplikasi Membuat NFT di Android dan Laptop, Lengkap!

Ocean Front

ocean front nft
(opensea.io)

Masih dari Beeple, karya seni NFT berikutnya yang masih tergolong “mahal” adalah Ocean Front. Ocean Front merupakan karya seni yang membawa pesan tentang bencana yang akan datang sebagai akibat dari perubahan iklim yang tidak terkendali.

Ocean Front menunjukkan serangkaian trailer dan kontainer yang bertumpuk pada platform di tengah lautan. Pada bagian atas, terdapat pohon yang merupakan objek buatan manusia, dan di bawahnya terdapat jamur yang sedang bertumbuh

Ocean Front resmi terjual pada tanggal 23 Maret 2021 oleh Justin Sun, pendiri dan CEO Tron Foundation seharga US$6 juta.

A Coin for the Ferryman

coin for ferryman nft
(cryptotimes.io)

A Coin for the Ferryman merupakan gambar NFT bergerak dengan format GIF yang menunjukkan ekspresi wajah seseorang yang terus berubah. Karya ini merangkum nada tematik yang gelap dan murung dari sang seniman.

A Coin for the Ferryman merupakan salah satu karya paling awal dari Xcopy yang dicetak pada 20 April 2018. Tidak ada informasi yang jelas mengenai pembeli karya ini, namun kabarnya A Coin for the Ferryman terjual melalui marketplace Super Rare seharga US$6,01 juta.

Baca juga: 8 Daftar NFT Marketplace Ethereum yang Banyak Digunakan

Everyday – The First 5000 Days

gambar yang laku di nft
(cryptotimes.io)

Mike Winkelmann, seorang artis digital terkenal, berhasil mencetak rekor berkat karya seni single piece berjudul Everyday – The First 5000 Days di lelang Christie pada 11 Maret 2021 lalu. Karya tersebut berhasil terjual dengan harga US$69,3 juta oleh Meta Kovan – seorang investor crypto dengan nama asli Vignesh Sundaresan.

Everyday – The First 5000 Days sendiri merupakan sebuah gambar kolase dari 5.000 gambar individu yang dibuat satu per hari selama kurang lebih 13 tahun, mulai dari tahun 2007 hingga 2020. Keunikan hasil karya Winkelmann ini berhasil mengantarkan namanya menjadi salah satu artis yang paling dihargai di saat ini.

Right Click and Save As A Guy

righ click and save as a guy nft
(opensea.io)

Right Click and Save As A Guy merupakan hasil karya kedua dari seniman Xcopy asal London yang memiliki spesialisasi di bidang tema dystopian. Tidak berbeda jauh dengan NFT A Coin for the Ferryman, karya ini banyak dicari orang khususnya penggemar NFT.

Karya ini sendiri sebenarnya merupakan bentuk lelucon yang ditujukan pada mereka yang seringkali mengkritik NFT.

Right Click and Save As A Guy berhasil terjual melalui marketplace Super Rare dengan harga US$7,08 juta pada Desember 2021 oleh pemilik username Cozomo de Medici yang banyak diyakini orang sebagai Snoop Dogg, rapper asal Amerika Serikat. Kendati demikian, identitas asli pemilik username tersebut masih belum terungkap hingga kini.

Crossroad

gambar yang laku di nft
(cryptotimes.io)

Berikutnya, ada karya seni karya Beeple yang juga turut mendapat perhatian bahkan masuk dalam jajaran karya seni NFT termahal dengan angka penjualan sebesar US$6,6 juta. Berbeda dari karya seni sebelumnya yang lebih mengarah ke gambar atau gambar bergerak (GIF), Crossroad merupakan NFT animasi pendek yang dinilai cukup kontroversial.

Pasalnya, Crossroad menampilkan gambar salah satu tokoh politik AS ternama dengan emosi yang meledak-ledak dan hinaan yang terlukis pada bagian tubuhnya.

