Apa itu Indikator VWAP dan Rumusnya?

Updated
April 21, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Indikator VWAP dan Rumusnya?
Reading Time: 3 minutes

VWAP indikator adalah salah satu indikator penting dalam dunia trading untuk mengamati tren perdagangan. Dalam artikel ini, akan dibahas lengkap mengenai apa itu indikator VWAP, rumus serta komponen-komponennya. Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Trading Volume Activity (TVA)?

Apa itu Indikator VWAP?

indikator vwap adalah

(forexbee.co)

Volume-weighted average price atau biasa disingkat VWAP dapat secara harfiah diartikan sebagai harga rata-rata volume tertimbang. Artinya, indikator ini diukur berdasarkan volume perdagangan di pasar.

VWAP adalah tolok ukur perdagangan yang digunakan oleh trader untuk menentukan harga rata-rata aset yang diperdagangkan sepanjang harinya. Nilai VWAP ditentukan berdasarkan volume dan harga perdagangan. Oleh karena itu, VWAP penting untuk memberikan wawasan kepada trader tentang tren harga pasar dalam rentang waktu tertentu.

VWAP indikator akan menghitung satu baris grafik intraday (harian). Satu baris tersebut menandakan  rentang waktu 1 menit, 15 menit, dan seterusnya yang digunakan pada grafik real-time.

Baik trader amatir maupun trader profesional dapat menggunakan VWAP untuk memaksimalkan trading mereka. Para trader biasanya menggunakan VWAP untuk mengetahui waktu sinyal beli dan jual untuk intraday trading.

Baca juga: Apa itu SMA dan MA dalam Trading?

Fungsi Indikator VWAP

VWAP akan dikalkulasikan ulang setiap hari. Salah satu fungsi VWAP adalah untuk membantu trader melakukan transaksi beli di bawah harga rata-rata dan transaksi jual di atas harga rata-rata. Analisis laman Investopedia bahkan menyebutkan bahwa VWAP adalah salah satu indikator perdagangan harian yang paling efektif.

Rumus VWAP

Secara matematis, cara menghitung VWAP adalah sebagai berikut.

rumus vwap adalah

(investopedia.com)

Pada dasarnya VWAP yang menunjukan harga rata-rata dari aset berdasarkan volumenya bisa dihitung dengan menjumlahkan total nilai aset yang diperdagangkan dan membaginya dengan volume perdagangan pada rentang waktu tertentu.

Komponen-Komponen Indikator VWAP

Secara umum, komponen-komponen indikator VWAP adalah sebagai berikut.

Typical Price (TP)

Typical Price adalah harga yang ditunjukkan pada pola grafik yang sedang diamati. Misalnya, pada grafik dengan time-frame lima menit, TP adalah harga dari candle selama lima menit pertama. Komponen ini disusun oleh harga tinggi (high), harga rendah (low), dan harga penutupan (close) pada candle.

Volume (V)

Volume menunjukkan volume perdagangan pada satu periode candle.

Price Volume (PV)

Komponen yang dikalkulasikan dari harga dan volume perdagangan aset pada rentang waktu tertentu.

Bagaimana Cara Menggunakan Indikator VWAP untuk Trading?

Biasanya, para trader akan menggunakan indikator VWAP untuk:

Menentukan Buka-Tutup Posisi

Trader institusional yang memperdagangkan aset dalam jumlah besar biasanya menggunakan indikator VWAP untuk meminimalisir dampak pasar ketika membeli maupun menjual aset.

Dalam hal ini, trader institusional biasanya akan membeli aset ketika harga aset berada di bawah VWAP dan menjual aset ketika harga aset  berada di atas VWAP. Tujuannya adalah untuk mendorong harga aset kembali ke harga rata-rata.

Indikator Konfirmasi

Selain itu, trader juga menggunakan indikator VWAP untuk mengkonfirmasi harga. Sebagai contohnya apabila harga aset berada di atas VWAP, maka mereka mungkin akan mengambil posisi long. Sementara jika harga aset berada di bawah VWAP, mereka akan mengambil posisi short.

Baca juga: Apa itu Short dan Long dalam Trading?

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu indikator VWAP, rumus serta cara menggunakannya untuk trading. Pada dasarnya, VWAP adalah salah satu indikator yang bisa digunakan untuk menentukan harga terbaik ketika melakukan aktivitas trading. Semoga informasi ini bermanfaat untuk aktivitas trading kamu!

Berbicara tentang traidng dan investasi, belakangan ini minat masyarakat terhadap investasi crypto semakin tinggi. Sebut saja di Indonesia, jumlah investor crypto per Desember 2021 lalu telah mencapai 11 juta orang.

Buat kamu yang ingin memulai investasi crypto tapi tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang! Pintu adalah aplikasi crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti di mana kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Investopedia. Volume-Weighted Average Price (VWAP) Diakses 12 April 2022

Investopedia. What Are Common Strategies for Using Volume Weighted Average Price? Diakses 12 April 2022

Phemex. VWAP Trading: How To Trade With The VWAP Indicator? Diakses 12 April 2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->