Apa itu PvP dalam Game NFT? Ini Bedanya dengan PvE dan PvX

Updated
March 17, 2022
• Waktu baca 5 Menit
Gambar Apa itu PvP dalam Game NFT? Ini Bedanya dengan PvE dan PvX
Reading Time: 5 minutes

Game NFT merupakan salah satu jenis genre permainan yang cukup populer akhir-akhir ini. Game NFT sendiri memiliki mode permainan yang berbeda-beda. Dalam artikel ini, akan dibahas lengkap mengenai apa itu PvP dalam game serta perbedaannya dengan PxE dan PvX?

Baca juga: Apa itu Play-to-Earn dalam game NFT?

Apa itu PvP dalam Game?

Umumnya, mode game dapat dikelompokkan menjadi tiga, yakni PvP, PvE, dan PvX.

PvP merupakan akronim untuk Player versus Player atau dapat diterjemahkan sebagai pemain versus pemain. Sesuai namanya, PvP adalah mode permainan yang dilakukan antar manusia dengan manusia, dimana pemain tersebut nantinya akan diharuskan untuk menyerang satu sama lain untuk memenangkan game tersebut.

Game PvP adalah jenis permainan yang sebagian besar atau bahkan keseluruhan sistem dan elemennya didesain secara khusus untuk mendukung persaingan dan interaksi secara langsung langsung antar pemain, yang mana dikendalikan oleh manusia.

Apa itu PvE dalam Game?

apa itu pve dalam game nft

Kebalikan dari PvP adalah PvE. PvE merupakan akronim dari Player versus Environment atau dapat diterjemahkan sebagai pemain versus environment alias sistem dari permainan itu sendiri.

PvE adalah mode permainan yang mana pemain nantinya akan menghadapi lawan yang dikendalikan oleh sistem permainan atau komputer yang juga dikenal dengan istilah NPC (non player characters).

Berbeda dari game PvP yang situasi atau jalan cerita permainan ditentukan oleh tiap pemain yang terlibat dalam game tersebut, game PvE merupakan jenis permainan yang jalan cerita permainannya telah diatur sedemikian rupa oleh sistem komputer yang dikembangkan oleh developer game.

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, lawan pemain game PvE adalah sistem komputer yang dikenal dengan istilah NPC. NPC sendiri dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori, antara lain:

  • Admin, yakni orang yang dipekerjakan oleh developer game untuk mengoperasikan sekaligus menjadi lawan pemain; dan
  • Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI), yakni sebuah algoritma yang dirancang oleh developer untuk menentukan jalan cerita permainan sekaligus bertindak sebagai sistem yang dapat menjadi lawan pemain.

Apa itu PvX dalam Game?

Sementara itu, PvX adalah singkatan dari player versus anything atau pemain melawan apapun. Kata “apapun” disini berkaitan dengan konsep game PvX yang mengkombinasikan antara PvP dan PvE.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka game PvX memungkinkan setiap pemain untuk memilih sendiri apakah mereka akan melawan pemain lain yang juga manusia, atau melawan NPC yang dibuat oleh sistem.

Masing-masing developer game memiliki peraturan yang berbeda mengenai batasan antara PvP dan PvE pada game PvX. Namun, konsep yang paling umum adalah:

  • Multiplayer, yakni konsep di mana pemain game nantinya akan bermain dengan pemain lain yang juga manusia untuk berkoalisi dalam suatu regu dan nantinya akan melawan monster yang dikendalikan oleh sistem sebagai NPC.
  • Pembagian area, yakni sebuah konsep dimana developer game akan membagi beberapa area misi dan menentukan apakah di area tersebut pemain akan menghadapi pemain lain atau NPC yang dikendalikan oleh sistem.

Top 5 PvP Game NFT

Sebelumnya, telah dijelaskan mengenai mode permainan PvP. Nah, diantara sekian banyak permainan dengan mode PvP rupanya terdapat pula sebagian dari mereka yang merupakan game NFT. Apa itu?

Beberapa game PvP NFT yang banyak dimainkan adalah sebagai berikut.

Axie Infinity

game pvp axie infinity
(axieinfinity.com)

Jika kalian penggemar Pokemon, maka Axie Infinity dapat menjadi PvP NFT Game yang kamu sukai. Permainan ini terinspirasi oleh Pokemon dan dikembangkan di atas blockchain Ethereum.

Pada permainan ini, para pemain nantinya diharuskan untuk memiliki makhluk fantasi menggemaskan yang disebut Axies. Tugas para pemain adalah mengumpulkan, membesarkan, dan mempertarungkan Axies dalam suatu duel dengan pemain lain.