Ringers 109

ringers109 nft
(trendsmap.com)

Ringers 109 merupakan hasil karya seni yang dibuat oleh Art Blocks, yakni sebuah proyek yang menggunakan algoritma khusus untuk membuat gambar 3D, fitur interaktif, maupun gambar statis.

Ringers 109 sendiri merupakan gambar statis dari serangkaian loop di sekitar pasak dengan warna dominan hitam dan latar belakang putih. Karya ini berhasil terjual seharga US$6,9 juta pada Oktober 2021, yang mana menjadi rekor tersendiri bagi Art Blocks.

Cryptopunk #7523

gambar yang laku di nft
(cryptotimes.io)

Gambar yang laku di NFT berikutnya adalah Cryptopunk #7523. Pada dasarnya, cryptopunks merupakan koleksi NFT pada jaringan Ethereum yang diluncurkan pada bulan Juni tahun 2017 oleh studio Larva Labs. Pada Juni 2021, Cryptopunk #7523 berhasil terjual dengan harga US$11,75 juta di lelang Sotheby, yang menjadikan karya ini sebagai ‘punk’ termahal kedua dari koleksi Cryptopunk.

Cryptopunk #7523 merupakan salah satu dari sembilan koleksi seri alien. Karakternya memiliki kulit hijau kebiruan, serta mengenakan topi rajutan, masker medis, dan juga anting-anting.

Cryptopunk #7804

nft cryptopunk7804
.(cryptotimes.io)

Selain Cryptopunk #7523, Cryptopunk #7804 juga menjadi salah satu koleksi NFT dari studio Larva Labs yang terjual dengan harga fantastis. Cryptopunk #7804 terjual seharga US$7,57 juta kepada Dylan Field – CEO Figma.

Cryptopunk ini memiliki karakteristik yang bisa dikatakan unik. Pasalnya, Cryptopunk #7804 terlihat mirip dengan Sherlock Holmes, lengkap dengan topi yang mengarah ke depan serta adanya pipa untuk merokok pada mulutnya.

The Merge

nft the merge
(cryptotimes.io)

Sebagai penutup, terdapat NFT The Merge – sebuah karya seni buatan seniman digital Pak yang berhasil terjual dengan harga US$91,8 juta di Nifty Gateway.

Uniknya, The Merge merupakan jenis karya seni yang terfragmentasi. Jadi, NFT ini dijual dalam bentuk potongan-potongan yang disebut ‘massa’ untuk dibentuk bersama dan membentuk karya seni. Pada batas akhir penjualan yakni 4 Desember 2021, para kolektor secara bersama-sama membeli total sebanyak 266.455 ‘massa’.

Nah, itu dia 10 gambar yang laku di NFT hingga saat ini. Menarik sekali, bukan? Dari contoh-contoh NFT di atas, pastinya kamu sudah bisa terbayang bukan karya NFT seperti apa yang bisa laku dan terjual mahal di dunia NFT.

Selain NFT, aset crypto juga tengah menjadi perhatian investor Indonesia dan dunia, nih! Per Desember 2021 lalu, jumlah investor crypto di Indonesia bahkan telah mencapai 11 juta orang.

Buat kamu yang ingin memulai investasi crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang lewat App Store dan Play Store kamu masing-masing! Pintu adalah aplikasi jual beli crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa memiliki aset crypto pertamamu mulai dari Rp11.000 saja.

Pintu juga menyediakan berbagai fitur yang bisa memudahkan investor pemula di antaranya:

Referensi:

Graham Turner, The 11 Most Expensive NFTs Ever Sold. Diakses tanggal: 16-04-2022.

Manas Sen Gupta, The most expensive NFT artworks sold till date. Diakses tanggal: 16-04-2022.

Manas Sen Gupta, The Most Expensive NFT Projects Ever Bought Until Now. Diakses tanggal: 16-04-2022.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->