Pintu Blog
/
Investasi 101
/
Pengertian, Rumus, dan Cara Menghitung Trading Volume Activity (TVA)

Pengertian, Rumus, dan Cara Menghitung Trading Volume Activity (TVA)

August 12, 2021
Combined Shape 2
3 Menit
Bagikan
Gambar Pengertian, Rumus, dan Cara Menghitung Trading Volume Activity (TVA)
Reading Time: 3 minutes

Trading volume activity adalah istilah yang tidak asing lagi kamu dengar di pasar saham maupun cryptocurrency. Sebelum memulai berinvestasi, pastikan kamu telah mengetahui pengertian dan cara menghitung trading volume activity. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Trading Volume Activity (TVA)?

Trading volume activity adalah jumlah aset (biasanya saham) yang diperdagangkan antara penjual dan pembeli yang dapat digunakan sebagai indikator untuk mengukur likuiditas suatu aset pada suatu waktu tertentu.

Jika statistik perdagangan mengalami peningkatan di suatu momen tertentu, maka bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan likuiditas perdagangan aset setelah suatu kejadian berlangsung.

Lalu, bagaimana dengan trading volume activity dalam dunia cryptocurrency?

Dalam trading crypto, setiap aset memiliki data trading volume yang menunjukan jumlah koin yang diperjualbelikan dalam rentang waktu tertentu (biasanya 24 jam).

Pengertian Trading Volume Activity Menurut Para Ahli

trading volume activity menurut para ahli

Menurut Widayanto dan Sunarjanto (2005), trading volume activity adalah indikator yang bisa digunakan untuk melihat reaksi pasar modal terhadap informasi melalui parameter pergerakan aktivitas volume perdagangan saham di pasar modal.

Trading volume activity menurut Jogiyanto (2010) yaitu ukuran besarnya volume suatu saham yang diperdagangkan, mengindikasikan kemudahan dalam memperdagangkan saham tersebut. Pengertian TVA tersebut dikemukakan Jogiyanto pada bukunya yang berjudul Teori Portofolio dan Analisis Investasi yang didalamnya terdapat juga penjelasan lengkap mengenai teori trading volume activity.

Senada dengan ahli lainnya, Wang Sutrisno (2000) berpendapat bahwa TVA merupakan instrumen yang bisa digunakan untuk melihat reaksi pasar modal terhadap informasi melalui parameter volume saham yang diperdagangkan di pasar saham bersangkutan.

Baca juga: 5 Cara Trading Crypto Harian Secara Mudah

Bagaimana Cara Menghitung Trading Volume Activity?

Trading volume activity adalah salah satu indikator penting bagi trader atau investor. Apakah kamu sudah tahu bagaimana cara menghitung dan membaca indikator tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

Rumus trading volume activity atau rumus TVA yang bisa kamu gunakan, yaitu:

rumus trading volume activity adalah

 

Dengan kata lain, nilai TVA adalah jumlah saham perusahaan yang diperdagangkan pada rentang waktu tertentu dibandingkan dengan saham perusahaan yang telah tercatat di BEI.

Cara membaca hasilnya yaitu, jika nilai TVA yang didapatkan tinggi, maka kamu bisa dengan mudah membeli ataupun menjual aset milikmu di pasar dan mengubahnya dalam bentuk uang tunai. Aset yang memiliki nilai TVA tinggi juga menandakan bahwa aset tersebut tidak rentan terhadap perubahan harga yang tiba-tiba dan praktik manipulasi pasar.

Cara Mencari Data Trading Volume Activity

Trading volume activity adalah sebuah data penjualan aset yang beredar di pasaran. Kira-kira bagaimana ya cara untuk mendapatkan data Trading Volume Activity terbaru? Simak selengkapnya di bawah ini!

Mencari TVA di Yahoo Finance

  • Kunjungi situs Yahoo Finance.
  • Pada kolom search bar, kamu bisa memasukkan kode atau nama perusahaan yang ingin kamu ketahui data volumenya
  • Klik search untuk memulai pencarian data pada perusahaan tersebut
  • Pilih menu Historical Data
  • Atur filter sesuai yang kamu inginkan, misalnya periode data tanggal, kemudian data yang dimunculkan apakah data harian atau bulanan. Lalu, klik Apply
  • Selanjutnya, klik unduh

Mencari TVA di IDX

  • Kunjungi situs IDX
  • Buka bagian menu “Data Pasar” lalu pilih bagian “Ringkasan Saham”
  • Setelah muncul tampilan baru, maka kamu harus memilih opsi yang kamu inginkan mulai dari tanggal, nama perusahaan, dan lainnya. Jika sudah bisa langsung klik “Cari”
  • Kamu bisa langsung mengunduh data yang kamu inginkan

Mencari Data Trading Volume Crypto

Sementara itu, untuk mencari data trading volume aset crypto relatif jauh lebih mudah.

  • Masuk ke situs coinmarketcap.com
  • Pada bagian koin bersangkutan, cek nilai trading volumenya pada bagian Volume (24h).

Itulah beberapa cara untuk mencari data TVA. Setelah membaca penjelasan yang ada, maka dapat disimpulkan bahwa Trading Volume Activity adalah komponen yang sangat penting untuk dipelajari oleh trader dan investor yang ingin bergelut di pasar saham maupun crypto.

Untuk kamu yang tertarik untuk melakukan jual beli bitcoin dan aset *crypto* lainnya, download aplikasi Pintu sekarang! Belajar crypto secara gratis di Pintu Akademi dan cek harga crypto terbaru di aplikasi dan website Pintu.

Referensi:

Fauzi, A. (2018). Peran Analisis Kredit Terhadap NPL pada PT. X. . Jurnal Manajemen Bisnis Dan Inovasi (JMBI) UNSRAT Vol. 5 No. 2.

Mochamad Ridwan Setiawan, 114020319 (2016) PENGARUH PEMECAHAN SAHAM (STOCK SPLIT) TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM DAN TRADING VOLUME ACTIVITY. Skripsi(S1), Fakultas Ekonomi Unpas.

Sihombing, S., Nasution, M. R., & Isfenti Sadalia. (2021). Analisis Fundamental Cryptocurrency terhadap Fluktuasi Harga: Studi Kasus Tahun 2019-2020. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(3), 213-224.

UIN Walisongo, Metode Penelitian. Diakses tanggal: 10-08-21.

Author
Cornelia Lyman
Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.