Atas waktu dan usaha yang dilakukan saat mengumpulkan dan membesarkan Axies, para pemain nantinya akan memperoleh hadiah dalam bentuk token SLP (Smooth Love Potion) yang dapat ditukarkan dengan Ethereum.

Baca juga: Cara Bermain Axie Infinity Tanpa Modal, Bisa Gratis?

Battle of Guardian (BOG)

game pvp nft battle of guardian
(battleofguardians.com)

Berikutnya adalah Battle of Guardian (BOG), yakni permainan NFT yang melibatkan lebih dari satu pemain (multiplayer) dengan mode PvP. BOG dikembangkan oleh Unreal Engine.

Pada permainan ini, nantinya pemain bertarung melawan pemain lainnya untuk mendapatkan hadiah berupa koin NFT, dan berbagai hadiah menarik lainnya.

Gods Unchained

game pvp nft gods of unchained
(godsunchained.com)

Gods Unchained adalah sebuah permainan NFT dengan tema kartu dimana para pemain dapat menyusun deck dan berlomba untuk mengalahkan pemain lain.

Permainan ini memiliki fitur dan animasi yang canggih sehingga menarik minat banyak gamers. Tidak heran jika pengembang permainan ini dapat meraup keuntungan hingga USD 1,3 juta dalam waktu setengah bulan.

MIR4

game nft pvp  mir4global
(mir4global.com)

Jika mengikuti tren Korea, tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan MMORPG MIR4. MIR4 dikembangkan oleh WeMade dan dirilis secara global pada Agustus 2021 kemarin.

Permainan ini memiliki latar dunia fantasi dengan nuansa klasik. Pemain dapat memilih satu dari empat job, antara lain lancer, sorcerer, taoist, dan warrior yang masing-masing memiliki gameplay dan skill yang berbeda.

Umumnya, game NFT mengharuskan para pemain untuk melakukan investasi namun tidak dengan MIR4. Kendati tidak berinvestasi, para pemain tetap dapat mengumpulkan koin bernama DRACO dan menukarnya dengan Darksteel (DS) atau NFT lainnya.

Crypto Kitties

game nft pvp cryptokitties
(www.cryptokitties.co)

Terakhir, ada Crypto Kitties yang sudah dirilis secara global sejak November 2017 oleh Dapper Labs selaku pengembangnya. Permainan ini memiliki konsep yang mirip dengan Axie Infinity. Bedanya, jika pemain Axie Infinity mengumpulkan Axies, maka pemain Crypto Kitties akan diharuskan mengumpulkan karakter kucing.

Jika kucing yang kamu rawat dan pelihara berhasil memenangkan duel melawan kucing-kucing peliharaan lainnya, maka kamu dapat memperoleh native token yang dapat ditukarkan dengan Ethereum.

Baca juga: 7 Game NFT Terpopuler 2022, Bisa Dapat Crypto Gratis?

Itu dia penjelasan mengenai apa itu PvP dalam game, perbedaannya dengan PvE dan PvX, serta beberapa contoh game PvP NFT yang populer saat ini.

Pintu juga mewadahi jual beli berbagai aset crypto NFT yang digunakan dalam permainan, sebut saja token ALICE, AXS, The Sandbox, dan lainnya. Untuk kamu yang tertarik melakukan investasi dan trading crypto mulai dari Rp11.000 saja, download Pintu sekarang!

Pintu juga menyediakan berbagai fitur menarik yang cocok untuk kamu para investor crypto pemula, di antaranya:

  • Pintu Akademi, pusat belajar crypto dari awal hingga mahir meliputi strategi trading, dasar-dasar crypto, blockchain, dan lain sebagainya.
  • Pintu Earn, fitur khusus Pintu di mana kamu bisa earn crypto secara mudah dengan bunga capai 4%/tahun cukup dengan menyimpan aset kamu di dompet Earn.
  • PTU Staking, staking crypto aset PTU untuk mendukung ekosistem Pintu sekaligus memperoleh berbagai keuntungan seperti bonus komisi Referral Pintu dan keuntungan lainnya.

Referensi:

ARK Fandom, Game Modes. Diakses tanggal 11-03-2022

Deliusno, Mengenal MIR4, MMORPG Open World yang Bisa Jual-Beli NFT. Diakses tanggal 11-03-2022

Eva Cordin, Best NFT Games: Popular NFTs To Earn & Invest In 2022. Diakses tanggal 11-03-2022

Plarium, PvP and PvE in MMO Games – What’s the Difference? Diakses tanggal 11-03-2022

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->