Apa Itu Genopets Crypto dan Cara Memainkannya?

Updated
January 11, 2023
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa Itu Genopets Crypto dan Cara Memainkannya?
Reading Time: 4 minutes

Crypto kesannya membosankan karena hanya mengamati naik-turunnya grafik saja sepanjang hari? Kenyataannya, dunia crypto jauh lebih luas daripada jual beli crypto saja. Kenalkan Genopets, jenis game crypto unik yang membuat banyak orang tertarik. Bagi yang mengalami masa kejayaan Tamagotchi di era 90-an, Genopets konsepnya mirip seperti itu, tapi jauh lebih maju. Yuk, kita bahas di sini.

Apa Itu Genopets?

apa itu genopets crypto

Sumber: Metaroids)

Oleh pengembangnya, Genopets diklaim sebagai game pertama di dunia yang memadukan konsep Free to Play, Move to Play, Move to Earn GameFi. Pada dasarnya, cara mainnya sama seperti Tamagotchi yang sempat populer di era 90-an. Hampir sama juga dengan Pokemon yang lebih modern. Bedanya, game yang menggunakan blockchain Solana ini dapat memberikan hadiah token yang dapat diperjualbelikan. 

Jadi, Genopets bukan hanya sekadar memelihara hewan digital saja. Pengalaman yang akan didapat pemain jauh lebih dari itu. Salah satu yang keren banget adalah pemain bisa menghubungkan aktivitas mereka di dunia nyata dengan permainan di dalam Genopets. Caranya dengan menggunakan data geospasial di perangkat pintar pemain.

Dari aktivitas ini, pemain akan mendapatkan hadiah berupa XP Points yang berguna untuk meningkatkan nilai Genopet, atau hewan peliharaan digital kita. Untuk mengawalinya, pemain akan mendapat Genopet bayi, lalu mereka perlu merawat dan meningkatkan nilainya agar punya nilai tukar yang tinggi. Nilai tukar ini menunjukan bagaimana Genopet bisa diperjualbelikan. 

Bagaimana Cara Mendaftar Genopets?

Untuk bisa bermain Genopets, tentu kamu harus memiliki aplikasinya dulu. Berikut langkah-langkah mudah untuk mendaftar Genopets. 

  • Buka Play Store atau App Store, unduh aplikasi Genopets.
  • Masukkan alamat email 
  • Daftar dan buat akun.
  • Konfirmasi pendaftaran di email 
  • Konfirmasikan transaksi di saluran Discord resmi Genopets.
  • Hubungkan dengan dompet crypto kamu. 

Baca juga: 12 Game NFT Terpopuler yang Bisa Kasih Kamu Crypto Gratis?

Gameplay dan Cara Bermain Genopets

cara bermain genopets crypto

(Sumber: YugaTech)

Pemain baru akan mendapatkan Genopet yang masih bayi secara gratis setelah pendaftaran. Setelahnya, kamu harus membesarkan hewan peliharaan kamu tersebut.  

Sama seperti memelihara hewan di dunia nyata, memelihara hewan di dunia virtual juga harus ada perkembangan. Supaya Genopet milik kita berkembang, maka langkah yang harus dilakukan adalah mendapatkan XP. Ada beberapa cara untuk mendapatkan XP, yaitu:

  • Menyelesaikan tantangan harian, jangan lupa melakukan check-in setiap hari untuk tahu apa yang harus kamu lakukan. 
  • Bertarung di battle PvE (Player vs Environment) melawan para bos.
  • Membawa Genopet jalan-jalan

Makin banyak waktu yang kita habiskan untuk Genopet, maka Genopet milik kita akan lebih cepat berkembang. Nilainya pun semakin tinggi. Dengan mengajak Genopet jalan-jalan atau lari, Genopet NFT akan meningkat, maka akhirnya menghasilkan lebih banyak uang juga. 

Buat kamu yang masih asing dengan istilah-istilah dalam game, simak apa yang membedakan PvP, PvE dan PvX dalam artikel berikut ini. 

Tokenomic Genopets

Seperti kebanyakan game online lainnya, pastinya kamu membutuhkan token crypto untuk bisa bermain Genopets. Di Genopets, terdapat 3 token yang berlaku, yaitu $GENE, $KI dan XP Points. Tiap token pun memiliki fungsinya masing-masing. 

  • $GENE

Unik, karena Genopets menyediakan token khusus untuk kepentingan administratif. Token $GENE dapat digunakan untuk voting. Misalnya, ketika terdapat pergantian mode game atau detail game lainnya, supaya lebih menarik dan menguntungkan bagi pemain, pemilik $GENE memiliki kesempatan untuk mengubahnya sistem tersebut. 

  • $KI

Sementara itu, token $KI dapat digunakan untuk berbagai hal yang berhubungan dengan perkembangan Genopet milik kita. Selain itu, $KI juga bisa digunakan untuk membeli item lainnya yang dibutuhkan selama permainan. 

  • XP Points

Sama dengan banyak game lainnya, XP Points adalah Experience Points yang bisa kamu dapatkan ketika Genopet kamu bergerak dan beraktivitas. Makin banyak XP Points, maka makin cepat Genopet kamu berkembang.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Genopets?

Untuk mendapatkan uang dari Genopets, cara yang paling mudah adalah dengan mengajak Genopat kamu berjalan-jalan atau lari setiap hari. Nilai NFT akan meningkat setelah kamu menyelesaikan aktivitas ini, di mana nilai tukar Genopet kamu pun akan lebih besar. 

Setelah nilai Genopet tinggi, kamu bisa menjualnya di marketplace. Selain itu, pada dasarnya ada 3 cara lain untuk mendapatkan keunungan dari Genopets, yaitu:

1. Habitat NFT

Habitat NFT adalah NFT di mana para Genopet tinggal, tumbuh dan berkembang. Pemilik Genopet bisa membelinya di marketplace. Pemiliknya lalu bisa mengisi Habitat menggunakan token. Pilihan lingkungannya ada beberapa macam yang masing-masing punya dampak berbeda ke Genopet. Pemilik Habitat juga bisa menyewakan Habitat untuk memperoleh pendapatan ekstra. 

2. Crystals NFT

Crystals NFT adalah jenis NFT yang bisa dikumpulkan lewat token GENE dan token KI di Habitat Lab. Tiap kristal pasti berbeda bentuknya. Tak hanya bentuknya saja, fungsinya pun berbeda dalam permainan. Tiap kristal juga menyebabkan evolusi Genopet yang berbeda.

3. Augment NFT

Terakhir, ada NFT yang dapat meningkatkan properti fisik Genopet dan performanya. Genopet tersebut adalah cybernetic, dimana tiap pemilik bisa mengganti bagian tubuh mereka supaya tampil lebih baik. 

Namun untuk mendapat kesempatan ini, pemilik Genopet harus menyelesaikan PvE terlebih dahulu dan membuka kunci modifikasi spesial. Jadi, ini bukanlah peluang yang bisa didapatkan begitu saja sejak awal memiliki Genopet. 

Itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu Genopets crypto dan cara memainkannya. Semoga informasi tersebut bermanfaat buat kamu! 

*Disclaimer: 

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->